Berita

on 11 Oktober 2021
  • Berita
  • SD Bukit Baruga

Sekolah Islam Athirah menggelar Pelatihan Gerakan Menulis Athirah (GEMA) pada Sabtu (09/10/2021), menghadirkan Dr. Sumarlin Rengko HR, S.S, M.Hum. sebagai pemateri pada pertemuan kedua. kegiatan ini dilaksanakan secara blended yaitu offline dan online bertempat di ruang Multimedia Athirah Kajaolalido. jumlah peserta sebanyak 25 orang terdiri dari guru dan karyawan dari TK-SMA dari berbagai wilayah. 

Tujuan kegiatan gerakan menulis Athirah (GEMA) ini adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi guru dan karyawan Sekolah Islam Athirah dan mendorong seluruh peserta pelatihan untuk menghasilkan karya (buku) di akhir kegiatan.

Pada pertemuan kedua ini, pemateri yang juga Dosen Departemen Sastra Daerah Universitas Hasanuddin, memaparkan materi Kalimat dan Paragraf yang Jernih dan Efektif. Pelatihan yang berakhir menjelang azan zuhur ini, mengupas pengertian kalimat, syarat-syarat kalimat yang baik, unsur-unsur kalimat, dan kalimat efektif. 

“Kalimat efektif itu gagasannya harus jelas, diungkapkan dengan kalimat yang jelas, sehingga kalimat tersebut mampu disampaikan secara tepat kepada pembaca” papar Sumarlin Rengko kepada peserta pelatihan. 

Pemateri juga berbagi tips kepada peserta, bahwa menulis yang baik itu seperti menulis diary atau buku harian karena tanpa beban. Diketahui, pelatihan yang memakai metode Hybrid Learning ini, akan berlangsung selama 18 pertemuan.

Citizen Reporter: Muhammad Ryan Israfan