• Gegap Gempita Penutupan Athirah Olympic Vol.9

  • Sambut Bulan Suci, Tarhib Ramadhan SMA

    Islam Athirah Bone Digelar

  • “Duo Zaki”, Sang Hafidz Quran dan

    Calon Dokter dari SMA Islam Athirah

  • SMA Islam Athirah Bone Gelar Munaqosyah

    Hafalan Alquran Online untuk Kelas XII

  • By SMA Boarding School Bone on 26 Maret 2021
    • SMA Boarding School Bone
    • Kegiatan

    Setelah sukses digelar secara virtual selama dua hari, Athirah Olympic tiba pada acara puncak, yaitu pengumuman hasil lomba.

    Pengumuman tersebut digelar pada hari Jumat, 26 Maret 2021 sebagai rangkaian kegiatan penutupan AO Vol. 9. Semua rangkaian kegiatan pun tetap dilaksanakan secara daring. Para peserta dan guru pendamping bergabung dalam akun zoom yang disediakan oleh panitia.

    Pada kegiatan tersebut, semua peserta tampak tegang menunggu pengumuman hasil lomba. Satu persatu kegiatan digelar, mulai dari menyanyikan lagu indonesia raya, penampilan dari beberapa peserta lomba, sambutan Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah Wilayah 3, hingga pengumuman juara oleh ketua panitia.

    Dari beberapa item lomba yang dilaksanakan, SMP negeri 1 watampone berhasil mengumpulkan emas terbanyak di antara semua sekolah yang turut berpartisipasi. Mereka berhasil mempertahankan posisi sebagai juara umum Athirah Olympic tahun sebelumnya. Untuk tingkat SD, piala juara umum berhasil disabet oleh MI Alqur’aniyah  Nursyarifa Bone, pendatang baru pada kegiatan Athirah Olympic.
    <!--[if !supportLineBreakNewLine]-->
    <!--[endif]-->

    Adapun juara-juara di tiap cabang lomba juga berhasil diraih oleh sekolah-sekolah di luar Sulsel. Mulai dari dari sekolah yang ada di Sumatra, kalimantan, Jawa, hingga Malaysia.

    Setelah mendengar pengumuman, para peserta yang berhasil meraih juara tampak senang. Terlihat di layar zoom, ada yang saling berpelukan dan tertawa bahagia. Adapula yang menangis haru. Betapa tidak, mereka bisa meraih prestasi sebagai wujud kreativitas di tengah pandemi yang serba terbatas, terlebih lomba yang diikuti melibatkan siswa se-Indonesia (peserta dari Malaysia adalah siswa dari sekolah Indonesia).

    “Selamat kepada para pemenang, yang belum berhasil mendapat juara semoga tidak berkecil hati. sesungguhnya dengan mengikuti kegiatan ini, semuanya telah menjadi pemenang. Pemenang atas diri sendiri karena telah menjadi lebih baik dari sebelumnya. Mengikuti lomba adalah wujud dari upaya untuk memperbaiki diri, memperbaiki kualitas. Semoga kita semua tetap menjaga silaturahmi dan bisa bertemu kembali pada kegiatan Athirah Olympic tahun berikutnya.” Ujar Syamsul Bahri selaku Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah Wilayah 3 dalam sambutannya.

    Dengan berakhirnya penutupan tersebut, Athirah Olympic volume 9 juga usai. Panitia pun turut berbahagia dan merasa lega karena sukses melakasanakan kegiatan Athirah Olympic se-Indonesia meski secara daring  .
    <!--[if !supportLineBreakNewLine]-->
    <!--[endif]-->

    By SMA Boarding School Bone on 13 April 2021
    • SMA Boarding School Bone
    • Kegiatan


    Ramadhan kembali menyapa, disambut sukacita oleh seluruh muslim di penjuru dunia. Layaknya bulan yang dinanti-nanti, SMA Islam Athirah Bone pun menggelar Tarhib Ramadhan sebagai momen menyambut bulan diturunannya kitab suci Alquran ini.

