• Unit SMP Islam Athirah 1 Makassar

  • Keterangan : Kemah Pengenalan Lingkungan Pramuka SMP Islam Athirah 1 Makassar. Jum'at, 25 Agustus 2017 Bumi Perkemahan Cadika Bajeng

  • LFH, WFH

  • great Leaders

  • SMP Islam Athirah 1 Makassar Gelar Tadabbur Alam Secara Virtual

  • Gelar Forum Jumat Sebelum Libur Lebaran, Pimpinan

    SMP Islam Athirah 1 Makassar Sampaikan Hal

  • Peserta Didik SMP Islam Athirah 1

    Makassar Bagi-Bagi Sembako, Sasar 9 Lokasi

  • Adakan Webinar Nasional Hardiknas, OSIS-MPK SMP Islam Athirah

    1 Makassar Hadirkan 3 Pembicara

  • By SMP Kajaolalido on 07 Mei 2021
    • SMP Kajaolalido
    • Kegiatan

    SMP Islam Athirah 1 Makassar menggelar Tadabbur Alam secara virtual melalui aplikasi konferensi zoom, Jumat (7/5/2021). Sebelum pandemi kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan fieldtrip, dengan mengunjugi suatu tempat dan bersentuhan langsung dengan alam terbuka. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh peserta didik kelas 9.

    Kegiatan tadabbur alam virtual tersebut juga dirangkaikan bakti sosial dan outbound virtual. Pada kegiatan tadabbur alam, ada sepuluh materi yang akan disampaikan para ustad. Adapun 10 materi tadabbur alam yakni, Materi pertama tentang langit dibawakan oleh Ust. Abdul Wahab, materi tentang tanah disampaikan oleh Ustad Mardianto, materi tentang air hujan disampiakan oleh Ustad Muhammad Aidil, materi tentang udara/angin oleh Ustad Andi Hasanuddin.

    Selanjutnya, Ustad Achmad Heriyadi menyampaikan materi tentang pohon, Ustad Asgar membawakan materi tentang gunung, Ustad Muh. Irfan membawakan materi tentang matahari, Ustad Masyhurin dengan materi tentang bulan, Ustad Zulpadli materi tentang bintang, Materi terakhir disampikan oleh Ustad Hisbullah materi tentang lautan. Masing-masing pemateri membawakan materi tadabburnya 10-15 menit.

    Abdul Wahab, S.Pd selaku pemateri dan seksi tadabbur menyampaikan makna tadabbur alam. Selain itu ia juga menyampaiakan manfaat kegiatan Tadabbur Alam.

    "Tadabbur merupakan salah satu alat bagi kita, untuk betul-betul memaknai, meresapi, serta menghayati Al qur’an. Sehingga Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberikan ketenangan jiwa,” ucapnya sebagai pengantar materi tadabbur.

    Peserta didik diharapkan dapat mencatat materi dari setiap pemateri, karena materi tersebut akan diujikan pada saat outbound virtual. Pada outbound virtual, ada 5 pos yang peserta didik harus lewati. Setiap pos berisi tentang pertanyaan terkait tadabbur. Pada pos pertama peserta didik meyiapkan yel-yel kelompok. Pos berikutnya berisi tantangan teka-teki silang, menyusun puzzle, mencari kata, dan juga quizizz.

    Laporan : Musyorafah (TIM Web SMP Islam Athirah 1 Makassar)

    By SMP Kajaolalido on 07 Mei 2021
    • SMP Kajaolalido
    • Kegiatan

    SMP Islam Athirah 1 Makassar gelar forum jumat unit secara virtual dengan berbagai agenda pembahasan sebelum libur lebaran, Jumat (7/5/2021). Forum ini diikuti oleh seluruh guru dan karyawan SMP Islam Athirah 1 Makassar.

    Adapun hal-hal yang menjadi agenda forum tersebut adalah pengisian Angket Malcom Baldrige, pengisian Angket Covid-19 Vaccine Update & Corporate Health, penguatan pelaksanaan PBM & Kegiatan Mei - Juni 202, sekaligus silaturahmi jelang Idul Fitri 1442 H.

