• Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga

    Terlihat Antusias Ikuti Pelatihan Wawasan Kebangsaan

  • Sambut Penamatan Angkatan 2021, Panitia mulai Helat Rapat Perdana

  • Masih Pandemi, AJR SMA Islam Athirah

    Bukit Baruga Untuk Kedua Kalinya dihelat

  • Hadapi UTBK, SMA Islam Athirah Bukit Baruga Gelar program intensive

  • By SMA Bukit Baruga on 07 April 2021
    • SMA Bukit Baruga
    • Kegiatan

    Makassar- Peserta Didik SMA Islam Athirah Bukit Baruga terlihat antusias mengikuti pendidikan wawasan kebangsaan yang dilaksanakan sekolah milik yayasan hadji Athirah tersebut.


    Pada pelatihan wawasan kebangsaan tersebut Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan diundang langsung menjadi narasumber dalam Pendidikan Wawasan Kebangsaan Implikasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan Terhadap Ketahanan Siswa untuk Generasi 2045.


    Kegiatan yang digelar SMA Islam Athirah Bukit Baruga Antang di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa dilakukan secara virtual, Rabu (7/4).


    Bupati Adnan mengatakan, jika ingin melihat suatu negara atau bangsa Indonesia saat ini, hingga di masa yang akan datang maka perlu melihat kondisi masyarakat saat ini. Karena hal itu merupakan cerminan bangsa Indonesia saat ini.


    “Kalau kita mau melihat bangsa kita, maka lihat diri kita. Kalau kita mau memperlihatkan kecintaan kepada bangsa dan negara kita, maka tentu kita akan memiliki cita-cita yang sama untuk melihat bangsa dan daerah ini menjadi daerah yang maju dan sejahtera,” kata orang nomor satu di Gowa ini.


    Menurutnya, agar menjadi negara maju di masa yang akan datang, salah satu yang perlu persiapkan katan adalah Sumber Daya Manusia (SDM). Ia menilai bahwa kemajuan suatu daerah atau bangsa bukan ditentukan oleh Sumber Daya Alam (SDA) nya, tetapi juga ditentukan oleh SDMnya.


    “Siapa yang membangun sumber daya manusianya yakin dan percaya dia akan menjadi negara yang berkembang dan maju seperti yang kita cita-citakan bersama,” ungkap Adnan yang juga alumni Sekolah Islam Athirah Makassar.




    Sementara itu, Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah Makassar, Patris Hasanuddin menyebutkan bahwa generasi emas itu adalah generasi yang memiliki wawasan kebangsaan yang luas, memahami Pancasila dan menjaga Undang-undang Negara Kesatuan Republik Indonesia.


    “Generasi emas itu sehat jiwa dan raganya, memiliki keahlian dan keterampilan serta profesionalisme dan mampu bersaing dengan bagsa lain, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta kemampuan untuk beradaptasi,” ungkapnya.


    Dikety endidikan Wawasan Kebangsaan yang bisa disaksikan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan Chanel Athirah TV.


    By SMA Bukit Baruga on 28 April 2021
    • SMA Bukit Baruga
    • Kegiatan

    Makassar- Panitia Penamatan SMA Islam Athirah Bukit Baruga menggelar rapat perdana dalam rangka mempersiapkan penempatan angkatan 2021.


    Penematan untuk kali ini dilaksanakan secara daring. Hal itu bukan pertama kalinya sebelum nya hal serupa dilakukan secara online dikarenakan kondisi masih dalam Pandemi.


    Ketua Panitia, Mukhlis Rahmat S.Pd, G.r mengatakan Merupakan agenda tahunan sekolah penamatan kelas XII, di masa pandemi ini tahun lalu dilakukan secara virtual.


    "insya Allah tahun ini akan diadakan secara luring dan daring.. dilakukan secara luring krena melihat kondisi covid sudah berada di "ujung". Kemudian sekolah dalam waktu dekat sudah akan melakukan Tatap Muka terbatas,"ujarnya.


