Berita


  • Berita
  • /
  • SMA Boarding School Bukit Baruga
on 11 Oktober 2021
  • Berita
  • SMA Boarding School Bukit Baruga

Workshop menulis / Gerakan Menulis Athirah (GEMA Athirah) yang di adakan pada Sabtu (09/10/21)  dan  rencananya berlangsung hingga 18 pertemuan berlangsung secara tatap muka dan juga virtual lewat aplikasi zoom. Kegiatan pelatihan yang rutin dihelat di akhir pekan di Ruang Multimedia Sekolah Islam Athirah Kajaolaliddo Makassar kali ini menghadirkan DR. Sumarlin Rengko HR,S.S, M.Hum. sebagai pemateri pada pertemua kedua kali ini.

 

pada pertemuan yang ke dua ini pemateri mengulas tuntas tentang kalimat dan paragraf yang jernih dan efektif, kalimat inti dan kalimat tunggal,Selain bentuk kalimat secara struktural dan kontekstual, penggunaan kalimat yang tepat dan keefektifan kalimat tidak luput juga menjadi bahasan dalam pertemuan ini ,pelatihan ini berlangsung tidak kurang dari tiga jam,dalam pelatihan tersebut diwarnai juga dengan diskusi perdebatan antara pemateri dan peserta salah satunya tentang penentuan subjek predikat objek dan keterangan dalam tata bahasa indonesia.

Di sesi terakhir dari pelatihan kepenulisan ini , DR. Sumarlin Rengko HR,S.S, M.Hum. juga membahas sedikit tentang puisi dan prosa naratif dialogis serta memberikan challenge kepada seluruh peserta dari berbagai wilayah merangkai kata dengan kedalaman makna dalam bentuk prosa naratif dialogis.

Beliau juga berbagi pengalaman menulis bahwa sanya ” menulis yang paling baik adalah dengan menulis tanpa ada beban ataupun tuntutan contonya seperti menulis diary atau buku curhat harian karena nulisnya jujur “

Citizen reporter : Anton Sujarwo