Kegiatan

on 27 Desember 2019
  • Message of the Director

Memasuki akhir bulan Desember ada dua kemungkinan. Semangat mengejar target akhir tahun.

Bisa juga sudah masuk suasana libur dan mulai berfikir rencana akan liburan ke mana. 

Boleh saja merencanakan liburan karena memang berlibur itu juga hak dan kebutuhan. Hak jika masih ada jatah cuti yang bisa digunakan.Tapi jangan lupa target akhir tahun harus juga diraih karena itu menentukan kondisi diri pribadi dan pekerjaan di tahun depan. 

Mengapa kita butuh berlibur? Karena kita juga manusia yang ada titik jenuh dan lelah fisik, mental dan spiritual. Lelah fisik akan muncul karena tubuh terus bekerja mengambil energi dari metabolisme tubuh. 

Lelah mental dan spiritual disebabkan oleh faktor non fisik seperti kejenuhan, kehilangan makna dan berkurangnya kepekaan sosial dan jiwa karena rutinitas. Pekerjaan rutin membuat kita ibarat robot yang bergerak tanpa berfikir lagi. Ternyata itu tidak sehat bagi jiwa kita sebagai manusia. 

Untuk mengatasinya perlu refreshing dengan cara berlibur, lepas sejenak dari rutinitas kerja dan mencari suasana baru jalan-jalan ke tempat wisata bersama keluarga dan teman. Bersantai menikmati keindahan alam jauh dari tekanan pekerjaan. Suasana ceria dan gembira akan membuat suasana hati segar kembali.

Bisa juga wisata religi seperti umrah atau mengunjungi tempat keagamaan yang bersejarah dan dapat menyadarkan diri tentang esensi kehidupan di dunia ini. Sadar bahwa dunia ini hanya sementara akhirat selamanya. Dunia tempat menyiapkan bekal menuju akhirat.

Analogi lain tentang berlibur yaitu mengasah gergaji. Bayangkan jika gergaji terus menerus digunakan tanpa pernah diasah maka pasti tumpul dan tidak bisa digunakan lagi. Agar itu tidak terjadi maka secara berkala gergaji itu diasah geriginya sehingga tajam kembali. 

Saat diasah tentu saja gergajinya rehat dari memotong kayu. Seperti itu pula manusia. Ada saat ia harus berhenti sejenak untuk mengasah gergaji dirinya. Berhenti bukan berarti diam tapi melakukan aktivitas positif yang menyegarkan lahir dan batin. 

Manusia multi dimensi ada fisik, intelektual, spiritual, mental dan sosial. Seluruh dimensi itu harus diasah secara rutin. Asah intelektual bisa juga dengan membaca buku ringan yang penuh hikmah dan bermanfaat. Asah sosial dan eratkan persaudaraan dengan silaturahim ke keluarga besar. Atau reuni kumpul bersama teman sekolah sambil nostalgia masa kecil yang penuh bahagia. 

Mari jadikan liburan sebagai momen mengasah gergaji diri. Oleh karena itu buatlah program liburan yang bermanfaat. Harapannya selepas liburan diri kita kembali segar lahir dan batin. Selamat berlibur.