• Pengurus OSIS, MPK dan Pramuka SMP Athirah Bukit Baruga Periode 2019 - 2020

  • Tanamkan Jiwa Nasionalisme, SMP

    Islam Athirah Baruga Gelar Upacara

  • Bangun Karakter Siswa SMP Islam Athirah

    Baruga Gelar Student Of The Month

  • Rayakan Kemerdekaan, SMP Islam Athirah Bukit

    Baruga Mengadakan 9 Lomba Secara Virtual

  • Meriahkan Hari Merdeka, SMP Islam Athirah

    Bukit Baruga Gelar Lomba Virtual

  • By SMP Bukit Baruga on 21 September 2020
    • SMP Bukit Baruga
    • Berita

    Senin, 21 September 2020 SMP Islam Athirah Bukit Baruga mengadakan upacara secara virtual kegiatan ini merupakan kali pertama dilakukan sejak masa pandemi. Upacara bendera di sekolah merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang mencakup nilai-nilai penanaman sikap disiplin, kerjasama, rasa percaya diri dan tanggung jawab.

    Dengan begitu hal ini dapat mendorong lahirnya sikap dan kesadaran berbangsa dan bernegara serta cinta tanah air dikalangan siswa. Salah satu poin penting tujuan upacara bendera ialah menumbuhkan rasa nasionalisme  yang merupakan jiwa bangsa Indonesia.

    Kegiatan upacara ini dilakukan secara semi virtual dimana untuk pelaksana upacara sebagian dilakukan secara langsung dan lainnua dengan perekaman video. Bertindak sebagai pembina upacara Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Irsyad Hamdan, S.Pd.  Dalam amanatnya Hamdan mengimbau seluruh siswa agar tetap fokus mengikuti pembelajaran meskipun dalam kondisi pandemi.

     "Meskipun dalam masa pandemi, siswa harus tetap  fokus dalam mengikuti pembelajaran, disiplin dalam menyelesaikan tugas juga tepat waktu bergabung dalam kelas online," ujarnya.

    Pada upacara perdana ini pelaksana upacara adalah para pengurus OSIS SMP Islam Athirah Bukit Baruga.  Kegiatan yang diikuti oleh kurang lebih 312 siswa serta guru karyawan bergabung Melalui aplikasi Zoom berlangsung dengan penuh Hikmat.

    Harapannya dengan pelaksanaan upacara ini siswa tidak kehilangan moment yang biasa dilaksanakan pada masa normal juga bertujuan untuk membentuk jiwa dan karakter bangsa yang mandiri dan cinta tanah air. Kedepannya kegiatan ini akan diagendakan selama masa pandemi ini.

    By SMP Bukit Baruga on 01 September 2020
    • SMP Bukit Baruga
    • Berita


    Membangun karakter dan budaya positif bisa dilakukan dengan banyak cara,  salah satunya adalah dengan menggelar kegiatan yang dapat memberi inspirasi dan memotivasi siswa untuk melakukan hal-hal positif, disiplin dan juga berkarakter. Seperti tahun sebelumnya Senin 31 Agustus 2020, SMP Islam Athirah Bukit Baruga kembali menggelar Pemilihan Student Of The Month yang diumumkan pada kegiatan kultum bersama siswa kemarin. Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi dan perhatian sekolah terhadap ananda yang memiliki karakter dan akhlak mulia. Adapun Kriteria pemilihan dari segi religiusitas,  Adab, kedisiplinan dalam mengikuti pembelajaran dan termasuk dalam penilaian adalah Character Log.

    Selain itu pemberian penghargaan ini juga di berikan kepada ananda yang telah melakukan perbaikan dalam hal ketaatan dalam beribadah, sikap, perilaku, tutur kata, birrul walidain, kedisiplinan dalam pembelajaran, menyelesaikan tugas dan progress lainnya yang telah dicapai ananda dari bulan ke bulan.

    Kegiatan yang akan digelar setiap bulan ini bertujuan untuk membangun karakter siswa juga memberi motivasi siswa untuk mempertahankan prestasinya serta menginspirasi siswa-siswa lain untuk menigkatkan diri dalam hal kebaikan.  Dengan demikian akan terbangun kesadaran yang positif dilingkungan sekolah sehingga mampu menangkal budaya negatif yang bisa muncul dilingkungan pendidikan. Semoga budaya ini memberikan inspirasi dan motivasi kepada peserta didik di Sekolah Islam Athirah.

    Isma

    By SMP Bukit Baruga on 20 Agustus 2020
    • SMP Bukit Baruga
    • Kegiatan

    Ada yang berbeda Peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia tahun ini dengan tahun sebelumnya. Jika tahun lalu perayaan kemerdekaan dilaksanakam dengan semarak sambil berkumpul bersama, namun kali ini harus dilaksanakan dengan nuansa yang berbeda yaitu secara virtual. 

