Kegiatan

on 14 Juli 2021
  • Kegiatan
  • SD Kajaolalido

SD Islam Athirah 1 Makassar baru-baru ini membuka kembali kesempatan kepada guru-guru untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis melalui Program KPK (Kelas Pena Kreatif). Program ini dibentuk sejak tanggal 25 Mei 2021 dan beranggotakan 14 orang peserta yang terdiri dari Pimpinan SD Islam Athirah 1 Makasar yakni Jamaluddin Mukhlis, S.Ag., M. Pd.I dan Arfyuni Firman, S.Pd., M.Pd serta guru-guru yang terdiri dari Fatmawaty Syam, S.Pd, Nurhijra, S.Pd, Hj.Rahmi Saleh, S.Pd, Kartia Amriani, S.Pd, Nidia Alwiah, S.Pd, Hj. St. Supianah, S.Pd, Fajriati Ummah,S.Pd, Dewi Purnama Sutji, S.Pd., M.Pd, Rika Rahayu, S.Pd, Syahrianti, S.Pd., M.Pd, Muh. Saleh, S.Pd dan Dwi Azmiyana, S.S. 

Dalam kesempatannya, Wakil kepala SD Islam Athirah 1 Makassar bidang Kurikulum yang sering disapa Bu Uni menyampaikan harapannya agar guru-guru SD Islam Athirah 1 Makassar dapat belajar tentang kepenulisan sehingga kedepannya mampu menghasilkan karya dalam bentuk buku yang bermanfaat bagi warga Sekolah Islam Athirah pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Program pelatihan menulis ini mencakup beberapa tahapan. Tahap pertama telah dilaksanakan dengan memberikan pengenalan materi dan tugas-tugas untuk mengasah kemampuan menulis peserta. Dalam perjalanannya, setelah peserta mendapat materi dari mentor, mereka akan langsung mempraktikkan kegiatan menulis tersebut. Menurut salah satu peserta yang juga aktif dalam program ini, Ibu Nidi mengutarakan bahwa program ini sangat berkesan. 

“Saya mendapatkan energi positif dan kemudian menjadi bersemangat untuk menuliskan sebuah buku yang mana awalnya saya merasa program ini akan sangat berat. Namun setelah mendapatkan banyak arahan dari mentor dan dibimbing mulai dari teknik dasar dalam menulis sehingga kita memiliki bekal yang cukup dan menjadi lebih percaya diri untuk membuat sebuah tulisan.” ujarnya.

Program ini tidak hanya memberikan materi yang sangat jelas dan lengkap kepada peserta, tetapi juga banyak games-games dan bincang-bincang seru di sela-sela kegiatan yang semakin menambah motivasi para peserta. Ms. Dewi, salah satu peserta pelatihan menambahkan “Saya bersyukur diberikan kesempatan untuk mengikuti program menulis KPK ini. Materi yang disampaikan sangat bermanfaat dan kelasnya tidak membosankan karena dibarengi dengan games yang mengasah kemampuan kita dalam menulis.” jelasnya. 

Tahap selanjutnya dari program ini mencakup penulisan sebuah cerpen yang bertema fantasi. Setiap peserta diharapkan dapat menuliskan 1 tulisan yang nantinya akan dibukukan dan dipublikasikan agar dapat menjadi salah satu pilihan bacaan bagi siswa-siswi di SD Islam Athirah 1 Makassar. Hal ini tentunya menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan semangat mereka agar tetap rajin membaca.

Penulis : Dwi Azmiyana (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)