• Siap Hadapi Tahun Ajaran Baru, Sekolah

    Ini Hadirkan Psikolog dan Penulis Buku

  • MasyaAllah. Ini motivasi staff tata usaha TK Islam

    Athirah 1 peraih penghargaan The Best Performed School

  • Luar biasa. Siswa TK Islam Athirah 1 tampil

    percaya diri dalam kegiatan "Presentasi Diri" secara Virtual

  • TAHUN BARU ISLAM 1442 HIJRIYAH TK ISLAM ATHIRAH 1 MAKASSAR

  • By TK Kajaolalido on 21 September 2020
    • TK Kajaolalido
    • Kegiatan

    Tahun ajaran baru 2020-2021 ini memang berbeda. Pandemi Covid-19 mengubah semua tatanan. Meski begitu, pendidikan harus tetap berjalan. Memasuki tahun ajaran baru TK Islam Athirah melaksanakan kegiatan webinar parenting dengan sasaran utama adalah orangtua anak didik TK Islam Athirah dan dibuka untuk umum. Dengan tema ‘Integritas Guru dan Orang Tua Menciptakan Pembelajaran Kreatif untuk Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Covid-19’. Kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu, 1 Agustus 2020 pukul 09.00-11.00 WITA via zoom dan live streaming di youtube channel Athirah TV.

    Direktur Sekolah Islam Athirah Bapak Syamril ST, M.Pd turut hadir dan memberikan motivasi. Beliau menyatakan sekolah, rumah dan masyarakat harus betul-betul bekerjasama yang baik untuk membangun generasi yang excellent, generasi unggul. Tidak hanya akademik tapi juga karakter dan relegiusitas dengan harapan melahirkan generasi sukses dan bahagia. Dalam situasi COVID-19 ini, yang terpenting adalah kesehatan anak dan keluarga. Tentunya bukan hal mudah untuk beradaptasi dengan suasana baru. Jika sebelumnya segala aktifitas dikerjakan di kantor/ luar rumah, sekolah, semuanya berubah dan berpindah dari rumah.

    Pemateri webinar parenting ini adalah Ibu Aisya Yuhanida Noor yang merupakan psikolog dan penulis buku parenting. Ibu Aisya menjelaskan empat peran utama guru dan orang tua yaitu memastikan anak tumbuh sehat, menjadi teman bermain yang semangat, periang dan cerdas, sumber informasi yang antusias bercerita dan menanggapi serta kompor belajar anak.

    Ibu Musdalifah Muiz sebagai peserta webinar memberikan pertanyaan apa yang harus orang tua lakukan jika terlanjur melakukan kesalahan dalam mengasuh anak? Misalnya membentak. Ibu Aisya Yuhanida Noor memberikan tips berikut: pertama menyadari diri bahwa kita salah, kedua meminta maaf kepada anak, ketiga memperbaiki diri dan keempat melatih diri dengan membuat catatan tentang apa yang menyebabkan diri marah.

    Siti Khotijah S.Pd selaku Kepala Sekolah TK Islam Athirah 1 menyampaikan webinar ini berlangsung sangat menarik dan tentunya membawa manfaat bagi banyak orang terutama orang tua murid yang sedang mendampingi anak-anak belajar dari rumah, Bagaimana orang tua tetap bisa berkomitmen untuk membantu anak belajar dari rumah dengan melibatkan kreativitasnya sehingga anak tidak merasa bosan atau jenuh belajar dari rumah.

    Peserta begitu antusias dan disebagian testimoni peserta meminta untuk sering diadakan webinar ini apalagi narasumbernya sangat kompeten. Semoga kita semua baik guru maupun orang tua bersama-sama menjadi partner untuk anak. Sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

    Penulis; Ayu Hirjayati, S.Pd., Gr (Tim Web TK Islam Athirah 1

    By TK Kajaolalido on 19 September 2020
    • TK Kajaolalido
    • Kegiatan

    Sekolah Islam Athirah kembali mengadakan ajang ‘Human Capital Award 2020’ yang dilaksanakan dalam forum jumat secara virtual melalui Zoom pada hari Jum’at, 18 September 2020. Acara ini berbeda dari tahun sebelumnya jika dimana tahun-tahun sebelumnya diadakan di Auditorium Sekolah Islam Athirah tetapi karena masa pandemic ini kita melaksanakannya by virtual.

