Kegiatan

on 23 Februari 2020
  • Message of the Director

Sebagian besar pengguna smartphone di era sekarang ini menggunakan kartu pra bayar. Sangat jarang yang menggunakan kartu pasca bayar. 

Sejarah awal munculnya kartu pra bayar  pada tahun 1998 saat terjadi krisis moneter. Naiknya nilai dollar sampai 6 kali lipat

membuat harga juga naik termasuk biaya pulsa. Akibatnya konsumen takut menelpon. Khawatir saat ditagih di akhir bulan tidak punya dana untuk mrmbayar.

Akibatnya pemasukan perusahaan telco turun drastis. Padahal secara teknologi dan SDM, perusahaan telco siap memberi layanan terbaik. Hanya saja daya beli masyarakat turun.

Kondisi ini membuat perusahaan telco berpikir mencari inovasi. Masyarakat tetap butuh layanan jasa telekomunikasi. Cuma dana mereka yang terbatas. 

Akhirnya muncullah ide membuat kartu prabayar. Konsumen membeli pulsa dengan jumlah tertentu dan dapat mengatur sendiri penggunaannya dalam sebulan. Dengan tagline "kendali di tangan Anda" secara perlahan penjualan kartu pra bayar terus naik dan akhirnya pemasukan perusahaan telco kembali membaik.

Itulah contoh inovasi melalui diversifikasi produk yang dilakukan saat kondisi internal kuat tapi eksternal kurang mendukung. Produsen harus menyesuaikan diri dengan kondisi konsumen.

Bisnis media cetak seperti surat kabar juga menghadapi kondisi yang sulit. Kemajuan teknologi internet mengubah budaya membaca masyarakat dari kertas (offline) ke media online yang gratis dan dapat diupdate tiap saat. 

Dampaknya oplah media cetak menurun drastis. Pemasukan dari sumber konvensional yaitu penjualan koran berkurang. Iklan juga turun karena pasang iklan di media online lebih murah dan tepat sasaran. 

Beberapa media akhirnya gulung tikar. Besar cost daripada revenue. Kondisi keuangan terus merugi. Saat tidak ada lagi persediaan dana, jalan yang ditempuh yaitu gulung tikar. 

Media yang mampu bertahan yaitu yang dapat berinovasi dengan memanfaatkan teknologi internet yang terus maju. Mengembangkan media online yang update, menarik dan mudah diakses dan inovasi lainnya. 

Demikian pula di bidang bisnis lainnya. Jika tidak berinovasi maka akan mati. Berubah atau mati. Telah banyak cerita perusahaan besar seperti Kodak yang mati karena tidak berubah. Mari berinovasi agar terus maju dan berkembang.