Kegiatan

on 22 Juli 2021
  • Kegiatan
  • SD Kajaolalido

Kamis (22/07/2021) bertepatan dengan hari kedua tasyrik, SD Islam Athirah 1 Makassar melaksanakan penyembelihan hewan kurban. Kegiatan ini dilaksanakan secara semi online dan offline. Seluruh siswa dan sebagian besar guru SD Islam Athirah 1 Makassar mengikuti rangkaian acara penyembelihan hewan kurban secara online melalui zoom. Sementara sebagian guru dan karyawan yang bertugas sebagai panitia harus melaksanakannya secara offline di area gedung Sekolah Islam Athirah. Tahun ini, SD Islam Athirah 1 Makassar menyembelih 3 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Acara ini dibuka oleh MC kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an dan doa bersama.

Setelah doa, seperti biasa dilanjutkan dengan open mind oleh Kepala SD Islam Athirah 1 Makassar, Mr. Khasan. Dalam penyampaiannya, beliau mengajak kepada seluruh siswa dan guru untuk memanfaatkan moment Idul Adha ini untuk berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan. “Insyaa Allah pembelajaran yang kita peroleh dari proses kurban yang kita laksanakan kali ini manfaatnya lebih real dirasakan oleh masyarakat yang membutuhkan, khususnya di masa pandemi ini,” jelasnya. 

Sementara itu, Ustadz Darsal dalam tausiyahnya menyampaikan tentang sejarah perayaan Idul Adha. Beliau juga menyampaikan tentang salah satu hikmah Idul Adha adalah agar kita semua dapat mencontoh keikhlasan dan kedermawanan Nabi Ibrahim AS dalam berkurban. Disamping itu, beliau juga menambahkan bahwa berkurban juga merupakan salah satu aksi sosial dalam rangka menyeimbangkan kehidupan ekonomi masyarakat. “Semoga anak-anakku sekalian dapat mencontoh sifat kedermawanan dari Nabi Ibrahim AS, orang-orang dermawan Insyaa Allah rejekinya akan terus mengalir,” harapnya.

Setelah mendengarkan tausiyah, anak-anak kemudian diajak untuk menyaksikan pemotongan hewan kurban secara live. Disamping itu, mereka juga mendengarkan penjelasan tentang bagian-bagian tubuh hewan kurban yang disampaikan oleh Ms. Risma. Beliau juga menjelaskan tentang perbedaan bagian tubuh hewan kurban dengan manusia. Siswa-siswi SD Islam Athirah 1 Makassar tampak begitu antusias saat menyaksikan pemotongan hewan kurban. Mereka juga penasaran ingin melihat dan mengetahui bagian-bagian tubuh dari hewan kurban tersebut.   Beberapa siswa tampak aktif mengajukan pertanyaan.

Kegiatan ini ditutup dengan pembagian paket daging kurban kepada orang-orang yang membutuhkan, seperti office boy, driver dan security yang ada di Sekolah Islam Athirah. Beberapa paket daging kurban juga didistribusikan ke panti asuhan terdekat.

Penulis : Dewi Purnama Sutji (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)