    Virus corona yang melanda Indonesia, membuat masyarakat harus membatasi aktivitasnya. Upacara kemerdekaan yang dilaksanakan di istana kemerdekaan pun dilaksanakan secara virtual. Meskipun demikian antusias masyarakat tidak surut, buktinya ribuan masyarakat hadir secara virtual dengan memakai kostum dari daerah masing-masing.

    Spirit kemerdekaan masih terbangun pula bagi siswa SMP Islam Athirah Bukit Baruga dengan melaksanakan beberapa lomna secara virtual (selasa, 18 agustus 2020)

    Oleh karena itu, siswa, orangtua siswa, guru, dan karyawan ikut andil dalam menyambut HUT ke-75 RI. Ada sembilan ide lomba virtual yang terselenggara,

    Pidato Perjuangan

    Lomba pidato perjuangan menjadi salah satu aktivitas yang dilaksanakan secara virtual. Kegiatan ini diikuti oleh 15 kelas yang diwakili satu orang tiap kelas.

    Dengan penuh semangat para siswa mengikuti kegiatan ini dengan merekam dirinya yang sedang berpidato. Hasil rekaman videonya diserahkan kepanitia kemudian di tayangkan secara live di youtube dan facebook SMP Islam Athirah Bukit baruga. Juara pertama dalam pidato kemerdekaan adalah perwakilan dari IX.2, juara kedua diraih oleh perwakilan dari 7.2 dan juara ketiga dari kelas 7.4

    Video Ucapan Kemerdekaan

    Lomba video ucapan kemerdekaan di ikuti 3 perwakilan setiap kelas yang wajib diikuti oleh wali kelas masing-masing. Keseruan yang terjadi disini adalah keterlibatan wali kelas berkolaborasi dengan dua siswa diantaranya satu laki-laki dan perempuan. Dalam lomba ini dimenangka oleh kelas 8.3, juara kedua dari kelas 8.2 dan juara ketiga dari kelas 7.2. 

    Lomba Kuis Merdeka 75

    Lomba ini dilaksanakan dengan tiga tahap. Tahap pertama diberi nama atur strategi dengan konsep quisis menjawab benar dan salah. Tahap kedua diberi nama perjuangan, dengan konsep tebak kata, dan tebak gambar. Tahap ketiga diberi nama merdeka, dengan konsep sambung kata. Dalam lomba ini dimenangkan oleh perwakilan kelas 7.1, juara kedua perwakilan kelas 9.4 dan juara ketiga dari kelas 7.3

    Lomba Tebak Kata

    Lomba ini di ikuti oleh dua perwakilan kelas dengan konsep menyebut kata sebanyak mungkin selama satu menit dengan klu yang disampaikan oleh moderator. Lomba ini dimenangkan oleh kelas 9.3, disusul juara kedua dari kelas 7.3 dan juara ketiga dari kelas 8.4

    Foto Selfie

    Lomba ini di ikuti oleh seluruh siswa SMP Islam Athirah Bukit Baruga dengan mengupload di akun instagram resmi @smp.athirah.baruga dengan penilaian sepenuhnya berasal dari like terbanyak. Lomba selfie foto ini dimenangkan oleh muh. Dodi Al Fayed kelas 7.2, disusul oleh Andi Calista Atsilasiawaru dari kelas 8.3 dan Kamila Nurhafidzah Qadrayanti dari kelas 9.2 sebagai juara ketiga

    Hias Masker

    Lomba ini sama dengan foto selfie yang dinilia dari jumlah like. Adapun juaranya, Adzrah Dhiya Afifah kelas 8.2 sebagai juara satu, Naurah Mumtaz Sul Arrahman dari kelas 7.3 sebagai juara kedua dan juara ketiga diraih oleh Syahran Karim dari kelas 7.4

    Foto Keluarga

    Lomba ini di ikuti oleh orangtua dan anak dengan memakai kostum ala kemerdekaan. Penilaiannya dinilai dari jumlah like di instagram. Juara satu diraih oleh keluarga Chaliza Eurolia Nataya Rianto dari kelas 7.2, juara kedua oleh keluarga Muhammad Muqiit dari kelas 7.1 dan juara ketiga keluarga Jslixn dari kelas 7.4.

    Foto Selfie Guru

    Lomba ini di ikuti oleh guru dan karyawan SMP Islam Athirah Bukit Baruga. Melakukan foto selfie dengan tema kemerdekaan. Penilaiannya dari like terbanyak di instagram. Juara pertama diraih oleh Ibu widya, juara dua diraih oleh Pak Akbar dan juara ketiga diraih oleh Ibu Imelda.

    #Aka

    By SMP Bukit Baruga on 19 Agustus 2020
    • SMP Bukit Baruga
    • Berita

    .

