• Jama’ah Oh Jama’ah, Sapaan Khas Ustad Maulana Meriahkan

    Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW TK Islam Athirah

  • Serunya Diskusi Guru dan Orangtua Dalam

    Penerimaan RTS TK Islam Athirah 1

  • 2 Orang tua siswa TK Islam Athirah 1 turut andil

    dalam kepengurusan BMJ Wilayah Kajaolaliddo Periode 2020-2022 Sekolah Islam Athirah

  • Guru TK Islam Athirah 1 Tingkatkan Potensi

    Pembuatan Video Pembelajaran yang Kreatif dan Inovatif

  • By TK Kajaolalido on 06 November 2020
    • TK Kajaolalido
    • Kegiatan

    Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 12 Rabiul Awal penanggalan Hijriah diperingati oleh mayoritas penduduk muslim di dunia, termasuk Indonesia. TK Islam Athirah 1 Makassar melaksanakan Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW dirangkaikan dengan kegiatan puncak tema “Kebutuhanku”.  Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jum’at 6 November, pukul 08.30 melalui virtual ini berlangsung selama kurang lebih 3 jam dengan dihadiri oleh 50 peserta yang terdiri dari guru, karyawan, orangtua dan anak didik, serta tamu undangan lainnya.

    Acara yang ditunggu-tunggu ini berlangsung sangat meriah dan penuh keceriaan. Anak didik begitu antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir acara. Acara ini dikawal oleh MC ummi Sri Rosa Handayani, S.Ag.,M.Pd yang begitu semangat menyambut dan mengiring acara ini hingga berjalan dengan lancar.

    Acara ini diawali dengan pembukaan, penampilan gerak  dan lagu dari kelompok bermain, pembacaan ayat suci Al Qur’an, tadabbur, pembacaan do’a dan sambutan dari kepala TK Islam Athirah 1, Ummi Siti Khotijah, S.Pd dan Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah wilayah kajaolaliddo Mas Aman Uppi, S.Pd.,M.Pd. Penampilan-penampilan dari kelompok A dan B juga ditampilkan ditengah-tengah acara dan diakhir acara. Anak-anak dan orang tua telah mempersiapkan rekaman bernanyi lagu bertemakan Maulid Nabi ini beberapa hari sebelum acara. Mereka begitu senang melihat penampilannya sambil ikut bernyanyi secara langsung.

    Dalam sambutannya Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah wilayah kajaolaliddo Mas Aman Uppi, S.Pd.,M.Pd. menyampaikan terima kasih kepada Ustad H.Muhammad Nur Maulana atas kesempatannya untuk menghadiri acara maulid ini. Dalam sambutannya beliau juga mengajak kita untuk menjunjung nilai-nilai agama kita, nilai-nilai kaidah yang ada dalam Al Qur’an dan hadits. Beliau juga mengatakan “Kelahiran Nabi Muhammad SAW ke dunia ini merupakan petunjuk yang bisa lebih meningkatkan motivasi ketaqwaan kita kepada ALLAH SWT. Motivasi untuk beribadah, berbuat baik, berbuat santun kepada siapapun karena Rasulullah merupakan suri tauladan terbaik”. Beliau juga berharap dalam sambutannya agar dalam peringatan maulid Nabi ini, anak-anak kita mencintai dan sopan santun kepada ALLAH SWT yang telah menciptakan kita,  Rasulullah, agama, diri sendiri, orangtua, masyarakat dan ibu pertiwi negeri kita ini.

    Jama’ah oh Jama’ah, Alhamdulillah…. Sapaan khas dari ustad Maulana Ketika dipersilahkan oleh MC untuk memulai dan menyapa seluruh hadirin dalam room virtual ini. Orangtua, anak didik, guru dan karyawan pun menjawab dengan lantang sapaan ustad yang sudah sangat dinantikan kehadirannya. TK Islam Athirah 1 mengundang Ustad H. Muhammad Nur Maulana dalam kegiatan peringatan maulid ini untuk memberikan nasihat-nasihat kepada keluarga besar TK Islam Athirah 1. Dalam kesempatan ini juga ustad menyapa hadirin bersama anak-anaknya dari rumah.