     

    Pada gelaran Tarhib Ramadhan yang mengangkat tema “Meraih Kemuliaan Bulan Ramadhan” ini, panitia pelaksana mengundang Ustadz Ervan Muhammad Arsyad yang merupakan Ketua DPD Wahdah Islamiyah Kab. Bone sebagai pembicara. Dilaksanakan secara online via Zoom dan live Youtube di kanal Sekolah Islam Athirah Bone serta offline di masjid Fatimah Kalla, Tarhib Ramdhan kali ini terkesan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan pandemi yang masih berlangsung sehingga seluruh warga Athirah Bone tidak mengikutinya bersama dalam satu tempat. Namun, tentu, tidak mengurangiesensi kegiatan.

     

    Di sela-sela sambutannya, Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah Wilayah 3, Syamsul Bahri, S.Pd.I., mengatakan bahwa kegiatan Tarhib Ramadhan di Sekolah Islam Athirah dilaksanakan beberapa kali, karena dilaksanakan oleh masing-masing unit. “Banyak pihak yang menyelenggarakan (Tarhib Ramadhan), hampir semua unit di Athirah melaksanakan, bahkan manajemen SIA pun turut mengadakan. Athirah Bone memilih hari Senin, boleh jadi pilihan ini dibuat supaya lebih ingat karena Ramadhan insya Allah sudah masuk besok. Mengapa perlu melaksanakan Tarhib Ramadhan? Supaya kita lebih siap dan lebih optimal melaksanakan ibadah selama bulan suci.”

     

    Setelah pembukaan yang diawali sambutan Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah Wilayah 3, Tarhib Ramadhan pun dilanjutkan dengan ceramah oleh Ustadz Ervan Muhammad Arsyad. Ceramah yang dibawakan beliau sangat dinikmati oleh siswa karena menggunakan bahasa yang ringan dan menggelitik. Salah satu potongan kisah yang disampaikan oleh anggota MUI Kab. Bone tersebut adalah tentang salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW yang ikut salat Tahajjud dengan beliau. “Utsman bin Affan pernah sekali waktu ikut salat Tahajjud bersama Nabi. Ketika nabi selesai membaca surah Alfatihah, beliau lalu membaca ayat pertama surah Albaqarah. Setelah sampai ayat ke-100, Utsman berharap Nabi akan ruku’, namun ternyata dilanjutkan hingga akhir surah Albaqarah. Begitu ayat ke 282 selesai dibacakan, Utsman mengira Nabi akan ruku’, dan ternyata masih dilanjutkan ke surah Annisa dan kemudian kembali ke surah Al Imran. Jadi, Nabi bisa membaca 5 juz dalam satu rakaat salatnya. Lalu, apakah kita juga ketika menjadi imam salat akan demikian? Lihatlah jamaah anda. Adakah yang sudah tua, adakah ibu-ibu yang membawa anaknya? Jika ada, maka perpendeklah bacaan” terang Ustadz Ervan, sapaan akrab beliau.

     

    Di akhir sesi, seluruh yang hadir di masjid Fatimah Kalla pun saling bermaaf-maafan dengan harapan dapat memasuki bulan suci dalam keadaan hati yang suci. Semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT dan dilancarkan ibadah kita hingga akhir. (Eva Rukmana)

     

     

    By SMA Boarding School Bone on 13 April 2021
    • SMA Boarding School Bone
    • Kegiatan


    Tahun 2021 bisa jadi masih menjadi tahun suram bagi sebagian besar orang, dikarenakan pandemi yang masih berlanjut sejak tahun lalu. Namun, sepertinya hal ini tidak berlaku bagi “duo Zaki”,dua  siswa dari SMA Islam Athirah Bone yang baru-baru ini mendapatkan tiket masuk Universitas Hasanuddin, di jurusan paling bergengsi dan paling diidolakan siswa, Fakultas Kedokteran. Tidak main-main kedua siswa jebolan SMP Islam Athirah Bone dan SMA Islam Athirah Bone ini pun sukses memasuki kampus impian mereka tersebut melalui proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021. Lalu bagaiman profil keduanya? Simak ulasannya berikut ini.

