• Masya Allah, Ulul si Hafizah Cilik Sabet Juara

    2 di Olimpiade Al Quran II Sekolah Islam

  • Sedekah Terbaik Bulan Ramadan, SD Islam Athirah

    1 Makassar Salurkan Bantuan ke Panti Asuhan

  • Ketuk Pintu Langit, Warga SD Islam Athirah 1

    Makassar Khatamkan Al Quran di Malam 17 Ramadhan

  • Bangga Hafal Al Qur’an, Siswa SD Islam

    Athirah 1 Makassar Ikuti Khotaman dan Imtihan

  • By SD Kajaolalido on 04 Mei 2021
    • SD Kajaolalido
    • Kegiatan

    Siti Ululu Ma’rifah, siswa SD Islam Atirah 1 Makassar berhasil menyabet juara 2 kategori 3 juz diajang Olimpiade  Al Quran II Sekolah Islam Atirah. Ini merupakan hadiah dari kesungguhan dan cinta ananda  kepada Al Qur’an. Ulul merupakan siswa kelas 5 , lahir di Makassar, 23 Maret 2010 dengan hobby bersepeda.

    Ulul mengungkapkan dalam kesehariannya ia selalu menyempatkan waktunya untuk menghafal dan muroja’ah yang dibantu oleh ayahnya dan juga ustad-ustadzah. Khususnya setiap habis sholat shubuh adalah waktu yang paling nyaman untuk menghafal (3/5/2021)

    Alhamdulillah sekarang hafalannya hampir empat juz. Ini tak lepas dari support Ayah dan ustad-ustadzah. Mereka membimbing dan meluangkan waktu setiap hari. “Di samping itu, Ayah dan kakak adalah inspirasiku sehingga membuat saya semangat untuk terus memperbaiki hafalan,’’ tambahnya.

    Ulul menyatakan dalam murojaah harus disipilin, tajwid dan makhrojnya pun harus diperhatikan karena itu berpengaruh pada kualitas bacaan agar tak salah makna dan terdengar indah,’’ungkapnya.

    Ulul memiliki cita-cita menjadi dokter dan hafizah. Ia mengucapkan rasa terimah kasih kepada ayahnya karena telah membimbing dan mendukungnya menjadi hafizah. Semoga Ulul menjadi anak yang dapat membanggakan orang tua dan memberikan mahkota kelak disurga.

    Penulis : Rika Rahayu (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)

    By SD Kajaolalido on 04 Mei 2021
    • SD Kajaolalido
    • Kegiatan

    SD Islam Athirah 1 Makassar gelar kegiatan amal pada bulan Ramadan  dengan tema Sedekah Terbaik SD Islam Athirah 1 Makassar untuk Panti Asuhan dan Pembangunan Masjid. Kegiatan amal ini  juga salah satu bentuk penanaman karakter pada siswa-siswi yaitu untuk saling berbagi. Kegiatan amal dengan melakukan sedekah terbaik dilaksanakan pada Senin (3/5/2021). Adapun lokasi penyaluran pada kegiatan amal ini terbagi menjadi dua lokasi pertama yaitu Panti Asuhan  Furqan Sumang, yang terletak di jalan Perintis Kemerdekaan Km.17 No.14, dan lokasi kedua yaitu Rumah Tahfidz Ma’had Ahlul Qur’an yang terletak di Jalan Sutami.

    Kegiatan Amal yaitu Sedekah terbaik untuk Panti Asuhan dan Pembangunan Masjid merupakan rangkaian dari kegiatan AJR ( Athirah Jelajah Ramadan) sekaligus bentuk rasa syukur Guru, karyawan, dan siswa-siswi SD Islam Athirah 1 Makassar dalam memperingati Milad Athirah ke-37. Adapun waktu pengumpulan donasi pada kegiatan amal dimulai pada tanggal 24 – 30 April 2021. Yang dimana proses pengumpulannya siswa-siswi kelas 1 sampai 6 mengumpulkan donasinya pada wali kelas maisng – masing lalu ditotalkan secara keseluruhan. Arfyuni Firman S.Pd.,M.Pd selaku wakil kepala sekolah bagian kurikulum sekaligus diamanahkan memegang seluruh donasi yang telah terkumpul dan diakhir beliau melaporkan total donasi Siswa –siswi SD Islam Athirah 1 Makassar yaitu sebanyak Rp. 28.150.000,-.

