Kegiatan

on 14 Juli 2021
  • Kegiatan
  • SD Kajaolalido

Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) hari ke-3 menghadirkan guru olahraga sebagai pemateri, Rabu (13/7/2021). Kegiatan yang diselenggarakan secara daring ini diikuti oleh siswa baru SD Islam Athirah 1 Makassar tahun pelajaran 2021/2022.

Kegiatan dimulai dengan bersama-sama bersholawat atas Nabi Muhammad SAW. Dewi, S.Pd. mengajak anak-anak untuk senantiasa bersholawat karena dengan bersolawat menunjukkan kecintaan kita kepada Rasulullah. Dilanjutkan dengan membaca doa secara bersama-sama oleh Hj. Rahmi Saleh, S.Pd. Urutan doa dimulai dengan bersyahadat, doa belajar, doa memperlancar lisan, dilanjutkan dengan membaca surah al fatihah.

Sebelum masuk ke materi, Dewi, S.Pd. selaku MC mengingatkan anak-anak untuk selalu mematuhi aturan selama mengikuti MPLS ini. Agenda di MPLS hari ke-3 ini yaitu senam bersama dan penjelasan tentang classroom setting. Sebelum berolahrga, Muh. Ruswan Wajib, S.Pd.,M.Pd., guru olahraga SD Islam Athirah 1 Makassar mengajak siswa untuk melakukan warming up terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan senam. Untuk menambah semangat, ia menunjuk tiga orang siswa untuk menjadi leader lalu mengajak anak-anak berdiri melakukan warming up lalu senam.

Para siswa yang menggunakan seragam olahraga hari ini tampak antusias menggerakkan dan menggoyang-goyangkan badan. Usai senam, Dewi, S.Pd. menanyakan perasaan anak-anak setelah berolahraga bersama-sama. Serentak para siswa menjawab senang, seru, dan semangat.

Sementara itu, Andi Besse Taebah, S.Pd., wali kelas sekaligus koordinator di kelas 1 menceritakan tentang kegiatan MPLS hari ke-3 ini.

“Alhamdulillah MPLS hari ke-3 anak-anak lebih antusias lagi dalam mengikuti materi yg diberikan. Anak-anak dan guru sampai berkeringat usai berolahraga,”jelasnya.

Setelah berolahraga, anak-anak beristirahat beberapa menit lalu dilanjutkan dengan materi classroom setting yang dibawakan oleh Nurhas Tri Putri Yusuf, S.Pd. Ia menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang harus disiapkan sebelum belajar diantaranya kursi, dan meja belajar, alat tulis, lapto, HP, atau tablet serta headset.

Terakhir ia membacakan hadis tentang kebersihan. Ia mengajak para siswa membaca hadis tersebut sambil melakukan gerakan. Kebersihan sebagian dari iman. Setiap selesai belajar para siswa diajak membersihkan sendiri alat tulisnya, meja serta kursinya. 

Muh. Ruswan Wajib, S.Pd.,M.Pd juga mengungkapkan antusiasme anak-anak di hari ke-3 ini sungguh luar biasa menurutnya.

“Alhamdulillah di hari ke-3 MPLS ini sangat luar biasa yah anak-anak. Dari sisi semangat dan antusiasnya sangat terlihat. Anak-anak begitu ceria dan penuh semangat dalam mengikuti gerakan demi gerakan senam,”ungkapnya usai kegiatan MPLS.

Sementara itu, Andi besse Taebah, S.Pd. berharap semoga hari ke-4 anak sholeh-sholehah SD Islam Athirah 1 Makassar lebih semangat lagi mengikuti MPLS dibanding hari-hari sebelumnya.

Penulis : Syahriyanti (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)