Kegiatan

on 10 Oktober 2021
  • Kegiatan
  • SMP Boarding School Bone

SMP-SMA islam Athirah Bone melakukan sosialisasi pentingnya literasi finansial bagi siswa SMP maupun SMA di Masjid Fatimah Kalla pada hari Sabtu (9/10). Tampil sebagai pemateri adalah staff keuangan Sekolah Islam Athirah, Dewi Suci Lestari.

Pada kegiatan tersebut pemateri menekankan pentingnya literasi finansial bagi seluruh siswa dalam mengelola keuangannya di asrama. Olehnya itu, dalam kesempatan tersebut sekaligus dilakukan pengisian form pembukaan rekening di Bank Mandiri yang difasilitasi sekolah. 

SMP-SMA Islam Athirah Bone menjalin kerja sama dengan Bank Mandiri Kantor Cabang Watampone untuk memfasilitasi siswa memiliki rekening sendiri. Nantinya siswa akan memiliki buku tabungan dan kartu ATM. Rencananya, koperasi sekolah akan dilengkapi dengan alat gesek pembayaran sehingga siswa tidak perlu menyimpan uang tunai di asrama.

Dalam pemaparannya pemateri menyampaikan bahwa transaski yang sifatnya cashless sangat  penting  untuk meminimalisir kehilangan uang di asrama. Harapannya tidak ada lagi peredaran uang tunai di sekolah. Pengeluaran siswa juga bisa terkontrol, sekaligus mengajarkan siswa untuk bisa menabung sejak dini dan tidak berperilaku konsumtif.

“sangat  penting karena untuk meminimalisir kehilangan uang d asrama, diharapkan tidak ada lagi peredaran uang tunai di sekolah. Harapannya pengeluaran siswa juga bisa terkontrol, dan mengajarkan siswa untuk bisa.menabung sejak dini dan tidak bersifat konsumtif,” Terangnya di depan seluruh peserta sosialisi.

Selain pemasangan alat bayar menggunakan kartu ATM, Bank Mandiri juga akan memfasilitasi pembayaran di kantin guru dan karyawan dengan menggunakan Scan QR Code sehingga pembayaran tidak lagi secara konvensional melainkan lewat autodebet via scan QR Code. Nurholis_Tim Athirah Web (ig@nurholismuh)