Kegiatan

on 09 Juli 2021
  • Kegiatan
  • SD Kajaolalido

Mengawali tahun ajaran baru 2021-2022, SD Islam Athirah 1 Makassar mengadakan rapat kerja (raker) yang berlangsung selama tiga hari, Rabu (7/7/2021). Kegiatan dibuka oleh Fajriati Ummah, S.Pd. selaku MC  dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an. Kegiatan utama kegiatan hari ini yaitu sharing session, kerangka kerja oleh Kepala Sekolah, Mapping guru dan beban kerja selama WFH, dan pembagian Komisi dan target kerja.

Tampak ada yang terbaru dengan raker ini karena adanya sharing session yang dibawakan oleh guru olahraga, Ruswan Wajib, S.Pd.,M.Pd. Beliau membawakan materi ‘’Kecerdasan Anak berbeda-beda”. Dalam presentasinya, Ruswan mengawali  dengan memperlihatkan gambar sebatang pohon kelapa di tepi pantai, lalu sebutir kelapa yang jatuh dari tangkainya.  Lalu dia bercerita, ada 4 anak yang mengamati fenomena alam jatuhnya buah kelapa ditepi pantai itu. 

“Anak pertama dengan cekatan mengambil secarik kertas, membuat bidang segitiga, menentukan sudutnya, mengira berapa berat kelapa lalu ia menghubungkan dengan rumus matematika dan fisika. Anak kedua, dengan gesit memungut kelapa yang jatuh, membawanya kepasar dan menawarkan kelapanya sehingga laku terjual. Anak ketiga, dengan cekatan dia ambil kelapanya lalu dia berkeliling sambil menanyakan kelapanya milik siapa, sehingga si anak ingin mengembalikan kepada pemiliknya”. Dan terakhir Anak keempat, mengambil kelapa terus lalu memberinya kepada kakek yang kakek yang dipinggir jalan yang tengah kepanasan,”ungkapnya.

Dalam kesimpulannya ia mengatakan anak Anda semuanya adalah anak-anak yang cerdas dengan keunikan dan kecerdasannya masing-masing. Hargai dan jangan samakan dengan orang lain atau bahkan dengan diri Anda sendiri.

“Alhamdulillah merasa bersyukur sekali bisa diberikan kesempatan oleh pimpinan apalagi sharing sessionnya di hadapan direktur dan jajarannya itu suatu kebanggaan tersendiri buat saya dan harapan kedepannya menurut saya pribadi semacami ini harus terus dilakukan. Selain menambah wawasan khusunya pendidikan yang notabenenya kita adalah seorang pendidik serta  melatih public speaking,’’ ucap Ruswan saat dimintai keterangan.

Bu Nur selaku wali kelas mengatakan luar biasa materi yang dibawakan oleh Pak Ruswan. Sebagai pendidik kita harus tahu dan terus belajar mengenai karakter dan kemampuan siswa kita. Karena setiap anak adalah unik. Allah menciptakan keragaman dan bakat  yang berbeda-beda dari setiap anak.

Sementara itu Ulvy Alvyanty, S.Pd. yang juga merupakan guru olahraga di SD Islam Athirah 1 Makassar menambahkan bahwa kita sebagai pendidik yang baik harus mampu mendeteksi kecerdasan anak dengan cara mengamati perilaku, kecenderungan, minat, cara dan kualitas anak saat bereaksi terhadap stimulus yang diberikan.

Penulis : Rika Rahayu (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)