    Hasil donasi yang telah terkumpul, panitia menyalurkannya dalam bentuk sembako yang nantinya akan digunakan oleh anak-anak panti asuhan. Mulai dari beras, indomie, minyak, dan telur. Hingga uang tunai untuk setiap anak yang ada di Panti Asuhan tersebut. Tidak hanya itu saja pada saat penyaluran sedekah terbaik untuk panti asuhan diakhiri dengan doa bersama panitia dan anak – anak yang ada di Panti Asuhan.

    Koordinator kegiatan Amal , Hj. Hasnawati,S.Pd. menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini kita bisa memberikan banyak manfaat untuk orang lain dan meringankan beban mereka yang membutuhkan. Dan sungguh suatu kebahagiaan buat kita jika kita bisa membahagiakan orang lain terutama orang yang membutuhkan bantuan, dan diakhir beliau juga berharap  kegiatan amal ini dapat menambah nikmat rezeki untuk seluruh guru, karyawan, siswa-siswi SD Islam Athirah 1 Makassar.

    Dalam kesempatan yang sama Mei Cahaya ,S.Pd  yang turut ikut dalam kegiatan amal berharap dengan adanya kegiatan amal seperti ini akan terus berlangsung dan bisa menjadikan kita  sebagai manusia yang senantiasa bersyukur dengan apa yang diberikan oleh Allah SWt karena masih  bisa membantu saudara – saudara kita yang membutuhkan.

    Penulis    : Fajriati Ummah (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)

    By SD Kajaolalido on 28 April 2021
    • SD Kajaolalido
    • Kegiatan

    SD Islam Athirah 1 Makassar menggelar acara mengetuk pintu langit khatam Al Quran, Rabu (28/4/2021). Acara ini dimulai pukul 21.00 WITA dan dilaksanakan melalui zoom meeting dihadiri oleh 62 peserta yang terdiri dari pimpinan, guru dan karyawan SD Islam Athirah 1 Makassar. Turut hadir pula Wakil Direktur Wilayah Kajaolaliddo, Mas Aman Uppi, S.Pd.,M.Pd. Dalam sambutannya ia mengajak seluruh guru dan karyawan untuk memuliakan malam ini dengan lantunan Al Quran, zikir dan doa untuk mengetuk pintuk langit. “Saya mengajak guru dan karyawan mari kita satukan barisan dalam doa, zikir, membaca Al Quran yang diikhlaskan karena kita adalah garda terdepan dalam mendongkrak PPDB kita. Mari kita rendahkan jiwa, tundukan hati ini dan bersama-sama mohon ampun atas segala salah dan dosa agar diampuni oleh-Nya,”ungkapnya.

    Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, Arfyuni Firman, S.Pd.,M.Pd. mengatakan bahwa sebelum bulan suci ramadhan kita telah memaksimalkan semua jalur untuk meningkatkan PPDB kita dan di momentum ramadhan ini kita berusaha maksimalkan melalui "Jalur Langit" untuk kesuksesan PPDB Sekolah Islam Athirah. “Insyaa Allah dari 500-an guru aka nada doa yang dikabulkan oleh Allah SWT,”ungkapnya.

    Sementara itu Jamaluddin, S.Ag.,M.Pd.I, Wakil Kepala Sekolah bidang IT dan kesiswaan menambahkan malam ini adalah malam istimewa bertepatan dengan 17 ramadhan maka seluruh warga SD Islam Athirah 1 Makassar mengisi malam Nuzulul Quran ini dengan khatam Al Quran.

    Dalam tausiyahnya, Ustad Adam, S.Th.I menyampaikan ada delapan kewajiban kita terhadap Al Quran. Mengimani Al Quran, membaca (tilawah), mentadabburi, menghafalkan, mengamalkan, mendakwakan dan mengajarkannya, memperjuangkan dan membelanya, dan menerapkan Al Quran dalam kehidupan bermasyarakat. Di akhir tausiyahnya ia mengajak seluruh warga SD Islam Athirah 1 Makassar untuk memaknai momentum Nuzulul Qur’an ini dengan lebih memahami kewajiban kita terhadap Al Quran.

    Prosesi khotmil Quran dimulai dari pembacaan surah At Takasur hingga surah An Naas dan dilanjutkan dengan membaca satu juz per orang.

