• Pengurus OSIS, MPK dan Pramuka SMP Athirah Bukit Baruga Periode 2019 - 2020

  • Yuk Lihat, Roster PAS dan PTS

    Daring SMP Islam Athirah Bukit Baruga

  • Bangkitkan Motivasi Menulis Guru, SMP Islam

    Athirah Bukit Baruga Gaet Pena Kreatif

  • Berlangsung Daring, Pelantikan OSIS, MPK, Pramuka Dihadiri Orang Tua Siswa

  • Ikhtiar PPDB, SMP Islam Athirah Bukit Baruga

    Gelar Doa dan zikir Bersama Anak Yatim

  • By SMP Bukit Baruga on 26 Februari 2021
    • SMP Bukit Baruga
    • Berita

    .

    BukitBaruga, sekolahathirah.sch.id - SMP Islam Athirah Bukit Baruga menyampaikan roster PAS dan PTS Daring yang akan dilaksanakan pada hari Senin, 1 Maret 2021 sampai dengan Jumat, 5 Maret 2021. Siswa kelas VII, VIII dan IX SMP Islam Athirah Bukit Baruga akan melaksanakan PAS Daring dari rumah masing-masing.

    Berikut ini jadwal lengkapnya :

    Roster PAS dan PTS Daring 

    Semester Genap

    Tahun Pelajaran 2020 – 2021

    1 – 5 Maret 2021

    SMP ISLAM ATHIRAH BUKIT BARUGA

     

    No.

    Hari, Tanggal

    Waktu

    Mata Pelajaran

    1

    Senin,

    1 Maret 2021

    08.30 – 09.30

    10.00 – 11.00

    Bahasa Inggris

    Pendidikan Kewarganegaraan

    2

    Selasa,

    2 Maret  2021

    08.30 – 09.30

    10.00 – 11.00

    Bahasa Indonesia

    Pendidikan Agama Islam

    3

    Rabu,
    3 Maret 2021

    08.30 – 09.30

    10.00 – 11.00

    Bahasa Asing

    Ilmu Pengetahuan Alam

    4

    Kamis,

    4 Maret 2021

    08.30 – 09.30

    10.00 – 11.00

    Ilmu Pengetahuan Sosial

    Teknologi Informasi dan Komunikasi

    5

    Jumat,

    5 Maret 2021

    08.30 – 09.30

    Matematika


    Sebelum siswa masuk di laman https://simdik.sekolahathirah.sch.id terlebih dahulu siswa harus mengisi form pakta integritas dan absen kehadiran di google meet sekaligus akan diberikan token dan pin login masing-masing pada saat perwalian.

    Walau PAS dan PTS daring dilakukan dari rumah, para siswa tetap diwajibkan menggunakan baju seragam sekolah lengkap selama mengikuti PAS dan PTS daring ini. Termasuk tidak boleh meninggalkan ruangan atau tempat pada saat masih mengerjakan soal ujian.

    Selain dibagikan digrup kelas Roster PAS Daring SMP Islam Athirah Bukit Baruga ini juga dibagikan di akun media sosial SMP Islam Athirah Bukit Baruga. Akun facebook : SMP Islam Athirah Bukit Baruga dan Instagram : smp.athirah.baruga

    Penulis : Iqbal TIK

     

    By SMP Bukit Baruga on 13 Februari 2021
    • SMP Bukit Baruga
    • Kegiatan


    Sekolah Islam Athirah membuka peluang yang lebar kepada semua guru dan karyawan mengepakkan potensinya dalam pengembangan diri, terlebih di bidang menulis, tidak ketinggalan Office boy, security, karyawan, terlebih guru telah menorehkan berbagai tulisan melalui agenda Jalan Kalla. Awalnya seperti mustahil bisa menjadi seorang penulis, tidak semua orang bisa menjadi penulis namun ketika terbiasa, ternyata potensi itu ada dalam diri masing-masing. Dengan menulis seseorang bisa menyampaikan apa yang ada dalam pikiran menjadi kata-kata, merangkai ide dan gagasan menjadi suatu tulisan yang utuh sehingga bisa dipahami orang lain. 

    Melihat peluang yang ada, SMP Islam Athirah Bukit Baruga memberi kesempatan kepada guru untuk melakukan pengembangan diri melalui kegiatan pelatihan menulis kelas kreatif dengan menggaet seorang editor, layouter, proofreader sekaligus penulis dari Pena Kreatif sebagai mentor, kegiatan ini berlangsung selama satu pekan melalui kelas belajar Whatsapp yang dimulai sejak Rabu 3 Februari hingga  Selasa, 09 Februari 2021.

