• TK Islam Athirah 1 Makassar

    Tamatkan 47 Anak Didik Secara

  • Refleksi WFH dan LFH TK Islam Athirah 1 Makassar

  • BABY HOUSE & TK ISLAM ATHIRAH 1 PEDULI SESAMA

  • Insan KALLA Memperingati Nuzulul Quran Dirangkaikan Khotmil Quran

  • By TK Kajaolalido on 20 Juni 2020
    • TK Kajaolalido
    • Berita

    TK Islam Athirah 1 Makassar menggelar penamatan anak didik Tahun Pelajaran 2019/2020 secara virtual, Sabtu (20/6/2020). Empat puluh tujuh anak didik TK Kelompok B didampingi oleh orang tua mengikuti acara tersebut dari rumah masing-masing.

    Turut hadir dari jajaran manajemen Sekolah Islam Athirah, Wakil Direktur Wilayah Kajaolalido, sejumlah kepala departemen, beberapa kepala sekolah dalam lingkup Sekolah Islam Athirah, serta pengawas TK Kota Makassar Dra. Hj. Farida.

    Penamatan virtual yang digelar melalui aplikasi Zoom Meeting tersebut juga ditayangkan melalui platform berbagi video kanal youtube TK Islam Athirah 1 Makassar. Beberapa rangkaian acara dalam penamatan virtual itu terlihat diikuti dengan khidmat oleh seluruh partisipan.

    “Dengan memohon rahmat dan hidayah Allah Swt. Pada hari ini Sabtu, 20 Juni 2020, 29 Syawal 1441 Hijriyah, saya selaku kepala TK Islam Athirah 1 Makassar dengan ini menyatakan menamatkan 47 anak didik kelompok B TK Islam Athirah 1 Makassar. Semoga ilmu yang didapatkan selama menempuh pendidikan di TK Islam Athirah 1 Makassar dapat diamalkan di kehidupan sehari-hari.” Ucap Kepala TK Islam Athirah 1 Makassar, Sri Rosa Handayani, S.Ag., M.Pd. saat membacakan naskah pengukuhan.

    Sementara itu, Direktur Sekolah Islam Athirah, H. Syamril, S.T., M.Pd. juga hadir memberikan sambutan. Dalam kesempatan itu ia menyampaikan permohonan maaf kepada orang tua anak didik. Syamril juga menyampaikan terima kasih kepada orang tua anak didik yang telah memberi kepercayaan kepada Sekolah Islam Athirah.

    “Mohon maaf jika selama ananda di Athirah ada hal-hal yang kurang berkenang dan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Athirah” ucap Syamril di sela sambutannya.

    Penamatan TK Islam Athirah 1 Makassar yang digelar secara virtual itu berlangsung lebih kurang dua jam. Seluruh partisipan dalam aplikasi zoom mengikuti acara tersebut dari awal hingga berakhir. 

    Penulis : Sukri



    By Administrator on 28 Juni 2020
    • TK Kajaolalido
    • Kegiatan

    Infeksi virus corona yang disebut dengan COVID-19 (Corona Virus Disease 2019)  pertama kali ditemukan pada akhir Desember 2019 di kota Wuhan, China. Virus ini menular dengan sangat cepat dan telah menyebar ke hampir semua negara di dunia termasuk Indonesia. Indonesia pertama kali mengkonfirmasi kasus Covid-19 pada Senin 2 Maret 2020. Saat itu presiden Jokowi Widodo mengumumkan ada dua kasus orang Indonesia terjangkit virus Corona yakni perempuan berusia 31 tahun dan 64 tahun.

    Virus ini adalah virus mematikan dan penularannya sangat cepat, oleh karena itu demi memutus rantai penularannya maka beberapa negara memberlakukan Lockdown, Social Distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Untuk Indonesia sendiri awalnya  menerapkan Social Distancing, namun dianggap kurang berhasil maka beberapa daerah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

    Kasus positif di Indonesia semakin hari semakin banyak maka pada akhirnya pemerintah memutuskan agar sekolah, kantor, pusat perbelanjaan, tempat ibadah dan fasilitas umum lainnya untuk ditutup sementara. Pada pertengahan bulan Maret sekolah pada umumnya ditutup dan diliburkan selama 14 hari, namun karena penyebaran virus ini tidak menunjukkan adanya penurunan maka libur sekolah pun diperpanjang sampai saat ini dan dalam jangka yang tidak ditentukan.