    Di akhir acara, Khasan, S.Pd. menyampaikan acara ini sebagai upaya mengetuk pintu langit. Segala keberkahan dari langit dan segala upaya dan permohonan kita di bulan ramadhan ini terkhusus niat kita untuk PPDB Sekolah Islam Athira khususnya SD Islam Athirah 1 Makassar bisa tercapai dan sukses. Selain khotmil Qur’an warga SD Islam Athirah 1 Makassar juga akan mengumpulkan infak dan sedekah dari para siswa dan guru yang nantinya akan disalurkan ke panti asuhan. Harapannya ini akan memberikan banyak manfaat dan kebahagiaan kepada saudara-saudara kita yang kurang beruntung. “Terimakasih dan penghargaan setinggi-setingginya kepada rekan-rekan guru dan karyawan SD Islam Athirah 1 Makassar yang telah berpartisipasi di kegiatan ini,”ungkapnya saat menutup acara. 

    Penulis : Syahriyanti (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)

     


    By SD Kajaolalido on 23 April 2021
    • SD Kajaolalido
    • Kegiatan

    Jumat (23/04/2021), SD Islam Athirah 1 Makassar menggelar Khotaman dan Imtihan Al Qur’an bagi peserta didik yang telah lulus munaqosyah. Kegiatan ini diselenggarakan semi online dan offline serta disiarkan langsung melalui channel youtube Athirah TV. Ada 114 peserta didik yang mengikuti prosesi Khotaman dan Imtihan ini, 16 orang diantaranya mengikutinya secara offline di gedung auditorium Sekolah Islam Athirah dan selebihnya mengikuti secara online melalui aplikasi Zoom.

    Prosesi Khotaman dan Imtihan Al Qur’an ini merupakan salah satu kegiatan tahunan di SD Islam Athirah 1 Makassar, dimana setiap tahunnya kegiatan ini diselenggarakan bekerjasama dengan tim Ummi Foundation Makassar dan Ummi Foundation Pusat. Ada dua orang Ustadz yang menjadi penguji dalam prosesi Imtihan kali ini, yaitu Ustadz Amirul Haq, S.Pd.I., M.Pd. dari Tim Ummi Makassar dan Ustadz Abdullah Baihaqi, S.Hum, M.Fill. dari Tim Ummi Pusat. 

    Dalam laporannya, Khasan S.Pd. selaku Kepala SD Islam Athirah 1 Makassar menyampaikan bahwa kegiatan Khotaman dan Imtihan ini merupakan salah satu strategi pencapaian jaminan mutu peserta didik SD Islam Athirah 1 Makassar yaitu lulus kelas 6 dengan hafal minimal 3 juz. Sebelum menutup laporannya, beliau mengungkapkan “Hafal Al Qur’an adalah puncak prestasi seorang peserta didik SD Islam Athirah 1 Makassar, semoga Allah SWT memberikan kalian kesempatan dan waktu untuk menyelesaikan hafalan Al Qur’an sampai 30 juz, Aamiin Yaa Rabbal’alaamiin.”

    Andi Nur Alam, S.Pd.I. selaku Koordinator tim tahfidz Ummi SD Islam Athirah 1 Makassar juga menyampaikan harapannya dalam kegiatan ini agar para peserta didik dapat menanamkan nilai-nilai Al Quran dalam kehidupan mereka sehari-hari. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan motivasi bagi peserta didik yang lain agar lebih bersemangat dalam mempelajari Al Qur’an. 

    Mengawali prosesi Imtihan, Ustadz Abdullah Baihaqi, S.Hum., M.Fill. selaku penguji dari Ummi Foundation Pusat menyampaikan selamat kepada SD Islam Athirah 1 Makassar yang telah berhasil menghantarkan peserta didiknya sampai pada proses Khotaman dan Imtihan Al Qur’an ini. Beliau juga dengan bangga mengucapkan selamat kepada para peserta didik yang telah menuntaskan target hafalan mereka dengan sangat baik. 

    Dalam testimoninya, Hanum Fitriyana selaku Ibunda dari ananda Dzaki mengungkapkan bahwa beliau merasa terharu dan bangga menyaksikan langsung anaknya menghafalkan Al Qur’an, beliau juga berharap semoga ananda Dzaki dan peserta Khotaman yang lain dapat menjadi generasi Al Qur’an yang berbudi pekerti luhur sesuai dengan tuntunan Islam.

    Penulis : Dewi Purnama Sutji (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)

Agenda 2