    Kepala SMP Islam Athirah 1 Makassar, Nilamartini, S.Pd, M.M menyampaikan arahannya terkait persiapan Adaptasi kebiasaan baru yang akan dilaksanakannya pada tahun ajaran baru. Ia berharap guru dan karyawan dapat menyiapkan energi dan kesiapannya yang lebih awal.

    “Pesiapan untuk AKB, telah dilaksanakan sejak tahun lalu. Semoga kita dapat mengumpulkan energi untuk kembali beraktivitas di luar rumah. Harapannya kita dapat mencoba sebelum tahun ajaran baru untuk mulai beraktivitas di luar. Guru akan masuk di awal untuk berkoordinasi dan menguji kesiapan untuk belajar kembali tatap muka,” harapya.

    Dalam arahan tersebut, ia tidak lupa mengungkapkan terima kasih kepada panitia yang telah melaksanakan beberapa kegiatan dengan maksimal. Selain itu, ungkapan maaf lahir bathin menjelang hari raya Idul fitri juga disampaikannya.

    “Saling support dengan kegiatan yang telah dilaksanakan. Terima kasih kepada panitia yang telah bekerja secara maksimal,walaupun dari rumah. Mohon maaf jika ada yang kurang berkenan. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga yang dilakukan selama ini dapat bernilai ibadah,” ucapnya.

    Sejalan dengan penyampaian Kepala Sekolah, Kasman, S.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah SMP Islam Athirah 1 Makassar juga mengungkapan terima kasihnya kepada panitia kegiatan, serta mengingatkan bahwa masih ada agenda yang harus dilaksankan setelah libur lebaran.

    “Terima kasih kepada panitia yang telah mensukseskan kegiatan-keiatan yang telah terlaksana. Setelah libur masih ada beberapa agenda kegiatan yang harus dilaksanakan.Untuk libur lebaran, ada libur selama sepekan,” tutupnya


    Laporan : Musyorafah (TIM Web SMP Islam Athirah 1 Makassar)

    By SMP Kajaolalido on 07 Mei 2021
    • SMP Kajaolalido
    • Kegiatan

    SMP Islam Athirah 1 Makassar menggelar kegiatan giat sosial dan tadabbur secara semi virtual melalui kunjungan dan aplikasi konferensi zoom, Jumat (7/5/2021). Rangkaian kegiatan dimulai pada tanggal 4 Mei hingga 7 Mei 2021. Bakti sosial ke masjid dan panti asuhan menjadi salah satu rangkaian kegiatan tersebut, 

    Ada 4 lokasi yang dikunjungi oleh peserta didik kelas 9 SMP Islam Athirah 1 Makassar. Adapun lokasi yang dikunjungi adalah Masjid Khaerunnas BTN Ranggong Permai, Panti Asuhan Peduli Yatim Bersama. BTN Ranggong Permai dan Panti Asuhan Amaliyah Jalan Masjid raya Tinggi mae, Somba Opu Gowa. Tiga lokasi dikunjungi pada tanggal 4 Mei, dan satu lokasi yaitu TPA Tauhid Mattoanging dikunjungi keesokan harinya.

    Untuk kegiatan pada tanggal 5 Mei peserta didik mengunjungi TPA Tauhid Mattoangin dengan berbagi paket alat tulis dan sembako, serta berbagi ilmu dengan santri-santri. Ada 5 posko yang disiapkan untuk games dan berbagi keceriaan dengan santri di TPA Tauhid Mattoangin.

    Direktur TPA Tauhid Mattoangin, Mahyuddin, S.Th.I,M.Th.I menyampaikan rasa syukurnya, karena ada sekitar 40 santri yang berbahagia dengan adanya kegiatan berbagi yang disertai dengan games dari peserta didik kelas 9 SMP Islam Athirah 1 Makassar.

    “Alhamdulillah santri-santri merasa senang dengan kedatangan peserta didik kelas 9 untuk berbagi. Para santri mendapatkan pengalaman baru. Selain itu mereka mendapatkan hadiah setelah mengikuti games,”ucapnya. 

    Sementara itu, Wali Kelas 9.5 SMP Islam Athirah 1 Makasaar, Hilma Yusuf, S.Pd menyampaikan kesan dan harapannya setelah mendampingi peserta didik kelas 9, saat melakukan kunjungan ke masjid dan panti asuhan. Ia berharap angkatan kelas 9, yang nama angkatannya adalah Ranzeforta’21 dapat belajar langsung dari lingkungan tentang makna berbagi. 

