Kegiatan

on 08 Juli 2021
  • Kegiatan
  • SD Kajaolalido

Memasuki tahun pelajaran 2021/2022 SD Islam athirah 1 Makassar melaksanakan kegiatan rutin tahunan yaitu Rapat Kerja. Ada yang berbeda dalam Rapat kerja tahun ini. Hari pertama pada kegiatan rapat kerja, salah satu agendanya itu pelaksanaan sharing session oleh perwakilan 3 orang guru SD Islam Athirah 1 Makassar yaitu Syahriyanti, S.Pd.,M.Pd. dengan judul presentasi "Cara Unik Mendidik Anak Ala Jepang, selanjutnya Nuryani, S.Pd. dengan judul Syukur Tiada Akhir, dan diakhir presentasi oleh Muh. Ruswan Wajib, S.Pd.,M.Pd. dengan judul Setiap Anak Memiliki Kecerdasan yang Berbeda. 

Sharing session yang dilaksanakan pada Rabu (7/7/2021) ini merupakan hasil tulisan jalan kalla pada bulan juni. Syahriyanti, S.Pd,.M.Pd. dalam menyampaikan hasil tulisannya yang berjudul Cara unik mendidik anak ala Jepang. Dalam presentasinya menyampaikan bahwa begitu banyak perbedaan budaya antara negara Indonesia dan Jepang. Diantaranya negara jepang memiliki kesadaran menjaga kebersihan yang lebih tinggi dibanding negara Indonesia. Terkhusus pada pembentukan karakter dan mendidik anak. Menurut sistem pendidikan Jepang yang terkenal, anak-anak sempurna diasuh sebelum berusia 5 tahun. Lalu mereka diajarkan untuk menjadi seseorang layaknya pelayan dari usia 5 hingga 15 tahun, dan dianggap sama seperti orang dewasa pada usia 15 tahun. Lalu pada penerapan tanggung jawab pada anak dilakukan masing-masing anak dibiasakan untuk membawa barang mereka sendiri, bahkan saat hujan sekalipun. Selanjutnya orang Jepang (orang dewasa dan anak kecil) selalu mengucapkan terima kasih dengan cara membungkukkan badan mereka. Terlebih ketika saat menyeberang jalan. Sejak duduk di taman kanak-kanak, semua anak dibiasakan untuk mengikuti jadwal ketat, mengulang lagu-lagu, permainan, dan kelakuan sopan yang sama seperti menaruh sepatu di tempatnya dengan rapih dan duduk dengan baik hingga hal-hal sederhana itu menjadi hal yang biasa dilakukan bagi mereka. 

Dalam kesempatan yang sama Syahriyanti, S.Pd.,M.Pd,. mengungkapkan perasaannya usai membawakan materi.

"Alhamdulillah senang dan bersyukur juga karena bisa terpilih menjadi pembicara di sharing session. Kesempatan yang diberikan tidak datang dua kali jadi ketika diberikan kesempatan jangan pernah abaikan karena dari kesempatan tersebutlah kita bisa mendapatkan pengalaman. Semoga teman-teman lain juga mendapatkan kesempatan yang sama karena di SD itu SDM nya sangat kaya. Kepada pimpinan juga saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya,"ucapnya.

Saat pemberian sharing session oleh ketiga guru SD Islam Athirah 1 Makassar disaksikan oleh direktur Sekolah Islam Athirah dala.hal ini Syamril S.T,.M.Pd. diakhir beliau memberikan begtu banyak motivasi kepada seluruh rekan guru dan karyawan SD Islam Athirah 1 Makassar.

Penulis : Fajriati Ummah (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)