Kegiatan

on 17 Juni 2021
  • Message of the Director

Hari Senin 14 Juni 2021 telah diumumkan  184.942 peserta SBMPTN yang lolos masuk PTN dari 777.858 pendaftar.

Sisanya 588.912 peserta tidak lolos karena kuota terbatas. Selamat kepada peserta yang telah dinyatakan lulus PTN. Semoga dapat menjalani kuliah dengan baik. Masuk dengan baik dan keluar dengan baik yaitu wisuda bukan drop out. 

Agar dapat sukses di bangku kuliah, mahasiswa harus belajar sungguh-sungguh, tidak asal-asalan. Langkah awal yang harus dilakukan oleh mahasiswa baru setelah seluruh proses pendaftaran ulang selesai yaitu pengenalan dunia kampus. Ada perbedaan antara dunia SMA dan Perguruan Tinggi. Mahasiswa dituntut lebih mandiri dan bertanggung jawab. 

Kurikulum di Perguruan Tinggi juga sudah kompleks dan mendalam sehingga butuh  kemampuan cara belajar atau learning skills yang berbeda dengan saat SMA. Untuk itu mahasiswa harus menguasai teknik menerima dan mengolah informasi. Juga teknik penyampaian informasi.

Menerima dan mengolah informasi akan efektif jika mahasiswa mengenal cara belajar, menyimak dan membuat catatan kuliah, meningkatkan daya ingat, kiat membaca efektif dan cara meningkatkan kreativitas. Teknik penyampaian informasi meliputi teknik menulis, seni presentasi dan strategi menghadapi ujian.

Selanjutnya faktor penentu keberhasilan kuliah yaitu manajemen diri. Biasanya faktor yang membuat sukses yaitu internal meliputi bagaimana menumbuhkan motivasi, manajemen waktu, membangun konsep diri dan karakter pemenang (winning characters). Faktor lain yaitu tantangan finansial,  bagaimana menjaga kesehatan dan mengelola stress.

Jika seluruh faktor di atas terkait pengenalan dunia kampus, learning skills, dan manajemen diri dapat dijalankan maka sukses kuliah insya Allah dapat diraih. Tentu jangan lupa selalu berdoa dan mohon restu orang tua. Juga hati-hati dalam bergaul. Cari teman yang bisa saling memotivasi dan menolong jika ada masalah. 

Selanjutnya bagi pendaftar sejumlah 588.912 orang yang belum lulus SBMPTN jangan berputus asa. Masih ada jalur mandiri sebanyak 12.715 kursi. Juga ada Perguruan Tinggi Swasta yang siap menerima mahasiswa baru. Cuma harus hati-hati dalam memilih PTS. Pilih PTS yang berkualitas dengan melihat hasil akreditasi lembaga dan program studinya. Juga cari informasi tentang alumninya. Bekerja di mana saja atau berkiprah di mana saja setelah lulus kuliah.

Bisa juga dengan melihat fasilitas kampus, kualifikasi dosen, kurikulum program studi, capaian prestasi, dan lainnya. Jika punya teman yang kuliah di PTS tersebut tanyakan kualitas proses pembelajarannya. Pada era digital sekarang informasi dapat diperoleh melalui media sosial dan website kampus.

Juga perhatikan program studi yang ada. Pilih yang sesuai kebutuhan dan perkembangan masa depan. Sekarang ada banyak PTS baru yang menawarkan Program Studi sesuai era industri 4.0 seperti bisnis digital dan sistem informasi. Juga yang membangun kemampuan enterpreuner seperti kewirausahaan dan manajemen retail.

Selamat memilih kembali Perguruan Tinggi. Tetap semangat untuk menuntut ilmu. Semoga sukses selalu.

Oleh : Syamril (Direktur Sekolah Islam Athirah)