Kegiatan

on 15 Juli 2021
  • Kegiatan
  • SD Kajaolalido

Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) hari keempat tidak kalah serunya dengan hari-hari sebelumnya. Kegiatan yang dilaksanakan pukul 09.00 – 10.30 WITA ini dihadiri oleh seluruh siswa baru, guru kelas 1, guru bidang studi, serta pimpinan SD Islam Athirah 1 Makassar, Kamis (15/7/2021).

Di hari keempat ini tim guru kelas 1 mengenalkan kepada anak-anak materi tentang wudu, praktik wudu, dan materi gerakan salat. Dian Erawati, S.Si.,selaku guru kelas 1 mendapat kesempatan menjelaskan materi pertama yaitu tentang wudu. Ia menjelaskan kepada anak-anak tata cara berwudu.

“Pertama-tama kita mulai dengan basmalah atau membaca niat wudu secara lengkap yah. Cuci tangan sampai tiga kali hingga pergelangan tangan. Basuh mulut atau kumur-kumur tiga kali lalu basuh hidung sebanyak tiga kali. Setelah itu membilas seluruh wajah hingga ke garis tepi dekat rambut, mulai dari ujung kepala tumbuhnya rambut hingga dagu. Mencuci tangan hingga kedua siku sebanyak tiga kali. Mengusap kepala dari depan hingga ke belakang sebanyak satu kali. Bukan dicolek-colek sebagian rambut depan saja yah. Membersihkan kedua telinga sebanyak tiga kali dan terakhir membasuh kaki hingga atas mata kaki sebanyak tiga kali lalu ditutup dengan membaca doa setelah wudu,”ucapnya saat menjelaskan materi wudu ke anak-anak.

Selanjutnya ia menunjuk perwakilan dari siswa untuk praktik berwudu dan membaca doa setelah wudu. Anak-anak tampak fokus dan serius mendengar materi pertama. Usai materi pertama anak-anak diajak untuk melakukan ice breaking yang dipandu oleh Hj. Rahmi Saleh, S.Pd. anak-anak tampak semangat dan ceria menggoyang-goyangkan badan. 

Sementara itu materi salat dibawakan oleh Andi Besse Taebah, S.Pd. Ia menjelaskan tata cara salat yang benar dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan ketika salat.

“Jangan mendahului imam yah nak, jangan angkat kepalanya sebelum imam angkat kepalanya, pandangannya ke tempat sujud yah nak bukan ke arah yang lain,”imbuhnya saat memberikan materi. 

Ia juga menjelaskan mengenai pentingnya melakukan salat yang dikutip dari Baihaqi.

“Salat adalah tiang agama. Barangsiapa yang mendirikan salat maka sungguh ia telah menegakkan agama islam dan barangsiapa yang meninggalkan salat maka sungguh ia telah merobohkan agama islam.” (Baihaqi)

Siti Mudahari, S.Ag.,selaku guru agama di kelas 1 juga menjelaskan tentang keseruan MPLS hari keempat. Ia mengatakan hingga hari ini anak-anak masih antusias mengikuti segala aktifitas walaupun hanya melalui zoom meeting.

“Alhamdulillah kegiatan hari ini sangat menarik. Pematerinya luar biasa, dapat membuka wawasan anak-anak tentang tata cara berwudu dan tata cara salat dengan baik dan benar. Materi ini sebagai bekal bagi anak-anak dalam menjalankan perintah Allah yaitu perintah untuk salat yang kita kerjakan lima kali sehari,”ungkapnya melalui Whatsapp.

Penulis : Syahriyanti (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)