Arsip Berita

Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Dibekali Metode Penulisan Karya Tulis Ilmiah

MAKASSAR – Menulis Karya Tulis Ilmiah (KTI) melatih siswa berpikir cerdas dan kreatif. Dengan menulis, siswa diajak berpikir kritis untuk menemukan masalah yang ada di sekitarnya. Setelah itu, siswa didorong berpikir kreatif untuk mencari solusi permasalahan tersebut. Kaitannya dengan itu, pihak SMA Islam Athirah Bukit Baruga menyelenggarakan pelatihan penulisan KTI.

on 20 Maret 2019
  • Kegiatan

Semarak Liga Futsall dalam rangka milad ke 35 tahun sekolah islam athirah

Dalam rangka milad ke 35 tahun Sekolah Islam Athirah, panitia menggelar kompetisi futsal antar unit dan mitra sekolah.

on 18 Maret 2019
  • Kegiatan

Kenakan Pakaian Tradisional, Siswa-Siswi SMP Athirah 2 Makassar Ikuti Pekan Budaya

MAKASSAR – Ratusan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Athirah 2 Makassar meramaikan pekan budaya di Lapangan Upacara, SMP Islam Athirah 2 Makassar, Jalan Raya Baruga, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (18/3/2019).

on 18 Maret 2019
  • Kegiatan

Mengenal Duta Literasi SMP Athirah Bone 2019: Bersemangat Tularkan Kebiasaan Membaca

Bone, Menjadi cerdas, teladan terhadap sesama, inspiratif sekaligus saleha  dan inspiratif adalah impian dari setiap insan. Namun semua itu tidak semudah apa yang diangan-angankan, , seperti cerita dari Syahra Dewi Aprian, Siswi kelas VII SMP Islam Athirah Bone yang baru-baru ini dinobatkan sebagai Duta Literasi Sekolah pada hari Senin (18/3) di Musala Fatimah Kalla.

on 18 Maret 2019
  • Kegiatan

Siswa peringati Hari Guru Athirah Bone yang Ke VIII

Athirah Bone memperingati hari guru Athirah ke VIII  yang dilaksanakan di Musala Fatimah Kalla pada Jum’at (15/3). Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengapresiasi jasa guru yang telah memasuki tahun kedelapannya mengajar di Athirah Bone. Kegiatan yang mengangkat tema  “The Candle Of Life” ini dikordinir langsung oleh Pengurus OSIS SMP dan SMA Islam Athirah Bone. 

on 16 Maret 2019
  • Kegiatan

TIM KIMIA SMP Islam Athirah Bone Sabet Tiga Piala CSC 2019

Bone  - Tim SMP Islam Athirah Bone berhasil membawa pulang tiga piala pada ajang Chemistry Smart Challenge 2016 yang dilaksanakan di di Baruga AP Pettarani Universitas Hasanuddin, Makassar pada tanggal 13 sampai dengan 15 Maret 2019.

on 14 Maret 2019
  • Kegiatan

Athirah Bone Sambut Kunjungan Ulama Gaza

Bone – SMP-SMA Islam Athirah Bone menerima kunjungan Ulama dari Palestina, Syekh Yasser Abu Heen yang difasilitasi  Solidaritas Kemanusiaan Dunia Islam (SKDI) dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) pada hari Senin (4/3). Pada Kunjungannya  ke  sekolah naungan Yayasan Kalla ini,  Ulama yang juga imam di 3 masjid besar di Gaza ini menyambangi siswa-siswi di Musala Fatimah Kalla selama hampir dua jam. 

on 05 Maret 2019
  • Kegiatan

Intensive Camp OSN 2019

Menjadi juara OSN bukanlah perkara mudah, sekolah perlu mempersiapkan bibi-bibit unggul yang siap berlaga dalam persaingan yang sangat ketat, atas dasar itu Sekolah Islam Athirah melalui Tim Olimpiade Sekolah Islam Athirah (TOSA) menggelar kegiatan Intensive Camp OSN 2019 

on 04 Maret 2019
  • Kegiatan

Memupuk Rasa Kepedulian Sejak Dini

Dalam rangka memupuk rasa kepedulian siswa, TK Islam Athirah 2 Makassar mengajak siswa kerja bakti membersihkan masjid.

didampingi dengan guru-guru siswa dibagi dalam beberapa kelompok, bertugas membersihakn sesuai dengan arahan ibu guru. kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelompok B

on 04 Maret 2019
  • Kegiatan

Pucak Tema “Tanaman”. TK. Islam Athirah 1 berkunjung ke Akar Hidroponik Moncongloe Maros

Kembali melaksanakan kegiatan “Puncak Tema” , kali ini TK. Islam Athirah 1 Makassar mengunjungi pusat tanaman Akar Hidroponik pada hari Rabu, 20 Februari 2019 sehubungan dengan tema yang berakhir bulan ini adalah tema “Tanaman”

Akar Hidroponik dipilih guru-guru TK. Islam Athirah 1 untuk diperkenalkan kepada anak didik agar anak didik dapat melihat langsung berbagai jenis tanaman sayur seperti terong, cabai, sawi, bayam, selada, jamur serta masih banyak lagi. Anak- anak langsung diperkenalkan tanaman aslinya. Anak-anak didik begitu bahagia ketika melihat dan mendengarkan langsung penjelasan tentang sayuran yang selama ini mereka lihat dirumah, di pasar maupun di sekolah. 

on 04 Maret 2019
  • Kegiatan

Cooking Class. TK Islam Athirah 1 membuat Pizza

Memasak adalah tugas dari seorang ibu, apa jadinya kalau anak2 masuk ke dalam dapur?? Maka jadilah makanan yang lezat dan nikmat karena anak-anak membuatnya dengan tangannya sendiri dengan hati yang senang, tulus dan ikhlas. Pada hari selasa 19 Feb 2019 anak-anak TK.Islam Athirah 1 belajar membuat pizza di pizza Hut Karebosi link.

Anak-anak sangat antusias dalam kegiatan membuat Pizza. Di dalam pembelajaran Cooking Day ini anak-anak diajarkan bagaimana membuat pizza. Dalam proses membuat pizza selain meningkatkan kemampuan motorik halus, mereka juga akan belajar untuk bersabar dalam setiap prosesnya hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak.

on 04 Maret 2019
  • Kegiatan

TK Islam Athirah 1 menampilkan 2 tari dalam acara Big Asembly ATHIRAH

Setiap anak mempunyai kompetensi dan bakat yang dibawa sejak lahir akan tetapi bakat itu akan terus berkembang jika terus diasah. TK Islam athirah adalah salah satu dari sekian banyak sekolah yang dapat mengembangkan kompetensi bakat dan minat anak. Dalam rangka PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) Sekolah Islam Athirah mengadakan Big Assembly 2019 pada hari Sabtu 02 Februari 2019 di dalam kegiatan tersebut anak-anak mengeksplor kemampuan bakat dan minatnya terkhusus di TK Islam Athirah, anak-anak menampilkan 2 tarian "Tarian Mappadendang &Tarian Bungong Jeumpa”. 

kegiatan ini anak-anak dilatih untuk lebih percaya diri untuk tampil di depan umum serta mengeluarkan kemampuan seni setiap anak.

on 04 Maret 2019
  • Kegiatan

News about UIM Competition

Let’s talk about COMPETITION. What is  Competititon? Why should it be held? How does it works? So, competition is who wins they got it. It means who can win they will be get appreciate and many others. And then should be held because we can quantify student’s ability. And it works from yourself especially your brain of course. Who wouldn’t know? All of people this world must be know about it. It’s impossible if someone don’t know about this. I am totally sure all of people this world so clever and very smart but only lucky people can get the trophy but importantly, we can find new experience in our life. But before we do the competition we have to be hardworker. Because if you want to join it there are many people also joined.

Just recently, the Islamic University of Makassar has made a competition of Speech, Presenter and many more. We sent 2 students to the competition and luckily both of them made it out and bring home a trophy each. Andi Fahirah Aini won the 1st place in the speech competition and Ratri Chaidir took the 3rd place on the presenter one. We are so thankful to all of our teacher because they have fighten for us to try,teach us to be smart student. 

“We hope don’t stop fighting and never give up. Do the best for yourself and your school.” (NSA)


on 01 Maret 2019
  • Berita

Delapan Puluh Tiga Siswa SD Islam Athirah 2 Makassar sehari belajar di SMP Islam Athirah 2 Makassar

Dalam rangka menyambut penerimaan peserta didik tahun ajaran 2019-2020, SMP Islam Athirah 2 Makassar melakukan kegiatan sehari belajar untuk siswa SD. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari kamis 28 Februari 2019 di SMP Islam Athirah 2 Makassar. Kegiatan ini dilaksanakan untuk sosialisasi kepada siswa SD Islam Athirah 2 Makassar agar mereka tertarik untuk melanjutkan sekolah di SMP Islam Athirah 2 Makassar.

Pak Umar Tamrin mengatakan bahwa siswa SD Islam Athirah 2 Makassar akan diajak ikut belajar beberapa mata pelajaran diantaranya pelajaran prakarya, seni budaya, IPA, Bahasa Inggris, Matematika, dan Bahasa Indonesia. 

Delapan puluh tiga siswa SD Islam Athirah 2 Makassar sangat antusias mengikuti kegiatan sehari belajar ini. nadia selaku siswa kelas 6 mengatakan bahwa dia sangat suka mengikuti pelajaran prakarya karena kita diajarkan langsung membuat kue oleh gurunya sehingga saya yang notabene sebagai perempuan antusias belajar membuat kue.

on 28 Februari 2019
  • Kegiatan

penyuluhan penyakit DBD, Anemia, dan pengaruh zat besi oleh Puskesmas Antang

Unit kesehatan sekolah  Islam Athirah Bukit Baruga bekerjasama dengan pusat kesehatan masyarakat wilayah Antang Makassar melakukan sosialisasi penyuluhan penyakit DBD, Anemia dan pengaruh zat besi oleh perempuan. kegiatan ini berlangsung sehari bertempat  di SMA Islam Athirah 2 Makassar. turut hadir siswa Kelas 7 dan 8 SMP Islam Athirah 2 MAkassar sebagai peserta.

Pihak Puskesmas Antang menjelaskan bahwa pada umumnya remaja putri yang berumur 12 sampai 15 tahun sangat penting untuk mengetahui pengaruh zat besi karena mereka membutuhkan asupan zat besi yang cukup banyak dibandingkan remaja putra karena remaja putri mengalami menstruasi setiap bulannya. Hemoglobin remaja putri normalnya 12 g/dl sedangkan remaja putra normalnya 13 g/dl.

menurut Pak Hamdan  selaku wakasek kurikulum mengatakan bahwa siswa kelas 7 dan 8 Putri harus mengikuti materi tentang penyuluhan penyakit anemia dan pengaruh zat besi karena beberapa remaja putri tidak mengerti tentang pentingnya pengaruh zat besi.

Suster Dwi salah satu pegawai unit kesehatan Sekolah Islam Athirah mengatakan bahwa pentingnya perempuan memahami tablet zat besi terhadap anak remaja putri yang sedang mengalami menstruasi.

Selain itu pihak Puskesmas juga menjelaskan tentang DBD yang merupakan penyakit menular yang yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk. mereka juga menjelaskan Bagaimana cara mencegah demam berdarah dengan 3M yaitu menutup segala tempat yang bisa menampung air di dalam maupun di luar rumah, menguras tempat penampungan air seperti bak mandi akuarium dan vas bunga satu hingga dua kali seminggu, memanfaatkan semua objek.


on 28 Februari 2019
  • Kegiatan

Athirah Youth Exchange Student 6 Siswa Athirah Bone, Ikut Pertukaran Pelajar ke SMAN 5 Pare-Pare

Sebanyak 6 pelajar dari SMA Islam Athirah Bone, 4 siswa kelas X dan 2 siswa kelas XI mengikuti program pertukaran pelajar ke SMAN 5 Pare-Pare atau biasa dikenal dengan sebutan SMAELI selama lima hari. Terhitung dari tanggal 27 Januari hingga 1 Februari 2019 setelah berhasil lolos seleksi program Athirah Youth Exchange Student. Seleksi tersebut berupa wawancara yang dilakukan oleh beberapa guru dari SMA Islam Athirah Bone.

on 27 Februari 2019
  • Kegiatan

SMA ISLAM ATHIRAH KAJAOLALIDO ADAKAN KEGIATAN ENGLISH CAMP, “FUN & EXCITING”

Penggunaan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari harus dibiasakan dalam segala aktifitas kita, sehingga kita akan semakin fasih dalam penggunaan bahasa Inggris. Dalam menghadapi era global seperti sekarang ini, sudah menjadi suatu keharusan untuk dapat menguasai bahasa Inggris. Salah satu cara yang ditempuh oleh SMA Islam Athirah Kajaolalido dalam usaha peningkatan penguasaan bahasa Inggris siswa adalah dengan pelaksanaan kegiatan English Camp yang diadakan di Sekolah Islam Athirah Kajaolalido, Makassar. 

Kegiatan English Camp ini diadakan pada tanggal 23 Februari 2019. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas XI SMA Islam Athirah Kajaolalido, Makassar. Kurang lebih 88 siswa SMA Islam Athirah 1 Makassar mengikuti English Camp ini. Kegiatan ini juga dihadiri oleh 2 orang siswa pertukaran pelajar, yaitu:

    1.Raquel Cerezo Mayoral (Siswa Pertukaran Pelajar dari Spanyol, Program AFS)

    2.Hallie Eliza Malsbury (Siswa Pertukaran Pelajar dari Amerika, Program Rotary)

Kegiatan-kegiatan pada English Camp ini antara lain English for daily use, Games dan Outbound.    Kegiatan ini dimulai dengan registrasi peserta yang dimulai pukul 07.30 wita. kemudian dilanjutkan dengan Opening Ceremony yang dibuka oleh Kepala SMA Islam Athirah Kajaolalido, Tawakkal Kahar, S.Pd., M.Pd. didampingi oleh Wakasek Kesiswaan dan Keagamaan, Muh. Mahrus, Lc., M.Pd.I., Wakasek Sarana dan Prasarana, B.J. Gunawan, M.Pd., Ketua Panitia Kegiatan English Camp, Amrizal, S.Pd., Panitia Guru lainnya dan Wali Kelas XI.

