Kegiatan

on 26 Januari 2018
  • Kegiatan
  • Yayasan
Ada yang berbeda di Athirah pada hari selasa 23 Januari 2018 lalu. Di ruang meeting Andalas Bukit Baruga dan Multimedia ada presentasi proposal Kaizen dari 20 SGA (Small Group Activity) se Athirah.
Ini bagian dari acara Athirah Kaizen Competition 2018. Diawali dengan seminar setengah hari tentang Kaizen oleh Yulia Rahman dari Hadji Kalla.

Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan sehari tentang menyusun proposal Kaizen oleh Learning Center Kalla Group. Terkumpul 20 proposal yang kemudian diperiksa dan diberi feed back oleh Tim Kaizen Athirah. Hari selasa lalu 20 SGA presentasi. Dimulai jam 08.20 dan selesai jam 18.20. Alhamdulillah dari 20 proposal terdapat 18 atau 90% yang sudah memenuhi syarat untuk dilanjutkan ke implementasi. Lalu masih ada 2 proposal yang perlu diperbaiki dan diberi kesempatan remidial sampai tanggal 31 januari.

Kaizen adalah management tools untuk manajemen mutu dari Jepang yang artinya perbaikan berkelanjutan. Tahapan Kaizen ada 4 yaitu Plan, Do, Check, Action. Penyusunan proposal merupakan tahap Plan. Selanjutnya bulan Pebruari dan Maret setiap SGA akan menjalankan programnya. Hasilnya akan dievaluasi pada akhir Maret. Selama implementasi setiap SGA akan di-gemba atau check lapangan oleh tim pusat. Ini dilakukan untuk memeriksa kemajuan dan memberikan supervisi jika ada masalah yang tidak diperkirakan muncul.

Selanjutnya pada bulan april setelah evaluasi ketercapaian semua SGA akan presentasi hasil. Nilai tiap SGA merupakan gabungan dari tahap Plan, Do, Check dan Action. Pemenang terbaik 5 besar akan diimumkan pada acara puncak Ultah Athirah yang ke 34. Program ini diharapkan dapat melatih guru dan karyawan berpikir sistematis dan analitis dalam menyelesaikan masalah di sekolah. Melalui analisis fish bone diagram dan five whys peserta belajar memecahkan masalah dengan tepat. Selain itu program ini juga dapat membangun kerja sama karena dikerjakan secara berkelompok. Pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas pelayanan serta mutu pendidikan di Athirah. Selamat berkaizen.