Kegiatan

on 13 September 2021
  • Kegiatan
  • SMP Boarding School Bone

Kesiswaan SMP Islam Athirah Bone pada hari Senin (13/9) menggelar kegiatan kesiswaan  Mingguan, Tadarrus Bersama di Masjid Fatimah Kalla. Event yang dilaksanakan secara daring dan luring tersebut menghadirkan Ustad H. Tasman Muhammad Lc, yang pada kesempatan tersebut sekaligus mentadabburi ayat-ayat dalam Surat  Al Muzzammil ayat 1 -20.


Dalam tausiyahnya sesaat setelah semua siswa SMP membaca surat Al Muzzammil secara kolosal, Da’I yang menyelesaikan pendidikannya di Universitas Al Azhar, Kairo Mesir tersebut menyampaikan bahwa salah satu hikmah yang bisa dipetik dari surat tersebut adalah pesan Allah Swt tentang rahasia untuk meningkatkan imun tubuh manusia yang salah satunya telah dicontohkan oleh Rasulullah Saw.

Sebagaimana maknanya, yakni orang-orang yang berselimut, Allah Swt menyampaikan pesan kepada Rasulullah untuk bangun di malam hari untuk beribadah. Hal ini juga lah yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw kepada umatnya. Beliau senantiasa bangun di tengah malam untuk mendirikan salat malam. 

Berdasarkan beberapa penelitian oleh ilmuan masa kini, disebutkan bahwa Bila imunitas kuat, maka tubuh akan selalu siap menghadapi penyakit.  Salah satu tips hidup sehat dari Rasulullah yakni bangun di malam hari.  Bangun di malam hari untuk salat malam  merupakan aktivitas yang tidak pernah ditinggalkan Nabi Muhammad Saw.

Nabi bangun di pertengahan malam untuk salat. Dan inilah yg membuatnya sehat.  Sejarah mencatat bahwa manusia yangg paling sehat adalah Rasulullah Saw. Caranya tidur di awal malam dan bangun di sepertiga malam.

Bagaimana korelasi bangun malam, tahajjud dan kesehatan.  Oksigen terbaik adalah yang kita hirup di sepertiga malam. Dan manfaatnya sendiri akan hilang di pagi hari. 

Guru yang mengampu mata pelajaran PAI di SMP Islam Athirah tersebut bersyukur bahwa di athirah  bangun salat malam adalah kegiatan rutin harian siswa.  Selain salat malam Alquran jugan tidak bisa dipisahkan dari aktivitas siswa di sekolah dan asrama.  Ia juga menyampaikan bahwa  membaca alquran dapat meningkatkan imunitas. Sudah banyak yang melakukan penelitian, bahwa ketika seseorang membaca alquran, maka banyak sel sel tubuh yg diperbaiki dan diperbaharui. Nurholis_tim Athirah Web (ig @nurholismuh)