Dalam sambutannya, Kepala sekolah berharap dengan adanya kegiatan English Camp ini dapat:

    1. Menjawab Jaminan Mutu Sekolah bahwa siswa SMA Islam Athirah ketika tamat (outputnya), terampil dalam berbahasa Inggris.

    2. Membekali anak-anak kita untuk siap menghadapi perkembangan global dunia, sekaligus menjawab visi Athirah bahwa insan Athirah berwawasan global.

     3. Sekaligus persiapan rencana pembukaan English Class ke depan. 

Siswa kemudian dibagi dalam 18 grup yang beranggotan sekitar 7-9 orang. Tiap grup diberi nama berdasarkan nama negara, dan setiap peserta wajib menuliskan nickname masing-masing. Nickname tersebut berhubungan dengan semua hal tentang nama negara yang digunakan dalam grup tersebut, misalnya tempat wisata di negara tersebut, kota-kota besar dan lain sebagainya.

Setelah acara pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan Ice Breaking dan Self Introduction of Facilitators”. Setelah para fasilitator memperkenalkan diri, kemudian siswa saling berkenalan dengan anggota grupnya masing-masing dalam kegiatan “Getting to Know You”. Siswa dikelompokkan dengan siswa dari kelas lain sehingga salah satu hal positif dari kegiatan ini adalah para siswa dapat berkenalan lebih dekat dengan siswa dari kelas XI lainnya. Kegiatan English Camp ini diselingi dengan games-games yang menarik. Setelah ishoma kemudian dilanjutkan dengan kegiatan kelompok untuk membuat Video Project. Setelah istirahat untuk sholat Ashar, acara yang paling ditunggu-tunggu oleh para siswa adalah kegiatan Outbound.  

Acara penutupan diselingi dengan pemutaran beberapa video project yang telah dibuat dan dirangkaikan dengan penyerahan award untuk Best Group dan Best Participants.

The Best Group : UK Group (Putra) & South Korea (Putri)

Best Participants (Putri):

1. Annisa Syuaib (XI.MIPA-1)

2. Nur Athiyah Padanita (XI.MIPA-3)

3. Nur Iftitah Ivan P. (XI.MIPA-1)

Best Participants (Putra):

1. Andi Muh. Qayyim Bustami (XI.IPS)

2. Indra Wahyu ( XI.MIPA-3)

3. Allan Afrilla H. (XI.MIPA-3)

Acara penutupan diwakili oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan SDM, Yusran, S.Pd., M.Pd. Dalam sambutannya, Pak Yusran berpesan bahwa siswa-siswa Athirah adalah generasi masa depan, dan untuk berkompetisi dalam era globalisasi, salah satu caranya adalah siswa-siswa Athirah harus dapat menguasai bahasa inggris dengan baik. Rencana kedepannya, SMA Islam Athirah Kajaolalido akan membuka English Class.

Berikut ini adalah kesan dan pesan dari Guru, Siswa, dan Fasilitator

Kesan dan Pesan dari Ketua Panitia English Camp 2019, Amrizal, S.Pd.

Alhamdulillah. The big work is done. The students were very enjoyable and cheerful during the program even this was held only in one whole day. It is proven at the closing ceremony when we found them get exhausted but still, they could keep their spirit and smiles. Thanks to all participants, committees, facilitators, and surely, Mr. Principal, Tawakkal Kahar, S.Pd., M.Pd. and his vice principals. You made it so easy for us. We realised that this program would not be the answer of the quality needs to our school. But, this has become one of our big efforts for our students. Thanks, from all of us.

Kesan dan Pesan dari siswa pertukaran pelajar, best group dan best participants:

Jadi saya pikir English Camp adalah pengalaman yang menyenangkan bagi semua orang dan cara yang baik untuk belajar bahasa inggris sambil bermain permainan menyenangkan. Kami juga mendapat teman baru dari kelas lain dan bersenang-senang dengan mereka. Saya sangat menyukai English Camp dan saya berharap program ini terus ada di Athirah untuk generasi berikutnya. Terima kasih untuk panitia dan orang-orang yang membuat acara English Camp ini. (Raquel Cerezo Mayoral – XI. MIPA.2, Siswa Pertukaran Pelajar dari Spanyol-Program AFS).

On Saturday, February 23rd, I attended an English Camp held by Athirah. I really, really enjoyed the event because it was innovative, interactive, and creative. English can be a though language to understand, so I specially liked the ways that the teachers designed the group activities by simplifying the concepts for students to feel more confident and build on. The event was really encouraging for those wanting to learn English. Besides a well planned busy event, I loved getting to know the students at Athirah more throughout the day. It was so fun for me to participate, and get to know them more. Thank you for the memories. (Hallie Eliza Malsbury – XI. MIPA.1, Siswa pertukaran Pelajar dari Amerika, Program Rotary).

My impression and mesage while attending the English Camp was very happy even though is disturbed our holiday but all the activity were very fun starting from making commercial video, games, and outbound. Even though we have to use English. And also I was happy because the English mentor could be friendly and sociable. I hope the English Camp can be useful later on and make me understand that jus one language is not enough to communicate. (Muh. Afif Muflih – XI. MIPA-1)

Yesterday was unforgettable moment for me. It was sp special because our school held an amazing event that called English Camp. Although it was tiring day but it was so much fun and beneficial for me and the others. In here we can learn English in fun way as what they said “English is Fun”. There were so much games and their games was so fun and not boring soo we were enjoy this English Camp. Hopefully we can meet in other day. (Annisa Syuaib – XI. MIPA-1)

English Camp was very fun event. English Camp it was so very beneficial to us to know more about english. And also we can learn anything about english in fun way and also this event had a fun games so we were not bored and enjoyed this event. (Nur Athiyah Padanita – XI. MIPA-3)

This english camp activity was very memorable for me because with English Camp, make me more confident in speaking English, not only that we also can get to know each other. English camp is very exciting event because there are lots of interesting games and the facilitators is very kind to us. Hopefully the next english camp event can be more interesting and all of Athirah students can speak english fluently. (Nur Iftititah Ivan P. – XI MIPA.1)

For me, English Camp that held by Athirah Senior High School was really fun. From the start to the end we were told to always use English. At first we did not have the courage to use English because we were afraid. But that is the point of this activity. English Camp taught us that using English is really fun. Even though this activity really exhaused us but all of the challenges in English Camp is really fun dan entertaining. I think English Camp is a great way to train our English speaking skill. Because who know? Maybe it will come handy someday. (Indra Wahyu – XI. MIPA.3)

Alhamdulillah, yesterday Athirah held and event that called “English Camp”. It was a great event, because I can increase/improve my english skill. At the beginning of the program, it was very boring because the man who spoke n stand alone did not sound clear. And also my group has 7 members, but only just 4 members that stays till the end, and the rest goes to tournament. But, it’s ok for me ‘cause we can establish intimacy well with our facilitator. And lots of other exciment during outbound. (Qayyim Bustami – XI.IPS)

Yesterday was a very special day because our school held an English Camp day where we all spoke English all day and there were lots of exciting games and it was really not boring for me because the game needed teamwork and this was an unforgettable moment for me. Sooo yeah.. I hope my school will hold an English Camp next year. (Allan Afrilla H. – XI MIPA.3)

Kesan dan Pesan dari Fasilitator (English House Club)

Today, we are having a great english camp with Athirah students. They are spiritful, creative, and energetic. They have proved that English environment during English camp has given a great opputunity to practice their english without hesitation. By Mr. A (Agussalim)

It’s such a great day to have the students of Athirah Islamic School as friend to have fun for whole day. I thought it would be hard to make them enjoy the day for they said that it must be their holiday but it was wrong. They took almost all of my energy since they were so active and of course they tried to use English along the day as well. One of my team member gave me a warm hug at the end of the day. It was so touchy. Lucky me to be one of the facilitator at the day. By Ms. Icha



Penulis : Yusmini

Editor: El

on 25 Februari 2019
  • Kegiatan

Berkunjung ke kantor DPRD Sulsel

SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga mengajarkan anak didik belajar organisasi sejak dini, ini dibuktikan dengan hadirnya Organisasi Peserta Didik Baru (OPDIS) selevel dengan OSIS di SMP dan SMA. 

on 25 Februari 2019
  • Kegiatan

BAKSOS di lokasi banjir

Menumbuhkan sifat kepedulian dalam diri siswa, SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga melaksanakan baksos peduli banjir

Kegiatan yang melibatkan pengurus OPDIS, guru dan karyawan ini mengunjungi korban banjir di Kab. Jenneponto yang mana pada akhir januari diterjang air bah.

Curah hujan yang tinggi mengakibatkan air sungai meluap dan menggenangi pemukiman serta area pertanian warga, dari data korban tercatat hingga puyluhan jiwa yang meninggal dunia begitupula yang hilang serta ratusan rumah yang berdampak.

Rombongan yang terdiri beberapa mobil mebawa logistik, baik berupa makanan serta pakaian, dan disalurkan langsung ke warga-warga yang menjadi korban banjir


on 25 Februari 2019
  • Kegiatan

Belajar di Kebun Buah dan Sayuran

Field trip kelas 1 SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga berjalan lancar dan sukses kegiatan ini berlangsung pada  tgl 18 Feb 2019 di Wisata Kebun Kab. Gowa.

on 25 Februari 2019
  • Kegiatan

Sekilas tentang Pasikbra Athirah

Organisasi Paskib mungkin tidak terdengar asing bagi kalangan para pelajar terutama anak SMA. Paskib adalah organisasi yang sangat terkenal. Jadi, tidak heran jika organisasi ini menjadi perbincangan remaja yang dimana organisasi ini terkenal karena SOLIDARITAS kata ini mungkin sudah menjadi darah daging bagi anggota paskib. Organisasi Paskibraka di SMA ISLAM ATHIRAH KAJOLALIDO mempunyai banyak prestasi salah satunya ialah mendapatkan juara favorit di SMA 12 Makassar dan sekarang ini, mereka sedang melangsungkan lomba lagi. Semoga menang yah dan membawa piala lagi. Terus semangat berjuang dan  jangan gampang putus asaJ. ATHIRAH3kali ATHIRAH...ATHIRAH...ATHIRAH. (Humas Rugradasa)

on 23 Februari 2019
  • Berita

Prestasi dari Olimpiade PPKN UNISMUH 2019

Baru-baru ini siswa/i kita telah mendapatkan prestasi yang sangat luar biasa. Karena kedua dari ketiga siswa kita memenangkan Olimpiade PPKN tingkat kota Makassar yang diselenggarakan di salah satu universitas ternama di Indonesia yaitu Universitas Muhammadiyah Makassar. Andi Rifdah Zahra mendapatkan juara 2 dan Naufal Ramadhan mendapatkan juara 3. Prestasi tersebut patut kita contoh karena banyak manfaat yang bisa kita ambil salah satunya ialah, kita dikenal banyak masyarakat melalui prestasi-prestasi yang kita dapatkan. Selain itu, membawa nama baik sekolah dan mendapatkan pengalaman yang bisa dibilang bersejarah. Karena sesungguhnya tidak akan ada usaha yang mengkhianati hasil. Semoga kalian bisa lagi mendapatkan juara terus semangat dan terus belajar. (Humas Rugradasa)

on 23 Februari 2019
  • Berita

Upgrading Pengurus OSIS Baru

Kata “UPGRADING” berasal dari kata dasar upgrade yang dimana artinya ialah menjadi baik/penataran. Namun, secara umum diartikan sebagai kata PERBAIKAN. Kata ini mungkin tidak asing lagi didengar oleh anggota OSIS/MPK maupun siswa/siswi lainnya.  Mengapa kita harus melakukan acara ini? Tujuan utama untuk melakukan acara ini ialah untuk meningkatkan rasa kepemimpinan, dan untuk melatih PUBLIC SPEAKING  siswa/siswi SMA ISLAM ATHIRAH 1 terutama pada organisasi OSIS/MPK. Acara ini pun berlangsung pada 2 hari dan bertempatkan di theather mini SMA ISLAM ATHIRAH 1. Selain itu, yang memberikan dan melatih anggota OSIS/MPK ialah tidak lain dari guru SMA ISLAM ATHIRAH 1. Kita memilih pemateri dari guru sekolah  kita sendiri berfungsi untuk agar jauh lebih mudah jika orang terdekat yang melatih kita untuk menjadi orang yang lebih baik dan memiliki kemampuan yang luar biasa. Acara ini pun sangat sukses dan sangat bermanfaat karena, setelah acara ini berlangsung rata-rata sekarang anggota OSIS/MPK memiliki kemampuan PUBLIC SPEAKING yang berkualitas. “Jika ingin menjadi sukses.belajarlah,berusahalah agar kelak hasilnya pun tak sia-sia”.



on 23 Februari 2019
  • Berita

SD Islam Athirah 1 Gelajar Kegiatan Market Day & Trial Class

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan setiap tahunnya di SD Islam Athirah 1 adalah Market Day & Trial Class. 

Kegiatan market day bertujuan untuk memberikan edukasi kepada peserta didik tentang pentingnya

on 20 Februari 2019
  • Kegiatan

Bulukumba dan Bone Boyong Piala Bergilir Athirah Olympic 2019

Athirah Olympic 2019 yang dilaksanakan untuk ketujuh kalinya akhirnya memasuki  babak akhir. Pada kegiatan penutupan, kelompok tari MI Darul Hikmah, Folk Song Grup dari SMPN 1 Watampone kembali ditampilkan untuk menghibur penonton. Sambutan dibawakan oleh Kepala SMP Islam Athirah Bone. Dalam sambutannya, Perempuan 30 tahun tersebut mengemukakan pentingnya silaturrahim dalam menjalin kompetisi seketat athirah Olympic. Kompetisi Athirah Olympic 2019 kemudian ditutup secara resmi  dengan sambutan riuh para peserta yang menunggu hasil pengumuman para juara. 


