Kegiatan

on 08 Juli 2021
  • Kegiatan
  • SD Kajaolalido

Rabu (08/07/2021), SD Islam Athirah 1 Makassar kembali melaksanakan rapat kerja hari kedua. Rapat kerja di hari kedua ini masih dilaksanakan secara daring melalui zoom. Kegiatan ini di hadiri oleh seluruh guru dan karyawan SD Islam Athirah 1 Makassar. Kegiatan ini dimulai sejak pukul 09.00 pagi dan berakhir pada pukul 17.30 WITA. Raker hari kedua ini dipandu oleh Ms. Erna selaku MC yang menggunakan full Bahasa Inggris. Hal ini juga merupakan bukti keseriusan unit SD Islam Athirah 1 Makassar dalam mendukung pengembangan Bahasa Inggris khususnya bagi para guru.

Sebelum rapat komisi dimulai, Kepala SD Islam Athirah 1 Makassar, Khasan, S.Pd., dalam sesi selayang pandang memaparkan tentang model pembelajaran Flipped Classroom. Model pembelajaran ini membalik lingkungan belajar tradisional dengan memberikan materi pembelajaran sebelum kelas berlangsung dimana sebagian besar materinya berbentuk video. Kemudian, saat di kelas siswa diberi kesempatan untuk berdiskusi tentang materi yang sudah diberikan. Sehingga dalam model pembelajaran ini, guru bertindak sebagai fasilitator. Menurut beliau, model pembelajaran ini sangat sesuai untuk generasi saat ini. Dimana mereka memiliki lima gaya belajar yaitu; visual, berbasis teknologi, inovasi, konkret, dan kritis. Sebelum mengakhiri pemaparannya, beliau memberikan semangat kepada seluruh guru SD Islam Athirah 1 Makassar.

“Yang akan mendukung atau membedakan sebuah sekolah dengan sekolah lainnya bukan hanya pada tataran prestasi tetapi juga pada tataran proses yang diselenggarakan. Oleh karena itu, mari kita bersama untuk terus belajar dan berinovasi demi kemajuan sekolah kita tercinta!” jelasnya.

Sementara itu, Arfyuni Firman, S.Pd., M.Pd. selaku Wakasek bagian Kurikulum SD Islam Athirah 1 Makassar juga menunjukkan kemampuannya dalam berbahasa Inggris saat memulai open mind-nya. Beliau juga mengajak kepada seluruh guru SD Islam Athirah 1 Makassar untuk menyikapi keberadaan English Class di unit SD sebagai sebuah kesempatan untuk terus belajar.

“Dengan adanya program English Class ini kita dituntut untuk memberikan lebih dari apa yang kita miliki. Ayo teman-teman kita terus berinovasi, mencari hal-hal baru dan memotivasi diri kita sendiri bahwa kita memang harus terus belajar. Jika kita tidak belajar maka kita akan ketinggalan kereta!” ajaknya.

Sesi selanjutnya adalah rapat komisi yang berlangsung selama kurang lebih dua jam. Ada lima komisi dalam rapat kerja ini, yaitu; Komisi SDM dengan nama tim Abu Bakar, Komisi Kurikulum dengan nama tim Umar bin Khattab, Komisi Keagamaan dan Karakter dengan nama tim Usman bin Affan, Komisi Kegiatan dan Kesiswaan dengan nama tim Ali bin Abi Thalib serta Komisi Customer Relationship dengan nama tim Khalid bin Walid. Seluruh komisi kemudian memaparkan hasil rapatnya dalam room zoom utama pada pukul 13.30 WITA. Pemaparan dari masing-masing komisi berjalan dengan baik dan para peserta tampak fokus menyimak dan memberikan tanggapan terhadap hasil rapat yang disampaikan oleh setiap komisi.

Penulis : Dewi Purnama Sutji (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)