Kegiatan

on 21 September 2021
  • Kegiatan
  • SMA Bukit Baruga

Kompetisi Sains Nasional (KSN) dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan dua ajang kompetisi sains bergengsi. Kompetisi tersebut memiliki beberapa tahap seleksi. Pada tanggal 16 dan 19 September telah diadakan seleksi tingkat provinsi. Ada 6 peserta didik yang menjadi delegasi dalam kompetisi tersebut.

Wakil Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga bidang Kurikulum, menyampaikan rasa syukurnya karena ada 3 peserta didik sebagai delegasi KSN dan 4 peserta didik di ajang KSM. Berharap setelah seleksi tingkat provinsi pada tanggal 16 dan 19 september yang lalu, dapat memberikan hasil yang maksimal.

“Tentunya kita patut bersyukur karena diajang KSN dan KSM Tingkat Provinsi , SMA Islam Athirah Bukit Baruga dapat mengirimkan wakilnya yang jauh lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini kita berhasil mengirimkan 3 peserta didik di ajang KSN dan 4 orang di ajang KSM. Ini peningkatan yang signifikan . Harapannya semua peserta didik yang ikut memberikan hasil yang maksimal. Sehingga mereka dapat bersaing lagi di KSN maupun KSM di Tingkat Nasional,”paparnya, Selasa (21/9/2021)

Harapan yang sama juga disampaikan oleh Nisrina Syauqiah kelas XII IPA 3, yang merupakan salah satu delegasi yang mengikuti KSN dan juga KSM pada bidang Biologi. Ia menceritakan awal mula menyukai pelajaran biologi, serta harapannya dapat lolos pada tingkat nasional, serta kemampuan analisisnya meningkat.

“Saya suka belajar biologi sejak SMP sih sepertinya, berawal dari tawaran guru pas kelas 7 untuk mengikuti Olimpiade biologi dan ternyata rasanya menantang. Walaupun pada waktu itu saya tidak lulus seleksi kabupaten, saya sangat bersyukur dapat mengenal dunia Olimpiade lebih jauh sampai sekarang karena dampaknya bagi saya sangat besar.,”ungkapnya.

“Untuk saat ini sih, harapan saya mungkin lolos ke tahap nasional dulu. Harapan untuk jangka panjang lebih ke kemampuan analisis saya meningkat setelah mengikuti KSN dan KSM,”imbuhnya

Mohammad Fauzan Shiddiq, peserta didik yang kini berada di kelas XI IPA 1 juga menjadi delegasi pada bidang Kimia di seleksi KSM tingkat provinsi. Dengan mengikuti KSM ia berharap dapat terbantu dengan pengalamannya untuk masuk ke perguruan tinggi impiannya.

“Saya setelah mengikuti KSM ini, berharap dapat terbantu dalam memasuki perguruan tinggi serta fakultas yang saya impikan,”harapnya.

Selain Nisrina Sauqiah dan Mohammad Fauzan Shiddiq, ada delegasi dua delegasi KSN yakni, Qaila Virgianna Eka dan Adinda Maharani kelas XII IPS pada bidang Ekonomi, serta dua delegasi KSM Siti Aaqilah Dysa kelas XII IPA 3 bidang Ekonomi dan Najmi Zuhair Asmid kelas X IPA 3 pada bidang Geografi. Semoga seluruh peserta didik menjadi delegasi SMA Islam Athirah Bukit Baruga, melajutkan perjuangannya ke tingkat Nasional.

Laporan : Musyorafah (TIM Web SMA Islam Athirah Bukit Baruga)