Kegiatan

on 11 Juli 2021
  • Kegiatan
  • SD Kajaolalido

Sekolah Islam Athirah melaksanakan webinar berjudul pentingnya vaskinasi untuk anak, Ahad &11/7/2021). Kegiatan ini dilaksanakan untuk menjawab kekhawatiran mengenai vaksin untuk anak sehingga sekolah bersama Badan Musyawarah Jamiah (BMJ) berinisiatif melaksanakan kegiatan tersebut. Sasaran utama webinar ini adalah orang tua murid guna memberikan edukasi ataupun sharing mengenai vaksin yang telah diperbolehkan buat anak dengan usia minimal 12 tahun. 

Kegiatan ini dipandu oleh Nurhikmah S.Pd selaku host, dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Ustad Muhammad Syakir S.Th.I, M.Th.i dan sebagai narasumber yaitu dr. Eka Yusuf Inra Kartika M.Kes, S.PA. Kegiatan yang belangsung pukul 09.00 - 10.30 WITA ini dihadiri oleh guru dan karyawan serta orangtua murid Sekolah Islam Athirah terkhusus orangtua murid SD Islam Athirah 1 Makassar.

Narasumber mengawali materi dengan memperlihatkan UU Perlindungan Anak 2002, UU Kesehatan 2009, dimana salah satu isinya pemerintah dan keluarga wajib melindungi anak dari berbagai macam ancaman, keselamatan, termasuk bahaya Covid-19. Ia pun memperlihatkan bahwa angka total kasus positif covid 19 pada anak usia 0-18 thn itu sekitar 270.000 orang.  Ini menunjukkan perlunya vaksin sebagai pencegahan tertularnya Covid-19.

“Anak dapat tertular dan menularkan ke orang dewasa hingga ke keluarga. Untuk mencegah penularan harus dengan protokol Kesehatan yang ketat antara dewasa dan anak, pemeriksaan swab antigen atau PCR, percepatan imunisasi pada dewasa dan anak, terutama pada remaja dengan mobilitas tinggi,’’ tambah dr. Eka.

Vaksin yang akan digunakan di Indonesia saat ini adalah produksi Sinovac Life Sciences CO.Ltd China yang hukumnya suci dan halal menurut fatwa MUI. Vaksin pada anak pun direkomendasikan oleh PP IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia). Ini didasarkan pada hasil uji klinis fase 1 dan 2  menunjukkan aman, serokonversi dan imunogenisitas tinggi dan bedasarkan prinsip kehati-hatian vaksin dimulai untuk umur 12-17 tahun.

Setelah pemaparan orang tua siswa sangat antusias dalam bertanya. Salah satunya yaitu dari Bapak Egie. Beliau menanyakan apakah dosis vaksin untuk anak dan dewasa itu sama. Ia pun menjawab bahwa vaksin dan dosisnya sama. 

Dengan vaksin kita berikhtiar, ayo vaksin. Jika semua anak vaksin  akan terbentuk kekebalan tubuh sehingga terdapat kekebalan saat interaksi,’’ucap dr.Rina saat dimintai pendapat.

Terakhir narasumber mengajak orangtua siswa untuk mendukung anak agar bisa vaksin.

“Ayo  vaksin, ikuti protokol kesehatan, dan doa adalah ikhtiar kita mencegah penularan Covid-19,’’tutup dr.Eka.

Penulis : Rika Rahayu (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)