• Kenal Lebih Dekat dengan PEMADAM KEBAKARAN Makassar

  • 100 Hari Sekolahku

  • TK Islam Athirah 1 Makassar

    Gelar Kids Outbound di Bugis

  • Maulid Nabi Muhammad SAW, TK Islam Athirah

    1 Makassar Gelar Lomba Kreasi Kaddok Minyak

  • By Administrator on 24 Januari 2020
    • TK Kajaolalido
    • Berita

    Hari ini, Kamis 5 Desember 2019. TK Islam Athirah melaksanakan puncak tema " Lingkunganku" Puncak tema ini dilakukan dengan melakukan kunjungan ke kantor " PEMADAM KEBAKARAN" Jln Ratulangi.

    Peserta yang ikut adalah anak Kelompok Bermain, kelompok A dan kelompok B beserta Kepsek,

    By TK Kajaolalido on 30 Desember 2019
    • TK Kajaolalido
    • Kegiatan

    Kegiatan seratus hari sekolah adalah salah satu kegiatan unggulan rutin yang dilaksanakan di TK Islam Athirah 1 Makassar setiap tahunnya. Kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi kepada anak didik yang berhasil mencapai kehadiran 100% selama 100 hari efektif sekolah.


    Kegiatan ini dilaksanakan di plaza TK Islam Athirah 1 pada Hari Rabu,4 Desember 2019.  Acara berlangsung dengan meriah karena acara tersebut diisi dengan berbagai games seru seperti memasukkan bola ke dalam gelas dan menyusun kalimat “100 hari sekolahku”. Games ini diikuti oleh seluruh anak didik TK Islam Athirah 1  Makassar.


    Setelah seluruh rangkaian acara seperti games dan snack time, tibalah saatnya yang paling ditunggu-tunggu yaitu pengumuman anak didik yang berhasil mencapai kehadiran 100%. Tahun ajaran 2019-2020 ini ada 5 anak didik yang berhasil meraih 100 hari sekolah yaitu:

    1. Sitti Fatima Maharina
    2. Muh. Kaffadi
    3. Fatimah Az Zahrah Achmad
    4. Muh. Ozean
    5. Ahmad Asy Syam


    Penyerahan apresiasi diberikan langsung oleh Kepala TK Islam Athirah 1, Sri Rosa Handayani, S.Ag., M.Pd berupa piala dan selempang “Duta 100 hari sekolah”.

    Untuk seluruh ananda yang berhasil mencapai kehadiran 100 hari sekolah, semoga hal ini dapat dipertahankan.


    By TK Kajaolalido on 13 November 2019
    • TK Kajaolalido
    • Berita

    TK Islam Athriah 1 Makassar menggelar Kids Outbound di kawasan wisata keluarga Bugis Waterpark Antang, Rabu (13/11/19). Kegiatan itu diikuti sejumlah 68 anak didik TK Islam Athirah 1 Makassar dengan mengusung tema “Be Smart, Strong, and Resilient Generation. Kegiatan itu diharapkan dapat membentuk pribadi yang kuat, tangguh, dan cerdas.

    Koordinator Kids Outbound, Nurnasrah, S.Pd., mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan melatih rasa percaya diri siswa dan mengembangkan kemampuan fisik siswa.

    “Kegiatan ini bertujuan melatih rasa percaya diri setiap tim, terjalin sportivitas antar tim, serta mengembangkan kemampuan fisik motorik anak” ungkap Nurnasrah di sela-sela kegiatan.

    Kids outbound dimulai dengan kegiatan pembuka dengan melakukan senam pagi bersama yang dipimpin oleh guru. Setelah itu dilanjutkan pembagian kelompok menjadi 6 tim yang akan berkompetisi dalam kegiatan itu.

    Beberapa kegiatan di antaranya lomba paralon, estafet corong, stping stone, transfer ball, dan transfer water hingga penerimaan reward dari pemenang lomba. Di akhir kegiatan, siswa meluapkan kegembiraannya dengan bermain di wahana air mancur Bugis Waterpark.

