Kegiatan

on 09 Juli 2021
  • Kegiatan
  • SD Kajaolalido

Jumat (9/7/2021) adalah hari terakhir rapat kerja SD Islam Athirah 1 Makassar. Hari terakhir raker ini dilaksanakan secara offline dan online yang dihadiri seluruh guru dan karyawan SD Islam Athirah 1 Makassar. Kegiatan ini dibuka oleh MC Fajriati Ummah, S.Pd. yang memandu jalannya raker hingga akhir. Dilanjutkan dengan pembacaan doa yang penuh makna di hari Jumat yang merupakan hari diijabahnya doa. Tak lupa, Kepala Sekolah, Khasan, S.Pd. memberikan Selayang pandang. Beliau memberikan kisah inspiratif untuk terus memotivasi guru dan staf. Ia menceritakan kisah inspiratif mengenai kompetisi. Seorang anak yang berdoa sebelum kompetisi dan sesorang anak lainnya.

“Apa sih isi doamu? Pasti berdoa agar lawan kamu kalah, atau kamu berharap kamu yang jadi pemenangnya. Anak tersebut pun menjawab, saya tidak berdoa seperti itu, saya berdoa agar tidak menangis saat tidak menang dalam perlombaaan,”serunya.

Ini mengajarkan kita agar bersikap baik dalam setiap kondisi adalah ujian, baik dalam keadaan senang ataupun buruk. Serta menghindari sikap ujub dimana sikap mengangumi diri sendiri dan senantiasa membanggakan dirinya. Karena sifat ini membuat kita ke dalam perbuatan riya.

“Semoga dengan raker ini menjadi pedoman kita dalam tahun ajaran baru ini. Semoga kita menjadi pribadi yang memiliki mindset dan kessungguhan sebagai pendidik. Segala sesuatunya kita dapat lakukan denga trial dan improve,’’tutupnya.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan open mind oleh Pak Jamaluddin S.Pd,M.Pd,  Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan IT. Beliau bercerita mengenai pentingnya keikhlasan sebagai pendidik.

“Keikhlasan dalah kekuatan besar yang dilimpahkan mu’min menghasilkan keberkahan abadi di dunia dan diakhirat. Allah memberikan kabar gembira bagi mereka yang ikhlas akan memperoleh keridaan Allah diakhirat. Dan itu adalah buah keberhasilan dimana lebih berharga daripada ribuan amalan tanpa keihkalasan,”ucap Jamal.

Kegiatan pun diakhiri dengan penandatangan hasil rapat kerja setiap komisi. Mursyidin, S.Pd., guru pendamping English Class mengungkapkan perasaannya saat mengikuti kegiatan raker tiga hari berturut-turut ini.

“Ini adalah pertama kalinya saya sebagai guru baru mengikuti raker. Saya sangat bersyukur di setiap rakernya mendapatkan motivasi dan kisah inspiratif. Ini membuat saya menjadi pribadi yang lebih semangat mengajar dan membuat saya selalu ingin belajar dan terus belajar menjadi pendidik yang kreatif,”imbuhnya.

Penulis : Rika Rahayu (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)