Kegiatan

on 03 September 2021
  • Kegiatan
  • TK Bukit Baruga

Tema diriku dikenalkan pada anak didik TK Islam Athirah 2 terutama kelompok A Al kholiq yang telah didampingi oleh penulis . Pembelajaran ini bertujuan  untuk meningkatkan kecakapan anak didik TK Islam Athirah 2 dalam mengenal anggota tubuh, bagian-bagian tubuh dan mengenal ciptaan Allah agar anak mensyukuri nikmat yang telah di berikan Nya. Pembelajaran ini berlangsung mulai tanggal 23 Agustus hingga 3 September 2021 .

 

Di kelas A Al Kholiq anak didik bermain dan belajar di sentra bahan alam. Di sentra ini anak didik belajar sains proses kerja paru-paru secara sederhana dengan media balon, pipet, plastisin, karet, gunting dan botol air mineral. Setelah sains sederhana ini di lakukan maka anak tahu bahwa di dalam tubuh saat diafragma bergerak ke atas maka rongga dada akan mengecil dan paru-paru akan mengecil seperti yang terjadi pada percobaan sederhana ini, anak didik juga dapat membedakan tinggi rendah jari secara langsung

 

Begitu pula di sentra seni anak didik membahas tentang kesukaanku. Disini anak didik membuat kesukaanku dari plastisin atau playdohg, di keagiatan ini dapat melatih motorik halus dan imajinasi anak didik. Di sentra Persiapan anak didik didik belajar mengurutkan serta meniru huruf- huruf yang ada di namanya.

 

Dengan bantuan serta kerjasama orangtua maka kegiatan zoom meeting dan pembelajaran dapat berjalan sangat menyenangkan bagi anak didik di TK Islam Athirah 2  terutama di kelas A  Al Kholiq

 

Pembelajaran ini diharapkan dapat mencapai tujuan, maka di jelaskan pula pada anak didik bahwa dalam QS. At Tiin ayat 4 yang artinya” Sesungguhnya ,kami telah menciptakan manusia dalam bentuk sebaik-baiknya”. 

Dalam ayat ini menjelaskan bahwa Allah menciptakan manusia dengan tubuh yang indah , mempunyai kemampuan untuk memahami orang lain berbicara dan bertutur sopan, sehingga memungkinkan menjadi khalifah di muka bumi ini sebagaimana kehendak dari Allah SWT.

Jadi semua kegiatan dilakukan dan terkait dengan spiritualisasi yang sesuai dengan tema yang di bahas.

 

Citizen Reporter : Lilik Sri Handayani,S.Pd