• GURU & KARYAWAN TK ISLAM ATHIRAH

  • Penutupan AJR TK Islam Athirah 2

    Tampilkan Kegiatan Berbagi pada Anak Didik

  • TK Islam Athirah 2 Berbagi

    Paket Sembako di Bulan Suci

  • Yuk, Inti Keseruan Keseruan TK Islam

    Athirah 2 Menyambut bulan Suci Ramadhan

  • Gelar Puncak Tema, TK Islam Athirah

    2 Ajak Anak Didik Lakukan Percobaan

  • By TK Bukit Baruga on 30 April 2021
    • TK Bukit Baruga
    • Berita

    TK Islam Athirah 2 menggelar acara penutupan Athirah Jelajah Ramadhan (AJR) pada hari Jumat, 30 April 2021. Acara ini berlangsung secara virtual melalui media Zoom yang dihadiri oleh 36 peserta.

    Nurul Khaimah, S.Pdi yang bertindak sebagai pemandu acara membuka dengan menyapa anak tiap kelasnya, dan juga tidak lupa menyampaikan aturan selama acara berlangsung.

    Acara berlangsung pada pukul 09.00 – 10.00 WITA, diawali dengan pembacaan surah Al-Fatihah, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Lilik Sri Handayani, S.Pd.

    Dalam sambutannya, ummi Lilik (sapaan akrabnya) mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada anak dan orang tua yang telah memberikan donasi kepada kaum dhuafa yang disalurkan melalui TK Islam Athirah 2. “Semoga apa yang kita berikan bernilai pahala di sisi Allah swt. dan dapat menjadi pembelajaran bagi kita semua”, tambahnya.

    Ada juga presentasi/pemaparan LPJ oleh Mirawaty, S.Pd. Dalam presentasinya, ummi Mira (sapaan akrabnya) kembali merefleksi materi yang telah diberikan selama AJR dan melakukan tanya jawab dengan anak-anak. Selain itu, juga dipaparkan mengenai donasi yang telah terkumpul kemarin. Adapun dana yang terkumpul sebanyak Rp9.750.000,00, kemudian dikemas dalam bentuk paket sembako sebanyak 105 paket.

    Acara diakhiri dengan menyaksikan secara bersama-sama video berbagi yang dilakukan oleh tim guru TK. Kegiatan berbagi tersebut dilaksanakan pada hari Jumat, 23 April 2021 lalu. Terdapat beberapa guru yang terlibat membagikan sembako secara langsung dengan mendatangi beberapa lokasi, diantaranya di Jl. Nipa-Nipa, Jl. Toddopuli dan Borong, serta di sekitar kanal Hertasning.

    Melalui kegiatan berbagi ini diharapkan dapat memberi kebaikan dan keberkahan di bulan suci Ramadhan serta bernilai ibadah di sisi Allah, dan dapat memberikan sedikit kebahagiaan kepada mereka yang membutuhkan.

    Citizen Reporter : Indah Ramdhani, S.Pd

    By TK Bukit Baruga on 23 April 2021
    • TK Bukit Baruga
    • Berita

    TK Islam Athirah 2 kembali membuat program berbagi. Kegiatan kali ini berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya. Biasanya kegiatan berbagi hanya melibatkan guru dan karyawan TK Islam Athirah 2, namun kali ini berkolaborasi dengan orang tua anak didik TK Islam Athirah 2.

    Total dana yang terkumpul adalah Rp. 9.750.000,- dengan mengadakan 85 paket sembako berisi beras, tepung terigu, gula, minyak, susu, teh dan sirup.

    Paket tersebut dibagikan pada hari Jumat, 23 April 2021 secara door to door kepada kaum dhuafa dan orang-orang yang membutuhkan lainnya.

    Tiga titik di wilayah Makassar yang menjadi sasaran pembagian sembako yakni wilayah Toddopuli, Hertasning dan Bukit Baruga Antang.