Penutupan yang digelar pada hari Minggu (17/2) memunculkan kembali SMPN 1 Bulukumba sebagai juara umum dengan 1 emas dan 2 perak. MI Darul Hikmah di tingkat SD/MI keluar sebagai yang terbaik  untuk yang kedua kalinya secara beruntun dalam kompetisi tahunan tersebut dengan perolehan 1 emas, 1 perak, dan  1 perunggu. Pada kesempatan tersebut Juara umum berhak memboyong  piala umum bergilir sekaligus piala umum tetap. 

Gelaran Athirah Olympic Volume 7 juga menjadi berkah tersendiri bagi pedagang-pedagang yang diundang untuk meramaikan kegiatan. Mereka menjalin kerja sama dengan panitia penyelenggara dengan sistem bagi hasil. Pemasukannya pun menjadi sumber dana bagi kas pengurus OSIS SMP dan SMA Islam Athirah Bone.

“Saya sangat bersyukur bisa diundang untuk menjual di sini. Semoga tahun depan saya bisa dipanggil lagi untuk berjualan,” ujar  pedagang bakso gerobak yang mengaku meraup banyak pembeli selama tiga hari pelaksanaan Athirah Olympic. 

Selain pedagang bakso gerobak, ada juga penjual bakso bakar, gerai es krim Aice, Aneka Juice, dan kedai khusus pengurus OSIS. 

“Kita mau Athirah Olympic kali ini menjadi berkah untuk semua,” ujar Supriadi, S.PdI. Ketua panitia Athirah Olympic 2019.


on 19 Februari 2019
  • Kegiatan

Siswi Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga Lolos 25 Besar Kompetisi Toyota Eco Youth

MAKASSAR – Dua orang siswi Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga berhasil lolos 25 besar kompetisi kompetisi Toyota Eco Youth, yaitu kompetisi nasional membuat proyek lingkungan untuk siswa-siswi SMA sederajat. Nurul Hidayah Alwi dan Vira Yuniarty adalah dua siswi SMA Islam Athirah Bukit Baruga Makassar yang proposalnya berhasil lolos dalam penjurian.

on 18 Februari 2019
  • Kegiatan

Pembukaan Athirah Olympic 2019. Wakil Bupati: “Kreativitas Guru Athirah, Luar Biasa”

Panyula, Bone. Pembukaan  Athirah Olympic  2019 SMP-SMA Islam Athirah Bone pada Hari Jumat (15/2) berlangsung luar biasa meriah. Pertunjukan demi pertunjukan dipentaskan dengan spektakuler dan menyihir penonton yang menyaksikan.

Pembukaan Athirah Olympic yang telah memasuki gelaran ke VII  ini  digelar di Kompleks Sekolah Islam Athirah Bone mulai pukul 13.00 Wita. Ini adalah kali ketujuh bagi Athirah Bone menggelar kompetisi science, seni dan olahraga  sejak pertamakali digelar pada tahun 2012.

on 15 Februari 2019
  • Kegiatan

TRANSFORMASI SEKOLAH ISLAM ATHIRAH DI ERA DIGITAL

                Perbedaan generasi di era digital dan generasi sebelumnya adalah mereka berkembang dan tumbuh besar perkembangan teknologi yang semakin pesat. Mau tidak ma pengaruh teknologi jelas berdampak terhadap pembentukan karakter, sikap dan gaya hidup bagi generasi sekarang. Kehidupan mereka tidak akan bisa lepas dari penggunaan teknologi dalam kehidupannya.

on 15 Februari 2019
  • Berita

KEGIATAN PUNCAK TEMA “ BINATANG”


TK Islam Athirah 2 Makassar berkunjung Taman Burung Gowa Discovery Park, 07/02/2019 kegiatan yang diikuti seluruh anak didik TK Islam Athirah 2 sebanyak 65 anak.

on 14 Februari 2019
  • Kegiatan

TK Islam Athirah 1 Peduli Banjir

Kepala TK.Islam Athirah 1 beserta guru-gurunya mengajak anak-anak korban banjir di pengungsian untuk belajar sambil bermain.


Bencana alam yakni banjir dan longsor tengah melanda Provinsi SulSel khususnya di kota makassar dan beberapa kabupaten seperti maros, gowa, takalar dan jeneponto.

Banjir dan tanah longsor tersebut telah membuat beberapa rumah hanyut terbawa banjir serta banyak pula rumah yang rusak berat yang mengharuskan warga harus mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Di kota Makassar khususnya kelurahan Antang yang terkena banjir hampir semua warganya telah mengungsi di daerah yang aman sekitar antang tepatnya di Mesjid Raya Bukit Baruga Antang. karena banyaknya jumlah pengungsi yang memenuhi mesjid sehingga tidak mencukupi kapasitas maka Sekolah Islam Athirah membuka tempat pengungsian bagi warga yang membutuhkan tempat berlindung tepatnya di Lec.Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga.

 

Melihat jumlah pengungsi yang bertempat di Lec Sekolah Islam Athirah merupakan anak-anak maka Kepala TK.Islam Athirah 1 Sri Rosa Handayani,S.Ag.,M.Pd beserta guru-gurunya berkunjung ke lokasi pada Hari Kamis, 24 Januari 2019 untuk memberikan waktunya bermain sambil belajar dengan anak-anak korban bencana banjir.

Guru-guru dari TK.Islam Athirah datang menemani mereka bermain, bernyanyi,membacakan buku cerita, serta menghafal Al Qur'an dengan metode Kaisa. Anak-anak begitu terhibur dan bahagia akan kehadiran guru-guru tersebut.

Dengan sedikit hiburan dan bentuk kasih sayang dari guru-guru Tk.Islam athirah semoga bisa terus memotivasi mereka untuk tetap  semangat menjalani hari di pengungsian dan tidak lupa untuk tetap belajar, shalat meskipun dalam keadaan tertimpa musibah.

Semoga banjir segera surut dan mereka bisa kembali ke rumah berkumpul bersama keluarga dan  menjalani aktivitas seperti biasanya. Aamiin ya Robbal'alamiin...

on 14 Februari 2019
  • Kegiatan

Semarak Festival Budaya dan Bahasa di Tahun Pertama

OSIS SMA Islam Athirah 1 Makassar, pada hari Selasa 12 Februari 2019 sukses  menyelenggarakan Festival Budaya dan Bahasa. Kegiatan ini turut di hadiri Oleh Kepala Dinas Pariwisata kota Makassar untuk membuka acara dan sekaligus meresmikan Panggung Teater Mini lt,7 Unit SMA. Kegitan tersebut merupakan Acara Festival Budaya dan Bahasa pertama kali yang berlangsung selama 1 hari dengan mempergelarkan keanekaragaman Seni dan Budaya Nusantara dgn membuat berbagai perlombaan tingkat SMP/SMA se- Kota Makassar. beberapa perlombaaan yang berhasil dilaksanakan dengan sangat baik seperti Lomba Tari, Musikalisasi Puisi, Rangking 1, Menghias Booth dan Memasak makanan Khas Nusantara. Kegiatan tersebut kini akan dijadikan program tahunan OSIS SMA Islam Athirah 1 Makassar.

VIDEO FBB 2019

on 14 Februari 2019
  • Kegiatan

Pimpinan, Guru, dan Karyawan SMA Islam Athirah 1 Tour Jakarta-Bandung

Seberapa bahagia Anda? Kalau guru tidak bahagia, maka mengajarnya akan kurang baik. Tapi jika guru bahagia, tentu mengajarnya juga baik. Demikian sepenggal sambutan Kepala Sekolah SMA Islam Athirah Kajol di Istana WaPres, Jakarta.

Liburan sekolah akhir tahun, kami manfaatkan untuk mengunjungi dua kota besar, yaitu Jakarta dan Bandung. Kami di sana selama 4 hari, berangkat pada tanggal 24 desember dan kembali tanggal 27 desember 2018. Di Bandung kami menelusuri Alun-Alun (Plaza Masjid Raya Bandung), Jalan KAA, serta seru-seruan di Tangkuban Perahu, dan Floating Market Lembang. Di Jakarta kami berkunjung ke Istana WaPres dan tour ditutup dengan belanja ole-ole di Tanah Abang/ThamrinCity.

Dengan rekreasi ini, kami setidaknya memetik 8 manfaat, berikut:

1.Sarana Sosialisasi, di sini kita banyak berinteraksi baik sesama guru maupun orang asing yang kami temui. Ada interaksi langsung yang melatih kemampuan sosial  dalam dunia mengajar.
2. Mempererat hubungan pertemanan.
3. Mencetak kenangan indah.
4. Melepas ketegangan dan stress.
5. Olahraga, di sini kita banyak jalan kaki, terutama di Lembang yang daerah pegunungan.
6. Waktu liburan yang berkualitas, daripada di rumah saja, waktu habis dengan aktivitas yang tidak jelas.
7. Sarana edukasi.
8. Menjaga intelektual, James Sands dari South Coast Institute melakukan penelitian pada 112 wanta berusia 65-92 tahun. Dia menemukan korelasi antara aktivitas dan penurunan fungsi otak. Semakin berumur, semakin besar resiko pikun. Nah, ini bisa dicegah dengan rutin rekreasi.

on 13 Februari 2019
  • Kegiatan

Pembukaan Festival Budaya dan Bahasa

Alhamdulillah.


Syukur kami ucapkan kepada Allah SWT atas sukses terlaksananya kegiatan Festival Budaya dan Bahasa SMP Islam Athirah 1 Makassar. Langsung dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Dr. Abd. Rahman Bando, SP.,M.Si.
.
Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung, Manajemen Sekolah Islam Athirah, Bapak/Ibu orang tua siswa SMP Islam Athirah 1 Makassar, SD se-kota makassar yang telah berpartisipasi. Dan lain-lain tidak bisa kami sebut satu persatu.
<!--[if !supportLineBreakNewLine]-->
<!--[endif]-->

Selamat kepada para pemenang dan sampai jumpa di Festival Budaya dan Bahasa tahun 2020.
<!--[if !supportLineBreakNewLine]-->
<!--[endif]-->

Mari lestarikan Budaya dan Bahasa Indonesia. 
Budayakan Bahasa, Bahasakan Budaya.

on 12 Februari 2019
  • Kegiatan

Talkshow Pendidikan SMA Athirah Bukit Baruga Bahas Modal Hadapi Era Revolusi Industri 4.0

MAKASSAR – Para siswa perlu dibekali informasi terkait peluang masa depan, sebelum mereka memilih jurusan di perguruan tinggi. Di era revolusi industri 4.0, dibutuhkan kompetensi dan keterampilan. Dimasa revolusi industri 4.0, akan muncul pekerjaan baru yang saat ini belum ada dan akan hilang beberapa jenis pekerjaan. Menyikapi kondisi tersebut, pihak manajemen SMA Islam Athirah Bukit Baruga menyelenggarakan gelar wicara (talkshow) pendidikan.

on 12 Februari 2019
  • Kegiatan

Motivasi Semangat Belajar Alquran, Sekolah Islam Athirah Gelar Olimpiade Alquran

MAKASSAR – Di era milenial saat ini, diperlukan upaya mendorong generasi muda agar bisa menghafal Alquran. Namun, tidak hanya sebatas dihafal, Alquran juga wajib dipahami dan diamalkan kandungannya.

on 08 Februari 2019
  • Kegiatan

Athirah Big Assembly 2019

Sekolah Islam Athirah selalu memberikan ruang dan dorongan kepada siswanya untuk tampil sesuai minat dan bakatnya.

on 05 Februari 2019
  • Kegiatan

Tumbuhkan Budaya Ilmiah, Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Presentasi Karya Tulis Ilmiah

MAKASSAR – Menulis Karya Tulis Ilmiah (KTI) dapat mendorong siswa berpikir kritis. Berlatih menulis karya ilmiah akan memberikan pengalaman mencari referensi bagi siswa. Sekaitan dengan itu, siswa-siswi SMA Islam Athirah Bukit Baruga kelas XII mengikuti presentasi KTI.



Wakil Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga Dr Bakry MSi mengutarakan, pihak guru mengajarkan siswa membuat karya ilmiah. Siswa SMA kelas XII dari unit Bukit Baruga, Kajaolaliddo, dan Bone wajib mempresentasikan karyanya. “Tujuannya adalah agar terbangun budaya menulis karya ilmiah. Diharapkan kemampuan kritis ananda bisa terbangun,” tuturnya saat memberikan sambutan dalam pembukaan presentasi Karya Tulis Ilmiah (KTI) di Gedung Local Education Center (LEC) Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga, Jalan Raya Baruga, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (31/1/2019).

Sebanyak 77 siswa-siswi kelas XII akan mengikuti kegiatan yang bertajuk “Menumbuhkan Budaya Ilmiah untuk Mendorong Kemampuan Berpikir Kritis di Kalangan Siswa” ini.

Melalui kegiatan penulisan KTI ini, siswa akan memperoleh tambahan pengalaman. Seperti pengalaman mencari referensi dari buku bacaan, membaca blog penelitian orang lain, dan membaca beberapa karya ilmiah. “Hari ini ananda akan memperoleh pengalaman mempresentasikan karya tulis di hadapan penguji. Bagaimana rasanya jika tidak bisa menjawab pertanyaan. Itu yang ingin kita berikan. Tolong dinikmati proses ini jangan jadikan ini beban. Banyak hal yang bisa dipelajari,” ujarnya.

Semua siswa kelas XII dari unit Bukit Baruga, Kajaolaliddo, dan Bone terjadwal mempresentasikan karya ilmiahnya. Bahkan, saat yudisium nanti, KTI para siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga akan ditampilkan. (Ilmaddin Husain)

on 31 Januari 2019
  • Kegiatan

TNI AU Lanud Hasanuddin Bantu Pengungsi Korban Banjir di Athirah

Sulawesi Selatan berduka pascabencana banjir akibat curah hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi pada hari selasa sampai rabu. Beberapa kabupaten yang terdampak parah diantaranya Kota Makassar, Kab. gowa, Kab. Maros, dan Kab. jeneponto.

