image

SMP Islam Athirah Makassar Gelar Aksi Karya sebagai Ujian Praktik Penilaian Akhir Pelajaran Tahun 2022/2023

Makassar. SMP Islam Athirah Makassar gelar Aksi Karya sebagai bentuk penilaian akhir ujian praktik kelas 9, Rabu (17/05/2023). Acara ini berlansung selama dua hari 16-17 Mei 2023 di Hall lantai 1 Sekolah Islam Athirah Jl. Kajaolalido.

Aksi karya tahun 2023 ini mengangkat tema Creative Vibes of Ashvalta yang diketuai oleh Rasmi, S.Pd. Seluruh siswa kelas IX menampilkan karya mereka sesuai minat dan bakat masing-masing. Juga ada bazar makananan dan minuman sebagai praktik mata pelajaran prakarya berkolaborasi dengan mata pelajaran bahasa inggris.

Firdayanti Firman,S.Pd., salah satu guru matematika menyampaikan bahwa acara aksi karya ini merupakan ujian praktik yang diramu dalam bentuk pementasan dan tentu dikemas lebih menarik. Pada kegiatan ini seluruh siswa kelas IX ditantang untuk bisa lebih kreatif dan memperlihatkan segala potensi dari mereka masing-masing mulai dari tari, band, melukis, fotografi, memasak bahkan menunjukkan kemampuan entrepreneur mereka dalam kegiatan bazar.

Dalam sambutan wakil direktur Sekolah Islam Athirah wilayah kajaolalido, Mas Aman Uppi S.Pd.,M.Pd menyampaikan bahwa setiap anak memiliki skill dan bakat masing-masing. Pada ujian praktik ini yang merupakan tahun kedua yang diselenggarakan di atas panggung, para siswa sekaligus menguji kepercayaan dirinya untuk bisa tampil di depan umum.

“Aksi Karya ini merupakan kolaborasi antar tim di setiap kelas untuk mengeluarkan ide-ide agar menyatu. Para siswa kelas IX nantinya sudah terbiasa dengan tantangan dari sekolah sehingga mereka bisa menerapkan di kehidupan sehari-harinya. Kesempatan ruang untuk mengeksplor di timnya dan tidak pasif dalam berkarya untuk dirinya juga merupaka suatu bentuk pembelajaran,” tukasnya

Menurut orang tua Ananda Salsabila Putri Yusran Bunda Dr. Suarnianti,SKM.,M.Kes., bahwa acara aksi karya ini sangat bagus dan membantu meningakatkan skill dalam menunjukkan bakat anak-anak. Kegiatan ini sebagai cikal bakal mereka ke depannya dan untuk masa depannya kelak.

”Perlu apresiasi, dipertahankan, dan ditingkatkan acara-acara seperti ini yang bisa mengeksplor bakat anak-anak yang terkadang mereka sendiri tidak tahu bakat yang terpendam dalam dirinya. Penampilan yang memperlihatkan kebolehan mereka merupakan daya tarik bagi SMP Islam Athirah untuk masyarakat agar mendaftarkan anaknya di SMP Islam Athirah Makassar,” ungkapnya

Lebih lanjut orang tua Ananda Nayla dari kelas IX Al-Khawarismi, DR.dr.Sharvianty Arifuddin, SpOG.K.Onk., menambahkan bahwa acara ini sangat berguna karena anak-anak menampilkan kemampuanm,prestasi, dan bakat mereka. Kreatifitas bukan hanya di bidang pengetahuan tetapi juga di bidan lain seperti pada tahfidz, bahasa, seni tari, seni lukis, IT, dan yang lainnya. Tampil di atas panggung itu sudah luar biasa menunjukkan percaya dirinya.

“Saya sangat mengapresiasi acara aksi karya ini. Jangan malu untuk tampil semampu kalian, tetap berusaha dan percaya diri. Jangan bosan untuk latihan terus-menerus agar tampil percaya diri dan akan tampil lebih baik. Dan buat siswa kelas VII dan VIII , semoga acara seperti ini lebih baik dan lebih bagus untuk tahun depan,” harapnya

Perwakilan dari siswa kelas IX, Rajwa Salsabila Suntoro menyampaikan bahwa aksi karya ini adalah sarana untuk menunjukkan potensi kelas IX dalam berkarya.

“Dari aksi karya ini, saya belajar untuk mengasah potensi diri saya untuk berkarya. Dan untuk teman-teman angkatan ASHVALTA teruslah berkarya dan berkarya dan buktikan pada dunia bahwa KITA bisa,” pesannya

 

Laoran : Hasniwati Ajis (TIM Web SMP Islam Athirah 1 Makassar

Previous PostSekolah Terbaik di Makassar-Sekolah Islam Athirah Gelar Perayaan Puncak Milad ke-39
Next PostSMP Islam Athirah Makassar Gelar Aksi Karya sebagai Ujian Praktik Penilaian Akhir Pelajaran Tahun 2022/2023