Kegiatan

on 12 Juli 2021
  • Message of the Director

Hari senin pekan ini semua sekolah di Sulsel pada level SD sampai SMA mulai masuk sekolah. Ada yang sudah offline dengan PTM Terbatas.

Ada juga yang masih Belajar Dari Rumah karena data covid masih tinggi. Hari pertama masuk sekolah bagi siswa baru tentu saja tidak langsung belajar mata pelajaran. Mereka masih dalam program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). 

Sebagai siswa baru perlu proses adaptasi atau penyesuaian diri. Langkah awal adaptasi yaitu pengenalan lingkungan. Ibarat ingin membaca buku. Berawal dari melihat sampul atau cover. Lanjut membaca kata pengantar dan daftar isi untuk mendapatkan gambaran umum isi buku. Setelah itu baru membaca isi buku secara berurutan dari awal sampai akhir atau langsung pada bagian yang dibutuhkan. 

Agar dapat sukses dalam menempuh pendidikan ada 4 hal yang harus dipahami dan dimiliki oleh seorang pelajar. Apa itu? Arah, Kemauan, Strategi dan Ikhlas. Dapat disingkat dalam akronim AKSI. Arah terkait dengan visi, misi dan program sekolah. Ibarat kapal yang akan berlayar maka arah ini sangat penting karena merupakan tujuan akhir pelayaran serta rute yang detail dan jelas untuk menuju tujuan. 

Siswa baru dan orang tua harus mengetahui apa yang menjadi visi, misi dan program sekolah. Lebih baik lagi jika visi dan misi sekolah diturunkan dalam jaminan mutu yang isinya kondisi siswa baru kelak saat tamat bersekolah. Misalnya siswa dijamin bisa menghafal Al Qur'an 2 juz, memiliki karakter percaya diri, jujur dan berbakti pada orang tua. Juga jaminan siswa memiliki nilai akademik memadai sehingga dapat melanjutkan kuliah ke PTN terbaik.

Untuk mencapai visi, misi dan jaminan mutu sekolah maka dibutuhkan kemauan atau motivasi belajar dari peserta didik. Membangkitkan motivasi dapat dilakukan dengan membangun kesadaran internal dengan menggali cita-cita siswa dan  diselaraskan dengan tujuan sekolah. Juga dapat dibangun melalui modelling eksternal melalui sharing pengalaman dari orang-orang sukses. Maka penting pada program MPLS sekolah mengundang pembicara eksternal dan internal untuk berbagi pengalaman dan motivasi.

Berbagi pengalaman dibutuhkan oleh siswa baru untuk meyakinkan dirinya jika orang lain mampu dan bisa meraih sukses maka dia juga bisa asalkan ada kemauan. Prinsip yang berlaku yaitu "ada mau ada jalan, tidak mau banyak alasan". Kemauan yang kuat akan membuka jalan menuju sukses karena memiliki semangat pantang menyerah dan berani mencoba. Jika salah jalan segera melakukan perbaikan. Jika belum berhasil maka berani mencoba kembali sampai berhasil.

Setelah arah dan kemauan telah dimiliki maka perlu tahu strategi belajar yang tepat. Tiap pelajaran memiliki karakteristik yang berbeda. Pelajaran sosial dan eksakta berbeda cara belajarnya. Contohnya pelajaran eksakta seperti matematika dan IPA butuh pemahaman dan latihan soal yang banyak. Juga eksperimen untuk melakukan pembuktian.

Secara pribadi tiap orang juga memiliki tipe belajar yang berbeda-beda. Ada tiga learning style yaitu visual (gambar), auditori (suara), dan kinestetik (gerak). Seorang siswa harus mengenali style mana yang cocok dengan dirinya. Perpaduan learning style individu dan pengenalan karakteristik mata pelajaran akan memudahkan siswa untuk belajar secara efektif. Pada kegiatan MPLS siswa baru harus difasilitasi untuk mengenali gaya belajarnya dan karakteristik mata pelajaran.

Kunci sukses dalam belajar selanjutnya yaitu ikhlas sehingga menjalani segala proses pendidikan dengan sukarela, senang hati, bahagia dan penuh kesabaran. Ikhlas akan membantu siswa dapat menikmati ketidaknyamanan. Suasana hati yang senang dan bahagia juga dapat membantu otak menjadi lebih mudah belajar. Otak ibarat parasut, akan berfungsi dengan baik jika terbuka. Penerjun payung yang parasutnya terbuka akan dapat menikmati keindahan berada di ketinggian, bermanuver sebelum mendarat dengan selamat.

Kegiatan MPLS harus diisi dengan kegiatan yang menyenangka. Ada permainan, diskusi, perlombaan, dan aktivitas lain yang membuat suasana bahagia pada peserta.  Selain itu juga ada kegiatan yang membangun spiritualitas dan religiusitas peserta agar dapat ikhlas dalam menjalani proses belajar. Ikhlas sangat penting dalam ajaran agama karena menjadi kunci untuk meraih pahala. Belajar akan bernilai ibadah jika dijalani dengan niat yang ikhlas karena Allah.

Selamat mengikuti MPLS. Semoga mendapatkan kunci sukses belajar yaitu AKSI yg merupakan singkatan dari arah, kemauan, strategi dan ikhlas.