Kegiatan

on 23 Juli 2021
  • Kegiatan
  • SMP Boarding School Bone

SMP-SMA Islam Athirah Bone menggelar kegiatan Tausiyah Qurban pada hari Jumat (23/7) di Masjid Fatimah Kalla. Kegiatan yang dibawakan oleh Ustad H.Tasman Muhammad, Lc. Tersebut dipandu oleh siswa kelas IX asal Bone, Zulkarnail.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam suasana Idul Adha tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Ananda Putri Aulia Ramadhani dan sari tilawah oleh Naurah Iftitah Anandta. Setidaknya dua ratusan siswa mengikuti tausiah yang dihelat pada hari ketiga tasyrik bulan Zulhidjjah tersebut.

Dalam Tausiyahnya, Ustad H Tasman Muhammad, Lc menguraikan panjang lebar kisah Nabi Ibrahim dan Ismail Alaihi Salam, serta sejarah berdirinya kota Mekkah Al Mukarromah. Sosok yang mengajar Mapel PAI di SMP Islam Athirah Bone tersebut menerangkan bahwa Nabi Ibrahim diuji dengan banyak cobaan, diantaranya diperintahkan untuk meninggalkan istri dan anaknya Ismail saat masih bayi hingga diperintahkan untuk menyembelih anaknya Ismail Alaihi Salam.

 Selain itu Ulama alumni Universitas Al Azhar Kairo Mesir tersebut juga menerangkan bahwa masuk surge tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, tetapi perlu usaha yang tinggi untuk meraihnya. Salah satunya adalah dengan membaca Doa Kebaikan Dunia dan Akhirat, khususnya di hari-hari tasyrik.

Hingga pada bagian penutup, Dai asal Bone tersebut menguraikan hikmah berkurban adalah bentuk saling peduli sesama umat muslim, selain itu, bagaimana kita menyikapi makna simbolik dari menyembelih hewan kurban adalah representasi dari menyembelih sifat-sifat tercela kita yang selama ini menjerumuskan kita kepada dosa-dosa kepada Allah Swt. Nurholis_Tim Athirah Web (@nurholismuh)