Kegiatan

on 23 September 2021
  • Kegiatan
  • SMP Kajaolalido

Penulis : Rini Budiarti,S.Pd.,M.Pd.

Empat orang siswa SMP Islam Athirah I Makassar melaju ke babak penyisihan II Kompetisi Sains Nasional (KSN). Melaui SK Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud ristek nomor 2073/J3.DM.01.03/2021 tertanggal 19 September 2021, ditetapkan sebanyak 1179 peserta se-Indonesia yang akan mengikuti babak penyisihan II KSN. Setiap kabupaten kota meloloskan 5 peserta untuk setiap mata pelajaran. Adapun mata pelajaran dalam ajang ini terdiri dari Matematika, IPA ,dan IPS.

SMP Islam Athirah mewakili kota Makassar pada dua cabang lomba mata pelajaran yaitu Matematika dan IPA. Untuk mata pelajaran Matematika, siswa yang lolos adalah Andi Alifah Putri Ibrahim dan Abdul Ghani Affandi. Sementara itu untuk mata pelajaran IPA diwakili oleh Hafizhah Dhiza Adillah dan Ajyad Qadry Jailani Sampo.

Nilamartini, S.Pd., M.M selaku kepala SMP Islam Athirah I Makassar menyampaikan kesyukuran serta harapannya terkait ajang yang digelar setahun sekali ini. “Alhamdulillah, rasanya senang karena siswa- siswi SMP Islam Athirah 1 sudah menunjukkan prestasinya dalam ajang ini, walalupun tantangan ke depannya masih ada. Semoga saja siswa-siswi SMP Islam Athirah 1 bisa melaju ke tingkat Nasional.” tuturnya.

Beliau pun menambahkan bahwa lolosnya siswa-siswi tersebut tidak lepas dari dukungan semua pihak terutama orang tua dan tim pembimbing. Insya Allah anak-anak akan dipersiapkan sebaik mungkin untuk tahap II ini dan semoga mendapatkan hasil terbaik. Dan yang belum lolos ke tahap provinsi, semoga tidak berkecil hati. Pengalaman yang kalian dapatkan akan menjadi bekal untuk kompetisi selanjutnya. Tetaplah semangat belajar untuk meraih kemenangan yang tertunda.

Tim Olimpiade Sains Athirah (TOSA) sebagai pembimbing siswa dalam ajang ini telah melakukan berbagai upaya dan persiapan, di antaranya melakukan bimbingan intensif serta pemberian tugas-tugas berupa latihan soal-soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Oleh karena padatnya jadwal bimbingan ini, maka siswa peserta TOSA biasanya dibebastugaskan dari semua tugas harian mata pelajaran pada kelas reguler. Inilah bentuk dukungan seluruh guru pengajar di SMP Islam Athirah 1. Semoga usaha siswa-siswi SMP Islam Athirah dan seluruh tim mendapat rida dari Allah SWT serta membuahkan hasil yang manis.

Editor : Hasniwati Ajis (Tim Web SMP Islam Athirah 1 Makassar)