Kegiatan

on 22 September 2021
  • Kegiatan
  • SMA Bukit Baruga

TPS (Tempat Pembuangan Sampah) Antang yang terletak di jalan Borong Jambu, Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala menjadi kampung binaan Sekolah Islam athirah wilayah Bukit Baruga. Peresmian kampung binaan digelar pada Rabu, 22 September 2021 dilakukan secara hybrid (Luring dan daring). Kegiatan peresmian tersebut dihadiri oleh Plh Lurah Tamangapa dan jajarannya, pimpinan Sekolah Islam Athirah, Ketua RT, masyarakat setempat dan panitia kampung binaan.

Ada banyak kegiatan yang direncanakan dalam program kerja kampung binaan tersebut. Beberapa program kegiatannya seperti, pemberian layanan pendidikan, keteranpilan, keagamaan, dan kegiatan sosial. Untuk menjalankan program kerja tersebut, guru dan karyawan Sekolah Islam Athirah mengumpulkan donasi setiap bulannya.

Kegiatan tersebut diawali dengan laporan dari ketua program kampung binaan, Wahyuddin Agustia, S.Pd.I memaparkan alasan memilih TPS Antang sebagai kampung binaan, serta beberapa program kerja yang telah direncanakan untuk kegiatan di kampung binaan.

“TPS Antang dipilih, karena memang telah ada taman baca yang didirikan oleh Ibu Nahriah, sehingga kami tinggal melakukan beberapa perbaikan fasilitas”ungkapnya

“Ada 12 program kerja yang direncanakan, antara lain T3Q, Calistung, jumat berkah, menggambar dan mewarnai, fiqih, akhlak dan budaya lokal, edukasi P3K, hidroponik, pendampingan ternak ikan lele konsep kolam gantung, pelatihan pengurusan jenazah, hari besar Islam, dan penggunaan HP dengan bijak,”paparnya saat menyampaikan laporan.

Setelah penyampaian laporan,dilanjutkan dengan sambutan Dr. Patris Hasanuddin M.Pd selaku Wakil Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga, yang menyampaikan ungkapan terima kasih kepada seluruh orang-orang yang terlibat dan mendukung program kampung binaan tersebut.

Sebelum dilakukan peresmian, Drs. Muhammad Saleh yang merupakan Plh Lurah Tamangapa mengungkapkan harapan dengan adanya kampung binaan, para orang tua dan anak-anak yang berada di sekitaran TPS Antang mendapat edukasi.

“Bersyukur atas kehadiran Sekolah Islam Athirah, karena memiliki perencanaan yang bagus dan bermanfaat, karena banyak hal yang harus dibina di tempat ini. Masyarakat berada di bawah garis kemiskinan dan pendidikan yang di bawah rata-rata. Semoga dapat. menyisipkan edukasi kepada anak-anak dan orang tuanya,”harapnya.

Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga, H.M. Ridwan Karim, S.Pd.,M.Pd turut hadir dalam kegiatan peresmian tersebut. Bersama-sama dengan Plh Lurah Tamangapa melakukan prosesi gunting pita dan pemotongan nasi tumpeng. Seluruh prosesi berjalan dengan lancar. Harapannya program dapat berjalan dengan baik. Sehingga dapat melebarkan sayapnya untuk membangun kampung binaan di tempat lainnya.

Laporan : Musyorafah (TIM Web SMA Islam Athirah Bukit Baruga