    Sekolah Islam Athirah mulai tutup pada tanggal 16 Maret 2020, di situlah anak didik mulai belajar dari rumah melalui pembelajaran online menggunakan aplikasi Zoom, Google meet dan melalui WA. Guru dan semua stakeholder juga bekerja dari rumah. Pembelajaran dari rumah disebut dengan Learn From Home (LFH), dan bekerja dari rumah disebut dengan Work From Home (WFH). Guru benar-benar ditantang untuk menggunakan teknologi sehingga media pembelajaran yang diberikan tidak membosankan dan membuat anak didik tertarik untuk mengikutinya.

    Guru TK Islam Athirah 1 merancang materi pembelajaran setiap hari dengan kualitas yang baik dan tidak merepotkan orang tua, karena kita ketahui bahwa anak didik TK belajar dari rumah dengan pendampingan full dari orang tuanya. Setiap hari guru mengirimkan materi pembelajaran kepada orang tua murid untuk disampaikan kepada anaknya, namun seiring berjalannya waktu beberapa orang tua mengeluh dengan keterbatasannya dalam menyampaikan materi dan dalam menangani anaknya di rumah. Berdasarkan hal tersebut maka dikeluarkanlah survey tanggapan orang tua murid terhadap LFH yang telah dilakukan. Dari respon orang tua maka diadakanlah refleksi bagaimana memberikan pelayanan anak yang tidak terlalu merepotkan orang tua. Untuk TK Islam Athirah 1 mengambil keputusan dengan mengurangi materi pembelajaran, menggunakan media yang mudah dijangkau, dan memberikan layanan pendidikan melalui aplikasi Google meet, Zoom dan WA serta mengirimkan rekaman video tentang materi yang diajarkan.

    Khusus untuk pembelajaran tahzin yaitu mengaji metode UMMI guru membimbing anak-anak melalui aplikasi google meet setiap hari selama 60 menit. Untuk tahfidz guru mengirimkan rekaman video 2 ayat dalam sehari untuk dihafalkan anak-anak dan bentuk pelaporannya adalah note voice. Sedangkan materi yang menjadi topik pembahasan dikemas dalam bentuk video pembelajaran yang dibuat oleh guru.

    Meskipun belajar dari rumah, pembiasaan anak-anakpun terpantau oleh guru, seperti shalat Dhuha, dan pembentukan karakter yang dikenal dengan character log. Setiap hari orang tua mengirimkan foto maupun video sebagai bentuk pelaporan kepada guru.

    Sampai pada bulan Ramadhan pandemi covid-19 belum juga menunjukkan penurunan signifikan sehingga LFH masih diperpanjang. LFH pada bulan Ramadhan diisi dengan materi amalan-amalan bulan Ramadhan yang dikemas dengan kegiatan Athirah Jelajah Ramadhan. Meskipun suasana puasa, guru tetap semangat memberikan layanan kepada anak didiknya, membuat video pembelajaran tentang materi Ramadhan dan melakukan pembelajaran online. Amaliyah ramadhan yang dilakukan anak didik di rumah terkontrol melalui Link daftar hadir selama bulan Ramadhan. Antusias  anak didik sangat memuaskan dalam mengikuti kegiatan Athirah Jelajah Ramdhan, hal ini ditunjukkan pada respon kehadiran pada link daftar hadir anak yang terkirim setiap harinya.  

    Bulan Juni merupakan bulan dimana setiap unit di sekolah Islam Athirah biasanya melaksanakan acara penamatan. Seperti saat ini juga meskipun masih dalam kondisi Pandemi COvid-19 kegiatan penamatan harus tetap berjalan. Pelaksanaanya tentu berbeda dengan penamatan tahun-tahun sebelumnya. Penamatan kali ini terpaksa dilakukan secara online dan tetap di rumah saja. Untuk TK Islam Athirah 1 kegiatan penamatan Insya Allah akan dilaksanakan pada tgl 20 Juni 2020, sehari setelah pembagian rapor semester genap. (Nidar)

    By TK Kajaolalido on 12 Mei 2020
    • TK Kajaolalido
    • Berita

    Baby House & TK Islam Athirah 1 Makassar melakukan kegiatan berbagi kepada kamu sesama pada tanggal 12 Mei 2020 di kota Makassar. Kegiatan sosial ini dilakukan pada setiap bulan oleh seluruh guru dan karyawan Sekolah Islam Athirah 1 Makassar tidak terkecuali  BBH & TK Islam Athirah 1.

