Kegiatan


  • Kegiatan
  • /
  • SMA Boarding School Bukit Baruga
on 24 November 2021
  • Kegiatan
  • SMA Boarding School Bukit Baruga

Penulis : Najmawati J, S.Pd.I (Guru Tahfidz Asrama Boarding Baruga)

Banyak dari kita yang kadang merasa insecure saat hendak melakukan sesuatu. Hal tersebut sebenarnya normal, sepanjang tidak berlebihan. Sebab, insecure yang berlebihan dan dibiarkan terus-menerus akan berpengaruh besar pada perkembangan diri, bahkan bisa menghambat potensi dalam diri. Oleh karena itu, kondisi tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja dan harus dilawan.

Insecure ini adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan perasaan atau kondisi seseorang yang merasa tidak aman, sehingga membuatnya gelisah, takut, malu, hingga tidak percaya diri. Penyebabnya banyak dan beragam, baik yang berasal dari dalam diri kita sendiri, maupun yang dari luar.

Salah satu contoh perasaan insecure yang berasal dari luar adalah perlakuan orang lain terhadap diri kita yang memandangnya sebelah mata. Ada juga perlakuan overprotective dari orang tua atau pasangan, juga lingkungan sekitar yang membekas dan membuat kita kehilangan kepercayaan diri.

Adapun contoh penyebab insecure yang berasal dari dalam diri adalah perasaan kesepian, terlalu perfeksionis, atau terlalu melankolis, dan sebagainya.

Rasa insecure bisa saja membuat kita tidak mampu untuk mengembangkan berbagai potensi yang kita miliki secara maksimal. Hal ini tentu saja sangat berpengaruh pada aktivitas sehari-hari. Bahkan, dampaknya bisa menjadi sangat besar untuk masa depan.

Perasaan ini juga bisa membuat kita mengalami gangguan kesehatan mental, seperti depresi, cemas berlebihan, malas makan, dan kelelahan yang memprihatinkan. Insecure juga membuat hubungan sosial kita menjadi tidak sehat dan penuh dengan prasangka buruk.

Lalu, bagaimana cara melawan rasa insecure yang sudah tumbuh dalam diri kita? Ya, bisa coba menerapkan beberapa tips berikut:

Tetap berusaha selalu berpikir positif.

Stop menyalahkan diri sendiri.

Berhenti membandingkan kemampuan diri dan kemampuan orang lain.

Hindari atau batasi bergaul dengan orang-orang yang membuatmu insecure.

Bahagiakan diri sendiri.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga yang teratur dan konsumsi makanan yang bergizi. Hal ini bisa membantu memperbaiki mood, sehingga kita bisa tampil percaya diri.

Insecure memang normal, tapi jangan dianggap sepele dan malah dibiarkan begitu saja. Karena akan membawa dampak buruk terhadap kehidupan sosial dan kesehatan mental.

Masih insecure? Cobalah terapkan beberapa tips di atas untuk melawannya. Namun, bila ternyata tidak berhasil, sebaiknya konsultasikan ke psikolog agar mendapatkan masukan dan bimbingan yang tepat untuk menghadapinya.