Kegiatan

on 05 Desember 2018
  • Message of the Director

Kisah Inspirasi, 5 Desember 2018

Menurut Gallup Management Journal, terdapat tiga jenis karyawan yaitu :


1. Sungguh-sungguh (Engaged). Karyawan yang bekerja dengan penuh gairah dan merasa memiliki hubungan yang erat dengan perusahaan. Mereka melakukan inovasi dan membawa organisasi ke depan.

2. Tidak Sungguh-Sungguh (Disengaged). Karyawan bekerja seadanya sebisanya. Mereka bekerja sepanjang hari, tetapi tidak mencurahkan energy dan gairahnya ke dalam pekerjaan.

3. Secara Aktif Tidak Bersungguh-Sungguh (Actively Disengaged). Karyawan bukan hanya tidak bahagia di tempat kerja; mereka sibuk untuk mengungkapkan ketidakbahagiaannya. Setiap hari karyawan ini meremehkan hasil kerja karyawan yang bersungguh-sungguh.

Jenis mana yang banyak di perusahaan? Survey rata-rata di dunia menemukan ada 17% yang sungguh-sungguh, 65% tidak sungguh-sungguh dan 18% yang secara aktif tidak bersungguh-sungguh. Termasuk tipe manakah Anda? Maukah Anda menjadi karyawan yang hebat, bersungguh-sungguh?

Perhatikan baik-baik nasehat dari James Gwee ini.

“Kalau Anda mau jadi karyawan hebat, jangan kerjakan apa yang diperintahkan, tapi kerjakanlah sebelum diperintahkan”

Jika Anda mengerjakan apa yang diperintahkan, itu biasa saja, karena memang seharusnya Anda mengerjakannya.

Jika Anda selesai mengerjakannya juga biasa saja karena memang harus diselesaikan. Akan jadi luar biasa jika Anda mengerjakan sesuatu sebelum diperintahkan.

Artinya Anda punya inisiatif. Anda peka melihat permasalahan dan punya kemauan untuk menyampaikan usulan dan melakukan aksi perbaikan.

Apa yang membuatnya demikian? Karena penuh gairah dan merasa memiliki hubungan yang erat dengan perusahaan. Apa yang membuat seseorang bergairah dalam bekerja?

Hal ini ditentukan oleh dua factor yaitu internal dan eksternal. Internal terkait dengan diri karyawan tersebut yaitu mind set hidup dan passion dia terhadap pekerjaan.

Apa itu mind set? Ini terkait dengan pola pikir apakah positif atau negative.

Apakah winner atau loser. Passion itu terkait dengan minat yang tinggi dan bakat yang kuat. Cirinya seseorang yang passion yaitu bekerja dengan flow, atau lupa waktu.

Komentarnya “tak terasa ya sudah sore lagi” karena dia larut dan flow dalam bekerja.

Akibatnya apa yang dikerjakannya memenuhi ciri-ciri 4 E yaitu enjoy, easy, excellent and earn (productive).

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.