• Pengurus OSIS, MPK dan Pramuka SMP Athirah Bukit Baruga Periode 2019 - 2020

  • Refleksi Akhir Tahun Pelajaran

  • Briefing Pagi Daring SMP Islam Athirah

    Bukit Baruga Bahas Persiapan PAS Genap

  • Sebagai Wujud Kepedulian, BMJ SMP

    Islam Athirah Bukit Baruga Bagi-bagi

  • Di Tengah Pandemi, SMP Islam Athirah Bukit Baruga

    Tetap Jalankan Baca Surah Al Kahfi dari Rumah.

  • By Administrator on 28 Juni 2020
    • SMP Bukit Baruga
    • Kegiatan

    Setelah empat bulan lamanya pembelajaran berlangsung dari rumah, kini tidak terasa tahun pelajaran 2019/2020 juga telah berakhir. Tepatnya Selasa, 23 Juni 2020 diadakan pembagian rapor kepada orangtua masing-masing melalui WhatsApp. Sekolah Islam Athirah tetap melaksanakan pembagian rapor di masa pandemi. Terkhusus di SMP Islam Athirah Bukit Baruga sebelum pembagian rapor, terlebih dahulu diadakan forum bersama melalui google meet pada pukul 13.00-14.00 wita. Kurang lebih 200 orang yang bergabung dalam forum tersebut. Beberapa rangkaian acara yang diselenggarakan yaitu pembacaan ayat suci Al-Qur'an, pembacaan doa, sambutan Direktur Sekolah Islam Athirah serta pemaparan dari kepala sekolah. Ada hal menarik pada pertemuan kali ini yaitu pemberian penghargaan kepada siswa-siswa yang di masa pandemi saat pembelajaran dari rumah. Penghargaan tersebut diberikan atas penilaian guru dengan beberapa kriteria yakni kedisiplinan mengikuti pembelajaran, tanggung jawab menyelesaikan tugas, dan keaktifan dalam pembelajaran. Selain itu, pengumuman lomba-lomba yang terlaksana selama LFH juga disampaikan kepada siswa.

    Forum bersama yang di selenggarakan siang itu diikuti oleh siswa, orangtua, guru dan karyawan. Forum berlangsung dalam suasana ceria dan sangat membahagiakan karena dapat melepas kerinduan dengan anak-anak  bersama orangtua siswa. Di google meet guru karyawan dipertemukan dengan siswa, mereka saling menyapa, saling bertemu meskipun lewat dunia maya.

    Dalam sambutannya, direktur memberikan ucapan selamat kepada siswa yang telah berhasil naik kelas. Beliau berharap agar di tingkatan berikutnya, siswa dapat lebih giat belajar, meskipun di tengah keterbatasan siswa harus tetap belajar kapan saja dan dimana saja.

    Setelah setahun siswa mengikuti pembelajaran, kini saatnya mereka akan berpindah ke tingkatan berikutnya ditandai dengan hasil rapor yang dibagikan. Pembagian rapor di masa pandemi ini tetap terlaksana melalui whatsapp masing-masing orangtua.  Alhamdulillah berjalan lancar. Selamat buat anak-anak kami yg telah naik ke kelas VIII dan kelas IX.

    Terima kasih kepada orangtua yang telah bekerja sama dengan guru selama setahun masa pelajaran. Pimpinan SMP Islam Athirah Bukit Baruga memohon maaf sekiranya ada hal yang kurang berkenan dan jika ada layanan belum maksimal.

    Doa terbaik menyertai anak-anak didik. Semoga di tahun pelajaran baru nanti semakin baik, semakin istiqomah. Jadilah anak saleh dan salehah

    Selamat bertemu kembali nanti di tahun pelajaran baru 2020/2021

     

    Suriana

    By SMP Bukit Baruga on 18 Mei 2020
    • SMP Bukit Baruga
    • Kegiatan

    .

    Bukit Baruga, sekolahathirah.sch.id - Sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan khususnya bagi para siswa dalam proses belajar mengajar selama semester genap ini, SMP Islam Athirah akan tetap melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) daring untuk semester Genap Tahun Ajaran 2019 – 2020. PAS ini tentu merupakan komponen penting dalam mengetahui perkembangan dan tingkat pencapaian hasil pembelajaran terutama selama pembelajaran daring yang dilakukan dari rumah Kegiatan belajar mengajar daring dijadwalkan harus selesai di tanggal 4 Juni 2020.


