Kegiatan

on 04 Juni 2021
  • Kegiatan
  • SMP Boarding School Bone

Panyula, Bone. Sebagai wujud dari jaminan mutu sekolah, SMP Islam Athirah Bone menggelar munaqasyah untuk menguji hafalan Alquran siswa kelas IX yang akan menyelesaikan pendidikannya selama tiga tahun di sekolah menengah pertama di Athirah Bone. Sidang ujian hafalan Alquran tersebut dilaksanakan secara luring dan daring agar dapat disaksikan oleh orang tua siswa di rumah.

Kegiatan yang digelar mulai tanggal 31 – 2 Mei di Masjid Fatimah Kalla tersebut  diikuti seluruh kelas IX yang berjumlah 54 orang, meliputi kelas IX Ar Raqib, IX Ar Rasyid, dan kelas khusus takhassus, Kelas Asy Syahid. Masing-masing untuk hafalan 1,2,3,5,6, dan 10 Juz. Abdul Rahman adalah siswa yang paling banyak mendiuji hafalannya, yaitu sebanyak 10 Juz.

Sidang ujian hafalan Alquran tersebut menghadirkan tiga penguji dan didampingi oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Tahfidz dan keasramaan, H.Haeruddin, Lc. Dalam kesempatan tersebut, Alumnus Al Azhar University di Kairo, Mesir tersebut menyampaikan bahwa ujian tahfidz adalah bentuk implementasi dari program Sekolah Islam Athirah dalam pengembangan generasi qurani (QGDP atau Quranic Generation Development Program). Hal ini merupakan pengejawantahan Athirah sebagai sekolah yang anggun dalam sikap, unggul dalam prestasi dan cerdas dalam sains dan teknologi.

Salah satu peserta munaqasyah dari kelas IX Asy Syahid, Aulia Paramitha mengaku sangat tegang menghadapi momen tersebut. Hal ini mengingat ujian tahfidz adalah bentuk representasi proses menghafal alquran siswa selama tiga tahun menjalani pendidikan di Athirah Bone.

“Iye’ tegang sekali ka kurasa. Apalagi munaqasyah adalah waktunya menunjukkan hasil dari proses menghafal alquran selama 3 tahun di sini (Athirah Bone),” Ujarnya antusias.

Di akhir pelaksanaan kegiatan, rasa puas dan lega tampak dari para peserta dan penguji saat ketua Tim Penguji menyatakan bahwa semua peserta dinyatakan lulus, namun lima puluh persen dari seluruh peserta masih berstatus “Lulus dengan catatan”.

Setiap siswa maupun siswi yang duduk dikelas akhir, SMP maupun SMA Sekolah Islam Athirah Bone wajib mengikuti Munaqosyah di akhir semester genap. Munaqosyah sendiri adalah  evaluasi akhir pencapaian tahsin (kualitas bacaan siswa) dan evaluasi pencapaian target hafalan siswa. yang bertujuan untuk mengetes kemampuan membaca dan menghafal target hafalan qur’an yang diberikan sekolah selama tiga tahun di Sekolah Islam Athirah Bone. Sistem penilaian dalam munaqasyah antara lain, Tahsin dengan menilai aspek makhraj, tajwid dan kelancaran, sedangkan tahfidz yaitu menilai ketercapaian target dan kelancaran hafalan. Nurholis_Tim Web Athirah