    Dalam Tauzhiyahnya, ustad menyampaikan terima kasih kepada guru TK Islam Athirah 1 karena mengundang beliau untuk turut dalam acara ini karena kerinduan beliau juga kepada Sekolah Islam Athirah. Ustad Maulana juga mengatakan bangga melihat tampilan-tampilan anak-anak yang merupakan bentuk cinta kepada Nabi Muhammad SAW. Tak hanya kepada anak didik, beliau juga salut kepada orangtua tentunya yang mempunyai andil untuk membuat anak-anak kita ini senang dengan datangnya Nabi.

    Dalam tauzhiyah kali ini ustad menyampaikan 4 hal yaitu,

    <!--[if !supportLists]-->1.      - Memperingati berasal dari kata ingat. Apa yang ingin kita ingat? Yaitu sejarah hidup nabi

    <!--[if !supportLists]-->2.      - <!--[endif]-->Akhlak nabi

    <!--[if !supportLists]-->3.      - <!--[endif]-->Ajaran nabi

    <!--[if !supportLists]-->4.      - Apakah kita pantas menjadi umat nabi. Ingatkan diri kita untuk mencintai nabi

    Dalam kesempatan ini juga beliau mengingatkan kepada anak-anak untuk selalu mencintai orangtuanya dan bagaimana orangtua memperlakukan anak-anak mereka sesuai teladan Rasulullah SAW, seperti;

    <!--[if !supportLists]-->1.      - <!--[endif]-->Mencium ubun-ubun anak artinya aku bangga padamu

    <!--[if !supportLists]-->2.      - <!--[endif]-->Mencium dahi artinya aku memuliakanmu

    <!--[if !supportLists]-->3.      - <!--[endif]-->Mencium pipi artinya aku cinta padamu

    <!--[if !supportLists]-->4.   - Mencium tangan artinya aku mengharap kebaikanmu. Disini orangtua juga tidak ada salahnya mencium tangan anaknya karena kita mengharap kebaikannya setelah dewasa dan mendo’akan semoga Panjang umur

    <!--[if !supportLists]-->5.      - <!--[endif]-->Mencium telapak tangan tandanya memohon keberkahan.

    Ustad membawa suasana semakin seru karena setiap saat melibatkan anak-anak dengan tanya jawab seperti siapakah yang punya kampung ?, apa nama kampungnya ?, siapa yang punya binatang peliharaan ?, siapakah nama kakeknya ? dan berbagai macam diskusi yang membuat anak-anak semangat untuk menjawab dan bercerita. Anak-anak begitu gembira dalam perayaan maulid ini apalagi dapat berinteraksi langsung bersama ustad yang kita kenal ramah dan dicintai anak-anak ini.

    Setelah berdiskusi selanjutnya MC memandu untuk melakukan sesi foto bersama kemudian acara selanjutnya yaitu puncak tema kebutuhanku dimana anak-anak akan menyantap hidangan yang telah disediakan. Tentunya MC memandu dengan berkeliling secara virtual kepada setiap anak untuk memperkenalkan makanan dan minuman apa yang telah mereka persiapkan. Anak-anak begitu antusias memperlihatkan dan menyebutkan hidangan mereka kepada teman-temannya dan selanjutnya mencicipi hidangan masing-masing. Setelah puncak tema kebutuhan selesai acara ditutup dengan do’a, saling sapa dan ucapan terima kasih. Semoga kita semua diberikan kesabaran dan secepatnya kita berkumpul kembali dalam kondisi normal dengan diangkatnya wabah ini dari negeri kita tercinta. Aamiin Ya Robbal’alamiin.

     

    Penulis; Ayu Wulansari, S.Pd (Team Web TK Islam Athirah 1)

    By TK Kajaolalido on 22 Oktober 2020
    • TK Kajaolalido
    • Kegiatan

    Kegiatan RTS TK Islam Athirah dilaksanakan pada hari Jumat, 16 Oktober 2020. Walaupun kita semua masih harus tetap berada di rumah guna memutus rantai penyebaran virus, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat ummi-ummi untuk menyampaikan laporan perkembangan anak tengah semester ini kepada orangtua anak didik melalui aplikasi Google Meet.

