Kegiatan

on 07 Juli 2021
  • Kegiatan
  • SD Kajaolalido

Mengawali tahun pelajaran 2021/2022 SD Islam Athirah 1 Makassar menggelar kegiatan raker bagi guru dan karyawan, Rabu (7/7/2021). Kegiatan raker ini dijadwalkan berlangsung hingga tiga hari yang dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting. Tema rapat kerja SD Islam Athirah 1 Makassar tahun ini adalah “Kerja Cerdas dan Ikhlas untuk Bangkit Kembali.” Ini sejalan dengan tema besar dari manajemen yaitu bangkit di masa sulit.  Ada 3 yang perlu dibangun dari tema ini yaitu mindset kesungguhan, bersyukur dan tawakkal. 

Kegiatan di hari pertama dimulai dengan pembukaan oleh MC, Fajriati Ummah, S.Pd. kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Quran dan saritilawah oleh Ulvy Alvyanty, S.Pd.,M.Pd. dan Kamariah, S.Si.,S.Pd. Setelah itu dilanjutkan dengan sharing session oleh tiga guru SD Islam Athirah 1 Makassar, Syahriyanti, S.Pd.,M.Pd., Nuryani, S.Pd., dan Muh. Ruswan Wajib, S.Pd.,M.Pd.

Rapat kerja ini dihadiri langsung oleh direktur dan wakil direktur Sekolah Islam Athirah, pimpinan, guru dan karyawan SD Islam Athirah 1 Makassar. Dalam sambutannya, Direktur Sekolah Islam Athirah, Ir. H. Syamril.,S.T.,M.Pd. menyampaikan kepada seluruh peserta raker untuk banyak bersyukur karena di tengah pandemi ini wilayah Jawa-Bali sedang krisis oksigen dan kita patut bersyukur masih bisa bernafas tanpa bantuan oksigen. Selain itu ia juga menyampaikan terkait kutipan dari Charles Darwin It is not the strongest of the species that survive, nor the most intelligent, but one the most responsive to change yang artinya bukan yg terkuat yang paling bisa bertahan ataupun yang paling pintar tetapi yang bisa merespon perubahan. 

“Athirah dengan namanya yang besar hingga saat ini kita tidak boleh cepat puas dan bangga tetapi kita harus cepat merespon perubahan. Agar bisa merespon ada tiga pendekatan atau yang harus kita jaga atau lakukan. Kontrol seperti pelayanan dalam pembelajaran, metode mengajarnya. Meningkatkan kualitas dan mencari terobosan atau breakthrough seperti program English class, character log dll,”ucap Syamril saat memberikan open mind.

Ia juga mengutip dari perusahaan Philips lighting bahwa ada tiga hal yang bisa dipelajari dari perusahaan tersebut yaitu learn, share and do the work. Pelajari, bagikan lalu amalkan. Berawal dari individual learning, leader, team, dan akhirnya capai pada organization learning. Kondisi sekarang ini kita butuh kemampuan untuk merespon perubahan. Dengan adanya organization learning maka kita akan semakin kuat dalam belajar demi peningkatan kualitas pelayanan dan kualitas proses pembelajaran. Setelah sambutan, ia membuka sharing session bagi guru dan karyawan yang ingin menyampaikan masukan, saran, dan kritik yang membangun terkait Athirah ke depannya. Terakhir ia menutup sesi sambutannya dengan mengingatkan kita untuk senantiasa bersyukur denan apa yang dicapai saat ini. Semoga dengan bersyukur Allah akan menambah nikmat-Nya. 

Sambutan kedua dari Kepala Sekolah SD Islam Athirah 1 Makassar, Khasan, S.Pd. Dalam sambutannya ia mengatakan perlunya team work yang cerdas dan ikhlas. Hal terbaik untuk bisa memprediksi masa depan adalah kita menciptakannya sendiri. Ia mengajak para guru dan karyawan untuk sama-sama fokus dan mengoptimalkan potensi yang ada di diri kita masing-masing. Intinya team work ini adalah kata kuncinya. Selain itu ia juga menyampaikan beberapa evaluasi program di tahun ajaran 2020/2021 seperti online learning, project based learning, experiential learning, dll. 

“Alhamdulillah beberapa pengembangan basic skill seperti Bahasa Inggris dan Al Quran sudah terlaksana, Insya Allah pengembangan guru ke depan akan berfokus kepada professional dan pedagogi,”ungkapnya.

Setelah kegiatan pembukaan raker dilanjutkan dengan mapping guru dan beban kerja selama Work from Home oleh wakasek kurikulum, Arfyuni Firman, S.Pd.,M.Si,. dan dilanjutkan dengan pembagian komisi oleh wakasek kesiswaan dan IT, Jamaluddin Mukhlis, S.Ag.,M.Pd.I.

Penulis : Syahriyanti (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)