Kegiatan

on 05 Desember 2019
  • Message of the Director

Pada awalnya survey kepada karyawan lebih pada aspek kepuasan (employee satisfaction). Biasanya terkait dengan hal-hal basic seperti kesejahteraan finansial dan ketersedian fasilitas kerja.


Lalu kemudian berkembang ke suasana kerja seperti relasi ke teman kerja dan atasan, pengembangan diri, penghargaan dan hal lain yang bersifat sosial emosional dan intelektual. Maka muncullah employee engagement.

Selanjutnya berlanjut ke seluruh aspek kehidupan karyawan secara terintegrasi (work life integration) seperti kesehatan, keluarga, sosial, dan spiritual. Itu semua untuk melihat kebahagiaan karyawan (employee happiness).

Karir dan keuangan bagi karyawan menjadi fokus awal perhatian. Tapi itu hanya kepada aspek sejahtera. Tidak ada jaminan karyawan yang jabatan tinggi dan gaji besar pasti bahagia dan kualitas hidupnya tinggi. Untuk itu 4 aspek harus jadi perhatian yaitu kesehatan, keluarga, sosial dan spiritual.

Kesehatan tidak hanya terkait pada asuransi dan jaminan layanan kesehatan. Lebih penting lagi adalah program untuk hidup sehat sehingga terhindar dari sakit.

Kesehatan dapat dijaga jika memerhatian 4 hal yang disingkat dengan POIN yaitu pikiran, olahraga, istirahat dan nutrisi. 

Mendorong diri untuk berfikir positif dengan cara menciptakan lingkungan yang jauh dari buruk sangka dan saling curiga. Lingkungan yang membangun keterbukaan dan kepercayaan.

Selanjutnya sehat juga diraih dengan olahraga. Memiliki hobby olahraga dan rutin berolahraga bersama akan mendorong keluarnya hormon serotonin dan endorfin yang memicu rasa bahagia. Jadi selain sehat juga bahagia.

Kesehatan juga dapat dijaga dengan istirahat yang cukup. Jam kerja perlu dimonitor jangan sampai berlebih. Tentu dengan cara mengatur beban kerja dan meningkatkan kompetensi diri agar bekerja dengan efektif dan efisien.

Selanjutnya nutrisi berupa makanan yang dikonsumsi perlu diperhatikan. Selain halal dan sehat juga harus memiliki kandungan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan. Mari cek makanan agar tidak menggunakan bahan yang tidak sehat seperti MSG dan lainnya.

Jika pikiran positif dapat dibangun, olahraga secara rutin, istirahat yang cukup dan nutrisi yang memadai maka kesehatan fisik akan dapat dijaga. Semoga dengan itu semua dapat mewujudkan kebahagiaan dalam hidup dengan POIN : pikiran positof, olahraga, istirahat dan nutrisi.