    Berdasarkan kalender akademik Sekolah Islam Athirah PAS Genap ini akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 5 – 12 Juni 2020. Tentu kegiatan PAS ini membutuhkan persiapan yang matang, terlebih dalam situasi kebijakan belajar dari rumah yang diterapkan Sekolah Islam Athirah dari bulan Maret tahun ini.


    Senin pagi (18/05/2020) guru dan karyawan SMP Islam Athirah Bukit Baruga mengikuti briefing pagi melalui aplikasi google meet. Kesuksesan pelaksanaan PAS yang akan dilaksanakan daring ini, tentu tergantung dari seberapa baik persiapan yang dilakukan, untuk itu briefing pagi tadi menjadi pembahasan khusus persiapan pelaksanaan PAS Genap. Rapat dipandu oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan SDM Muhammad Irsyad Hamdan, S.Pd., dilanjutkan sambutan dan beberapa informasi dari Kepala Sekolah Suriana, S.Pd.,M.Pd.


    Pada kesempatan ini Kepala Sekolah menyampaikan beberapa hal terkait pelaksanaan PAS Genap tahun ini yang akan dilaksanakan daring dari rumah siswa masing-masing. “Insya Allah libur idul fitri 21 – 27 Mei 2020, siswa, guru dan karyawan akan aktif kembali di tanggal 28 Mei 2020 serta pelaksanaan Pas Genap akan dilaksanakan tanggal 5 – 12 Juni 2020 sesuai jadwal yang disudah disepakati sebelumnya. Meskipun ada perbedaan pada pelaksanaan PAS Genap Tahun ini, kita berharap para siswa tetap fokus dan semangat belajar menghadapi PAS Daring ini.” terang Suriana, S.Pd.,M.Pd.


    Teknis pelaksanaan PAS Genap daring ini, hampir sama seperti Ujian Sekolah Kelas IX yang dilaksanakan beberapa bulan lalu melalui SIMDIK Sekolah Islam Athirah. Sebelum ujian siswa harus mengisi fakta integritas online terlebih dahulu tentu diharapkan tidak hanya sebatas form isian, namun mampu dijalankan dengan penuh amanah dan sungguh-sungguh.


    Selanjutnya Muhammad Irsyad Hamdan, S.Pd. menyampaikan “Secara teknis pelaksanaan PAS Genap Daring ini, akan kita bahas lebih detailnya di rapat selanjutnya yang akan kami jadwalkan kemudian.” Tutupnya.


    Rapat yang dilaksanakan hari ini selain membahas persiapan PAS Genap juga dibicarakan beberapa hal penting, seperti informasi tentang libur hari raya, kesiapan soal dan kegiatan semester genap lainnya. Briefing pagi yang di mulai jam 07.15 sampai 08.30 ini, sebelum ditutup para guru dan karyawan melaksanakan doa bersama yang dipimpin oleh Ustadz Ubaydillah.


    Penulis : Iqbal TIK

    By SMP Bukit Baruga on 10 Mei 2020
    • SMP Bukit Baruga
    • Berita

    .

    Bukit Baruga, sekolahathirah.sch.id – (10/05/2020) Di tengah kondisi pandemi wabah virus corona (COVID 19) tidak bisa dipungkiri banyaknya masyarakat yang membutuhkan uluran tangan untuk kebutuhan pokok sehari-hari mereka. Dampak ekonomi tentu sangat terasa seiring semakin terbatasnya aktivitas mereka untuk bekerja seperti sebelumnya. Maka tentu kesadaran dari semua pihak saat ini, sangat diharapkan sebagai wujud kepedulian kepada sesama.

    Wujud kepedulian ini juga ditunjukkan BMJ SMP Islam Athirah Bukit Baruga. Melalui program 'Berbagi Bersama', para orang tua/wali siswa SMP Islam Athirah Bukit Baruga yang tergabung ke dalam organsasi BMJ ini, menyiapkan paket sembako yang kemudian disalurkan hari ini Ahad, 10 Mei 2020 kepada warga RW. 04 Kelurahan Antang Kecamatan Manggala Kota Makassar. Berbagi bersama warga ini, merupakan bagian dari kegiatan BMJ periode yang baru terpilih ini.

