Kegiatan

on 14 Oktober 2021
  • Kegiatan
  • SMP Kajaolalido

Sosialisai Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) SMP Islam Athirah 1 Makassar dilaksanakan hari ini, kamis tanggal 14 Oktober 2021 secara daring zoom. Pada sosialisasi ini dihadiri orang tua, siswa kelas VII,VIII,IX dan guru. Angka kasus covid-19 yang mengalami penurunan di kota Makassar membawa angin segar bagi masyarakat kota Makassar untuk melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). SMP Islam Athirah 1 Makassar merupakan salah satu sekolah yang mendapat rujukan dari dinas pendidikan kota Makassar untuk melaksanakan PTMT pada gelombang ke-2 di hari senin tanggal 18 Oktober 2021.

Sosialisai SMP Islam Athirah 1 Makassar dibuka oleh wakil direktur wilayah kajaolalido Mas Aman Uppi,S.Pd.M.Pd. Menurutnya sosialisasi PTMT ini dilaksanakan untuk memperoleh kesepakatan antara orang tua siswa dan sekolah untuk mencari solusi terbaik pada pembelajaran terbatas ini. Apa yang perlu disiapkan oleh sekolah dan aturan-aturan yang harus ditaati oleh siswa pada saat berlangsung PTMT seperti penggunaan masker dan yang lainnya.

“Semoga pada pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) ini, orang tua dapat mengawal untuk bersinergi dengan sekolah. Harapan kami semoga PTMT ini dapat berjalan lancar dan mendapat dukungan dari orang tua siswa sebagai penentu PTMT” tuturnya

Pada sosialisasi ini, Nilamartini,S.Pd.,M.M. sebagai kepala sekolah SMP Islam Athirah 1 memaparkan secara detail persiapan untuk menyambut PTM. Ada enam poin yang disiapkan yaitu SK pembentukan satgas covid-19, (persiapan standar protokoler kesehatan, program PBM, dan tatanan sarana dan prasarana), perizinan dan verifikasi PTMT, sosialisasi penerapan protokoler covid-19, pelaksanaan pertemuan tatap muka, dan pemantauan, evaluasi, serta perbaikan proses.

“Alhamdulillah SMP Islam Athirah 1 mendapatkan amanah untuk PTMT pada gelombang kedua di kota Makassar. Persiapan yang kami lakukan untuk menyambut PTMT ini sesuai dengan standar protokol kesehatan covid-19. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan salah satunya adalah sebagai komitmen bersama siswa, guru, dan orang tua untuk mengawal pencegahan covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan dan perilaku hidup bersih. Siswa yang ikut PTMT adalah yang sudah mendapat izin dari orang tua, namun  siswa yang belum mendapat izin dari orang tua tetap belajar dari rumah secara daring. ” ujarnya

Selanjutnya wakasek kesiswaan Musawwir Mus,Lc., menjelaskan protokoler kesehatan pembelajaran tatap muka terbatas dan pemaparan dari wakasek kurikulum Kasman, S.Pd. menyampaikan sosialisasi proses kegiatan belajar mengajar dengan sistem hybrid learning di SMP Islam Athirah 1 Makassar. Di pertengahan acara diputarkan video yang berisi gambaran simulasi PTMT mulai berangkat dari rumah, memasuki lingkungan sekolah, saat masuk kelas, siap meninggalkan sekolah, dan setelah sampai di rumah. Video ini sebagai gambaran pada orang tua dan siswa sebagai tatanan baru yang mereka laksanakan selama berlangsungnya PTMT.

Semoga kerjasama orang tua dan sekolah dapat mewujudkan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas ini. Dan apa yang diharapkan oleh semua pihak dapat tercapai.


Laporan : Hasniwati Ajis (Tim Web SMP Islam Athirah 1 Makassar)