Melihat kondisi tersebut Sekolah Islam Athirah sejak rabu pagi  membuka posko pengungsian bagi mereka yang terdampak banjir di wilayah Makassar. Posko pengungsian dipusatkan di LEC Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga. Warga Kampung Baru yang terdampak parah banjir memilih mengungsi di Sekolah Islam Athirah karena jarak yang tidak jauh dari rumah mereka.

Setelah tersebar informasi mengenai posko pengungsian di grup WA Orang tua siswa, mereka pun turut hadir untuk mengunjungi para pengungsi dan memberikan bantuan pada mereka yang terdampak musibah banjir.

Salah satu diantara orang tua siswa ibu dewo mengajak teman seprofesinya TNI AU Lanud Hasanuddin Makassar untuk mengunjungi serta membantu para korban. 

"Saya mendaptkan informasi kejadian dari media sosial serta dari ananda yang bersekolah di Athirah." Tegas Ibu Dewo.

Puluhan anggota TNI AU Lanud Hasanuddin mengunjungi Athirah Baruga yang dijadikan tempat pengungsian terdampak banjir. mereka menyemangati para pengungsi agar tidak terlalu larut dalam kesedihan akan musibah ini serta memberikan bantuan makanan serta pakaian siap pakai. *AKa


on 25 Januari 2019
  • Kegiatan

Warga Kampung Baru Antang Terdampak Banjir Mengungsi di Athirah

Beberapa hari kemarin makassar di guyur hujan dengan intensitas tinggi yang mengakibatkan terjadi banjir di beberapa wilayah makassar sehingga banyak rumah penduduk yang terendam banjir.

Sekolah Islam Athirah pun berinisiatif untuk menyediakan tempat pengungsian sementara bagi mereka yang terdampak banjir yang bertempat di LEC (Aula) Athirah Bukit Baruga.

Salah satu wilayah yang terdampak parah akibat banjir ini adalah wilayah Kampung Baru Antang. Tim sar turun langsung untuk membantu para korban dan mengarahkan untuk tinggal dipengungsian sementara di LEC Athirah Bukit Baruga.

Tifa salah satu warga kampung baru mengatakan bahwa saat pagi hari hujan sangat deras, air mulai sampai lutut namun dia anggap hujan akan cepat redah dan air akan surut, namun pas sore hari ternyata air sudah sampai pinggang. Untung tim sar langsung datang menyelamatkan kami dan mengarahkan untuk meninggalkan rumah.

Warga Kampung Baru Antang sangat senang dengan pelayanan dan keramahan dari pihak Sekolah Islam Athirah, namun disisi lain mereka  masih  memikirkan keadaan rumahnya serta barang-barang yang  belum sempat diselamatkan.

Direktur Sekolah Islam H. Syamril, S.T., M.Pd. turut hadir di tempat pengungsian untuk memberikan motivasi dan semangat bagi mereka yang terkena musibah banjir.

Data pengungsi sementara di LEC Athirah Bukit Baruga ada 64 orang diantaranya 4 bayi, 10 balita, 15 anak, 9 remaja, 7 orang dewasa, dan 19 orang bapak/ibu. *AKa

on 25 Januari 2019
  • Kegiatan

HASIL BABAK FINAL AtMC 2019 Tingkat SMP

No ID Peserta Nama Peserta Kelas Sekolah Nilai Ket
1 02-0028 Muhammad Ibaadi Ilmi 7 SMP Negeri 6 Makassar 69  
2 02-0012 Muhammad Ariq Fakhri 9 MTsN 1 Makassar 50  
3 02-0023 Isao Urdha Taqwa 7 SMP Negeri 6 Makassar 38  
4 02-0039 Aisyah Nur Rahmani 9 SMPN 2 Unggulan Maros 31  
5 02-0009 Rahma Sari 8 MTsN 1 Bone 29  
6 02-0042 Muhaimin M. 8 SMPN 2 Unggulan Maros 26  
7 02-0055 Ahmad Dzakwan Nur 8 SMPIT Al Fityan School Gowa 25  
8 02-0032 Rafdy Ahmad Hawis 8 SMP Negeri 6 Makassar 21  
9 02-0005 Latifah Qalbiah Tahir 9 MTsN 1 Bone 20  
10 02-0025 Khofifah Risty Tri Auliah 8 SMP Negeri 6 Makassar 17  
11 02-0004 Alya Salsabila Syam 8 MTsN 1 Bone 15  
12 02-0013 Afirah Armayfa 7 SMP Negeri 6 Makassar 13  
13 02-0002 Ahmad Adil Akbar 9 MTsN 1 Bone 12  
14 02-0031 Rafathin Ardian 7 SMP Negeri 6 Makassar 12  
15 02-0040 Faathir Rezki 8 SMPN 2 Unggulan Maros 11  
16 02-0001 Shaquille Rashaun Sahl Tamrin 7 SMPIT Ar-Rahmah 11  
17 02-0011 St. Aisyah H.S. 9 MTsN 1 Bone 11  
18 02-0045 M. Yusuf Satir 7 SMPIT Wahdah Islamiyah 8  
19 02-0038 Wanda Muliandira Putri 9 SMPIT Al Fityan School Gowa 8  
20 02-0016 Akhmad Zaki Hasrul 7 SMP Negeri 6 Makassar 7  
21 02-0015 Ahmad Syauqi Saputra 7 SMP Negeri 6 Makassar 6  
22 02-0008 Nur Annisa Adelya 9 MTsN 1 Bone 1  
23 02-0037 Shafira Alya Putri 8 SMPIT Al Fityan School Gowa -1  

on 20 Januari 2019
  • Kegiatan

HASIL BABAK FINAL AtMC 2019 Tingkat SD

No ID Peserta Nama Peserta Kelas Sekolah Nilai  Ket
1 01-0047 Michael Cenreng 6 SD Katolik St. Joseph Rajawali 72 Juara 1
2 01-0045 Hizkia K. Paembonan 6 SD Katolik St. Joseph Rajawali 32 Juara 2
3 01-0008 Leonardus Lintang Panji Utama 4 SD Hati Kudus Rajawali 28 Juara 3
4 01-0001 Muhammad Andrawan 6 SD Al Azhar 34 Makassar 18 Peringkat 4
5 01-0042 Fatur Putra Tjiunar 6 SD Kartika XX-1 16 Peringkat 5
6 01-0012 Jose William Theruna 3 Sunshine Intercultural Education 15 Peringkat 6
7 01-0046 Lionel Hongdoyo 3 SD Katolik St. Joseph Rajawali 11 Peringkat 7
8 01-0102 Rayyan Az-Zuhdi 6 SDIT Wihdatul Ummah Makassar 11 Peringkat 8
9 01-0085 A. Azizah Salsabila 6 SDIT Wihdatul Ummah Makassar 10 Peringkat 9 menang play off
10 01-0044 Christina A. Chandra 6 SD Katolik St. Joseph Rajawali 10  
11 01-0111 A. Ailsa Aqilah Putri 4 SDN Inpres IKIP I 9  
12 01-0013 Jovan Albert Theruna 4 Sunshine Intercultural Education 8  
13 01-0023 Muh. Arsyah Yusuf Pratama 6 SD Inpres Tamangapa 8  
14 01-0062 Farrel Ammar Rizky 5 SDIT Al Fityan School Gowa 6  
15 01-0009 Michael Widjaja 6 SD Hati Kudus Rajawali 5  
16 01-0080 Aisyah Raodatullah Mahmud 5 SDIT Ar-Rahmah 4  
17 01-0086 Ahmad Dzakwan Riskandy 6 SDIT Wihdatul Ummah Makassar 3  
18 01-0053 Muh. Al Abrar Machzan 6 SD Negeri Mangkura 1 3  
19 01-0068 Najma Afiyah Hidayat 4 SDIT Al Fityan School Gowa 3  
20 01-0038 Mutiara Reskita Nur 6 SD Inpress Pampang II 2  
21 01-0010 Ahmad Khafifi 6 SD Negeri Mangkura 4 1  
22 01-0051 Azkiya Farah Mufidah 5 SD Negeri Mangkura 1 1  
23 01-0091 Balqis 6 SDIT Wihdatul Ummah Makassar 1  
24 01-0067 Muhammad Abyan Dzaki Harun 4 SDIT Al Fityan School Gowa 1  
25 01-0081 Annisa Dzakiyyah Nirwan 4 SDIT Ar-Rahmah 0  
26 01-0092 Fakhri Ihsan 6 SDIT Wihdatul Ummah Makassar 0  
27 01-0021 M. Qaizhart Pamelleri 4 SD Inpres Tamangapa 0  
28 01-0082 M. Rayhan Alghazalah 5 SDIT Ar-Rahmah -1  
29 01-0011 Davin Enver Chandana 4 Sunshine Intercultural Education -2  
30 01-0057 Naura Syahla 6 SD Negeri Mangkura 1 -2  
31 01-0024 A. Anindya Talita samsurianto 4 SD Inpres Unggulan BTN Pemda -3  
32 01-0026 Alyamila 4 SD Inpres Unggulan BTN Pemda -3  
33 01-0025 Adi Fairuz 4 SD Inpres Unggulan BTN Pemda -4  
34 01-0060 Andi Noer Athari Talettilangi 5 SDIT Al Fityan School Gowa -4  
35 01-0079 Andi Tsabitah 4 SDIT Ar-Rahmah -4  
36 01-0054 Gibraltar Quraniz Rasburhany 6 SD Negeri Mangkura 1 -4  
37 01-0014 Louis Gautama Kwam 4 Sunshine Intercultural Education -4  
38 01-0050 Nahla Salsabila Az Zahra 4 SD Negeri Mangkura 1 -4  
39 01-0020 Anharil Hidayat 5 SD Inpres Tamangapa -5  
40 01-0084 Uways Al Qarni 5 SDIT Ar-Rahmah -5  
41 01-0078 A. Muh. Naufal Azzaki Syam 4 SDIT Ar-Rahmah -6  
42 01-0022 Muh. Ariel Maulidan 5 SD Inpres Tamangapa -6  
43 01-0087 Ahmad Rantisi 5 SDIT Wihdatul Ummah Makassar -7  
44 01-0093 M. Dzaky Nur Hanif  6 SDIT Wihdatul Ummah Makassar -7  
45 01-0015 Valen Cristiano Tiwo 4 Sunshine Intercultural Education -8  
46 01-0096 Muh. Adliy Al Fauzan 4 SDIT Wihdatul Ummah Makassar -9  
47 01-0019 Muhammad Fidel 5 SD Al Azhar 34 Makassar -10  
48 01-0005 Rifannisa Wilhelmina William 5 SD Hang Tuah -12  
49 01-0074 Ayesha Musaddiqa Ansar 4 SDIT Al Kautsar -19  

on 20 Januari 2019
  • Kegiatan

HASIL PENYISIHAN AtMC 2019 Tingkat SMP

No ID Peserta Nama Peserta Kelas Sekolah Nilai Ket
1 02-0028 Muhammad Ibaadi Ilmi 7 SMP Negeri 6 Makassar 63 Lulus
2 02-0012 Muhammad Ariq Fakhri 9 MTsN 1 Makassar 45 Lulus
3 02-0038 Wanda Muliandira Putri 9 SMPIT Al Fityan School Gowa 33 Lulus
4 02-0039 Aisyah Nur Rahmani 9 SMPN 2 Unggulan Maros 32 Lulus
5 02-0042 Muhaimin M. 8 SMPN 2 Unggulan Maros 27 Lulus
6 02-0025 Khofifah Risty Tri Auliah 8 SMP Negeri 6 Makassar 26 Lulus
7 02-0013 Afirah Armayfa 7 SMP Negeri 6 Makassar 24 Lulus
8 02-0032 Rafdy Ahmad Hawis 8 SMP Negeri 6 Makassar 23 Lulus
9 02-0005 Latifah Qalbiah Tahir   MTsN 1 Bone 22 Lulus
10 02-0040 Faathir Rezki 8 SMPN 2 Unggulan Maros 21

Lulus

on 19 Januari 2019
  • Kegiatan

HASIL PENYISIHAN AtMC 2019 Tingkat SD

No ID Peserta Nama Peserta Kelas Sekolah Nilai  Ket
1 01-0047 Michael Cenreng 6 SD Katolik St. Joseph Rajawali 72 Lolos
2 01-0008 Leonardus Lintang Panji Utama 4 SD Hati Kudus Rajawali 30 Lolos
3 01-0012 Jose William Theruna 3 Sunshine Intercultural Education 28 Lolos
4 01-0013 Jovan Albert Theruna 4 Sunshine Intercultural Education 28 Lolos
5 01-0045 Hizkia K. Paembonan 6 SD Katolik St. Joseph Rajawali 27 Lolos
6 01-0085 A. Azizah Salsabila 6 SDIT Wihdatul Ummah Makassar 18 Lolos
7 01-0111 A. Ailsa Aqilah Putri 4 SDN Inpres IKIP I 12

Lolos

on 19 Januari 2019
  • Kegiatan

Athirah Jajaki MoU dengan UNM

Mengawali tahun 2019 manajemen Sekolah Islam Athirah menjajaki peluang kerjasama dengan kampus UNM 11/01/19.

on 16 Januari 2019
  • Kegiatan

Athirah Olympic Vol 7 Sekolah Islam Athirah Bone

Sekolah Islam Athirah Bone Kembali akan mengadakan kompetisi dalam berbagai bidang lomba,  kegiatan ini setiap tahun dilaksanakan, dalam tahun ini tema yang diangkat "MENUMBUHKAN SPORTIVITAS DALAM KOMPETISI DEMI MEWUJUDKAN GENERASI SEHAT QUR'ANI"

on 14 Januari 2019
  • Kegiatan

Penerimaan Peserta Didik baru SMP-SMA Islam Athirah Bone Tahun Pelajaran 2019/20120

Sekolah Islam Athirah Bone kembali membuka penerimaan Peserta Didik baru Tahun Pelajaran 2019/2020