    Laporan: Syaleha

    By Administrator on 22 November 2019
    • TK Kajaolalido
    • Berita

    Makassar - TK Islam Athirah 1 Makassar menggelar peringatan maulid Nabi Besar Muhammad SAW. Peringatan maulid itu dilaksanakan di pelataran TK Islam Athirah 1 Makassar, Jalan Kajaolalido Nomor 22 Makassar. Pelaksanaan kegiatan itu merupakan agenda tahunan sekolah. Namun berbeda dengan sebelumnya, peringatan maulid tahun ini melibatkan orang tua peserta didik yang tergabung dalam Forum Komunikasi Kelas (FKK). Pelibatan orang tua peserta didik bertujuan untuk membangun komunikasi dan kerjasama yang baik antara pihak TK dengan orang tua peserta didik.

    Orang tua anak-anak kita libatkan supaya terjalin silaturahmi dan komunikasi” ungkap Kepala TK Islam Athirah 1 Makassar Sri Rosa Handayani, S.Ag., M.Pd. saat ditemui di sela-sela kegiatan.

    Umi Ocha ( sapaan Sri Rosa Handayani) menjelaskan, peringatan maulid tahun ini di TK Islam Athirah 1 Makassar dikemas dalam berbagai kegiatan, selain kegiatan yang melibatkan peserta didik, ada juga lomba yang melibatkan antara orang tua dan wali kelas. Kegiatan yang melibatkan peserta didik di antaranya mewarnai gambar bertema maulid, selain itu peserta didik mengisi acara tahfidz, mendengarkan ceramah, dan menonton film tentang sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW. Sementara lomba yang melibatkan orang tua dan wali kelas adalah lomba kreasi kaddok minyak.

    Anak-anak mengikuti kegiatan di dalam ruangan kelas, mewarnai, jadi ada gambar yang kita siapkan bertema maulid, mereka juga akan mengisi acara tahfidz dan mendengarkan ceramah, orang tua di pelataran TK, jadi ada tujuh tim, masing-masing tim terdiri dari 3 orang tua dan 1 wali kelas dan mereka akan membuat kreasi kaddok minyak” jelas Umi Ocha.

    Setelah kegiatan mewarnai dan mendengarkan ceramah, anak-anak akan bergabung di sini (pelataran TK) bersama orang tua dan guru, selanjutnya bersama-sama menyaksikan film sejarah kelahiran Nabi Muhamamd SAW” sambung Umi Ocha.

    Ia berharap, melalui pelaksanaan peringatan maulid tersebut peserta didik dapat mengenal lebih dekat Nabi Muhammad SAW sebagai panutannya, selain itu ia juga berharap terjalin komunikasi dan silaturahmi yang baik antara pihak sekolah dengan orang tua peserta didik.

    Harapannya anak-anak bisa kenal lebih dekat Rasulullah SAW, ia jadikan panutan, setidaknya akhlak Rasulullah bisa dikenal oleh anak-anak dan bisa diaplikasikan sesuai dengan usianya” harapnya.

    Selain itu, dewan juri juga memuji konsep acara maulid yang digelar oleh TK Islam Athirah 1 Makassar. Asri Mery Sidowati, S.Sn., M.F.A. selaku juri dalam acara itu mengatakan

    Ini sangat menarik ya, karena yang dinilai bukan hanya hasilnya tetapi prosesnya juga masuk dalam kriteria penilaian. Jadi proses, kreativitasnya, dan kerja sama dalam tim (orang tua murid dan wali kelas). Jadi dalam proses ini tumbuh rasa kedekatan, kebersamaan, dan kerjasama di antara mereka” jelas guru seni budaya ini.

    Ini juga upaya dalam memperkenalkan kepada anak khususnya anak usia dini bagaimana kita mencintai nabi kita, sehingga pengetahuan agama diterapkan sejak dini” tutupnya.

    Penulis: Sukri Muhammad (Humas Athirah)

Agenda 2