Kegiatan

on 06 Mei 2020
  • Message of the Director

Pada tanggal 2 Mei 2020 lalu ada yang istimewa yaitu Hari Pendidikan Nasional yang tepat 9 Ramadhan 1441 H. Apa yang istimewa? Ternyata 9 Ramadhan pada tahun 1945 bertepatan dengan 17 Agustus yaitu Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Jakarta oleh Soekarno dan Hatta.

Jadi ada 3 semangat sekaligus yang bisa kita rasakan yaitu pendidikan, kemerdekaan dan Ramadhan. Apa ada hubungan antara ketiganya? Mari kita lihat. 

Pendidikan dan kemerdekaan ada hubungan yang erat. Lahirnya semangat kemerdekaan merupakan buah dari pendidikan. Berawal dari pendidikan di pesantren oleh para ulama yang melahirkan Pahlawan Nasional dari kalangan ulama seperti Tuanku Imam Bonjol, Pangeran Diponegoro dan lainnya. 

Kemudian berlanjut dengan pendidikan pada masa politik etis pasca tanam paksa. Melahirkan para pejuang kemerdekaan dari kalangan terpelajar seperti Soekarno, Hatta, Agussalim dan lainnya.

Pendidikan membuka pikiran manusia bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Penjajahan di atas dunia yang merampas kemerdekaan harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Pendidikan yang sejati memerdekaan manusia dari penghambaan kepada sesama manusia. Juga penghambaan manusia kepada alam berupa paham animisme dan dinamisme. Juga penghambaan kepada hawa nafsu berupa harta, tahta, dan wanita atau cinta.

Ramadhan datang dengan ajaran agama tauhid mengajarkan bahwa manusia hanya boleh menjadi hamba Allah SWT. Jika menjadi hamba sesama manusia, alam atau hawa nafsu maka itu menjadikan manusia kehilangan kemuliaan dan martabatnya.

Puasa yang dilakukan selama 1 bulan adalah amalan rahasia antara manusia dengan Allah. Bisa saja kepada orang lain mengaku berpuasa tapi saat di rumah masuk ke dalam kamar makan sepuasnya. Namun itu tidak dilakukan karena yang Maha Mengawasi adalah Allah. Hanya Allah yang jadi Tuan. Manusia hanya menjadi hamba Allah.

Ramadhan juga bulan pendidikan karakter untuk melatih kesabaran. Life university dengan kurikulum dari Allah. Melatih pengendalian diri dari sesuatu yang di malam hari adalah halal. Menjadi haram di siang hari karena perintah dari Allah.

Khusus di masa wabah Corona kehadiran Ramadhan sebagai bulan pendidikan juga sangat relevan. Ramadhan membuat manusia lebih tenang dalam hidup dan banyak ingat kepada Allah. Itu semua membantu untuk meningkatkan iman dan imun dalam diri. Semoga dengan iman dan imun wabah Corona dapat dilawan dan segera berakhir. Amin.