Kali ini Sekolah Islam Athirah Bone membuka pendaftaran untuk Jalur Biasiswa dan Mandiri dengan sistem online untuk memuhdahkan pendaftar,

on 14 Januari 2019
  • Kegiatan

Upacara Bendera di Awal Tahun 2019

Mengawali tahun kegiatan di tahun 2019, SMA Islam Athirah 1 Makassar menggelar upacara bedera sebagai langkah awal setelah berakhirnya libur semester pertama 7/1/19

on 09 Januari 2019
  • Kegiatan

PELATIHAN & WORKSHOP GURU SD

Sebagai sekolah swasta rujukan nasional SD Islam Athirah 1 Makassar menggelar kegiatan Workshop Guru Penerapan PPK & Literasi dan Penilaian K13 Dalam Pembelajaran 21/12/18.

on 23 Desember 2018
  • Kegiatan

Pentas Drama Menjemput Senyuman

Salah satu ekskul di SMP Islam Athirah 1 Makassar yang mendapat banyak peminat adalah ekskul drama hal ini terlihat dari suksesnya pagelaran drama yang digelar pada 23/11/2018

on 16 November 2018
  • Kegiatan

Berbagi itu Indah

Beragam cara untuk menumbuhkan jiwa social, salah satu cara yang diterapkan oleh Sekolah Islam Athirah kepada guru dan karyawannya denga cara mengajak setiap guru dan karyawan membuat group kelompok.

on 07 Januari 2019
  • Berita

Time Out dalam Parenting (Resume Buku)

Detail Buku

 

Judul        : Time Out dalam Parenting

Penulis     : dr. Zulaehah Hidayati dan Ratihqah Munar Wahyu, S.Si

Editor       : Yuki Anggia Putri dan Nickyta Pramudia

Penerbit   : Esensi

Cetakan    : Pertama, 2015

Tebal        : 149 halaman

ISBN        : 978-602-7596-79-5

on 07 Januari 2019
  • Kegiatan

Pelatihan “service quality expert” Sekolah Islam Athirah

Menyambut tahun 2019 Sekolah Islam Athirah, menggelar pelatihan “service quality expert”  Kegiatan ini melibatkan seluruh guru dan karyawan ini dilaksanakan di auditorium Sekolah Islam Athirah 04/01/19

on 07 Januari 2019
  • Kegiatan

Terima Kasih Pak Bahar Mattaliu atas Baktinya

Masa purnabakti atau biasa dikenal dengan sebutan pensiun merupakan masa pengakhiran tugas yang bagi sebagian Guru/Pegawai tidaklah mudah menghadapinya. Sedangkan memasuki usia pensiun merupakan situasi yang pasti dihadapi dan seseorang pasti akan mengalaminya.

Sekolah Islam Athirah melepas purnabakti bapak Bahar Mattali, beliau merupakan guru SMA Islam Athirah 1 Makassar. 21/12/18

Pelepasan yang dirangkaian dengan forum jumat ini dihadiri seluruh guru dan karyawan Sekolah Islam Athirah bertempat di auditorium Sekolah Islam Athirah.

Rasa haru terlihat saat Ibu Sri Suwanti mewakili guru serta bapak Tawakkal Kahar selaku kepala SMA Islam Athirah 1 mempersembahkan puisi perpisahan.

Sosok bapak Bahar Mattaliu mendapatkan tempat tersendiri bagi warga Athirah, ini dikarenakan dengan pembawaannya yang humoris dan akrab kepada seluruh guru dan siswa.

Selama pengabdian beliau mendedikasikan ilmunya dalam bidang seni, piala dan Raihan prestasi sangatlah banyak bahkan melanglang ke eropa membawa siswa tampil di acara folklore.

Bapak Syamril mengajak seluruh guru dan karyawan bernyanyi bersama membawakan lagu kemesraan dari iwan fals, dalam sambutannya, bapak Syamril selaku direktur Sekolah Islam Athirah  menyampaikan, bahwa acara pelepasan purna bhakti pada hakekatnya merupakan penghargaan yang tulus dan ungkapan rasa hormat yang setinggi-tingginya atas pengabdian selama aktif sampai mengakhiri masa purna tugas di Sekolah Islam Athirah.

on 04 Januari 2019
  • Kegiatan

Sekolah Islam Athirah Deklarasi dan Sediakan Layanan Pendidikan Inklusif

MAKASSAR – Semua anak berhak mendapatkan layanan pendidikan yang bermutu. Demikian halnya, anak berkebutuhan khusus (ABK) atau penyandang disabilitas memiliki kesempatan yang sama untuk belajar di lingkungan pendidikan formal,

on 03 Januari 2019
  • Kegiatan

Pemilihan OPDIS SD Islam Athirah 1 Makassar

Melek organisasi sejak dini merupakan salah satu harapan besar Sekolah Islam Athirah, oleh karen itu sejak usia SD peserta didik telah dikenalkan dengan OPDIS (Organisasi Peserta Didik Sekolah).

on 20 Desember 2018
  • Kegiatan

Drama Kisah Nabi Muhammad SAW di Peringatan Hari Maulid

Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan oleh TK Islam Athirah 1, kegiatan dilaksanakan di lt 3 ruangan kelas 

on 20 Desember 2018
  • Kegiatan

Studi Banding PKK Kota Tangerang Selatan

Nama Sekolah Islam Athirah terdengar harum sampai di Tangerang, ini dibuktikan dengan

on 20 Desember 2018
  • Kegiatan

Polisi Sahabat Anak

Polisi adalah sebuah kata yang akrab ditelinga anak tetapi masih banyak dari beberapa anak yang takut dengan kata polisi.


Hal inilah yang mendasari TK Islam Athirah 1 mengadakan kegiatan puncak tema yang berjudul "Polisi Sahabat Anak" pada hari kamis 7 desember 2018 kegiatan ini berlangsung di SPN Batua Polda SulSel Jl. Urip Sumuharjo Panakkukang, yang dihadiri oleh guru, anak didik serta beberapa anggota polisi dan polwan.

Dalam kegiatan ini anak-anak berkenalan langsung dengan kantor polisi dan seluruh anggota dan jajarannya sehingga mereka merasa tidak takut lagi, melainkan jadi teman atau sahabat bagi anak. Seketika anak-anak menjadi senang dan antusias kepada seluruh anggota polisi karena beberapa kegiatan yang dilaksanakan seperti mengenal rambu-rambu lalu lintas, serta bermain peran sebagai kendaraan yang berjalan di jalan raya. Dan kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama.

on 19 Desember 2018
  • Kegiatan

100 Hari Sekolah

Kagiatan ini, merupakan kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu oleh anak didik TK islam Athirah 1 makassar "WHY??", karena merupakan sebuah kegiatan yang mengapresiasi anak didik yang mencapai kehadiran 100% selama 100 hari sekolah juga sebagai bentuk rasa syukur atas kesehatan dan kesempatan yang diberikan sehingga anak didik senantiasa bersemangat untuk datang ke sekolah tepat waktu meskipun dalam keadaan kurang sehat. 

Sebagai bentuk apresiasi guru memberikan reward kepada anak yang dapat meraih kehadiran 100 hari sekolah.

Sebelum pemberian reward, didahului dengan beberapa games yaitu menyusun susu kotak dengan label angka 1-100, membentuk angka 100 menggunakan tutup botol dan membuat kolase angka 100.

Anak-anak yang berhasil mencapai 100 hari sekolah berjumlah 7 orang dari setiap kelas yang berbeda, diharapkan selanjutnya tidak hanya 7 orang melainkan bertambah banyak anak-anak yang bersemangat datang ke sekolah

on 19 Desember 2018
  • Kegiatan

Siswa Sekolah Islam Athirah Bone Ikuti Program Bela Negara

Bone (12/12). Siswa dan siswi Sekolah Islam Athirah Bone mengikuti kegiatan Program Bela Negara yang diadakan di Pantai Tete , Desa Bone Pute, Kec. Tonra, Kab.Bone. Kegiatan yang sedikit mirip dengan wajib militer ini di bawah arahan langsung TNI yang bermarkas di Kab.Bone.

Sejumlah 85 orang siswa dan siswi kelas VIII dan XI Angkatan VII Sekolah Islam Athirah Bone ditempa selama dua hari dan satu malam di pusat latihan TNI di Tonra. Mereka diberi porsi latihan militer dan pembinaan mental ala prajurit.  Acara tersebut berlangsung mulai tanggal 4 sampai dengan 5 Desember 2018.

Meski ditempa dengan keras, siswa dan siswi sangat senang dan bersemangat dalam mengikuti program ini. Mereka merasa seperti prajurit yang akan pergi berjuang membela NKRI.

“senang sekali bisa ikut kegiatan ini. Kayak tentaraki yang mau pergi berjuang bela negara. Tapi latihannya itue.. edede,, siksanya. Tapi tetap semangat semua!” ujar Alif Ahmad Fauzan, Ketua OSIS SMP Islam Athirah yang juga turut berpartisipasi dalam program ini.

Samsyul Bahri Ibrahim selaku ketua panitia menyatakan bersyukur rangkaian kegiatan selama dua hari bisa berjalan lancar. Ia juga berharap anak-anak bisa mengambil banyak manfaat dari pelaksanaan kegiatan ini. (Nasriyah)


on 13 Desember 2018
  • Kegiatan

Misra, Belia Berbakat Berprestasi di Tenis Meja

Misra, Belia Berbakat Berprestasi di Tenis Meja

Bone (13/12).  Bermodalkan meja tenis yang ada di rumahnya dan rasa penasaran ingin mencoba olahraga pingpong dari pamannya yang getol bermain, Misra, siswi SMP Islam Athirah Bone berhasil merengkuh juara III pada gelaran Turnamen Tenis Meja Se-Sulawesi Selatan yang diadakan oleh PTMSI Cab.Bone pada tanggal 9 dan 10 Desember 2018.  

on 13 Desember 2018
  • Kegiatan

Siswa SMP Islam Athirah Sabet Juara I Kaligrafi pada Gebyar Tahfidz se-Sulawesi Selatan 2018

Siswa SMP Islam Athirah Bone, Muh. Ihsan Ramadhan meraih juara 1 dalam lomba Kaligrafi Gebyar Tahfidz Quran tingkat Sulawesi Selatan yang diadakan di ruang pola kantor Gubernur Sulawesi Selatan.

Dalam lomba tersebut, siswa kelas VIII  Ar Rauf ini bersaing dengan puluhan peserta dari kabupaten dan kota se Sulsel pada Rabu 5 Desember, dan pengumuman juara dilakukan Jumat (7/12/2018).

on 12 Desember 2018
  • Kegiatan

Orang Tua Siswa Turut Hadir dalam Pelantikan OSIS SMPI Athirah 2 Makassar

selasa 13 november 2018 telah dilaksanakan pelantikan dan serah terima jabatan kepengurusan OSIS 2017/2018 kepada pengurus baru tahun pelajaran 2018/2019.

Sebelumnya melalui proses pemilihan ketua dan Wakil Ketua OSIS  yang dilaksanakan secara demokratis melalui pemilihan secara langsung oleh seluruh peserta didik kelas VII -  IX yang terpilih sebagai Ketua dan Wakil Ketua OSIS baru adalah Daniandra Prayudisty Ilham dan  Muh. Kasay Fairuz.

Direktur Sekolah Islam Athirah H. Syamril, S.T., M.Pd. turut hadir dan berkesempatan untuk mengambil sumpah pelantikan yang disaksikan oleh Kepala Sekolah, para waksek, dewan guru dan seluruh siswa dengan tertib dan lancar, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan serta serah terima secara simbolis berupa menyerahkan tongkat komandan dari ketua lama kepada ketua baru.

Turut hadir pula orang tua siswa ketua, wakil ketua, dan beberapa orangtua siwa pengurus  OSIS SMPI Athirah 2 Makassar. Mereka sangat antusias melihat anaknya dilantik menjadi pengurus Osis.

on 10 Desember 2018
  • Kegiatan

Kids Outbound di Bugis Waterpark

TK Islam Athirah 1 dan 2 Makassar menggelar acara Kids Outbound Bersama kegiatan ini dilaksanakan di Bugis waterpark  30/11/2018

on 05 Desember 2018
  • Berita

Dani terpilih menjadi Ketos SMP Islam Athirah 2 Makassar

Pesta demokrasi telah usai dilaksanakan di SMP Islam Athirah 2 Makassar. kedua calon ketua OSIS, Muh. Fausan Siddiq dan Daniandra Prayudisty mulai deg-degan menunggu hasil penghitungan KPU Sekolah. suara para pendukung menggema saat penghitungan suara berlangsung di aula SMP Islam Athirah 2 Makasar.

Suana semakin riuh setelah hasil penghitungan selesai dan menempatkan nomor kandidat dua sebagai pemilik suara terbanyak dengan perolehan suara sebanyak 179 suara sedangkan kandidat nomor satu sebanyak 143 suara.

