• By SMP Bukit Baruga on 26 Agustus 2019
    • SMP Bukit Baruga
    • Kegiatan

    Ekskul pramuka SMP Islam Athirah 2 Makassar mengadakan kegiatan PERJUSAMI pada tanggal  16-18 Agustus 2019 bertempat di lapangan SMP Islam Athirah 2 Makassar. Kurang lebih 110 siswa kelas 7 mengikuti kegiatan ini.

    ''Kegitan PERJUSAMI ini sudah menjadi kegitan tahunan SMP Islam Athirah Baruga, dengan di panitiai oleh guru serta pengurus OSIS dan Pramuka'' ucap Daniandra Prayudisti Ilham selaku ketua OSIS.

    Sesuai dengan aturan Dinas Pendidikan menyatakan bahwa pendidikan Kepramukaan dilaksanakan untuk menginternalisasikan nilai keTuhanan, kebudayaan, kepemimpinan, kebersamaan, sosial, kecintaan alam, dan kemandirian peserta didik yang dapat besinergi secara koheren. 

    Ali peserta PERJUSAMI  mengatakan bahwa kegiatan ini sangat menyenangkan, kegiatan ini melatih kekompakan sesama regu.  

    By SMP Bukit Baruga on 01 Juni 2019
    • SMP Bukit Baruga
    • Kegiatan


    Judul buku          : Layla; seribu malam tanpamu

    Penulis                 : candra malik

    Penerbit              : bentang pustaka 2017

    Halaman              : 259

     

    Bercerita tentang Lail seorang laki-laki yang belajar ilmu tasawuf, lalu bertemu dengan guru-guru spiritualnya dan kemudian ia bertemu dengan kekasihnya yang di dalam mimpinya disebutkan namanya adalah Layla. Pencarian dengan Layla di dunia nyata tidaklah mudah karena ia tidak menemukan jejaknya lagi setelah melihatnya di sebuah pengajian.

    Novel ini menyajikan kisah percintaan yang tak hanya sekadar mencari seorang kekasih namun juga mencari arti dari kehidupan yang dijalani. Meskipun fiksi, namun latar dan tokoh-tokoh besar

    Ilmu Tasawuf yang Gus Can berikan melalui novel Layla, Seribu malam tanpamu. Membuat kita semakin berserah hanya kepada Allah. Dengan cara damai, lembut penuh kasih. Layaknya benar-benar seorang Hamba. Tidak punya apa-apa dan selalu butuh apa-apa. Hanya dengan mengingat Allah, Allah dan Allah. Kita akan tenang, dan tenang.

    kelebihan :

    1. Isi buku sarat dengan makna dan istilah di dunia tasawuf

    2. buku ini mengenalkan juga arti kehidupan dan mengenal Tuhan

    3. Cerita percintaannya anti mainstream dari kebanyakan buku lain membuat selalu bertanya-tanya bagaimana kelanjutannya

     kekurangan :

    1. Desain sampul yang tidak cocok dengan isi novel

    2. alur cerita di bagian awal sangat membosankan

    By SMP Bukit Baruga on 01 Juni 2019
    • SMP Bukit Baruga
    • Kegiatan

    Dalam semarak Ramadhan, SMP Islam Athirah mengadakan satu kegiatan yang di laksanakan di setiap tahunnya. Ya, Athirah Jelajah Ramadhan (AJR). Kegiatan ini merupakan inisiatif dari Guru Guru Smp Islam Athirah, namun diusulkan terlebih dahulu pada rapat kerja dan alhasil disepakati oleh seluruh osis.

    Adapun beberapa acara yang akan diisi di kegiatan ini, meliputi 

    1) lomba lomba, yang terdiri dari lomba PUBG, Kaligrafi, Tahfidz, Adzan, Yel yel Sahur, dan lomba Kultum. Yang dilaksanakan pada tanggal 24 dan 28 Mei 2019 di SMP Islam Athirah 2 Makassar

    2) Diisi dengan BakSos, dimana setiap kelas akan berkunjung ke panti panti asuhan, dan memberi bantuan berupa sedekah,serta siswa siswi akan mengajar beberapa mata pelajaran yang di ajarkan di sekolah pada anak anak panti, pada tanggal 30 mei 2019.

    3) Adapun acara penutup yaitu akan di adakan ceramah sebelum Buka Puasa Bersama, yang dilaksanakan pada tanggal 30 Mei 2019, di Aula SMP Islam Athirah 2 Makassar.

    Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemampuan dari para peserta yang mengikuti dari lomba lomba yang ada.

    Serta juga merupakan kegiatan Wajib yang harus di ikuti oleh Siswa Siswi Kelas 7 dan 8, dengan panitia penyelenggara oleh Guru dan Karyawan, serta dari Pengurus Osis,MPK,Pramuka. 

