Kegiatan

on 07 Juni 2021
  • Kegiatan
  • SMA Boarding School Bone

        Sabtu, 5 Mei 2021, Sekolah Islam Athirah Bone menggelar acara penamatan siswa kelas IX dan XII angkatan VIII. Penamatan tersebut begitu spesial lantaran Athirah Bone untuk kali pertama meluncurkan buku dalam bentuk soft launcing. Istimewahnya lagi buku-buku  tersebut merupakan karya siswa kelas IX dan kelas XII. Mereka berhasil menorehkan rasa bangga. Apatah lagi buku tersebut lahir di tengah kondisi pandemi, saat di mana mereka belajar dari rumah dan segala sesutunya penuh keterbatasan.

        Buku yang dilauncing sebanyak tujuh buah, satu merupakan karya siswa kelas IX dan enam lainnya karya siswa kelas XII. Dari ketujuh buku tersebut, karya kelas IX SMP Islam Athirah Bone merupakan kumpulan artikel. Artikel tersebut ditulis secara kolaborasi antardua orang  siswa kelas IX. Mereka menggambarkan secara gamblang tentang program yang dijalankan Athirah Bone dalam menghadapi pembelajaran jarak jauh, mulai dari program penguatan pembelajaran, penguatan layanan asrama, hingga pada program penguatan karakter. Kumpulan artikel tersebut yang kemudian diberi judul Sky Boarding selayaknya seperti buku best practise yang penuh inspirasi saat membacanya.    

        Adapun enam buku lainnya yang ditulis oleh siswa kelas XII, empat di antaranya merupakan modul KSN (Kompetisi Sains Nasional). Modul tersebut ditulis oleh siswa SMA Islam Athirah Bone yang notabenenya pernah berjuang dalam ajang KSN hingga kancah nasional. Mereka  mengurai materi juga contoh soal dan pembahasan yang lazimnya ditemui dalam soal saat mengikuti kompetisi.keepat modul KSN tersebut meliputi bidang Astronomi, Geografi dan kebumian, fisika, dan Ekonomi. Nantinya buku tersebut akan dikeluarkan dalam bentuk e-book  dan akan digunakan oleh siswa pejuang KSN, tidak hanya di lingkup Sekolah Islam Athirah Bone, tetapi juga untuk sekolah lain yang membutuhkan. Hal itu merupakan salah satu tujuan dari penulisan buku.


”Kami sangat berbangga dengan para wisudawan hari ini.Mereka berhasil menulis tujuh buku di tengah pandemi dan kita bisa melauncingnya hari ini, di tengah-tengah acara wisudahnya. Buku yang dihasilkan pun sangat bermanfaat karena di antaranya ada berupa modul KSN yang ditulis oleh siswa yang pernah mengikuti KSN. Modul yang berisi kumpulan soal dan materi KSN yang kelak digunakan oleh adik-adiknya yang juga mengikuti KSN. Kami pun siap membagikan ke sekolah lain yang membutuhkan. Kami siap berbagi demi kemajuan bersama sebagai wujud dari tagline Yayayan Kalla, “Maju Bersama Bangsa”,” Ungkap Syamsul Bahri, S.Pd.I., M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMA Islam Athirah Bone saat memberikan sambutan.

        Dua buku lainnya merupakan antologi karya sastra, puisi dan cerpen. Buku tersebut merupakan besutan siswa kelas XII yang gemar dalam bidang sastra. Mereka menuangkan aspirasinya dari hal-hal yang diamati ataupun yang dirasakannya  dalam bait-bait pusi juga dalam cerita pendek. Mereka berhasil menulis karya yang apik dan sangat menarik untuk dibaca. Kedua buku tersebut masing-masing diberi judul Denting Jiwa dan Senandung Asa. Saat ini buku tersebut sedang dalam proses percetakan.

        Pada akhirnya, soft launcing buku yang ditulis oleh siswa tersebut merupakan “buah” dari literasi menulis dan membaca yang tetap digalakkan di Sekolah Islam Athirah Bone meski dalam suasana pandemi. Selain itu, buku tersebut membuktikan bahwa siswa memiliki kreativitas yang patut diberi apresiasi juga ruang untuk menyalurkannya. Mereka adalah calon penulis hebat juga cikal bakal sastrawan sebagai salah satu pembangun peradaban pada masa yang akan datang.

 

 A.Reski Citra Rahmayani, S.Pd.