Kegiatan

on 12 Juli 2021
  • Kegiatan
  • SD Kajaolalido

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) hari ini digelar, Senin (12/7/2021). Kegiatan yang mengangkat tema “Fun and Meaningful Learning at Home with Athirah” dihadiri oleh seluruh siswa baru di kelas 1 SD Islam Athirah 1 Makassar. Selain itu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru kelas, dan guru bidang studi juga ikut hadir di kegiatan ini. 

MPLS ini diadakan untuk mempermudah peserta didik baru mengenali berbagai hal yang berkaitan dengan sekolah, tata tertib sekolah, maupun metode belajar yang berbeda dengan lingkungan pendidikan sebelumnya. Kegiatan yang diikuti 96 peserta dilaksanakan dari pukul 09.00 hingga 10.30 WITA. Di tengah pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat Covid-19, MPLS masih dilaksanakan secara daring. Saat ini belum memungkinkan untuk mengadakan MPLS secara tatap muka. Kegiatan MPLS ini dijadwalkan berlangsung selama lima hari, (Senin – Jumat, 7-11/7/2021) sedangkan di level 2 hingga 6 hanya dijadwalkan sehari.

Kegiatan hari ini diawali dengan pembukaan oleh MC, Syahriyanti, S.Pd.M.Pd. dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Hj. Rahmi Saleh, S.Pd. Seluruh siswa serentak mengaktifkan mikropon dan menyeru “Anggun, Unggul, Cerdas” ketika MC menyebut kata “Athirah”. Para siswa baru tampak antusias ketika diajak untuk meneriakkan yel-yel tersebut.

Selain itu para siswa juga diajak menyanyi bersama dan tak kalah seru para siswa diajak untuk berkeliling di lingkungan sekolah dan menyaksikan berbagai ruangan dan kelas di SD Islam Athirah 1 Makassar. Para siswa juga diajak berkenalan dengan guru dan karyawan. Walaupun diadakan secara virtual ini tak mengurangi semangat dan antusias mereka bersekolah di hari pertama MPLS ini. 

Kepala Sekolah SD Islam Athirah 1 Makassar, Khasan, S.Pd,. dalam sambutannya menyambut hangat para siswa baru dan menyampaikan berbagai harapan kepada seluruh siswa.

“Insya Allah anak-anak akan menjadi generasi Qur’ani, potensi anak-anak akan digali dan dikembangkan, dan tentunya akan dibimbing menjadi anak yang berakhlakul kharimah,”ucapnya saat memberikan sambutan.

Dalam sambutannya ia banyak memperlihatkan video tentang bagaimana berbakti kepada orangtua, video orangtua yang bekerja keras banting tulang demi kebahagiaan anak-anaknya, video hafidzah yang mampu melafalkan dan memahami Al Quran. Para siswapun tampak serius menyaksikan video-video tersebut.

Di akhir sambutannya, ia memotivasi seluruh siswa untuk melakukan dua hal yaitu belajar dan berbakti kepada kedua orangtua.

“Lakukanlah yang terbaik, habiskan waktu kalian untuk belajar dan berbaktilah kepada orangtua. Kami guru-guru akan memberi bimbingan agar kalian bisa mengembangkan potensi yang kalian miliki. Tidak ada ridho Allah  SWT yang mampir ke kita jika orangtua tidak ridho. Ingat dua hal, belajar dan berbaktilah kepada kedua orangtua,”tutupnya.

Penulis : Syahriyanti (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)