    Ajang Human Capital Award ini merupakan suatu kegiatan pemberian apresiasi kepada guru dan karyawan yang berprestasi dalam bidangnya masing-masing. TK Islam Athirah 1 turut mengukir prestasi dalam ajang ini. Staff tata usaha Suparti atau Ummi Parti sapaan akrabnya meraih penghargaan sebagai The Best Performed School Administrator. Tentunya prestasi ini membuat seluruh guru dan karyawan yang berada di Unit Baby House dan TK Islam Athirah 1 turut bangga dan terharu. Ucapan selamat atas kebahagiaan ini memenuhi grup Whatsapp unit.

    Ummi Parti dalam kesempatan wawancara mengatakan sangat kaget. Beliau tidak menyangka akan disebutkan namanya sebagai salah satu peraih penghargaan karyawan terbaik. “MasyaAllah. Kaget. Kok bisa yah. Tidak menyangka akan diapresiasi seperti ini” ujarnya. Dalam kelanjutan wawancara kami menggali apa  saja kiat-kiat yang ia lakukan sehingga bisa meraih hal ini agar bisa memotivasi guru dan karyawan lainnya. “Saya hanya melakukan setiap tugas dan pekerjaan sesuai arahan dari pimpinan dan terutama tugas rutin setiap bulan saya selesaikan sebelum dead line. Saya siap membantu orang tua murid dan teman-teman guru juga yang membutuhkan bantuan. Pokoknya selalu siap siaga” tambahnya.

    Ibu 1 orang anak ini selalu termotivasi dari beberapa pimpinan yang ia kenal. Ia mengatakan ingin menjadi orang yang selalu bermanfaat bagi orang lain. Ia juga berpesan kepada teman-teman selalu bekerja lebih baik lagi dengan ikhlas dan tentunya selalu dekatkan diri kepada Allah SWT. Masya Allah. Semoga tahun depan teman-teman yang lain juga dapat meraih penghargaan sebaik-baiknya atas apa yang telah kita lakukan. Tetapi tentunya buka hal ini alasan kita untuk selalu melakukan hal yang terbaik. Lakukanlah segalanya karena Allah SWT. Aamiin.

    Penulis : Ayu Wulansari, S.Pd (Guru & Tim Web TK Islam Athirah 1)

    By TK Kajaolalido on 15 September 2020
    • TK Kajaolalido
    • Kegiatan

    Memiliki anak yang berani dan percaya diri adalah harapan semua orang tua, namun banyak orang tua yang belum mengetahui bagaimana cara menumbuhkan rasa percaya diri itu. Apalagi belajar di masa pandemi ini kebanyakan orang tua mengatakan bahwa pembelajaran tidak efektif sehingga banyak orang memilih untuk tidak menyekolahkan anaknya selama masa pandemi ini. Namun kenyataannya banyak juga orang tua yang memiliki pemikiran berbeda mengingat begitu signifikan perkembangan otak anak di masa usia dini yang  sangat perlu untuk terus di stimulasi untuk mencapai perkembangan yang optimal.

    Pada umumnya anak usia dini masih sangat bergantung kepada orang tua dan cenderung selektif untuk mau berbaur dengan orang lain, mereka akan mempelajari dulu apakah itu aman untuk dirinya. Demikian pula untuk tampil dihadapan orang banyak  anak usia dini juga memerlukan waktu untuk berlatih bagaimana bisa tampil dihadapan orang banyak. Untuk mendukung itu semua TK Islam Athirah memiliki program yang dikemas dalam kegiatan puncak tema.

    Untuk tema Diriku ini kemasan kegiatan puncak tema adalah presentasi tentang identitas diri anak. Materi tentang tema diriku (sub tema identitas diri) sudah diperoleh anak selama pembelajaran dua pekan sehingga anak-anak memiliki wawasan tentang apa saja yang berhubungan dengan identitas dirinya. Orang tua begitu semangat dalam memberi dukungan kepada anak untuk kegiatan presentasi ini,  mulai dari melatihkan materi presentasi, menyiapkan kostum kesukaan anak hingga mengatasi sikap anak yang moody yang akhirnya dapat mempersembahkan presentasi dirinya.

