Kegiatan

on 05 Desember 2017
  • Message of the Director

Soekarno pernah berucap "berikan kepadaku 10 orang pemuda maka aku akan goncangkan dunia". Apakah Soekarno berhasil menggoncangkan dunia? Iya meskipun masih ada tokoh lain yang lebih berhasil. Siapakah tokoh yang berhasil menggoncangkan dunia sampai sekarang meskipun telah wafat 14 abad yang lalu?


Dialah Rasulullah Muhammad SAW. Michael M. Hart yang menulis buku 100 Tokoh Paling Berpengaruh Di Dunia meletakkan namanya pada urutan pertama. Dia penulis non muslim. Tapi dengan jujur dia menyampaikan alasannya "Muhammadlah tokoh yang berhasil secara material dan spiritual dalam kepemimpinannya".

Apa kelebihan kepemimpinan Muhammad SAW? Beliau tidak hanya memimpin tapi juga melahirkan pemimpin. Di sekitarnya banyak anak muda yang berprestasi luar biasa meskipun hanya anak seorang budak. Bilal bin Rabbah budak hitam dari Afrika di akhir hayatnya adalah seorang Gubernur yang setara dengan Presiden di era sekarang. Ada Usamah bin Zaid yang di usia 17 tahun telah menjadi panglima perang melawan tentara Romawi. Masih banyak lagi contoh lainnya selain sahabat utama seperti Abu Bakar, Umar bin Khattab, Usman dan Ali bin Abi Thalib.

Apa rahasia kepemimpinan Rasulullah? Apa karakter yang dibangun dari para kader dan pengikut setianya? Kata kuncinya adalah pemimpin yang berjiwa melayani bukan dilayani. Ada empat karakter kunci yang dapat disingkat dalam kata STAF yaitu Shiddiq, Tabligh, Amanah dan Fathonah.

Shiddiq artinya benar yaitu akidahnya sesuai dengan Laa Ilaaha Illa Allah Muhammad Rasulullah. Aqidah tauhid berdasarkan Al Qur'an dan Sunnah. Hasilnya yaitu benar dalam ucapan dan perbuatan. Sesuai kata dan tindakan. Itulah jujur dan berintegritas.

Tabligh artinya komunikatif yaitu mampu mendengar aspirasi rakyat. Memahami jalan pikiran, permasalahan dan harapan rakyat. Tidak hanya itu. Juga mampu menyampaikan visi dan gagasannya sehingga rakyat yakin dengan program yang direncanakan. Rakyat yakin dia dapat memenuhi janjinya.

Amanah artinya professional yaitu mampu melaksanakan tugas dengan baik. Jika dikaitkan dengan program kerja maka apa yang direncanakannya dapat diwujudkan. Taro ada taro gau. Pemimpin yang memiliki tim dengan kemampuan eksekusi yang baik.

Fathonah artinya cerdas yaitu memiliki kemampuan berpikir kritis, kreatif, antisipatif perkembangan zaman. Masalah yang ada dapat dicari solusinya dengan pemikiran yang logis, sistematis dan jelas.

STAF ini juga relevan dengan kata staff di tempat kerja yang biasanya bertugas melayani costumer dengan baik. Jadi semangat pemimpin berjiwa STAF adalah melayani anggotanya atau rakyatnya bukan pemimpin yang mau dilayani saja.

Pemimpin yang hanya mau dilayani dinamakan boss. Karakternya pun ada 4 diambil dari kata BOSS yaitu Bohong, Omong kosong, Sombong dan Serakah. Mari hindari karakter ini apalagi sebagai pemimpin. Tahun depan bangsa Indonesia akan memilih pemimpin tingkat kabupaten, kota, provinsi dan negara. Semoga banyak terpilih pemimpin berkarakter STAF bukan BOSS.