Mesti diketahui bahwa hasil pemilihan umum tersebut belum mutlak menjadi acuan terpilihnya kandidat nomor dua, melainkan ada tahapan penilaian lain yang menjadi dasar terpilihnya menjadi ketua osis diantaranya penilaian tes tertulis, wawancara, dan debat. Sehingga hasil akumulasi nilai yaitu kandidat nomor satu sebanyak 705 dan kandidat nomor dua sebanyak 709. Perbedaan kedua kandidat calon ketua osis kemarin hanya 4 poin. Dari hasil akumulasi tersebut maka calon nomor dua Daniandra Prayudisty tetap memenangkan memenangkan pertarungan pemilihan ketua Osis SMP ISlam Athirah 2 Makassar periode 2018-2019 . *Aka


on 02 Desember 2018
  • Kegiatan

Siswa Athirah Bone, wakili Indonesia di Model United Nations 2019

Asia World Model United Nations (AWMUN) adalah sebuah ajang persaingan antar bangsa-bangsa yang diselenggarakan oleh International Global Network (IGN) tanggal 30 Januari sampai 2 Februari

on 30 November 2018
  • Berita

Dua Siswa Athirah Bone Siap berlaga di Pentas Internasional

Bone (30/11).   SMP Islam Athirah Menyatakan sangat bangga atas prestasi siswanya, yang akan berlaga pada ajang Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East Asean Growth Area (BIMP-EAGA) yang dilaksanakan di Bandar Seri begawan, Brunei Darussalam, 6-9 Desember 2018. Hal tersebut disampaikan langsung Kepala SMP Islam Athirah Bone, basri, S.Si.,S.Pd.,M.Pd. di ruang kerjanya.

on 30 November 2018
  • Kegiatan

SISWA ATHIRAH BONE, WAKILI INDONESIA DI MODEL UNITED NATIONS 2019

Asia World Model United Nations (AWMUN) adalah sebuah ajang persaingan antar bangsa-bangsa yang diselenggarakan oleh International Global Network (IGN) tanggal 30 Januari sampai 2 Februari mendatang di Bangkok, Thailand. Memasuki tahun keduanya pada 2019 mendatang, ajang ini memiliki tujuan untuk mengumpulkan 1000 orang pemuda dari seluruh dunia mulai dari usia 17 sampai dengan 25 tahun untuk mengalami diplomasi dalam multikulturalisme.

on 30 November 2018
  • Kegiatan

Raih Prestasi Lewat Pandai Akuntansi

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Akuntansi UIN menggelar Kompak atau Kompetisi  Akuntansi dalam rangka ulangtahun mereka yang ke satu dekade bertema "Increase Your Accounting Skills in Fair Competition", Rabu (21/11/2018).

Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah SMA dan SMK Se-Sulawesi Selatan (Sulsel), kegiatan yang diperlombakan kompetisi akuntansi ini seperti multiple choice, poster persentasi, cerdas cermat dan juga essay.

on 29 November 2018
  • Kegiatan

Field Trip SMP Islam Athirah Bone 2018: Rekreasi Sambil Belajar di Malino


SMP Islam Athirah melakukan darma wisata (Field Trip) di Kel.Malino, Kec. Tinggimoncong, Kab.Gowa pada tanggal 23-25 November 2018. Dalam kegiatan tersebut siswa mengunjungi empat lokasi di Malino, yaitu perkebunan sayur, hutan pinus, lembah biru, dan pasar tradisional. Mereka  mendata jenis-jenis tumbuhan di lokasi perkebunan sayur, berwawancara dengan pedagang di pasar tradisional, dan mengerjakan tugas vlog Bahasa Indonesia di hutan pinus dan lembah biru.


Pada kesempatan tersebut siswa-siswi Athirah Bone tidak hanya belajar, tetapi juga dapat berekreasi di tempat wisata.
”Saya sangat senang dan antusias mengikuti setiap kegiatan dalam Fieldtrip kali ini karena banyak lokasi wisata yang sangat edukatif dan bersentuhan langsung dengan materi pembelajaran di sekolah,” kata Fatharsyah salah seorang peserta Fieldtrip.

Fieldtrip adalah kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh SMP Islam Athirah Boarding School Bone. Fieldtrip dilaksanakan untuk membuat siswa merasakan belajar dengan mendapatkan pengalaman langsung di lokasi wisata edukatif.(Athilah)


on 27 November 2018
  • Kegiatan

Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Dididik Kesadaran Bela Negara di Lanud Sultan Hasanuddin

MAROS – Cinta tanah air dan kesadaran berbangsa dan bernegara perlu ditumbuhkan di kalangan peserta didik. Sebab, setiap warga negara memiliki kewajiban menjaga nama baik dan mengharumkan cinta tanah air Indonesia.

on 27 November 2018
  • Kegiatan

SMP Islam Athirah Bone Sabet 2 Piala Olimpiade Alquran

Panyula(20/11). SMP Islam Athirah Bone berhasil menyabet 2 piala dalam Olimpiade Alquran  yang diselenggarakan oleh Sekolah Islam Al Fityan, Gowa. Juara II lomba MTQ dimenangkan oleh Asrijal Muammar dan juara III lomba MHQ  oleh Elok Humairo. Pada cabang lomba MKQ, Ihsan Ramadhan hanya berhasil menyabet Juara Harapan I.



Elok, siswa kelas VIII Ar Rauf menuturkan bahwa Ia bersyukur bisa meraih juara III. Prestasi tersebut dapat Ia raih dengan tekun latihan dan merojaah hafalan alqurannya.
‘’Alhamdulillah bisa juara 3 dalam kompetisi MHQ, kemarin, latihan dan selalu murajaah hingga meminta bantuan kepada orang lain untuk mengetes hapalan saya” ujar Elok Humairo.
Olimpiade Alquran Ke-2 diadakan di Sekolah Islam Terpadu Al- fityan, Gowa. Acara ini diikuti oleh 20 peserta MHQ, 18 peserta MTQ, dan 11 peserta MKQ. kegiatan ini berlangsung dari tanggal 16-17 November 2018. SMP Islam Athirah Bone mengutus 3 orang perwakilan dalam kompetisi tersebut. MHQ diwakili oleh Elok Humairo dari kelas VIII Ar-Rauf, MKQ diikuti oleh Muh. Ihsan Ramadhan dari kelas IX Ar-Raqib, dan MTQ diikuti oleh Asrijal Muammar dari kelas IX Ar- Rasyid.
Kepala SMP Islam Athirah Bone, Basri, S.Pd.,M.Pd. mengaku sangat bersyukur  atas capaian prestasi siswa-siswinya. Ia menuturkan bahwa semangat belajar alquran tidak hanya melulu di dalam musala dan masjid tetapi harus senantiasa meliputi aktivitas keseharian siswa.
“Alhamdulilah anak-anak bisa kembali meraih prestasi di bidang Alquran. Ini adalah bukti bahwa alquran yang mereka pelajari pun bisa membawa prestasi buat mereka. Kami berharap alquran tidak hanya dipelajari di masjid atau musala, tetapi senantiasa ditanamkan dalam aktivitas keseharian,” Pungkasnya. (Andi Ratu & Eva).


on 26 November 2018
  • Kegiatan

Laga Seru Berbuah Piala di Debat Ajang Kreativitas Pelajar 2018

SMA Islam Athirah Bone, kembali menunjukkan prestasi siswa siswinya dalam hal Public Speaking pada Ajang Kreativitas Pelajar 2018 Se-Sulawesi Selatan yang dilangsungkan oleh SMA Negeri 3 Bone bekerjasama dengan SMAGA ART.SMA Islam Athirah Bone, kembali menunjukkan prestasi siswa siswinya dalam hal Public Speaking pada Ajang Kreativitas Pelajar 2018 Se-Sulawesi Selatan yang dilangsungkan oleh SMA Negeri 3 Bone bekerjasama dengan SMAGA ART. 

on 24 November 2018
  • Kegiatan

Jangan Lemah

Musibah dan cobaan yang datang kadang kita hadang dengan rasa sedih dan kecewa.

on 23 November 2018
  • Kegiatan

KERJA IBADAH

Nama saya adalah Adhar, S.E. Saya sudah mempunyai pendamping hidup yang bernama Ernawati, S.Kep dan

on 23 November 2018
  • Kegiatan

Tiga Tantangan Zaman untuk Menuju Bangsa yang Kuat

Dulu pada zaman penjajahan, sebelum republik ini terbentuk masalah terbesar yang dihadapi bangsa kita adalah bagaimana merebut kemerdekaan dari tangan penjajah di seluruh nusantara.



Tantangan terbesar pada zaman itu ialah bagaimana membangkitkan semangat nasionalisme dan persatuan rakyat untuk bersatu melawan dan mengusir penjajah dari tanah air.

Hingga pada akhirnya dengan semangat persatuan dan nasionalisme yang berkobar dalam jiwa maka kita bisa merebut kemerdekaan dan terlepas dari belenggu penjajah yang telah berabad-abad lamanya berkuasa di atas bumi pertiwi.

Zaman berubah, tantangan yang dihadapi oleh bangsa ini pun berubah...

Setelah berhasil merebut kemerdekaan dan membentuk Nergara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) maka tantangan selanjutnya yang dihadapi oleh bangsa Indonesia kala itu adalah bagaimana mengejar ketertinggalan dari negara-negara lain yang lebih dulu start dan telah jauh melangkah dalam membangun negaranya.

Untuk bisa mengejar ketertinggalan dari negara-negara lain dalam membangun bangsa yang kuat dan maju maka tidak cukup hanya dengan mengandalkan sumber daya alam (SDA) saja, akan tetapi faktor fundamental lain yang tak kalah pentingnya adalah sumber daya manusia (SDM). Sebagaimana dalam perspektif ilmu ekonomi: negara maju adalah negara yang tidak lagi bergantung pada sumber daya alamnya melainkan pada keunggulan sumber daya manusianya.

Pada waktu itu, masalah utama yang di hadapi bangsa Indonesia adalah kurangnya anak bangsa yang terdidik. Orang-orang yang mampu mengakses pendidikan hanyalah golongan tertentu saja seperti kaum bangsawan. Angka buta huruf di Indonesia sangat tinggi sehingga semangat yang mulai di gaungkan bukan lagi semangat melawan penjajah akan tetapi semangat melawan kebodohan.

Isu pendidikan adalah salah satu yang mebjadi konsen utama pemerintah kala itu. Fokus kebijakan yang dikeluarkan adalah peningkatan mutu pendidikan dalam negeri. Sebagai langkah awal untuk mengatasi masalah tersebut, kebijakan yang diambil oleh kabinet pertama Republik Indonesia adalah mengangkat Ki Hajar Dewantara sebagai menteri Pendidikan, pengajaran dan kebudayaan.

Seiring waktu berjalan perlahan tapi pasti bangsa Indonesia mampu mengejar ketertinggalannya dan bisa mensejajarkan diri dengan negara-negara lain.

Saat ini pendidikan di Indonesia sudah semakin maju dibanding dulu, aturan wajib belajar yang dulu hanya 6 tahun kini telah ditingkatkan menjadi 12 tahun, bahkan di tahun 2018 pemerintah mengalokasikan anggaran untuk pendidikan hingga Rp444,131 Triliun atau sekitar 20?ri total Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Jika kita perhatikan saat ini prestasi anak bangsa dalam dunia pendidikan nampaknya berbanding lurus dengan upaya yang telah dilakukan pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan dalam negeri, hal ini dapat dilihat dari berbagai prestasi yang mampu ditorehkan oleh anak bangsa dalam  berbagai ajang olimpiade tingkat Internasional dimana kontingen indonesia selalu mampu mempersembahkan medali.

Selain itu, saat ini telah banyak anak bangsa yang dengan latar belakang keilmuannya mampu menunjukkan karya besarnya di tingkat Internasional seperti Sri Mulyani Indrawati yang pernah menjabat Direktur Bank dunia, Nelson Tansu ilmuan muda asal indonesia yang menjadi guru besar di Amerika, Basuki Indah Priyanto yang juga sebagai ilmuan muda Indonesia di Swedia, dan masih banyak lagi contoh anak bangsa lainnya yang berprestasi baik di dalam maupun diluar negeri.

Hal lain yang sangat mendukung berkembangnya ilmu pengetahuan di Indonesia saat ini adalah adanya kemajuan teknologi informasi dimana akses dan transfer informasi dari seluruh dunia bisa diperoleh dengan sangat mudah.

Dengan melihat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia saat ini nampaknya tidaklah berlebihan jika dikatakan bahwa pemerintah telah berhasil mencerdaskan kehidupan bangsa atau setidak-tidaknya dapat dikatakan bahwa bangsa Indonesia telah keluar dari zaman kebodohan dan memenangi perang melawan kebodohan.

Babak baru dari kemajuan ilmu pengetahuan ini membawa kita pada fase peradaban selanjutnya yang akhirnya merubah zaman sehingga tantangan yang dihadapi oleh bangsa ini pun lagi-lagi berubah...

Setelah perang melawan kebodohan dan buta huruf mampu dilalui, saat ini kita masuk ke era baru dimana kemajuan ilmu pengetahuan dan teknogi yang semakin pesat, arus informasi yang semakin canggih dan tanpa batas, membuat bangsa ini kemudian dihadapkan pada tantangan baru yang tak kalah seriusnya dari tantangan-tantangan sebelumnya seperti perang melawan penjajah dan perang melawan kebodohan. 

Masalah besar yang dihadapi bangsa indonesia saat ini adalah meningkatnya kecerdasan intelektual yang tidak diimbangi dengan akhlak yang baik.

Selama ini mungkin kita tidak pernah sadar bahwa seiring meningkatnya ilmu pengetahuan dan teknologi di negeri ini angka kriminalitas juga semakin meningkat dan semakin canggih. Sikap santun dan saling menghargai antar sesama yang menjadi ciri bangsa ini sejak dulu pun nampak mulai luntur. Semua itu terjadi karena ilmu pengetahuan yang ada tidak diimbangi dengan akhlak.

Kecerdasan intelektual tanpa diimbangi akhlak yang baik justru dapat menjadi musibah. Betapa banyak orang yang ahli dibidang tertentu yang justru memanfaatkan keahliannya untuk melakukan tindakan kejahatan. Seperti ahli IT yang justru menjadi hacker, ahli hukum yang menjadi mafia hukum, politikus yang membohongi rakyat dan pejabat yang justru memanfaatkan jabatannya untuk mengeruk kekayaan negara demi kepentingan pribadi dan kolongan.

Parahnya lagi, krisis akhlak ini terjadi hampir diseluruh lapisan masyarakat. Hampir setiap hari kita akrab dengan pemberitaan akan penyalahgunaan narkoba yang selalu menghiasi sampul depan surat kabar baik yang dilakukan oleh rakyat biasa hingga pejabat, dari yang berpendidikan rendah hingga yang bergelar profesor sekalipun tak luput dari jeratnya. 

Belum lagi para pejabat baik di tingkat daerah sampai di tingkat pusat yang silih berganti tampil di depan media dengan menyandang status tersangka Korupsi membuat kita seharusnya sadar bahwa ada sesuatu yang salah dari bangsa ini, dimana orang-orang dengan latar belakang pendidikan tinggi yang seharusnya menjadi problem solver justru menjadi problem maker bagi bangsa ini.