    Kegiatan presentasi ini  biasanya dilakukan di sekolah, di atas panggung yang sudah didekorasi oleh para guru, namun kalai ini panggung mereka di rumah. Presentasi ini dilakukan secara virtual. Meski demikian tidak menyurutkan semangat anak dan orang tua untuk menyiapkan segala sesuatunya sama seperti ketika di sekolah.Tentu saja hal ini juga tidak lepas dari kerja sama antara guru dan orang tua dalam bahu-membahu membantu anak untuk dapat tampil menjadi anak yang berani dan percaya diri, untuk bekal kehidupan selanjutnya di masyarakat kelak. Dalam kegiatan ini turut hadir Kadept Kurikulum Sekolah Islam Athirah Bapak Saharuddin, yang menyampaikan testimoninya “Kereeen” .

    Siti Khotijah, S.Pd

    By TK Kajaolalido on 03 September 2020
    • TK Kajaolalido
    • Kegiatan

    Tahun Baru Hijriah atau Tahun Baru Islam diperingati pada setiap tanggal 1 Muharam. Dikalender Hijriah, Muharram merupakan bulan pertama. Pada tahun ini, 1 Muharam 1442 H akan jatuh pada hari Kamis, tanggal 20 Agustus 2020. Karena penanggalan hijriah diawali usai matahari terbenam, maka pergantian tahun baru Islam tersebut akan dimulai sejak Rabu malam, tanggal 19 Agustus 2020.

    Seperti yang dikatakan oleh salah satu guru Kelompok B ummi Sulyati, S.Pd, tujuan dilaksanakan peringatan tahun baru Islam adalah;

    <!--[if !supportLists]-->-          <!--[endif]--> untuk mengenalkan kepada anak didik TK Islam Athirah 1, bahwa kita umat Islam memiliki tahun baru yaitu pada tanggal 1 Muharram setiap tahun

    <!--[if !supportLists]-->-          <!--[endif]-->Tahun Baru Islam disebut tahun Hijriyah karena disaat itulah Nabi Muhammad SAW berjuang untuk mempertahankan hidupnya dan agama Islam yang diamanahkan kepada Allah untuk mengajarkan kepada manusia akhlak yang baik dan menyembah Allah Tuhan Pencipta. Oleh karena itu, Allah memerintahkan Nabi Muhammad pindah dari kota kelahirannya yang tidak aman baginya menuju ke Medinah yang jaraknya sangat jauh.

    Perpindahan Nabi meninggalkan kota Mekkah ke Medinah itulah Yang disebut Hijrah. Dan itulah yang menjadi  nama  ditetapkannya tahun baru Ummat Islam karena disitulah Nabi memulai kehidupan baru. Seandainya Nabi Muhammad tidak hijrah kala itu, bisa saja dibunuh oleh kaum kafir Quraisy, karena malam 1 Muharram rumah Nabi Muhammad sudah dikepung dan mau dibunuh. Tetapi Alhamdulillah kuasa Allah melindungi Nabi Muhammad sehingga kaum yg mengepung rumah Nabi Muhammad pada saat tengah malam diberi rasa ngantuk yg tidak tertahankan sampai tak ada yg melihat Nabi Muhammad keluar  dari rumahnya. Begitulah perjuangan berat yang dihadapi Nabi Muhammad SAW.

    Kegitan yang biasa dilakukan di TK Islam Athirah pada tanggal 1 Muharram yaitu mendengarkan kisah Hijrahnya Nabi Muhammad SAW, tabadul hadayah (tukar hadiah) antar anak dan antar guru, membuat kartu ucapan selamat tahun baru Islam dan berkeliling di lingkungan Sekolah Athirah membagi kartu ucapan Selamat Tahun baru Islam, serta mengumpulkan sembako untuk dibawa ke panti asuhan. Tetapi, di bulan Agustus tepatnya pada tanggal 20, 1 Muharram 1442 H, negara tercinta masih dilanda wabah Covid-19, yang mengharuskan guru, karyawan dan anak didik tetap berada di rumah. Sehingga perayaan tahun baru Islam cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Namun tidak mengurangi khidmat dan makna dari tahun baru Islam. Anak didik TK Islam Athirah 1 menonton video pembelajaran kisah hijrah Nabi Muhammad SAW dari kota Mekah ke Medinah yang telah dibagikan oleh wali kelas masing-masing dari rumah ditemani oleh keluarga tercinta, serta membuat kartu ucapan dan membagikan kartu ucapan kepada keluarga terdekat yang ada di rumah. Semoga tahun baru ini kita dapat menjadi manusia yang lebih baik. Semoha hijrah kita diridhoi ALLAH dan kita semua selalu dalam lindunganNYA. Aamiin.

     

    Ayu Hirjayati, S.Pd., Gr.

Agenda 2