    Bulan ramadhan adalah bulan penuh rahmat, tentunya bulan yang sangat dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia, karena di bulan ini saatnya kita mendapatkan kesempatan untuk berbenah diri, mengumpulkan amal kebaikan sebanyak-banyaknya dan di bulan ini pula kita mendapatkan kesempatan diampuni seluruh dosa-dosa kita sehingga kita kembali fitri, Insyaa Allah. Tetapi situasi ramadhan kali ini kita ketahui bersama berbeda dengan ramadhan tahun sebelumnya.

    Ramadhan kali ini masih dengan kasus wabah Covid-19 yang mengharuskan seluruh elemen masyarakat tinggal di rumah yang menyebabkan banyak orang kehilangan mata pencarian, kehilangan pekerjaan dan situasi ekonomi pun memburuk. Hal ini pula lah yang menggerakkan Seluruh guru dan karyawan BBH & TK Islam Athirah 1 secepatnya menggalang dana di unitnya untuk segera membantu orang yang membutuhkan. Kegiatan ini memang rutin dilakukan apalagi setiap bulan Ramadhan, tetapi di bulan ramadhan kali ini yang berbeda situasinya semakin menumbuhkan semangat para guru dan karyawan untuk segera membantu saudara-saudara kita diluar sana yang membutuhkan uluran tangan kita

    Beberapa guru dan karyawan BBH &bTK Islam Athirah 1 turun ke jalan-jalan di kota Makassar membagikan beberapa sembako kepada mereka yang membutuhkan. Terlihat tampak jelas diwajah mereka perasaan bahagia. Sebagaimana terdapat dalam

    Surah Al Baqarah : 261

    Artinya, "Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui."

    Semoga apa yang kita lakukan bermanfaat bagi mereka dan bernilai pahala disisi Allah SWT. Aamiin Ya Robbal’alamiin. ????

     

    Penulis: Ayu Wulansari, S.Pd

    By TK Kajaolalido on 10 Mei 2020
    • TK Kajaolalido
    • Berita

    Ramadhan adalah bulan Al Qur’an. Hari ke-17 Ramadan merupakan peristiwa penting karena merupakan awal diturunkannya Alquran kepada Rasulullah Muhammad SAW melalui malaikat Jibril.

    Setiap tahun, umat muslim memperingati Nuzulul Quran untuk menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi Nuzulul Quran juga erat kaitannya dengan Lailatul Qadar, yakni malam yang penuh berkah dan kemuliaan.

    Ditengah pandemi Covid-19 peringatan Nuzulul Quran Kalla Group tetap berjalan meskipun berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Program Rutin yang dilaksanakan oleh  Kalla Group adalah Khatam Qur'an dirumah masing-masing.

    Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui link Zoom Meeting dan live streaming youtube Kalla Group acara berlangsung sederhana dan khidmad. Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, kemudian dilanjutkan dengan mendengar kajian online “Hikmah Pentingnya Al Qur'an dalam Kehidupan” oleh Ust. Bachtiar Nasir.

    Bapak Syamril, S.T., M.Pd. selaku panitia khataman Alquran menyampaikan “ada yang menarik dari tahun ini alhamdulillah jumlah kelompok tahun lalu ada 68 dan jumlah tahun ini bertambah hampir dua kali lipat yaitu 131 kelompok khataman”.

    Khataman Alquran SEKOLAH ISLAM ATHIRAH khususnya unit TK dan Baby House Athirah 1 yang dipimpin oleh Kepala Sekolah Ibu Sri Rosa Handayani, S.Pd., M.Pd. membagi 2 kelompok, untuk kelompok 1 berjumlah 10 orang dimana setiap orangnya mengkhatamkan 3 juz dan kelompok 2 berjumlah 15 orang dan setiap orang mengkhatamkan 2 juz.

    Selanjutnya  kegiatan ditutup dengan doa bersama memohon ampunan dan amal ibadah keluarga besar Kalla Grup dapat diterima oleh Allah SWT.

     

    Penulis : Ayu Hirjayati, S.Pd, Gr

Agenda 2