Mungkin selama ini bangsa kita terlalu fokus untuk mengasah intelektualitas dan kualitas keilmuan di bidang akademik dengan harapan ilmu yang diperoleh dapat membawa kemajuan bagi bangsa ini dan dapat menjadi bekal bagi kita dalam menghadapi kerasnya persaingan dunia kerja atau untuk mengejar karir demi meningkatkan status sosial dimata masyarakat akan tetapi kita lupa pada suatu hal yang jauh lebih besar dari sekedar mengasah kecerdasan intelektual yaitu pembinaan akhlak.

Keahlian dibidang  apapun akan selalu membawa kebaikan selama keahlian tersebut ditopang dengan pondasi akhlak yang kuat. Sebaliknya, apabila ilmu atau keahlian yang ada tidak dilandasi dengan akhlak yang baik maka yang terjadi justru kerusakan.

Dalam pandangan islam akhlak menjadi hal utama yang menjadi tujuan diutusnya nabi Muhammad SAW di muka bumi. Sebagaimana dalam sabda Rasulullah:

“Sesungguhnya aku (Muhamaad) diutus tidak lain hanyalah untuk menyempurnakan akhlak yang mulia.” (HR. Ahmad)

Haditz tersebut menegaskan bahwa akhlak yang mulia merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan ini. Maka dari itu mari kita lanjutkan perjuangan untuk meraih kemajuan bangsa yang sesungguhnya sesuai dengan cita-cita para pendiri bangsa dengan meningkatkan kapasitas dan kualitas keilmuan kita dibidang masing-masing dan berupaya menyempurnakan akhlak.

Semoga Allah SWT senantiasa merahmati kita dan bangsa ini.. amiin

Baarakallah fiikum...

[Rahmat Arsyad]

on 21 November 2018
  • Kegiatan

Semarak Latihan Dasar Kepemimpinan SMPI Athirah 2 Makassar

Pada tanggal 31 agustus – 1 september kemarin smp islam athirah 2 makassar telah melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yg diikuti oleh seluruh siswa dan siswi kelas 7 ditambah beberapa siswa kelas 8 yang tidak mengikuti LDK ditahun sebelumnya. Kegiatan dilaksanakan sebagai wadah untuk membentuk karakter siswa agar dapat menjadi seorang pemimpin, disamping itu LDK ini adalah ajang perekrutan pengurus osis untuk periode selanjutnya.

LDK ini sangat sangat penting dilaksanakan untuk siswa dan siswi kelas 7. dimana dalam masa peralihan dari masa anak anak menjadi remaja tentunya mereka harus mengetahui karakter apa saja yang harus disiapkan untuk masuk ke fase remaja, salah satunya adalah karakter kepemimpinan. *Marsya

on 19 November 2018
  • Kegiatan

Asah Kemampuan Berbahasa Inggris, Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Ikuti English Camp di Pucak Kabupaten Maros

MAROS – Kemampuan berbahasa Inggris menjadi modal untuk bersaing di tingkat internasional. Sehubungan dengan itu, para siswa perlu dimotivasi dan dibekali agar memiliki kecakapan berbahasa Inggris yang baik. Metode pembelajaran

on 19 November 2018
  • Kegiatan

Aysieknya Belanja di Pasar Tradisional

Dalam rangka puncak tema makanan dan minuman TK Islam Athriah 2 Makassar menggelar acara kunjungn ke pasar tradisonl

on 15 November 2018
  • Kegiatan

Belajar di Pasar Tradisional

TK Islam Athirah 1 Makassar mengadakan kegiatan puncak tema Kebutuhanku dengan "Berkunjung ke Pasar Tradisional" yang lokasinya berada di Pasar Sentral Makassar 08/11/18

on 15 November 2018
  • Kegiatan

Athirah Gelar Athirah Edu Parents Program

Pendidikan buah hati merupakan hal yang sangat banyak menyita perhatian orang tua, mulai dari pemilihan sekolah terbaik.

Dalam Pendidikan peran orang tua sangatlah dominan, maka tidak salah kalua dikatakan bahwa mendidik anak

on 14 November 2018
  • Kegiatan

FIELD TRIP KELAS 5 DESA TOMPOBULU KAB.MAROS

            Pada tanggal 1 -3 November SD Islam Athirah 2 mengadakan kegiatan Field Trip untuk kelas 5 dengan tema

on 14 November 2018
  • Kegiatan

Kalam Jamaie SMA Athirah Bone: Meriahkan Festival Pelajar

Dinas Pendidikan provinsi Sulawesi Selatan kembali mengadakan kegiatan Festival Pelajar se-sulawesi selatan. Salah satu lomba yang memeriahkan Festival Pelajar Sulsel 2018 ini adalah Kalam Jamaie. Kalam Jamaie merupakan choral speaking (paduan suara berbicara), akan tetapi menggunakan bahasa Arab.

on 31 Oktober 2018
  • Kegiatan

SMA Athirah Bone juara Debat Festival Pelajar

SMA Islam Athirah Bone kembali meraih prestasi membanggakan. Dalam Lomba Debat Bahasa Indonesia Festival Pelajar 2018 yang diadakan oleh Dinas Pendidikan provinsi Sulawesi Selatan. Athirah Bone berhasil mengalahkan 21 tim lain dari berbagai kabupaten di sulawesi selatan dengan menempati posisi ketiga sebagai peraih medali perunggu setelah Bulukumba dan Makassar. 

on 31 Oktober 2018
  • Kegiatan

Piala Bergengsi ada di Athirah Bone

Biologi Open Day (Body) 2018 yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) BiologiFakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) resmi ditutup hari, Minggu (21/10) sore. BODY 2016 resmi ditutup dengan pemukulan gong secara simbolik sebagai tanda berakhirnya seluruh rangkaian acara.

on 31 Oktober 2018
  • Kegiatan

Sabet Juara Pertama di Debat “PIKIR 2018”

            Tim Delegasi SMA Islam Athirah kembali mencuatkan taringnya di dunia debat ilmiah. Tim yang dibentuk apik oleh Yusran, M.Pd. selaku guru pendamping lomba debat ilmiah PIKIR 2018

on 30 Oktober 2018
  • Kegiatan

Siswa Kelas IX SMP Islam Athirah Bone Hadapi Sidang Artikel Ilmiah

SMP Islam athirah menggelar sidang Artikel yang dilaksanakan di Ruang Guru SMP. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 17 sampai dengan 23 Oktober 2018. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menguji siswa-siswi SMP kelas IX yang telah menyelesaikan penulisan artikel biografi tokoh-tokoh pendidik sekolah Islam Athirah Bone.

on 25 Oktober 2018
  • Kegiatan

Farih dan Alif, Menang pada Pemilu OPDIS SD Islam Athirah 2 Makassar

Jum’at, 19 Oktober 2018 adalah hari yang paling dinantikan oleh para siswa SD Islam Athirah 2 Makassar. Hari Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OPDIS yang diikuti oleh tiga pasangan calon. Pemungutan suara yang dimulai pukul 08.00 – 10.00 di ikuti oleh para siswa, guru serta karyawan SD Islam Athirah 2 Makassar.

Para guru, karyawan dan  siswa mulai dari kelas I hingga kelas VI secara bergantian mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di dua tempat berbeda, yaitu untuk kelas rendah (I-III) berada di area kelas rendah, dan untuk kelas tinggi (IV-VI) berada di depan Tata Usaha SD Islam Athirah 2 Makassar. Para siswa terlihat begitu antusias untuk menggunakan hak pilihnya. 

Setelah pemungutan suara ditutup tepat pukul 10.00, dilakukanlah perhitungan suara di ruang BK SD Islam Athirah 2 Makassar. Pada perhitungan ini dihadiri oleh tim sukses para calon, guru, MOP dan para anggota OPDIS-MPK SD Islam Athirah. Pada perhitungan suara tersebut, Muh. Farih Yazid Syaharuddin dan A. Muh. Alief Al-Ashar memperoleh suara sebanyak 186, A. Aqeel Kireyna dan A. Raihan Fachry memperoleh suara sebanyak 162, dan Raekhana Putri Syahbani dan Muh. Ibrahim Al Karim memperoleh suara sebanyak 112. Dengan hasil ini menjadikan Farih dan Alif sebagai ketua dan wakil ketua OPDIS SD Islam Athirah 2 Makassar untuk periode 2018-2019. 

Alif sebagai wakil ketua OPDIS terpilih saat ditanya tentang perasaan dan tanggapannya mengatakan bahwa ia bersama Farih sangat merasa senang karena mendapat dukungan dan kepercayaan dari teman-temannya dan segera menjalankan visi, misi serta program kerja yang telah mereka sampaikan saat kampanye dan debat kandidat. (zain)

on 24 Oktober 2018
  • Kegiatan

Tim Story Telling SMP Islam Athirah Bone Sabet Juara 1 BODY UNM 2018


SMP Islam Athirah Bone berhasil meraih peringkat 1 story telling  dalam ajang Biology Open Day (BODY)  di Makassar (18 Oktober s.d 21 Oktober 2018). Dibawah bimbingan Sapriadi,S.SSy, Muhammad Zahran Ahnaf, Muhammad Adnan Praseyto (siswa kelas 9),  Andi Syahratu Rezki Sani Syahrul (siswi kelas 8) berhasil menempatkan diri di posisi pertama diatas Luwu, Makassar, Dll.

on 23 Oktober 2018
  • Kegiatan

Athirah Bone Wakili Sulsel Pada Ajang Menulis Esai Nasional 2018

Watampone (18/10). SMP Islam Athirah Bone mewakili Sulawesi Selatan di ajang lomba menulis esai nasional (LMEN) 2018. Kegiatan ini rencananya akan digelar pada 27 s.d 31 Oktober 2018 di Jakarta Selatan.
Miftahul Haerah berhasil meloloskan esainya yang berjudul “Ada Tangis di Negeri Agraris”. Siswa kelas VIII Ar Rafi ini berhasil menyisihkan ratusan pesaingnya dari seluruh kota kabupaten di Sulawesi Selatan untuk kemudian berlaga di tingkat nasional.

on 22 Oktober 2018
  • Kegiatan

SMP Islam Athirah Bone Gelar PEMILOS

PANYULA - Siswa SMP Islam Athirah Bone menggelar pesta demokrasi pemilihan calon ketua dan wakil ketua OSIS periode 2018/2019 pada Senin (22/10). Pemilihan yang dihelat di SMP Islam Athirah Bone ini berlangsung layaknya Pemilu Nasional.

on 22 Oktober 2018
  • Kegiatan

Pesta Demokrasi SD Islam Athirah 2 Makassar

Pesta Demokrasi di SD Islam Athirah 2 Makassar kembali bergelora. Tahun ini, SD Islam Athirah 2 Makassar akan menentukan ketua dan wakil ketua Organisasi Peserta Didik Intra Sekolah  (OPDIS) untuk periode 2018-2019. Dalam pemilihan kali ini, akan diikuti oleh 3 pasangan calon, yaitu Muh. Farih Yazid Syaharuddin berpasangan dengan A. Muh. Alief Al-Ashar, A. Aqeel Kireyna berpasangan dengan A. Raihan Fachry, dan Raekhana Putri Syahbani berpasangan dengan Muh. Ibrahim Al Karim. Ketika pasangan ini berhasil maju sebagai calon ketua dan wakil ketua OPDIS setelah melalui serangkaian tes yang dilakukan oleh Majelis Permusyawaratan Organisasi (MPO).

Kemarin (17/8) ketiga pasangan calon ini telah melangsungkan Debat Kandidat sebagai rangkaian akhir kampanye sebelum hari pemilihan dilaksanakan pada jum’at (19/10).

Dalam debat kandidat yang dihadiri oleh ratusan pendukung dari ketiga pasangan calon yang membawa berbagai atribut. Dalam debat kandidat ini juga tak lupa pula dihadiri oleh para orang tua dari pasangan calon, yang salah satunya adalah wakil ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, H. Syaharuddin Alrif yang merupakan ayah dari Muh. Farih Yazid Syaharuddin. Dalam Kampanye yang dilakukan untuk anaknya, ia menyampaikan kegiatan debatkan kandidat dalam rangka pemilihan ketua dan wakil ketua OPDIS adalah kegiatan yang luar biasa yang dilakukan oleh pengurus OPDIS SD Islam Athirah 2 Makassar dan dari kegiatan ini akan mencetak pemimpin yang hebat dan top bagi bangsa Indonesia, dan belajar berorganisasi dari sekarang adalah suatu yang sangat penting. Tak hanya itu, kedua orang tua dari pasangan calon yang lain turut mengkampanyekan anak-anak mereka.

Selanjutnya, Pemilihan Umum OPDIS akan dilaksanakan pada hari jum’at, 19 Oktober 2018. Adapun jumlah pemilih tetap sekitar 500 DPT yang terdiri dari siswa, guru dan karyawan SD Islam Athirah 2 Makassar. (zain)

on 19 Oktober 2018
  • Kegiatan

15 Lembaga Pendidikan Semarakkan Athirah Edufair 2018


Manajemen Sekolah Islam Athirah menggelar Edufair 2018. Pameran pendidikan dilaksanakan Rabu, 17 Oktober 2018 di Auditorium Sekolah Islam Athirah, Jl. Kajolalido Makassar.

on 18 Oktober 2018
  • Kegiatan

SMP Islam Athirah Bone Raih Perak pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) di Bengkulu

Abdullah Abidin siswa kelas IX SMP Islam Athirah Bone meraih medali perak pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat nasional untuk mata pelajaran IPA Terpadu pada tanggal 24 – 29 September 2018 di Bengkulu. Kegiatan yang dilaksanakan di MAN 1 Bengkulu tersebut menjadi torehan prestasinya yang kesekian kali di pentas nasional. Abdullah Abidin yang merupakan peserta Ekskul Biologi di sekolahnya ini juga baru saja meraih medali emas pada ajang kompetisi sains BTA 8 Competition di Makassar yang juga diikuti oleh ratusan peserta se-Sulawesi.

on 10 Oktober 2018
  • Kegiatan

Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Studi Lapangan ke Monumen Pancasila Sakti

JAKARTA – Siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Islam Athirah Bukit Baruga


Makassar melakukan fieldtrip (studi lapangan) atau study tour ke Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Kamis (11/10/2018).

