Kegiatan

on 13 Juli 2021
  • Kegiatan
  • SD Kajaolalido

Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) hari kedua makin menghadirkan dongeng dari Kepala Sekolah SD Islam Athirah 1 Makassar, Khasan, S.Pd., Selasa (13/7/2021). Kegiatan yang dilaksanakan pukul 09.00 – 10.30 WITA ini dihadiri oleh seluruh siswa baru, guru kelas 1, guru bidang studi, serta pimpinan SD Islam Athirah 1 Makassar.

Kegiatan awal di hari kedua ini dimulai dengan pembukaan oleh MC dan pembacaan doa. Yang paling seru di hari kedua karena Kepala Sekolah SD Islam Athirah 1 Makassar menceritakan dongeng ke anak-anak. Anak-anak tampak ceria dan senang mendengar dongeng tersebut. Dalam dongengnya ia menyampaikan pesan kepada siswa-siswi SD Islam Athirah 1 Makassar untuk menjadi anak yang baik.

“Kalian harus menjadi anak yang baik, pemberani, disiplin, tidak manja lagi sama orangtua, tidak mudah menyerah apalagi dalam hal pelajaran. Jika nanti dapat soal Matematika dari gurunya jangan menyerah kalau soalnya susah. Anak SD Athirah Athirah harus melihat kesulitan seperti batu loncatan agar bisa melompat lebih tinggi dan lebih jauh,”ucapnya usai membawakan dongeng.

Selanjutnya ia pun mengajak anak-anak untuk menyanyi bersama-sama. Suasana begitu riuh ramai dengan suara anak-anak.

Andi Dian Erawati, S.Si., wali kelas 1 Ar Rasyid mengungkapkan perasaannya melihat antusiasme anak-anak di hari ke-2 MPLS ini.

“Alhamdulillah anak-anak aktif, antusias dan semangat mengikuti kegiatan MPLS hari ke-2. Hal tersebut bisa dilihat ketika mereka dengan semangatnya memperkenalkan diri, menjawab pertanyaan, dan mereka antusias saat mendengarkan dongeng dari Pak Khasan dan gerak badan secara bersama-sama,”ungkapnya saat dimintai keterangan.

Setelah mendengarkan dongeng, anak-anak melakukan relaksasi dengan gerak badan yang dipimpin oleh Mei Cahaya, S.Pd. Ia mengajak anak-anak berdiri dan  melakukan gerakan coconut sambil menggerakkan anggota badan. Ia juga mengajak anak-anak untuk menyanyi bersama.

“Ayo anak-anak kita nyanyi sama-sama. Ayo berdiri semua kita nyanyi sama-sama. Naik bis kota, naik bis kota namanya busway. Naik sepeda, naik sepeda namanya itu bicycle,”senandung Mei diikuti dengan semangat oleh anak-anak.

Sementara itu Ernawaty, S.S membawakan materi tentang aturan kelas. Beberapa aturan yang harus diikuti di kelas selama pembelajaran online diantaranya hadir tepat waktu, menyiapkan alat tulis, minum sambil duduk dan menggunakan tangan kanan, menggunakan seragam sekolah, kamera diaktifkan, mikropon dinonaktifkan, ketika ingin ke toilet meminta izin, menyimak dengan seksama ketika guru atau temannya berbicara. Jika ingin gunakan chat box silakan ketika ingin bertanya atau mau menjawab pertanyaan, dan merapikan alat tulis ketika selesai belajar.

Andi Dian Erawati, S.Si., berharap semoga MPLS hari berikutnya juga berjalan lancar, anak-anak tetap semangat dan senang mengikuti MPLS.

Penulis : Syahriyanti (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)