    Dihadiri Ketua BMJ SMP Islam Athirah Bukit Baruga Hj. Suryadharma bersama pengurus BMJ lainnya, sebanyak 31 paket sembako diserahkan langsung kepada warga yang disaksikan Ketua RW 04 Kelurahan Antang, Bapak Arifin. 

    Pembagian sembako ini merupakan bagian dari kegiatan BMJ periode baru ini, dalam kegiatan berbagi hari ini sebanyak 31 paket sembako telah kami salurkan kepada warga RW. 04 Keluarahan Antang Kecamatan Manggala Kota Makassar.” Ujar Hj. Suryadharma dalam keterangan tertulisnya.

    Kegiatan peduli kepada sesama ini sangat dirasakan manfaatnya bagi warga, terlebih di tengah pandemi wabah virus corona ini. Banyak warga yang kehilangan mata pencahariannya.

    Sementara itu Kepala Sekolah SMP Islam Athirah Bukit Baruga Suriana, S.Pd.,M.Pd. menyampaikan “Terima kasih kepada pengurus BMJ SMP Islam Athirah Bukit Baruga yang telah menginisiasi kegiatan peduli ini, kami berharap melalui kegiatan ini mampu meringankan beban saudara-saudara kita yang betul-betul merasakan dampak dari wabah virus corona, terlebih lagi di bulan suci ramadhan ini. Semoga wabah ini cepat berlalu dan kita semua bisa kembali berkativitas seperti semula.” Tutupnya.

    Penulis : Iqbal TIK


    By SMP Bukit Baruga on 01 Mei 2020
    • SMP Bukit Baruga
    • Berita

    .

    Bukit Baruga, sekolahathirah.sch.id – Hari jumat ini (1 Mei 2020) memasuki hari ke-8 di  Bulan Suci Ramadhan SMP Islam Athirah Bukit Baruga tetap jalankan kegiatan baca surah Al Kahfi. Tentunya di tengah pandemi ini, kegiatan yang biasa dilakukan setiap Jumatnya di Aula SMP Islam Athirah Bukit Baruga kini harus dilakukan di rumah masing-masing. Dipandu langsung Ustadz Anshar melalui aplikasi google meet SMP Islam Athirah Bukit Baruga bukan hanya mengundang guru dan siswa tapi juga orang tua dan wali siswa untuk ikut bergabung.


    Kegiatan yang dimulai pukul 08.10 WITA ini, diawali dengan tausyiah singkat tentang keutamaan membaca surah Al Kahfi di malam dan hari Jumat oleh Ustadz Anshar. Kemudian dilanjutkan dengan membaca surah Al-Kahfi secara bersama-sama. Kegiatan yang sama juga dilaksanakan pekan lalu yang dipandu oleh Ustadz Ridwan.


    Taddarrus bersama yang diikuti oleh guru, karyawan, orang tua/wali dan siswa SMP Islam Athirah Bukit Baruga ini selesai mendekati pukul 09.00 WITA. Sebagai kegiatan penutup, Ustadz Anshar memberi tausyiah kembali tentang ibadah-ibadah sunnah di Hari Jumat dan keutamaan orang-orang yang mempelajari dan mengajarkan Al Quran.

    Sebagaimana hadist yang diriwayatkan Imam Bukhari, bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya “Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.”

    Menutup tausiyahnya Ustadz Anshar menyampaikan Kegiatan baca surah Al Kahfi saya harpkan anandaku semua tetap dijaga, terutama di Bulan Suci Ramadhan ini. Saya doakan ananda semua menjaga bacaan Al Qur’annya, dan diberi ke Istiqomahan dalam menjalankan ibadah terlebih di Bulan Suci Ramadhan ini.”

    Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu oleh seluruh umat muslim di muka bumi ini. Meski saat ini kita dalam situasi sedang berada di tengah wabah virus corona COVID-19. Namun, tentu itu tidak akan mengurangi keutamaan-keutamaan yang ada di Bulan Suci Ramadhan.

    Salah satu dari keutamaan-keutamaan itu adalah Ramadhan sebagai bulan diturunkannya Al-Qur'an yang menjadi salah satu bukti nyata atas kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadhan ini.

    yang artinya : “Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat inggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur” (QS.  Al Baqarah: 185)

    Penulis : Iqbal TIK

Agenda 2