Kegiatan

on 09 Juli 2021
  • Kegiatan
  • SD Kajaolalido

Berbagai ikhtiar dan tawakkal dilakukan oleh SD Islam Athirah 1 Makassar dalam meningkatkan nilai religius pada diri masing-masing. Hal ini sangat direspon positif oleh seluruh guru dan karyawan SD Islam Athirah 1 Makassar. Salah satu bentuk kegiatannya yaitu melakukan zikir bersama pada waktu sepertiga malam setiap jumat subuh. Kegiatan ini telah berjalan selama sebulan ini. Seperti dzikir sepertiga malam yang dilaksanakan baru-baru ini, Jumat (9/7/2021) ada yang sedikit berbeda pelaksanaannya dikarenakan Syamril S.T.,M.Pd., selaku direktur Sekolah Islam Athirah turut hadir serta santriwati dari MHQ Tonra Bone yang diketuai oleh ustadz Kamal. 

Pelaksanaan kegiatan dzikir sepertiga malam yang diikuti oleh guru dan karyawan yang awalnya diperuntukkan untuk guru SD Islam Athirah 1 namun adapun dari unit lain antusias mengikuti kegiatan ini dimulai pukul 03.00 - 04.10 Wita. Adapun rangkaian kegiatannya yaitu shalat tahajjud dua rakaat,  dua rakaat shalat hajat, dan tiga rakaat shalat witir, lalu dilanjutkan zikir bersama yang dipimpin oleh guru Al-Quran, lalu ditutup dengan Doa. 

Salah satu guru yang mengikuti kegiatan zikir sepertiga malam yaitu Mursyidin S.Pd menyampaikan pendapatnya mengenai kegiatan zikir ini bahwa seperti yang kita tahu kegiatan zikir di sepertiga malam ini awalnya difasilitasi oleh rekan-rekan di unit SD namun faktanya ternyata banyak dari unit lain yang antusias untuk bergabung dalam zikir bersama ini. Selain sebagai bentuk kita selalu mengingat kepada Allah SWT dzikir ini juga sebagai ikhtiar dan tawakal kita dalam kelancaran segala aktivitas di sekolah termasuk PPDB Sekolah Islam Athirah. Di akhir beliau menyampaikan harapannya dengan keikhlasan teman teman dalam kegiatan ini bisa menjadi cara untuk selalu mengingat Allah  SWT dalam segala aktivitas kita. 

“Di kegiatan dzikir sepertiga malam ini saya sangat bersyukur bisa berpartisipasi. Kegiatan ini melatih kita untuk ikhlas dalam melakukan ibadah kepada Allah SWT,”ucapnya.

Rasulullah SAW menjelaskan bahwa ketika seseorang terjaga dari tidur pada malam hari jika berdoa maka akan dikabulkan dan jika bangun kemudian shalat maka shalatnya akan diterima oleh Allah SWT. 

“Semoga kegiatan ini bisa berlanjut terus untuk membiasakan diri kita bangun shalat dan zikir,” ujar Hj.St.Supianah S.Pd. saat dimintai pendapat.

Penulis : Fajriati Ummah (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)