Kegiatan

on 14 September 2021
  • Kegiatan
  • SMP Kajaolalido

Penulis : Titi Mirawati Asim S.Pd.,M.Pd. (Guru BK SMP Islam Athirah 1 Makassar)

Setiap anak memiliki gaya belajar yang khas yang tentunya berbeda-beda dalam mempelajari sesuatu. Kesesuaian gaya belajar anak akan menjadikan semakin mudah untuk memahami apa yang dipelajarinya. Terkadang kita membangun pemahaman tentang belajar itu harus duduk dengan tenang dengan tangan terlipat di depan. Padahal ada anak justru bisa lebih mudah memahami pembelajaran jika dirinya bergerak aktif. Tugas sebagai orang tua adalah memberikan kesempatan kepada anak untuk menggunakan gaya belajar yang khas untuk dirinya.

Banyak orang tua yang masih mempunyai persepsi bahwa hanya ada satu cara belajar yang harus diikuti oleh semua anak. Sehingga ketika anak menggunakan cara yang berbeda maka orang tua akan menganggap hal itu sebagai suatu kesalahan.

Jenis-jenis gaya belajar

1. Visual

Seorang anak yng dominan dalam gaya belajarnya akan lebih banyak menggunakan kekuatan dan ketajaman visual atau penglihatannya dalam mempelajari sesuatu. Konsentrasi anak dengan tipe visual akan mudah buyar apabila pada saat sedang belajar muncul gangguan yang bersifat gerakan.

Ciri-ciri anak dengan gaya belajar visual:

- senang dengan sesuatu yang berhubungan dengan gambar, grafik, film, dan animasi

- cenderung cepat tertarik dengan objek atau materi yang berwarna

- cenderung lebih teliti dan teratur

- cenderung memiliki ingatan yang lama

- menggunakan kata-kata kunci dalam belajar

2. Audio

Seorang anak yang dominan dengan gaya belajar audio akan lebih dapat berkonsentrasi ketika belajar difasilitasi dengan hal-hal yang enak untuk didengarkan. Kecenderungan yang dapat diamati dari anak dengan gaya audio ini adalah ketika berbicara kecepatannya sedang dan berirama. Dalam belajar seorang anak yang memiliki gaya belajar audio akan lebih mudah memahami pembelajaran jika ia mendengarkan musik atau lagu.

Ciri-ciri anak dengan gaya belajar audio:

- belajar dengan mendengarkan dan mengingat apa yang didiskusikan  dari pada yang dilihat

- senang membaca dengan keras dan mendengarkan

-  menggerakkan bibir mereka dan mengucapkan tulisan dibuka ketika membaca

- dapat mengulangi kembali dan menirukan nada, berirama, dan warna suara.

- lebih mudah memahami pelajaran dengan mendengarkan penjelasan langsung

3. Kinestetik

Tipe belajar dengan gaya kinestetik akan lebih gampang memahami pelajaran jika ia memanfaatkan aktivitas  fisiknya. Kenyamanan anak dengan tipe kinestetik terjadi ketika ia lakukan gerakan-gerakan tertentu dalam mempelajari sesuatu. Anak dengan tipe kinestetik cenderung tidak bisa diam berada di satu posisi. Ia cenderung memiliki mobilitas yang tinggi.

Ciri-ciri anak dengan gaya belajar kinestetik :

- cenderung peka terhadap sentuhan fisik

- lebih mudah memahami pelajaran  jika menggunakan prasarana yang ada di sekitarnya

- cenderung suka hal-hal yang baru dan mencobanya

- menyukai permainan yang berhubungan dengan fisik

- kurang suka denga pelajaran hafalan

Hal yang penting bagi orang tua adalah menanamkan pola pikir bahwa gaya belajar disesuaikan dengan kondisi anak, akan mendukung dalam mempelajari sesuatu. Orang tua harus mampu memberikan dukungan kepada anak.

Editor : Hasniwati Ajis (Tim Web SMP Islam Athirah 1 Makassar)