     

    Proses pembelajaran semester ganjil sudah dilakukan selama 3 bulan, yang dimulai dari bulan Juli - September 2020. Setiap 3 bulan proses pembelajaran berlangsung TK Islam Athirah melaksanakan Penerimaan Raport Tengah Semester (RTS). Penerimaan RTS ini dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik selama 3 bulan proses pembelajaran. Tapi kali ini RTS dilaksanakan by virtual melalui aplikasi google meet. Ini kali ke 3 penerimaan laporan perkembangan anak dilakukan secara tidak langsung dikarenakan situasi pandemic. Hal ini tidak menyurutkan guru-guru dan orangtua anak didik untuk tetap bertemu secara online guna membahas pertumbuhan dan perkembangan anak-anak yang kita cintai. Hal ini terbukti dari presentase kehadiran orangtua yang hadir.

     

    Penerimaan laporan ini berlangsung secara formal dan berjalan lancar. Pembagian waktu tetap dilaksanakan seperti sebelumnya. Orang tua telah menerima jadwal yang telah diberikan guru. Setiap orangtua menerima rapor selama 15 menit kemudian akan berganti dengan orangtua selanjutnya.

     

    Hal ini membuat orangtua juga merasa terfasilitasi agar guru dan orang tua sama-sama dapat mengetahui bagaimana dan apa yang harus kita lakukan untuk anak-anak tetap dapat bermain sambal belajar, dapat tetap mengontrol pertumbuhan dan perkembangan anak selama pembelajaran berlangsung. Apalagi belajar dari rumah yang sudah lama dilakukan anak-anak yang mungkin akan memberikan dampak terhadap perkembangan psikologis mereka. Dalam pertemuan inilah segalanya guru dan orangtua membahas dan mencari jalan terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan ananda.

     

    Kepala sekolah TK Islam Athirah 1 Siti Khotijah, S.Pd sapaan akrabnya Ummi Ijah melaksanakan forum jumat khusus unit untuk mengevaluasi penerimaan RTS setiap kelas dimulai dari kelas Al Fattah, Al Awwal, Al Quddus, Al Muqaddim, Al Haliim dan Al Lathiif.

     

    Herlina, S.Pd selaku wali kelas Al Fattah menyampaikan “orang tua sangat senang dengan layanan guru terhadap anak selama BDR karena perkembangan anak terlihat sangat baik, jadi orang tua antusias, anak yang berada di daerah pun tetap mendapatkan layanan pembelajaran jarak jauh dari sekolah apresiasi luar biasa dari orang tua kepada guru atas layanan yang diberikan”.

     

    Fauziah, S. Pd selaku wali kelas Al Awwal menyampaikan “Orang tua senang walaupun di rumah anak-anak masih tetap mendapatkan layanan belajar dari sekolah, berharap agar pandemi cepat berlalu karena banyak anak-anak yang sudah tidak sabar belajar disekolah, salah satu orang tua mengharapkan ummi kunjungan rumah.

     

    Sri Rosa Handayani, S.Pd., M.Pd menyampaikan “Layanan  pembelajaran yang diberikan oleh guru baik pada saat daring maupun luring semuanya so far so good semua baik, walau demikian tetap ada masukan dari orang tua”.

     

    Selain apresiasi terhadap layanan ada beberapa masukan dari orang tua. Beberapa orang tua murid yaitu, Ibu Disa menyampaikan “ada kegiatan keaksaraan (literasi baca : perkenalkan suku kata atau kata kepada anak)”. Ibu Ria menyampaikan “orang tua harus meluangkan waktu untuk mendampingi anak saat berkegiatan” dan ada pula orang tua yang meminta untuk melakukan kelas daring setiap hari. Tentunya banyak saran dan masukan dari orangtua kepada guru atau pihak sekolah guna memperbaiki sistem pembelajaran dari rumah agar tetap efektif. Tentunya kritik dan  saran yang membangun tersebut disambut baik oleh pihak sekolah untuk mencapai tujuan kita bersama.