    Pelatihan ini ditujukan kepada seluruh guru dan karyawan yang ingin melakukan pengembangkan diri dengan tujuan melatih kemampuan agar lebih percaya diri dalam menulis, dan dapat mengetahui tata cara menulis sesuai  standar menulis yang benar, 22 guru mengikuti kelas menulis Pena Kreatif, Melalui grup whatsapp semua peserta sangat antusias menerima materi dari mentor, kelas di buka pukul 19.00-21.00 WIB.

    Dihari pertama mentor Titik Cahyati mengatakan sebelum kelas mulai dengan segala kerendahan hati, saya berharap teman-teman berkenan mengosongkan gelas di pikiran kita, untuk sharing selama beberapa hari ke depan. Bagai pepatah, air hanya mengalir ke tempat yang lebih rendah. Begitupun ilmu. Mereka serupa dalam wujud yang berbeda. 

    Eza octa sebagai moderator kelas menambahkan, selama kelas berlangsung, respon yang cepat membuat eforia grup menjadi bersemangat, beliaupun membawa kelas menjadi  suasana santai.

    Materi yang disampaikan meliputi Strong Why, setting (deskripsi tempat), cerita romance, cerita horor, cerita komedi. Strong Why adalah alasan apa yang mendorong seseorang menulis. Satu persoalan penting bagi seorang penulis adalah bagaimana mencari Why-nya sendiri. Kenapa harus menulis? Apakah kita masih akan menulis saat ide buntu? Apakah kita akan tetap menulis walau keadaan rumah kacau balau? Apakah kita akan tetap menulis walau nyinyiran menghujani kita? Apakah kita akan tetap menulis walau ditolak penerbit berkali-kali? Apa pun jenis tulisan yang ditekuni, fiksi atau nonfiksi, buku biografi atau antologi dan lain-lain, kalau ingin jadi penulis yang punya ketangguhan dan ketekunan, maka dia harus punya satu hal, bukan sibuk dengan how, melainkan mencari Why. Selain mendapatkan materi peserta juga mendapat kesempatan diskusi dan tanya jawab.

    Alumni Kelas Pena Kreatif Imelda, S.Pd, menyampaikan bahwa ternyata menulis itu bukan bakat tapi kemauan dan keinginan yang kuat untuk mengembangkan kemampuan tersebut, semua orang bisa menulis, dengan membiasakan dan memperbanyak referensi bacaan, banyak latihan terkait bagaimana penulisan tanda baca yang benar, tidak menggunakan kata dan makna yang berulang dalam tulisan,  mempelajari penulisan yang benar sesuai KBBI dan aturan penulisan yang baku serta yang terpenting adalah bagaimana tulisan kita mengandung pesan moral

    Tugas akhir dari kelas ini adalah peserta membuat antologi yaitu buku yang terdiri dari kumpulan-kumpulan tulisan peserta sebagai  hasil karya yang akan dipersembahkan untuk sekolah, dengan harapan terbitnya antologi ini dapat tersampaikan kepada pembaca manfaat dari tulisan guru SMP Islam Athirah Bukit Baruga juga sebagai ajang meningkatkan kreatifitas dan keahlian di bidang menulis.

    Sri Mulyati

    By SMP Bukit Baruga on 08 Februari 2021
    • SMP Bukit Baruga
    • Berita

    Bukit Baruga, sekolahathirah.sch.id – (08/02/2021) SMP Islam Athirah Bukit Baruga laksanakan pelantikan secara virtual melalui aplikasi zoom. Pelantikan yang dimulai pukul 08.00 WITA ini dihadiri pimpinan, guru, karyawan dan siswa SMP Islam Athirah Bukit Baruga, selain itu orang tua siswa juga hadir mendampingi ananda.

    Kegiatan yang diawali dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Athirah, Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an, Do’a oleh siswa-siswi SMP Islam Athirah Bukit Baruga dan sambutan dari Pembina OSIS berjalan lancar. Tiba saatnya Pembacaan  Surat Kepengurusan Pengurus OSIS, MPK dan Pramuka yang disampaikan langsung oleh Isma Fatahuddin, S.Kom. selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan IT.

    Dalam SK yang dibacakan terlampir nama ananda Adisty Rezki Maharani sebagai Ketua OSIS, ananda Zaky Syafwanul Ibad sebagai Ketua MPK dan ananda Achmad Firas Gohar sebagai Ketua Pramuka. Selesia pembacaan SK dilanjutkan dengan pengambilan Sumpah Pengurus yang dipimpin langsung Kepala Sekolah SMP Islam Athirah Bukit Baruga, Suriana, M.Pd. Memasuki acara pelantikan, para pengurus diminta untuk berdiri dan mengaktifkan kamera sebelum dilantik secara resmi oleh Kepala Sekolah.