    Dari jumlah sembako terdapat 85 keluarga yang mendapat berkah dari kegiatan berbgai di bulan suci ramadhan ini.

    Kegiatan ini dimaksudkan dapat menjadi mengurangi beban masyarakat sekitar yang membutuhkan uluran tangan terutama di masa pandemi covid-19 seperti sekarang.

    Mereka banyak yang sulit mencari nafkah memenuhi kebutuhan keluarga sehingga bantuan kali ini diharapkan bisa membantu kesulitan mereka sehingga dapat menjalankan ibadah di bulan suci ramadhan ini denga penuh suka cita.

    Citizen Reporter: Sri Rawanti, S.Pd, M,Pd

    By TK Bukit Baruga on 09 April 2021
    • TK Bukit Baruga
    • Berita

    TK Islam Athirah sukses menghadirkan nuansa meriah kebersamaan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Melalui kegiatan Tarhib Ramadhan yang dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan aplikasi zoom pada hari ini Jumat, 09 April 2021. Kegiatan yang dilaksanakan sejak pukul 08.30-10.30 dihadiri oleh 87 peserta yang terdiri dari guru dan anak didik TK Islam Athirah Wilayah Kajaolalido dan Bukit Baruga.

    Untuk Pertama kalinya sejak Tahun Pelajaran 2020-2021, TK Islam Athirah yang terdapat di dua wilayah melangsungkan kolaborasi dalam satu kegiatan. Nurul Khaimah S.Pd,I Selaku MC pada kegiatan ini mengawali acara dengan mempersilahkan anak didik TK Islam Athirah untuk saling menyapa, karena ini pertemuan yang pertama meskipun dilaksanakan secara virtual.

    Dengan penuh semangat, anak didik saling menyapa dan mengucapkan salam sebagai tanda silaturahmi yang terjalin diantara mereka. 

    Rangkaian kegiatan pembukaan Tarhib Ramadhan juga dimeriahkan oleh anak didik yang mengisi acara dengan percaya diri.

    Bertindak sebagai pembaca ayat suci Al-Quran oleh Ahmad Asy Syam Tri Agustian Ar Rasyid, bertindak sebagai pembaca sari tilawah yakni Aqeela Azzahra Khairina Amin serta pembacaan doa yang dipimpin oleh Ufaira Nur Afifah.

    Pesan penuh makna untuk mengawali Ramadhan disampaikan oleh Ustad Komaruddin Effendi selaku Koordinator Keagamaan Sekolah Islam Athirah kepada anak didik TK Islam Athirah “Anak-anakku sekalian, barang siapa yang senang dengan datangnya bulan Ramadhan karena ingin beramal, ingin mendapat maghfirah, ampunan dan ridha maka haram masuk neraka, api neraka tidak akan memakannya nak, Maka jika kita senang, Insya Allah, Allah akan memberika balasan tersebut untuk kita. semoga bulan ramadhan ini kita sudah bisa belajar berpuasa.

    Kegiatan Tarhib Ramadhan TK Islam Athirah menyajikan konsep sambut ramadhan dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Anak didik menampilkan video dialog percakapan tentang perasaan dan rutinitas saat ramadhan.

    Seluruh anak didik menyampaikan sukacita mereka, bagaimana keseruan puasa, shalat tarawih hingga menceritakan keinginan untuk mudik dan bertemu keluarga yang berada di kampung halamannya. 

    Selain Video dialog sambut Ramadhan, Makna Ramadhan semakin dirasakan dengan Sesi Tausiah oleh  Hj. A. Sulyati, S.Pd. Agar menarik perhatian anak didik, Beliau Menampilkan video animasi   yang menggambarkan keseruan sebuah keluarga dalam menyambut Ramadhan.

    Melalui Tausiah Ummi Sul (sapaan akrab pemateri) menyampaikan makna Tarhib  dan harapan nya kepada anak didik yakni “Layaknya keluarga tadi yang menyambut Ramadhan dan siap untuk berpuasa seperti itu juga yang telah teman-teman rasakan. Semoga Allah mengabulkan harapan dan memberikan kekuatan kepada kita”.