    Dijuluki “Duo Zaki”, Zaki Ahmad Naufal dan Rifki Ahmad Zaki merupakan siswa terbaik SMA Islam Athirah Bone yang telah mengenyam pendidikan di Athirah Bone sejak SMP. Keduanya kerap menyumbangkan prestasi baik dari sisi akademik maupun non akademik. Sebut saja Zaki Ahmad Naufal yang merupakan buah hati dari pasangan dr. Usman, Sp.An., M.Kes. dan A. Nur Amalia, ST., M.Si. ini. Selain jago Matematika dan meraih berbagai juara pada bidang hitung-menghitung ini , Zaki pun mengantongi 7 juz hafalannya, mumtaz! Cowok kelahiran Bulukumba, 8 Mei 2003 ini memang terkenal getol belajar dan memanfaatkan waktu luang untuk menambah dan murojaah hafalan Alquran. So, tidak berlebihan jika usahanya menjadi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin terbayar dengan kelulusannya di tempat tersebut.

    Lain lagi nih ceritanya dengan Rifki Ahmad Zaki. Menghabiskan waktu SMP dan SMA di asrama Athirah Bone selama enam tahun, membuatnya giat mempersiapkan diri agar dapat menimba ilmu di Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin, melanjutkan estafet “perjuangan” kedua orangtuanya yang berprofesi sebagai dokter gigi. Putra pertama pasangaan drg. Muhammad Tauhid dan drg Humaerah ini sejak SMP sudah tertarik dengan mata pelajaran eksakta, terutama Biologi. Terbukti dengan seringnya cowok yang memiliki lesung pipit ini mengikuti dan menjuarai lomba di bidang tersebut. Tapi, eits, bukan cuma jago di akademik lho, doi juga menuntaskan 4 juz hafalannya pada saat munaqosyah Hifdzil Quran SMA ISlam Athirah Bone hari Sabtu 5 April 2021 lalu.

     Penasaran apa saja prestasi mereka selama bersekolah di SMA Islam Athirah Bone? Nih, kita sertakan beberapa rekapannya. Semoga menginspirasi ya.

    Zaki Ahmad Naufal

    Rifki Ahmad Zaki

    <!--[if !supportLists]--><!--[endif]-->Juara 1 Biology Smart Competition (BSC) 2019 Tingkat Sulselbar

    <!--[if !supportLists]--><!--[endif]-->Juara 1 Kedokteran Gigi (Tim) Celebes Science Olympiad (CSO)  Provinsi 2019

    <!--[if !supportLists]--><!--[endif]-->Juara 2 Biology Smart Competition (BSC) 2020  se-Sulselbar

    <!--[if !supportLists]--><!--[endif]-->Juara 3 Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Biologi Tingkat Kabupaten 2019

    <!--[if !supportLists]--><!--[endif]-->Juara 1 Olimpiade Biologi UNISMUH 2019 Tingkat Regional

    <!--[if !supportLists]--><!--[endif]-->Juara 1 Olimpiade Biologi UNISMUH 2020 Tingkat Regional

     

    <!--[if !supportLists]--><!--[endif]-->Top 5 essay Competition (HSEF) Nasional 2020

    <!--[if !supportLists]--><!--[endif]-->Juara 1 Kedokteran Gigi (Tim) Celebes Science Olympiad (CSO) Provinsi 2019

    <!--[if !supportLists]--><!--[endif]-->Juara 2 Biology Smart Competition (BSC) Tingkat Sulselbar2020

    <!--[if !supportLists]--><!--[endif]-->Juara 3 Kompetisi Sains Kabupaten 2020

    <!--[if !supportLists]--><!--[endif]-->Juara 1 Biology Smart Competition (BSC) Kabupaten 2020