    Kepala sekolah TK Islam Athirah 1 sangat mengapresiasi kerja keras semua Ummi selama ini untuk dapat memberikan layanan yang terbaik kepada anak dan orang tua. Harapannya wali kelas dan pendamping harus benar-benar menjalin kerjasama yang baik agar setiap layanan yang diberikan kepada orang tua dan anak didik kedepannya semakin baik dan setiap anak bisa terfasilitasi dengan baik pula.

    Laporan: Ayu Hirjayati, S.Pd., Gr (Tim Web TK Islam Athirah 1)

    By TK Kajaolalido on 19 Oktober 2020
    • TK Kajaolalido
    • Kegiatan

    Hari Sabtu, 10 Oktober 2020 di gedung Perseroda SulSel Lantai 1 Jl.Ratulangi merupakan hari yang ditunggu-tunggu karena setelah melalui proses panjang pemilihan pengurus Badan Musyawarah Jami’ah (BMJ) Periode 2020-2022 melalui virtual dan inilah saatnya pengurus yang telah terpilih dilantik secara resmi. Kegiatan ini dilaksanakan secara semi virtual dimana Direktur, wakil direktur, para pimpinan unit, panitia dan pengurus BMJ berada di Gedung untuk melakukan prosesi pelantikan tentunya dengan mengikuti protokol kesehatan serta guru, karyawan dan orang tua siswa yang lainnya turut hadir secara virtual melalui aplikasi zoom.

    Kegiatan pelantikan ini dilakukan secara formal dan khidmat dimana diawali dengan pembukaan oleh MC, pembacaan ayat suci AL Quran, pembacaan Do’a, Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Athirah hingga acara pelantikan. Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah Mas Aman Uppi, S.Pd., M.Pd membacakan nama-nama pengurus BMJ yang akan dilantik untuk maju kedepan dan selanjutnya dilantik secara resmi oleh Direktur Sekolah Islam Athirah Bapak Syamril, ST., M.Pd dilanjutkan dengan pemberian SK. Pengurus yang dilantik sejumlah 15 orang yang merupakan orang tua siswa perwakilan dari setiap unit Sekolah Islam Athirah Wilayah Kajaolaliddo mulai dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA.

    Dalam sambutannya Direktur Sekolah Islam Athirah memberikan semangat dan motivasi kepada pengurus BMJ yang dilantik “banyak yang mengatakan selamat ketika seseorang baru dilantik namun ucapan yang sebenarnya adalah semoga selamat dengan makna semoga selamat mengemban amanah yang akan kita jalankan”.

    Turut pula ketua BMJ Ibu Novita Munassar, S.Kom dalam sambutanya “segala profesi ada dalam kepengurusan ini yang tergabung dari setiap unit yang memiliki kenunikan masing-masing, semoga segala rencana dapat berjalan lancar”. Setelah kegiatan pelantikan selesai, selanjutnya pengurus BMJ melaksanakan rapat kerja bersama pimpinan unit untuk menyusun program-program terbaik yang akan dilaksanakan untuk sekolah Islam Athirah.

    Perwakilan dari TK Islam Athirah 1 sendiri berjumlah 2 orang yaitu Ibu Indah Puji Astuti orang tua dari Ananda Fatimah Azzahrah Achmad dan Fatinah Zahirah Achmad serta Ibu Alvira Maulida yang merupakan orang tua dari ananda Ahmad Husain. Bunda Zaza zizi dan Bunda AL sapaan akrab beliau di TK Islam Athirah 1 ini terpilih mewakili pengurus FKK untuk maju bergabung dalam kepengurusan BMJ Wilayah Kajaolaliddo ini. Bunda Indah sebagai Kepala Unit  TK dan bunda Alvira sebagai anggota bidang seni dan olahraga. Orang tua siswa TK Islam Athirah 1 yang mewakili ini memang aktif dalam kepengurusan FKK dan BMJ tahun sebelumnya sehingga maju Kembali ke pengurus BMJ tahun ini. Semoga bunda-bunda yang telah terpilih mewakili dapat mengemban amanah sebaik-baiknya dan selalu semangat dalam menjalankan tugasnya dalam kepengurusan.