    “Kesannya sangat luar biasa dengan waktu yang sangat singkat, peserta didik bisa mengumpulkan sumbangan kemudian dengan dibantu oleh wali kelas dan panitia guru menyusun rangkaian kegiatan baksosnya. Harapannya semoga dengan adanya kegiatan ini ananda khususnya angkatan Ranzeforta’21 bisa belajar langsung dar lingkungan dan berbagi,”ungkapnya.

    Kegiatan berbagi tersebut bukan yang pertama kalinya digelar selama bulan Ramadhan. Pada bulan April juga telah digelar kegiatan berbagi yang dilakukan peserta didik kelas 7 dan 8 di SMP Islam Athirah 1 Makassar, yang mengunjungi 4 pondok tahfidz dan 1 panti asuhan dengan jumlah ratusan santri. 

    Laporan : Musyorafah (TIM WEB SMP Islam Athirah 1 Makassar)

    By SMP Kajaolalido on 03 Mei 2021
    • SMP Kajaolalido
    • Kegiatan

    OSIS-MPK SMP Islam Athirah 1 Makassar Gelar Webinar Nasional dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional melalui aplikasi Konferensi Zoom Meeting, Senin (3/5/2021). Kegiatan tersebut mengangkat tema “Educate Your Mind, Educate Your Heart”. Dihadiri ratusan peserta dari seluruh Indonesia. 

    Webinar tersebut menghadirkan 3 pembicara yakni dr. Shindy Kurnia Putri (Medical doctor, Motivator, Enterpreneur), Nur Efendy Darming, S.H. (Juara 1 mahasiswa berprestasi Unhas Tahun 2020 dan Delegasi Indonesia di Asean Young Leaders Programme), dan Muh. Afif Muflih (Mahasiswa Teknik Arsitektur Unhas dan Ketua Osis SMA Islam Athirah 1 Makassar Periode 2018-2019). Ketua Osis SMP Islam Athirah 1 Makassar, Farabina Queencyla yang menjadi moderator.

    Muh. Afif Muflih mendapatkan kesempatan pertama menyampaikan materinya. Dalam penyampaian materi, Afif mengatakan bahwa tidak perlu takut dengan kegagalan, harus berusaha dan berdoa semaksimal mungkin. Optimis dengan mimpi yang dimiliki. 

    “Jangan berhenti berusaha dan juga berdoa, karena kita tidak perlu takut gagal, bekerjalah semaksimal mungkin dan percayalah semua jerih payah kita akan diperhitungkan oleh Tuhan. Berdoa dan bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu,”terangnya.   

    Selain itu, Nur Efendy Darming, S.H juga memberikan motivasi dengan mengatakan bahwa mimpi yang dimiliki harus lebih besar dari rasa ketakutan yang dimiliki, serta tindakan harus lebih keras dari kata-kata yang diucapkan.

    “Let your dream be bigger than your fears, and Your Action be Louder than Your Words,”ungkapnya.

    Materi terakhir disampaikan oleh dr. Shindy Kurnia Putri. Dalam penyampaian materinya, para partisipan tidak hanya diberikan motivasi, melainkan juga diberikan tips agar belajar untuk menerima diri sendiri dengan banyak bersyukur, serta belajar mengelola stress.

    “Jaga hubungan terhadap diri sendiri, mulai dari penerimaan terhadap diri sendiri, mencintai diri sendiri dengan mengelola stress dan juga berolahraga, serta tidak lupa untuk senantiasa bersyukur,”ucapnya kepada seluruh partisipan.

    Setiap pembicara selesai menyampaikan materinya, ada sesi tanya jawab yang diberikan pihak panitia. Banyaknya pertanyaan yang masuk menjadi bentuk antusiasme partisipan. Kegiatan webinar tersebut ditutup dengan ungkapan terima kasih dari Nilamartini S.Pd,M.M selaku Kepala SMP Islam Athirah 1 Makassar, kepada pembicara, panitia dan partisipan.

    Laporan : Musyorafah (TIM Web SMP Islam Athirah 1 Makassar)

Agenda 2