image

Edisi Ketiga Projek Penguatan Pancasila, SMP Islam Athirah Bone Angkat Tema Kearifan Lokal

SMP Islam Athirah Bone menggelar kegiatan P5 atau projek penguatan profil pelajar pancasila untuk edisi ketiga. Program yang menjadi bagian dari kurikulum merdeka ini rencananya akan digelar selama 5 hari, mulai tanggal 22 – 26 Mei 2023.

Setelah mengangkat tema kebhinekaan global dan gaya hidup berkelanjutan pada edisi perdana dan kedua, untuk kali ini, Bag. Kurikulum SMP Islam Athirah Bone memilih tema kearifan lokal yang mengangkat permainan tradisional.

Menurut Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Erwin B.,S.Pd.,Gr.,M.E pada saat diwawancarai, permainan tradisional meski sederhana, namun di dalamnya memiliki banyak filosofi dan karakter positif yang sesuai dan sejalan dengan semangat kurikulum merdeka. Selain itu, upaya untuk meminimalisir aktivitas anak di dunia game digital harus dilakukan agar budaya dan kearifan lokal tidak hilang.

“biar itu permainan tradisional keliatannya sederhana, namun ada banyak filosofi dan karakter positif yang sesuai dan sejalan dengan semangat kurikulum merdeka. Selain itu, supaya anak-anak dibatasi aktivitasnya di dunia game digital jadi budaya dan kearifan lokal tidak hilang,” Ungkapnya saat diwawancarai.

Rencananya sebanyak 76 siswa yang terbagi di dalam tiga kelas akan mengangkat sebanyak 12 permainan tradisional, sebagaimana jumlah kelompok yang telah dibentuk. Nantinya siswa akan mengulas dan mensimulasikan permainan tersebut di sekolah untuk kemudian dipublikasikan kepada khalayak masyarakat.  Nurholis_Tim Web Athirah (ig: @nurholismuh)

Previous PostEmpat Atlet SD Islam Athirah 2 Juara O2SN Tingkat Kecamatan Manggala
Next PostTampilkan Ragam Budaya Indonesia, Inilah Aksi Anak Didik TK Islam Athirah Bukit Baruga Lewat Tarian Dan Unjuk Kebolehan