    By TK Kajaolalido on 05 Oktober 2020
    • TK Kajaolalido
    • Kegiatan

    Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pandemi ini belum berakhir juga. Meskipun supermarket, mall, tempat wisata sudah dibuka kembali dan dioperasikan tetapi tidak dengan sekolah. Guru-guru masih mengajar dan bekerja dari rumah serta anak-anak juga masih harus belajar dari rumah. Hal ini beralasan karena anak-anak adalah salah satu yang paling rentan sebagai jembatan atau penyambung rantai tersebarnya virus covid-19 ini. Maka dari itu sekolah masih berlangsung di rumah.

    Tentunya hal ini menyebabkan pro kontra. Sebagian orang tua merasa tidak keberatan dan setuju karena masih khawatir dengan situasi di luar dan sebagian pula sudah mulai jenuh dan lelah. Sekolah Islam Athirah tentunya tidak pernah diam menghadapi situasi ini. Kita terus bergerak mencari solusi dan inovasi agar orang tua dan anak didik dapat terfasilitasi dengan baik. Guru dan karyawan yang profesional selalu mengembangkan diri dengan cara mengikuti webinar, membaca buku bahkan mengikuti pelatihan terus menerus untuk selalu dapat memberikan yang terbaik untuk seluruh peserta didik.

    Sekolah Islam Athirah khususnya Departemen Humas sehubungan dengan program Digital Learning Content hari ini Senin, 5 Oktober 2020 pukul 13.15 - 15.30 WITa melaksanakan pelatihan pembuatan video pembelajaran by virtual melalui aplikasi Zoom, dimana pembawa materinya yaitu bapak Dedi, S.Kom dan Hadiwijaya, S.Kom (Karyawan Dept. Humas sekaligus Tim IT Sekolah Islam Athirah).

    Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 68 peserta dari seluruh unit di 3 wilayah dan didalamnya termasuk guru TK Islam Athirah 1. Turut pula hadir Kadep. Humas Sekolah Islam Athirah Muthmainnah, S.Pd, M.Pd dalam sambutanya beliau menyampaikan harapannya, “Saya berharap dengan pelatihan ini TIM Humas, IT dan teman-teman guru dapat bekerja sama dalam membuat video-video pembelajaran yang kreatif dan inovatif”

    Kepala TK Islam Athirah 1 Makassar, Siti Khotijah, S.Pd mengutus guru dan pendamping sentra. Guru yang diikutkan dalam pelatihan ini yaitu guru dan pendamping sentra bahan alam, sentra seni dan sentra balok. Jumlah guru yang diikutkan kali ini yaitu 6 orang. Ummi Ijah sapaan akrabnya mengatakan dalam briefing pagi bahwa “semua guru akan ikut pelatihan. Tetapi bertahap karena jumlah peserta yang dibatasi. Untuk pelatihan ini 6 dulu dari 3 sentra. Yang lain akan ikut pada pelatihan selanjutnya”.

    Harapan dari beliau agar seluruh guru dan pendaping dapat meningkatkan potensi terutama dalam membuat video pembelajaran. Video pembelajaran pada unit TK ini sangat berguna karena melalui video ini guru-guru dapat menyampaikan informasi dan materi secara jelas dan menarik kepada anak didik. Diketahui anak usia dini lebih tertarik untuk bermain sambil belajar dengan sesuatu hal yang menarik apalagi saat ini belajar dari rumah.

    Membuat video pembelajaran sudah dilakukan di TK Islam Athirah 1 sejak awal kita harus bekerja dan belajar dari rumah tetapi kembali lagi seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa guru-guru Sekolah Islam Athirah harus terus mengembangkan potensinya untuk jadi lebih baik. Semoga dengan pelatihan ini guru-guru TK Islam Athirah 1 lebih kreatif lagi dalam membuat video pembelajaran.

    Penulis, Ayu Wulansari, S.Pd (Guru dan Tim Web TK Islam Athirah 1)

Agenda 2