    Bulan Ramadhan adalah bulan terbaik dan yang selalu dirindu kehadirannya oleh Umat Islam. Kegiatan Tarhib Ramadhan yang dilaksanakan oleh TK Islam Athirah semoga menjadi pengalaman penuh makna dan tak terlupakan, baik oleh Guru maupun Anak didik dan Orangtua.

    Melalui kegiatan ini, TK Islam Athirah 2  masih memperlihatkan bukti bahwa meskipun pandemi Covid-19 masih membatasi untuk pembelajaran secara luring, namun kegiatan virtual akan tetap bermakna jika konsep kebersamaan masih menjadi yang utama.

    Citizen Reporter : Rita Subianti, S.Pd, M.Pd.

    By TK Bukit Baruga on 08 April 2021
    • TK Bukit Baruga
    • Berita

    TKslam Athirah 2 kembali menggelar Puncak Tema pada hari Kamis, (8/04/2021). Kali ini adalah tema air, api, dan udara. Kegiatan ini diselenggarakan dengan konsep percobaan sains.

    Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh peserta didik, orang tua, dan para guru TK Islam Athirah 2 ini digelar secara virtual menggunakan aplikasi zoom.

    Puncak tema kali ini dipandu oleh Rosmawati B, S.Psi. Ia memulai acara dengan menyapa semua anak dan membaca surah Al Fatihah.

    Biyah anak didik dari kelompak A Al Aziz  turut membacakan surah Al Fiil dan Medina dari kelompok A Al Kholiq membaca doa  secara live menambah khidmatnya acara.

    Koordinator Kegiatan Puncak Tema Air, Udara dan Api, Lilik Sri Handayani, S.Pd menjelaskan tujuan diadakannya kegiatan percobaan sains dalam sambutannya.

    “Kegiatan puncak tema kali ini dibuat dengan konsep mengajak anak-anak melakukan percobaan sains bersama-sama agar anak-anak bisa mendapatkan pengalaman belajar yang baru,” jelas guru TK Islam Athirah 2 tersebut yang akrab disapa ummi Lililk.

    “Permainan sains juga dapat melatih anak untuk berpikir kritis sehingga dapat menstimulasi perkembangan kognitif anak,” tambahnya.

    Kegiatan inti dari acara tersebut adalah percobaan sains yang dilakukan secara live oleh guru dan anak-anak perwakilan kelas masing-masing.

    Mewakili guru, Nurjannah, S.Pd. melakukan melakukan percoba sains perjernihan air. Ummi Nanna (sapaan akrabnya) menjelaskan alat dan bahan yang diperlukan serta prosedur kerjanya. Anak-anak sangat antusias ketika melihat air yang awalnya kotor menjadi air bersih.

    Anak didik dari masing-masing kelas juga tidak kalah semangatnya menampilkan percobaan sains mereka. Ada yang melakukan percobaan hujan dalam gelas, air muncrat, susu pelangi, memindahkan air, balon dalam botol dan hujan warna.

    Anak-anak sangat antusias ketika percobaan sains yang dilakukan teman-temannya berhasil. Beberapa anak juga percobaanya tidak berhasil namun tidak menyurutkan semangat mereka menjelaskan percobaan yang mereka lakukan.

    Kegiatan kali ini kembali mendapat pujian dari para tamu undangan, salah satu tamu undangan yang merupakan Kepala Departemen Humas Sekolah Islam Athirah Mutmainnah, M.Pd menuliskan kesannya di kolom chat zoom. 

    “Keren acaranya, sukses ya teman-teman TK Islam Athirah 2,” kata Iin.

    Rekan guru dari TK Islam Athirah 1 juga ikut mengutarakan kesannya di kolom chat.

    “Keren, keren kegiatan puncak temanya”

    *Citizen Reporter : Sri Rawanti, S.Pd, M.Pd.*

Agenda 2