Kegiatan

on 22 September 2021
  • Kegiatan
  • SMA Bukit Baruga

Kegiatan sharing bacaan dan pengalaman mengajar menjadi salah satu rutinitas di SMA Islam Athirah Bukit Baruga. Kegiatan ini dilaksanakan selain untuk menciptakan budaya literasi, juga sebagai bentuk dari perwujudan nilai “Jalan Kalla” yang merupakan nilai-nilai yang senantiasa dibangun dalam lingkup Yayasan Hadji Kalla, salah satunya yaitu “Aktif Bersama”. Dalam kesempatan ini, Haerul Tamimin, S.Pd, yang merupakan guru bahasa Inggris, membagikan kesan yang diperoleh setelah membaca salah satu buku yang telah dibacanya. Rabu (22/09/2021).

Dalam hal aktif bersama, setiap pendidik dan tenaga kependidikan, serta unsur pimpinan, diharapkan untuk mampu berpartisipasi dan saling berkontribusi dalam pengembangan diri, pengembangan peserta didik, serta pengembangan proses belajar mengajar yang lebih baik. Sehingga, kegiatan sharing bacaan dan pengalaman mengajar dianggap sebagai upaya perbaikan yang terus-menerus dan berkelanjutan, untuk mewujudkan visi, misi, dan motto yang diusung oleh sekolah Islam Athirah.

Buku bacaan yang dibagikan adalah buku yang ditulis oleh Shin do hyun dan Yoon na ru, penulis asal Korea Selatan dengan judul “The Power of Language” (Kekuatan dari Bahasa). Buku ini berisi tentang pengembangan diri, teknik berkomunikasi, komunikasi efektif, dan bagaimana peran sebuah bahasa dalam skala kehidupan yang lebih besar.

“Awalnya, buku ini viral karena dibaca oleh V, salah satu anggota grup idola dari Korea Selatan BTS, orang-orang penasaran dengan isi dari buku ini, hingga akhirnya buku ini menjadi best seller di Korea Selatan”. Ungkap Sir Mimin di awal sharing bacaannya.

“Sebuah bahasa, contohnya dalam bahasa Inggris, jika salah satu huruf saja, bisa menciptakan kekacauan antar dua negara (proses diplomasi)” tutur Sir Mimin, sapaan akrab beliau, disela-sela sharing.

Dalam buku tersebut juga, beliau mengungkapkan bahwa terdapat tiga bentuk bahasa, yaitu; bahasa lisan, bahasa tulisan, dan bahasa kalbu. Dalam hal ini, selain bahasa yang tersurat, juga ada yang tersirat, termasuk di dalamnya pentingnya body language, yaitu bagaimana peran body language dalam komunikasi efektif dan fungsinya untuk menangkap perhatian audience.

Betapa kuat pengaruh bahasa dalam kehidupan kita. Selain dapat menciptakan kedamaian, juga dapat menciptakan peperangan. Gagalnya kerja sama suatu negara, mungkin saja terjadi karena pilihan diksi kata yang mengakibatkan makna yang dimaksud oleh penutur dan maksud yang ditangkap oleh pendengar tutur berbeda.

“Buku The Power of Language ini sangat cocok dibaca oleh seorang introvert yang ingin mengubah diri dan berani untuk lebih berbicara di depan orang. Atau cocok juga untuk seorang ekstrovert yang ingin lebih mengontrol diri dalam berbicara dengan orang lain” tutur Sir Mimin sesaat sebelum mengakhiri sharing.

Wakil Kepala Sekolah SMA Islam Athirah Bukit Baruga, Dr. Bakry, M.Si, menyampaikan pujiannya terhadap buku yang diulas, serta ucapan terima kasih setelah sharing bacaan berakhir.

“Keren bukunya, Sir. Terima kasih telah berbagi kepada kami semua”. tuturnya.

Laporan : Andi Triana Kusumayanthi, S.S. (Tim Web SMA Islam Athirah Bukit Baruga)