    Bukit Baruga, sekolahathirah.sch.id - (19/08/2020) Kemeriahan hari merdeka tahun 2020 ini, memang penuh dengan serba serbi baru. Ditengah pandemi yang masih mengharuskan kegiatan berkumpul dibatasi dalam situasi-situasi tertentu. Tentu, rakyat Indonesia tidak kehilangan semangat dalam memeriahkan hari merdeka ke-75 bangsa ini, lomba yang biasanya dilakukan di lapangan terbuka dengan sorak penonton harus didesain sedemikian rupa agar meriah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

    Dikalangan dunia pendidikanpun merasakan hal yang sama di HUT RI ke-75 ini, kegiatan belajar mengajar yang masih dilakukan dari rumah mengharuskan kegiatan lomba-lomba 17-an yang biasa dilakukan setiap tahunnya harus didesain dalam bentuk virtual. Panitia hari merdeka SMP Islam Athirah Bukit Baruga mendesain lomba tersebut dalam bentuk virtual yang diberi nama Merdeka Bersama SMP Islam Athirah Bukit Baruga Virtual 75      

    Kegiatan ini adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh SMP Islam Athirah Bukit Baruga dalam rangka memperingati Dirgahayu Republik Indonesia Tahun 2020. Kegiatan ini dimaksudkan untuk membakar semangat nasionalis dan semangat cinta tanah air para siswa, guru, karyawan dan orang tua/wali siswa SMP Islam Athirah Bukit Baruga.

    Merdeka Bersama SMP Islam Athirah Bukit Baruga Virtual 75 disusun sebaik mungkin dengan melibatkan siswa-siswi, guru, kayawan dan orang tua siswa dalam bentuk lomba-lomba virtual diantaranya : Lomba Foto Selfie Siswa, Lomba Hias Masker, Lomba Pidato Perjuangan, Lomba Ucapan Merdeka, Lomba Tebak Kata Merdeka, Lomba Quiz Merdeka 75, Lomba Foto Keluarga Orang Tua/Wali, Lomba Foto Selfie Guru dan Lomba Menulis Berita.

    Lomba-lomba tersebut dikemas kedalam bentuk lomba virtual, mengingat masa pandemi yang masih mengharuskan semua belajar dan bekerja dari rumah. Kegiatan lomba ini disosialisasikan pada saat briefing pagi virtual guru dan karyawan SMP Islam Athirah Bukit Baruga. Lomba dilaksanakan tepat pukul 08.00 WITA setelah terlebih dahulu kegiatan tadarrus bersama Jumat pagi (14 Agustus 2020) sampai kemudian puncak peringatan HUT ke-75 RI SMP Islam Athirah Bukit Baruga hari Selasa, 18 Agustus 2020 secara live melalui aplikasi zoom, youtube dan facebook SMP Islam Athirah Bukit Baruga.

    Kegiatan puncak peringatan dimulai pukul 07.00 – 18.00 WITA, diawali dengan tadarrus bersama yang dipimpin Ustadz Abdul Rahim dan dilanjutkan dengan ceremonial pembukaan acara merdeka. Pembacaan teks proklamasi yang diisi oleh ananda Dewa Agung Brian yang juga merupakan Ketua OSIS SMP Islam Athirah Bukit Baruga dan dilanjutkan dengan menyayikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama dan pembacaan doa oleh ananda Nibras Zaka siswa kelas IX.5 Al Kindi yang juga koordinator keagamaan di kepengurusan OSIS SMP Islam Athirah Bukit Baruga. 

    Selanjutnya sambutan dari Suriana, S.Pd.,M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMP Islam Athirah Bukit Baruga sekaligus membuka secara resmi acara puncak kegiatan Merdeka Bersama SMP Islam Athirah Bukit Baruga Virtual 75. Disela-sela acara siswa disajikan nonton bersama film sejarah bangsa Indonesia yang kemudian dikemas dalam bentuk lomba kuis merdeka 75. Isi dan pesan dari film tersebut dimuat dalam bentuk pertanyaan yang nantinya akan dipilih 17 orang siswa yang menjawab tercepat dengan benar untuk lanjut ketahap selanjutnya memperebutkan juara I, II dan III.

    Muhajir Muhtar, M.Pd. selaku Ketua Panitia dalam kegiatan tersebut menyampaikan "Alhamdulillah, kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik, ditengah situasi pandemi seperti saat ini masih tetap tidak menyurutkan semangat ananda-ananda semua siswa SMP Islam Athirah Bukit Baruga untuk ikut lomba. Walaupun di Tahun ini hanya dilaksanakan secara virtual. Semoga, di Tahun berikutnya kita bisa kembali meriahkan HUT RI dalam situasi normal kembali."

    Kegiatan yang berakhir hampir di pukul 18.00 WITA ini ditutup dengan penyampaian pengumuman pemenang-pemenang lomba yang akan diumumkan esok hari (19/08/2020) di forum bersama SMP Islam Athirah Bukit Baruga via Aplikasi Zoom.

    Penulis : Iqbal TIK

Agenda 2