     

    By SMA Boarding School Bone on 02 April 2021
    • SMA Boarding School Bone
    • Kegiatan


    Sebagai rangkaian kegiatan penamatan siswa kelas XII, SMA Islam Athirah Bone menggelar Munaqosyah Hafalan Alquran Onine yang dimulai sejak hari ini, Sabtu tanggal 2 April 2021 hingga Selasa, 6 April 2021 mendatang. Meskipun dihelat secara daring, namun tidak mengurangi kekhidmatan kegiatan yang menguji hafalan siswa kelas XII selama bersekolah di SMA Islam Athirah Bone ini.

    Munaqosyah Hafalan Alquran kali ini pun dikemas berbeda oleh panitia. Selain dikonsep secara virtual, munaqosyah hafalan Alquran ini didahului dengan Munaqosyah Tahsin yang dilaksanakan pada hari Kamis, 31 Maret 2021 lalu. “Jadi munaqosyah tahun ini dilaksanakan online karena kita masih berada dalam kondisi pandemi, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan offline di sekolah. Namun, munaqosyah kali ini tetap disaksikan oleh orangtua siswa di rumah, dan ini sifatnya wajib kepada orangtua untuk mendampingi baik munaqosyah tahsin maupun munaqosyah hifdzilnya meski kedua munaqosyah inidilaksanakandi hari yang berbeda ” jelas Yuliana, S.Pd., Sekretaris Pantia Pelaksanaan Munaqosyah Hafalan Alquran SMA Islam Athirah Bone saat diwawancarai via WhatsApp.

    Sekitar 21 orang siswa kelas XII SMA Islam Athirah Bone mengikuti munaqosyah hafalan Alquran di sesi ini. Meskipun target hafalan yang mesti dituntaskan selama 3 tahun adalah 3 juz, namun sekitar 10 orang dari 21 orang tersebut melampaui target hafalan yang telah ditentukan, diantaranya 7 juz, 8 juz, bahkan sampai 10 juz.

    Adalah Nurhafidah, siswa kelas XII IPS Al Haadi yang berhasil menuntaskan 10 juz hafalan Alqurannya pada sesi ini. Anak dari pasangan Haddise dan Kasmawati ini selain seorang hafidzah, juga merupakan siswa berprestasi di bidang akademik, terutama di bidang Ekonomi. Berkali-kali mewakili sekolah di berbagai lomba Akuntansi maupun Ekonomi hingga level nasional, namun tetap membuatnya tekun menuntaskan target hafalannya. Ketika ditanya mengenai target hafalan ke depan, gadis kelahiran Bone ini menjawab lugas, “Kalau target untuk menghafalkan Alquran (menambah hafalan) bukan menjadi prioritas saya. akan tetapi target saya kedepan yaitu memiliki hafalan yang mutqin.” Hafidah juga mengaku pada saat munaqosyah berlangsung, ada satu pertanyaaan dewan penguji yang agak sulit untuk dijawabnya, namun setelah dituntun, akhirnya bisa menyelesaikan. “Saya merasa sangat lega hari ini. Perasaan  lega itu tentu bukan  karena merasa sudah bebas dari menghafal alquran akan tetapi rasa lega sebagai hasil dari usaha-usaha saya selama ini untuk mempertahankan hafalan saya. Orang tua saya sangat bersyukur karena bisa menyaksikan secara langsung ketika saya diuji tadi, dan ini jg cita-cita terbesar orangtua saya untuk punya anak seorang hafidzah.” tambah Hafidah dengan haru.

    Munaqosyah Alquran ini akan berlanjut pada hari Senin pekan depan. Semoga kegiatannya berjalan lancar dan siswa yang mendapat giliran untuk diuji dapat menyelesaikan dengan baik. (Eva Rukmana-SMA Athirah Bone)

Agenda 2