Kegiatan

on 26 Juli 2021
  • Kegiatan
  • SD Kajaolalido

Tahun ajaran baru 2021-2022 SD Islam Athirah 1 Makassar telah dimulai kembali dan ditandai dengan pelaksanaan Welcoming Day pada Senin, 26 Juli 2021 yang digelar secara virtual. Acara ini dibuka dengan perkenalan para guru dan pimpinan dengan gaya yang cukup unik, yakni dengan menyelipkan sebuah pantun indah dan berisikan kalimat motivasi. Agenda pembuka tahun ajaran baru tersebut diselenggarakan dengan mengusung tema “I am Unique”. Kepala SD Islam Athirah 1 Makassar, Khasan, S.Pd menjelaskan makna dari tema tersebut dalam pidato pembukanya “Kita mengambil tema I am Unique yang bermakna bahwa every child is a star.” jelasnya. Beliau juga menambahkan bahwa meksipun kita sedang berada di kondisi yang sulit seperti sekarang ini, kita harus tetap berupaya untuk memaksimalkan potensi peserta didik dan menumbuhkembangkan karakter islaminya”.

Kegiatan tahunan Welcoming Day ini dihadiri oleh segenap civitas SD Islam Athirah 1 Makassar, mulai dari jajaran pimpinan, guru, karyawan, dan para orang tua siswa kelas 1 sampai 6, dan tidak terkecuali Bapak Direktur Sekolah Islam Athirah, H. Syamril, S.T., M.Pd. Dalam kesempatannya, beliau menegaskan 3 hal yang penting untuk kita peroleh dalam hidup ini yakni keselamatan, rahmat dan keberkahan.

Selanjutnya, Wakasek Kurikulum dan SDM SD Islam Athirah 1 Makassar, Arfyuni Firman, S.Pd., M.Pd menjelaskan hal terkait metode pembelajaran yang akan mulai digunakan di tahun ajaran baru ini, yakni, Flipped Classroom Method. Metode ini diharapkan dapat lebih memudahkan peserta didik dalam mengiktui proses pembelajaran di kelas selama situasi pandemi. Selain itu beliau juga kembali menyebutkan beberapa poin terkait Kurikulum AIHES sebagai kurikulum khas Athirah di mana proses pembelajarannya senantiasa dikaitkan dengan nilai-nilai dalam Al-Quran dan Hadits. 

Sementara itu, Wakasek Kesiswaan dan IT, Jamaluddin Mukhlis, S.Ag., M. Pd.I kembali menekankan beberapa hal pokok terkait perkembangan pembelajaran Al-Quran peserta didik dan tidak kalah pentingnya adalah mengenai upaya kerjasama guru dan orangtua dalam menumbuhkan akhlak mulia para peserta didik diantaranya, sikap sadar salat dan berbakti kepada orangtua.

Selain pemaparan program-program tahunan sebagai wujud janji mutu SD Islam Athirah kepada para orang tua siswa, di acara Welcoming Day ini para siswa-siswi SD Islam Athirah kembali mendapatkan kesempatan untuk melatih kepercayaan diri mereka dengan bertindak sebagai pengisi acara dalam kegiatan tersebut. Salah satu siswa English Class 4 Al-Haqqu, Rafi Radja Gadza menyampaikan presentasi dalam bahasa Inggris dengan sangat baik. Beberapa penampilan lainnya pun turut mewarnai kegiatan Welcoming Day tersebut seperti pembacaan puisi, penampilan lagu dan pemutaran video projek tahunan para peserta didik. 

Di penghujung kegiatan Welcoming Day, SD Islam Athirah 1 Makassar kembali menghadirkan salah satu Institusi Bimbingan Belajar Bahasa Inggris, yakni Idea School of English yang menawarkan beberapa program menarik bagi siswa sekolah dasar. Hal ini tentu saja menjadi salah satu upaya SD Islam Athirah 1 Makassar untuk meningkatkan mendukung kemampuan Bahasa Inggris peserta didiknya. Selanjutnya, agenda Welcoming Day pun ditutup dengan kegiatan pemaparan program tahunan oleh masing-masing wali kelas melalui link zoom atau google meeting kelas masing-masing.

Penulis : Dwi Azmiyana (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)