Kegiatan

on 16 Juli 2021
  • Kegiatan
  • SD Kajaolalido

Hari terakhir Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SD Islam Athirah 1 Makassar menghadirkan berbagai macam kegiatan yang menarik, Jumat (16/7/2021). Kegiatan yang dimulai sejak Senin ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 1, wali kelas 1, guru bidang studi dan juga pimpinan di SD Islam Athirah 1 Makassar. Sama seperti hari sebelumnya, kegiatan ini digelar secara virtual menggunakan aplikasi zoom meeting. MPLS tahun pelajaran 2021/2022 ini mengusung tema “Fun and Meaningful Learning at Home with Athirah Islamic Elementary School 1”. Sebelum guru kelas 1 mengawali materinya, ada pemaparan singkat mengenai lembaga kursus Bahasa Inggris yaitu IDEA English. Dalam paparannya ia menjelaskan program yang bisa diikuti oleh siswa.  Diantaranya yaitu target menjadi pengguna Bahasa Inggris aktif, para siswa akan diajar oleh pengajar Indonesia dan Native Speaker, language function and skill, fundamental grammar and vocabulary, dan belajarnya melalui online via zoom.

Materi pertama MPLS hari ini masih lanjutan dari hari sebelumnya yaitu materi salat yang dibawakan oleh Andi Besse Taebah, S.Pd. Namun kali ini ia menjelaskan tentang salat dhuha.

“Sebelum masuk usia 7 tahun kita harus belajar salat dan menghafal bacaan salat yah nak. Setiap pagi sebelum belajar kalian akan salat dhuha terlebih dulu sebelum belajar. Saat mengenakan mukena pastikan rambutnya tidak kelihatan yah nak”ucapnya ke anak-anak.

Dilanjutkan dengan praktik salat dhuha bersama-sama yang dipandu oleh Hj. Rahmi Saleh, S.Pd. Ia menjelaskan ke anak-anak untuk berwudu dan berniat dahulu sebelum salat.

“Kalau salat tidak boleh tengok kiri dan kanan ya nak. Pandangannya di atas sajadah dan ikuti bacaannya ibu guru. Pastikan semuanya berwudu dulu dan kameranya silakan diaktifkan,”katanya.

Kepala sekolah SD Islam Athirah 1 Makassar, Khasan, S.Pd.  juga berinteraksi ke siswa. Ia mengajak anak-anak untuk berani memperkenalkan dirinya di hadapan teman-temannya. Ia juga mengapresiasi seluruh peserta MPLS yang telah hadir di hari pertama hingga akhir.

Sementara itu, Hj. Rahmi Saleh, S.Pd., guru kelas 1 menambahkan bahwa kegiatan MPLS ini bisa berjalan lancar karena adanya kerja sama dan semangat dari wali kelas maupun bidang studi. Anak-anak juga semakin akrab dengan guru-gurunya.

“Tim guru kelas 1 itu Alhamdulillah sangat kompak. Tidak mengenal tua ataupun muda. Semuanya melaksanakan fungsinya dengan baik. Semoga dengan selesainya MPLS ini anak-anak bisa semakin semangat belajarnya,”ucapnya melalui Whatsapp.

Ernawaty, S.S selaku wali kelas 1 Ar Rauuf juga mengungkapkan rahasia sukses dalam pelaksanaan MPLS ini. Menurutnya sepekan sebelum kegiatan rekan-rekan guru telah mendiskusikan bersama persiapan kegiatan MPLS ini. Walaupun pelaksanaannya secara daring namun panitia telah menyiapkan sebaik mungkin materi dan pematerinya. Ia juga menambahkan pelaksanaan MPLS selama lima hari ini berjalan lancar. Para siswa selalu aktif, antusias dan semangat mengikuti kegiatan di tiap harinya.

Kepala Sekolah SD Islam Athirah 1 Makassar, Khasan, S.Pd. menyampaikan penghargaan berupa reward card kepada seluruh siswa yang hadir di MPLS hari pertama hingga akhir. Ia juga menyampaikan beberapa pesan penting kepada seluruh siswa.

“Setelah MPLS ini kalian harus belajar dan mengaplikasikan amalan agam islam dengan baik. Orangtua kalian ingin agar kalian bisa membaca Al Quran semakin baik, rajin dan menghafalkannya. Dengan kalian menghafalkannya nanti kalian akan memasangkan mahkota kepada kedua orangtua kalian di hari kiamat. Caranya yaitu dengan menjadi hafidz dan hafidzah. Semangat belajar dan menghafal Al Quran dan jangan lupa terapkan dalam kehidupan sehari-hari,”ungkapnya.

Ia juga mengapresiasi seluruh guru kelas 1 atas terselenggaranya dengan baik kegiatan MPLS ini. Dari hari pertama hingga akhir ia turut hadir menyaksikan kegiatan MPLS. Menurutnya seluruh guru sudah bekerja dengan baik dan seluruh guru sudah menyajikan materinya dengan sangat menarik. Terakhir ia mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh rekan guru di kelas 1 yang telah menyukseskan MPLS tahun pelajaran 2021/2022.

Penulis : Syahriyanti (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)