    Lebih lanjut dia menjelaskan Salah satu tujuan dari penamatan ini adalah melihat kondisi siswa kelas XII sudah lebih 1 tahun mereka tidak pernah bertemu secara langsung olehnya itu kita mencoba mewadahi mereka untuk berkumpul dalam kegiatan ini


    "tentu atas izin dari orang tua dan tim satgas covid, serta dengan aturan prokes yang sangat ketat dari panitia. Harapannya melalui kegiatan ini tercipta rasa khidmat, suka cita dan keharuan yang mendalam. Mencurahkan rasa rindu di antara mereka yng selama lebih setahun tidak bertemu langsung," tutupnya.


    Muhammad Syafitra

    By SMA Bukit Baruga on 19 April 2021
    • SMA Bukit Baruga
    • Kegiatan

    Makassar- Merebaknya covid-19 atau virus korona akhir-akhir ini tak menghalangi para siswa-siswi SMA Islam Athirah Bukit Baruga mengisi Bulan Ramadan dengan kegiatan pembelajaran.


    Para guru membimbing mereka mengikuti kegiatan Pesantren Ramadan yang bertajuk Athirah Jelajah Ramadan (AJR).


    Sebelumnya, kegiatan tarhib Ramadan 1441 hijriah SMA Islam Athirah Bukit Baruga telah dibuka pada Senin(19/4/2021) lalu.


    Kegiatan Athirah Jelajah Ramadan 1441 hijriah ini diselenggarakan via daring (online) dengan menggunakan aplikasi Zoom. Peserta AJR sendiri adalah para siswa-siswi Kelas X dan Kelas XI yang berjumlah 200-an orang.


    AJR ini merupakan program tahunan yang dilaksanakan oleh SMA Islam Athirah di semua unit.Penyelenggarannya setiap tahun di Bulan Ramadan.

    Para siswa mendapat Banyak materi yang disampaikan oleh para pemateri. Diharapan kegiatan ini siswa-siswi bisa mendapatkan materi dari teman-teman guru. Utamanya dalam hal Alquran, membaca, menghafalkan, dan mentadaburi Alquran.


    By SMA Bukit Baruga on 12 April 2021
    • SMA Bukit Baruga
    • Kegiatan

    Makassar- Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 Gelombang 1 akan dilakukan 5 haru lagi, yakni Senin 12 April 2021 hingga 18 April 2021. Sementara Gelombang 2 akan dilaksanakan 26 - 30 April 2021 dan 01-04 Mei 2021.


    Tak hanya belajar, ada sejumlah persiapan yang harus dilakukan oleh calon mahasiswa peserta UTBK 2021 agar pelaksanaan tes berjalan dengan lancar.


    Seperti halnya dilakukan oleh SMA Islam Athirah Bukit Baruga dengan    menghelat Kegiatan program intensive persiapan UTBK bagi siswa kelas XII. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMA Islam Athirah Bukit Baruga, Dr. Bakry,M.Si.


    "Kegiatan program intensive persiapan UTBK bagi siswa kelas XII adalah program unggulan SMA Islam Athirah Baruga sebagai upaya dalam mendampingi siswa dalam memaksimalkan persiapan ujian, selain itu untuk meningkatkan peluang lulus masuk PTN bagi siswa,"ujarnya, Minggu (11/4/2020).


    Lebih lanjut ia mengatakan selain itu untuk meningkatkan peluang lulus masuk PTN bagi siswa. Pada tahun lalu capaian siswa masuk PTN 51?n target Tahun 2021 bisa sampai 60% siswa masuk PTN.


    "Tujuan  dari kegiatan ini adalah

    Untuk penguatan mental siswa sebelum mhadapi ujian, Siswa lebih memahami aspek teknis dan non teknis UTBK dan Siswa lebih memahami  soal TPS (tes potensi Skolastik),"tuturnya.


    Untuk mencapai hal itu tentunya tanpa halangan apalagi dalam kondisi belajar daring. Menurutnya untuk menghadapi tantangan tersebut ia menjelaskan sesungguhnya tantangan siswa kelas XII tahun ini adalah selama setahun mereka belajar daring UTBK ahun ini menguji kemampuan TKA (tes kemampuan akademik) dan menggunakan sistem IRT dalam penilaian


    "Olehx itu SMA Baruga berkomitmen terus membatu dan mendampibgi siswa hingga mengantarkan masuk di perguruan tinggi terbaik,"jelasnya.


    "Rasanya tidak semua sekolah memberikan layanan meskipun proses pembelajaran telah selesai,"tutupnya.


    Penulis : Muhammad Syafitra

Agenda 2