    Hari ini Senin, 8 Februari 2021, berdasarkan surat keputusan kepala SMP Islam Athirah Bukit Baruga Makassar Nomor : 776/SMP.2/SIA/E/2021, tentang pengangkatan Pengurus OSIS, MPK dan Pramuka yang namanya tercantum dalam lampiran surat keputusan tersebut. Bismillahirrahmanirrahim, dengan ini kalian saya lantik sebagai pengurus OSIS, MPK dan Pramuka SMP Islam Athirah Bukit Baruga Makassar periode 2020 – 2021.” Naskah pelantikan yang dibacakan langsung oleh Kepala SMP Islam Athirah Bukit Baruga.

    Dialnjutkan dengan acara serah terima jabatan dari pengurus lama ke pengurus baru yang telah dilantik. “Terima kasih kepada Allah SWT kepada teman-teman, telah memberikan kepercayaan kepada saya mengemban amanah ini, saya sendiri tidak pernah menyangka bisa terpilih sebagai Ketua OSIS. Dan terima kasih kepada kakak pengurus sebelumnya atas bimbingannya. Sambutan Ketua OSIS Baru Adisty Rezky Maharani.

    Hadir sebagai orang tua siswa Ketua OSIS,  Ayahanda Adisty Rezky Maharani menyampaikan dalam sambutannya, “Kami sebagai orang tua mendukung sepenuhnya kepada ananda adisty mengemban amanah ini sebagai ketua OSIS. Semoga ananda diberikan kelancaran dan kemudahan bersama dengan teman-teman pengurus lainnya.”

    Sambutan terakhir oleh Kepala SMP Islam Athirah Bukti Baruga, Suriana, M.Pd. “Rasa hormat saya kepada Ayah Bunda yang bersedia mendampingi ananda pada kegiatan ini, Terima kasih kepada pengurus OSIS, MPK, Pramuka lama atas kerja cerdasnya selama ini bersama pengurusnya, Tetap menjadi ananda-ananda yang luar biasa,”

    “Dan kepada pengurus baru semoga bisa menajalan amanah ini dengan penuh tanggung jawab. Tetap jaga amanah ini dengan penuh integritas dan sinergiritas bersama pengurus-pengurus lainnya.” Tutupnya.

    SMP Islam Athirah Bukit Baruga adalah salah satu sekolah yang tetap aktif melaksanakan kegiatan-kegiatan kesiswaan meski di masa pandemi ini. Salah satu bukti, jika sekolah ini tetap menjaga mutu dan kualitas pendidikan selama pembelajaran daring yang berlangsung kurang lebih setahun ini.

    Pendaftaran di SMP Islam Athirah Bukit Baruga yang sudah dimulai sejak Bulan Desember 2020 dapat diakses melalui laman ppdb-online.sekolahathirah.sch.id atau hubungi langsung dinomor Hp. 082344001010.

    Penulis : Iqbal TIK 

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    By SMP Bukit Baruga on 09 Februari 2021
    • SMP Bukit Baruga
    • Kegiatan


    Ada yang menarik dari kegiatan sekolah kali ini. Selain program promosi yang disusun oleh panitia Penerimaan Peserta Didik Baru, mereka juga mengadakan kegiatan berupa zikir dan doa bersama. Acara yang dilangsungkan secara daring ini diikuti oleh siswa, guru, karyawan SMP Islam Athirah Bukit Baruga. Melalui aplikasi zoom, acara ini tetap berjalan khidmat.

    Salah satu bentuk ikhtiar melalui doa dan zikir yang dilaksanakan secara bersama bertujuan agar segala upaya kami dilancarkan serta dimudahkan oleh Sang Khalik. Tepat pukul 08.00, acara pun dimulai. Kali ini, Muhammad Amir yang memimpin langsung kegiatan dzikir bersama di Panti Asuhan Al Razzaq bertempat di Kelurahan Tamangapa Kecamatan Manggala. Beliau menyatakan bahwa dengan kegiatan ini diharapkan keberkahan PPDB yang lebih utama serta wujud kepedulian kita kepada anak-anak yatim, kita tidak tahu doa siapa saja  diantara doa kita yang akan diijabah olehNya. Setelah zikir dan doa bersama dilanjutkan dengan pembagian makanan kepada anak-anak tersebut. Siswa, guru, dan karyawan pun turut menyaksikan kegiatan di panti tersebut meskipun lewat tatap maya. Terdapat kurang lebih 25 orang yang membersamai kami dalam agenda ini.

    Semoga kegiatan ini membawa keberkahan pada penerimaan siswa baru dan Insya Allah PPDB SMP Islam Athirah Bukit Baruga tahun ini semakin SUKSES. 

Agenda 2