    “Dengan mengikuti kegiatan ini, para peserta akan Mendapatkan ilmu yang baru dari seperti kultum dimana para peserta yang lainnya dapat mendengarkan dari ilmu yang baru.

    Dan juga dapat meningkatkan ketakwaan dikarenakan dimana akan ada penceramah untuk sebelum buka puasa bersama dimana disitu kita akan mendapatkan ilmu ilmu baru yang sangat luar biasa dalam puasa ini.” Ucap Daniandra Selaku Ketua OSIS (24/05/19)

    By SMP Bukit Baruga on 11 April 2019
    • SMP Bukit Baruga
    • Berita

    (Kamis, 11 April 2019). Sekolah Islam Athirah 2 Makassar menyelenggarakan latihan bela negara bertajuk “Pembinaan Kesadaran Bela Negara”. Bekerja sama dengan TNI Angkatan Udara,  kegiatan ini dilaksanakan di Lanud TNI Angkatan Udara Sultan Hasanuddin  yang diikuti oleh siswa kelas VIII sebanyak 115 siswa, terdiri dari 65 siswa laki-laki dan 50 siswa perempuan.

    Ketua Panitia, Muhammad Akbar Kadir, S.Pd. menjelaskan bahwa kegiatan tersebut terlaksana sesuai amanat kurikulum 2013 revisi yang di dalamnya termaktub kegiatan bela negara.

    “Kegiatan bela negara ini kami laksanakan berdasarkan amanat kurikulum 2013 revisi” katanya.

    Guru Bahasa Indonesia yang akrab disapa Abe' itu juga menyampaikan bahwa kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini bertujuan membentuk karakter kuat, disiplin, berjiwa nasionalisme, dan patriotisme.

    “Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dengan tujuan untuk membentuk karakter siswa yang kuat, disiplin, nasionalisme, dan patriotisme sesuai dengan tema kegiatan yaitu mewujudkan generasi berkarakter dan berwawasan kebangsaan. Karena itu, untuk mecapai hasil maksimal, kami akan menyerahkan sepenuhnya pelatihan ini kepada pihak TNI AU” tandasnya.

    Sementara itu, upacara pembukaan (9/4/2019) yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Operasi TNI Angkatan Udara Kolonel Pnb Bambang Sudewo dalam amanatnya menyampaikan harapan kepada seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan penuh keikhlasan.

    “Seluruh anak-anakku peserta pelatihan bela negara, saya berharap agar mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir dengan penuh keikhlasan” harapnya.

    Perwira menengah berpangkat tiga mawar itu dalam amanatnya juga menyampaikan tiga hal pokok yang wajib menjadi pegangan hidup manusia yaitu, taat kepada Tuhan, negara dan orangtua.

    “Ada tiga hal pokok yang wajib menjadi pegangan hidup kalian yaitu, taat kepada Tuhan dan Rasul-Nya, taat kepada negara dan hukumnya, serta taat kepada orangtua, jika ketiga hal tersebut kalian jadikan prinsip hidup, maka hidup kalian akan bahagia dan penuh makna” jelasnya.

    Memasuki hari kedua (10/4/2019) pelatihan bela negara, peserta berkesempatan mengunjungi Skadron Udara 5 dan Skadron Udara 11 milik TNI Angkatan Udara. Disambut langsung oleh teknisi pesawat tempur Lettu Tek Firmansyah, peserta dibriefing sebelum melakukan observasi. Dalam arahannya, perwira pertama lulusan Rusia itu memperkenalkan dua pesawat alutsista.

    “Jadi ada dua pesawat yang akan kalian observasi yakni pesawat tempur jenis Sukhoi SU-27 SKM dan pesawat pengintai jenis Boeing 737, kalian akan didampingi oleh teknisi profesional dan berpengalaman, semua lulusan dari Rusia. Jadi kalian bisa bertanya apa saja tentang kedua pesawat ini” jelasnya.

    Hingga memasuki hari ketiga (11/4/2019) pelatihan bela negara, semangat dan antusias peserta tak pernah surut, salah seorang peserta bernama Dhaniandra Prayudisty mengatakan selama mengikuti kegiatan ini merasa ada perubahan sikap positif dalam dirinya.

    “Saya merasa lebih disiplin, menghargai waktu, dan menghargai makanan. Semoga ini bisa saya pertahankan seterusnya karena saya ingin lebih baik” pungkasnya.

    Berdasarkan rundown acara, pelatihan bela negara tersebut akan berakhir hari ini (11/4/2019) hingga seluruh rangkaian kegiatan selesai. Upacara penutupan direncanakan pukul 16.00 WITA dan akan dipimpin oleh Wakasek Kesiswaan dan Keagamaan Sekolah Islam Athirah 2 Makassar, Umar Thamrin, S.Pd.

    Dilaporkan Oleh: Sukri Muhammad

Agenda 2