Turut mendampingi dalam kungjungan tersebut, Wakil Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga bidang kesiswaan Abdul Azis SPd dan wali kelas Dra Salmiaty. Turut hadir guru Ilmaddin Husain SPd. Dengan menumpas bus, para siswa tiba di Monumen Pancasila Sakti sekitar pukul 14.15 WIB. Di depan sumur maut, tempat ditemukannya jasad para pahlawan revolusi, para siswa memperoleh penjelasan terkait proses penculikan para jenderal. Ketujuh pahlawan tersebut menjadi korban Gerakan 30 September/PKI (G30S/PKI).

Wakil Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga Abdul Azis SPd mengemukakan, kunjungan tersebut menggabungkan antara observasi kampus dan fieldtrip. Kegiatan dilakukan sejak 8 sampai 12 Oktober 2018. “Pada Senin, 8 Oktober 2018, kami melakukan kunjungan penelitian di Kantor DPR. Kami diterima di Nusantara II oleh humas DPR,” ujar Abdul Azis.

Setelah itu, rombongan menuju ke Kantor Batan. Kemudian, rombongan menuju ke Bandung, Jawa Barat. “Di Bandung, kami melakukan observasi kampus ke Fakultas Arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB). Kami diterima oleh humas ITB,” ungkapnya.

Lalu, guru dan para siswa melanjutkan perjalanan ke Institut Pertanian Bogor (IPB). “Di rektorat IPB, para siswa mendapat informasi tentang strategi masuk ke IPB,” urai Azis.

Fieldtrip dan observasi kampus ini didampingi oleh wakasek kurikulum Dr Bakri dan wakasek kesiswaan Abdul Azis SPd. Selain itu, 2 orang wali kelas dan 1 orang guru Bimbingan Konseling (BK). Adapun jumlah siswa yang mengikuti kegiatan sebanyak 57 orang dari Kelas XII IPA 1, IPA 2, dan IPS. Dalam kunjungan, para siswa dibagi menjadi 2 kelompok.

Kegiatan observasi kampus ini, menurut Azis, untuk membekali informasi kepada siswa agar siap memasuki universitas terbaik di Indonesia. Adapun dalam kegiatan fieldtrip, para siswa mendapat tugas menyelesaikan tugas mata pelajaran biologi, kimia, sejarah, dan Pendidikan Kewarganegaraan (PKN). “Jadi, dua kegiatan dirangkaikan menjadi satu, sehingga ada nilai edukasinya,” ungkapnya.

Pagi tadi, para siswa diterima di Universitas Indonesia (UI) Depok, Jawa Barat. Menurut rencana, pada Jumat (12/10/2018) siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga akan diterima di Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Ilmaddin Husain)

on 16 Oktober 2018
  • Kegiatan

Sehari Bersama Ayah Ala TK Islam Athirah 2

TK Islam Athirah Bukit Baruga (2) menggelar kegiatan Sehari Bersama Ayah.

on 09 Oktober 2018
  • Kegiatan

Bedah Buku Guru SMA Islam Athirah Bukit Baruga Bahas Manajemen Waktu

MAKASSAR - Guru SMA Islam Athirah Bukit Baruga mengikuti bedah buku atau sharing bacaan.

on 08 Oktober 2018
  • Kegiatan

Sekolah Islam Athirah Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Palu-Donggala

Manajemen Sekolah Islam Athirah merespon cepat bencana alam gempa dan tsunami yang melanda Kota Palu dan Donggala,

on 04 Oktober 2018
  • Kegiatan

Murid SD Athirah Wakili Sulsel ke O2SN

O2SN SD tingkat Nasional kebali digelar di Yogyakarta dari tgl 15-22 September 2018

on 20 September 2018
  • Berita

Era Milenial, Siswa Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga Diajak Miliki Soft Skill

MAKASSAR – Kurikulum dalam dunia pendidikan laiknya menyesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.

on 18 September 2018
  • Kegiatan

SMA Islam Athirah Gelar IBB Vol. 2

SMA Islam Athirah unit Kajolalido menggelar Invitasi Bola Basket Vol. 2, antas SMA dan SMP se Sulsel.

on 13 September 2018
  • Kegiatan

108 Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Berkemah Pramuka di Markas Rindam XIV Hasanuddin

GOWA – Perkemahan pramuka dinilai dapat menumbuhkan kedisiplinan dan mengajarkan kecakapan hidup bagi pelajar.

on 13 September 2018
  • Kegiatan

SMP Islam Athirah Gelar Perkemahan di Gowa

SMP Islam Athirah unit Kajolalido menggelar perkemahan di Bumi Perkemahan Caddika,

on 13 September 2018
  • Kegiatan

Seminar Psikologi Fingerprint digelar di Athirah Boarding School Bone

Seminar Psikologi Fingerprint digelar di sekolah Islam athirah Boarding school Bone pada hari Sabtu (9/9) yang dihadiri oleh hampir sebagian besar orang tua siswa, siswa, dan guru. Kegiatan ini dibawakan oleh pencipta aplikasi pembaca sidik jari dari Bandung, yaitu Dedi Priadi , M.T.,MA.

on 11 September 2018
  • Kegiatan

Berkat Emas Tinju, Fadil Raih Student Of The Month

PANYULA (10/9). Student of the month merupakan acara yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mengapresiasi siswa(i) yang telah menunjukkan karakter yang baik. Bukan hanya karakter tapi, juga bagaimana keaktifan siswa(i) dalam proses pembelajaran ataupun dalam segi prestasi. Siswa yang terpilih merupakan pilihan dari guru guru di Sekolah Islam Athirah Bone.

on 11 September 2018
  • Kegiatan

SMP Athirah Bone Sabet Emas Cabang IPA BTA 8 Competition

Panyula (4/9). Setelah sukses dengan BTA 8 Competition September tahun lalu, bimbingan belajar BTA 8 Jakarta Cabang Sulawesi Selatan di bawah naungan Edi Sutarto Edu Center kembali mengadakan event yang sama. Bertajuk BTA 8 Competition Vol 2,  pada tanggal 1-2 September 2018 di Mall Phinisi Point.
Abdullah Aidin, Siswa kelas IX SMP Islam Athirah sukses menyabet medali emas pada kompetisi sains BTA 8 Jakarta. Lomba yang diikuti siswa SD sampai SMA ini, pada tingkat SMP mempertandingkan mata pelajaran IPA dan Matematika.
Tim Athirah Bone yang beranggotakan tiga orang berhasil meraih medali emas pada mata pelajaran IPA, dua lainnya, yakni Muh. Fajril dan Ahmad Aditya Yusuf pada cabang lomba matematika hanya sanggup melangkah sampai semifinal.
Abidin yang kerap disapa Aan ini mengaku sangat puas dengan capaiannya kali ini. Siswa yang juga lolos ke lomba matematika kompetisi sains madrasah di Bengkulu akhir Desember nanti, berharap bisa melakukan yang terbaik untuk meraih medali ditingkat nasional.
“Kalau dibilang puas, pasti puas, ya. Tapi saya masih harus mengejar target untuk meraih medali di bengkulu nanti. Pada lomba matematika KSM 2018 nanti,” Ujar siswa yang dikenal sangat kalem di antara teman-temannya ini.
BTA 8 Competition adalah kompetisi Sains antar pelajar tingkat provinsi yang  menggandeng Universitas Pertamina sebagai sponsor utama. Universitas Pertamina telah mempercayakan BTA 8 Jakarta Cabang Sulsel sebagai partner di Kawasan Timur Indonesia. Pada perhelatan Volume 2 kali ini, 2.000 siswa se-Sulawesi memperebutkan hadiah total Rp50 juta, 10 Medali Emas, 20 Medali Perak, 30 Medali Perunggu, dan 40 Piagam Merit.


on 04 September 2018
  • Berita

SMP Islam Athirah Bone Kirim Utusan Ke Nasional Lomba Kuis Ki Hajar 2018

PANYULA (31/8). SMP Islam Athirah Bone menyabet juara 1 lomba kuis Ki Hajar tingkat Provinsi. Kegiatan ini dimenangkan oleh Muh. Imran Asnawi yang merupakan siswa kelas IX Ar-Raqib. Event yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ini diadakan di makassar tepatnya di Hotel Grand Palace yang berlangsung dari tanggal 29 sampai tanggal 30 Agustus. Peserta lomba terdiri dari 24 siswa SMP se-SulSel Agenda tahunan ini diadakan dalam dua tahap yaitu sesi tes pengetahuan dan sesi presentasi. Imran Asnawi berhasil melewati sesi tes pengetahuan dengan poin teratas dan melaju ke tahap selanjutnya. Di sesi presentasi ia berhasil menarik perhatian juri dengan tema “ Pendidikan Karakter ”. Tema tersebut diambil dari TV Edukasi. Pada saat penutupan acara Muh. Imran Asnawi berhasil keluar sebagai yang terbaik dengan meraih Juara 1 dalam ajang lomba tersebut dan berhak melangkah ke babak Nasional di Jakarta November mendatang. Selain itu, Ia juga berhak atas hadiah uang senilai Rp. 1.750.000,00 Muh. Imran Asnawi berharap agar dapat meraih juara dan mengharumkan nama Sekolah Islam Athirah Bone di tingkat Nasional.“Alhamdulillah, saya bersyukur karena berhasil menyabet juara 1 dan lolos ke tingkat Nasional. Semoga saya dapat kembali menyabet juara 1 di tingkat Nasional” ujar Muh Imran Asnawi selaku Ketua OSIS SMP Islam Athirah Bone. Lomba kuis Kihajar (kita harus belajar) merupakan lomba yang dilaksanakan oleh kemdikbud dengan sasaran siswa SD, SMP, SMA/sederajat. Lomba ini bertujuan untuk memotivasi siswa untuk memanfaatkan TIK dalam pembelajaran, meningkatkan kompetensi siswa melalui pemanfatan TIK dan memfasilitasi siswa untuk unjuk prestasi. Lomba kuis Kihajar dilaksanakan dalam empat tahap, yaitu Kuis Harian, Kuis Provinsi, dan Kuis Nasional. (A. Ratu)

on 02 September 2018
  • Kegiatan

Sekolah Islam Athirah Sosialisasikan Program Inklusi

Sekolah Islam Athirah pada tahun ajaran 2018/2019 mulai menerapkan program inklusi. Program ini ditujukan bagi murid atau siswa berkebutuhan khusus untuk mendapatkan layanan pendidikan khusus sesuai dengan potensinya masing-masing.

on 04 September 2018
  • Kegiatan

Juara di Festival Bahasa Jepang

Sekolah Islam Athirah kembaali menorehkan prestasi antar kota Makassar, dalam kegiatan lomba baca jepang dan menggambar komik jepang.

Kegiatan yang digagas oleh Kementerian Agama Kota Makassar, Japanese Club & MAN 2,  kegiatan berlangsung meriah di MAN 2 Model Makassar, diikuti oleh siswa antar Kota Makassar

Dalam kegiatan ini utusan Sekolah Islam Athirah membuktikan bahwa kemampuan dalam Bahasa tidak diragukan lagi, hal ini terbukti siswa Sekolah Islam Athirah berikut ini dapat meraih piala :

- Ayudya Rizky Pradipta (Juara 1 Lomba Membaca Huruf Jepang)

- Mutiara Syifa Anida (Juara 3 Lomba Membaca Huruf Jepang)

- Imam Fatih Alfathona (Juara 3 Lomba Menggambar Komik Jepang)

Bahasa Jepang merupakan salah satu Bahasa pilihan di Sekolah Islam Athirah, dan dibina langsung oleh Ibu Musyorafah yang menangani dua wilayah Bukit Baruga dan Kajaolaliddo.

“ini membuktikan bahwa kegigihan dalam belajar tidak akan menghianati hasil” ujar musyorafah seusai mendampingi siswanya dalam menerima piala.

 

 

 

on 04 September 2018
  • Kegiatan

Kalla Group Apresiasi Putra-Putri Karyawan Berprestasi

YayasanHadjiKalla.co.id – Dalam rangka menyambut HUT Kalla Group ke 66 tahun ini, Kalla Group melalui Yayasan Hadji Kalla menggelar Acara Penyerahan Secara Simbolis Beasiswa Tingkat SD-SMA Lingkup Kalla Group, Senin (20/8). 

on 04 September 2018
  • Kegiatan

OSIS SMA Islam Athirah 1 Kajolalido Gelar Latihan Dasar Kepemimpinan

Kurang lebih 120 siswa kelas X SMA Islam Athirah unit Kajolalido mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan,

on 04 September 2018
  • Kegiatan

Berbagi Buku di TPA

Hawa panas dan terik matahari siang itu sangat menyengat, dipinggiran kota Makassar,

on 04 September 2018
  • Kegiatan

Sekolah Islam Athirah Qurban 41 Ekor Sapi dan 18 Ekor Kambing

Dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah, Keluarga besar Sekolah Islam Athirah berkurban 41

on 28 Agustus 2018
  • Kegiatan

HUT RI ke-73 Menjadi Momentum Gerakan Diet Sampah Plastik di Athirah

Manajemen Sekolah Islam Athirah menggelar upacara peringatan HUT RI ke-73, Jumat, 17 Agustus 2018 di Lapangan Sekolah Islam Athirah unit Kajolalido

on 28 Agustus 2018
  • Kegiatan

Dua Murid SD Islam Athirah Juara Olimpiade Matematika di Thailand

Prestasi membanggakan kembali ditorehkan dua murid SD Islam Athirah. Mereka adalah Abdul Ghani Afandy,


kelas 6 SD Islam Athirah unit Kajolalido dan A. Fayyaz Rizq, kelas 5 SD Islam Athirah unit Bukit Baruga. Keduanya berhasil menjadi juara di ajang The International Junior Math Olympiad (IJMO), yang diselenggarakan pada 27-31 Juli 2018 di Thailand.

IJMO adalah kompetisi matematika internasional se Asia yang tahun ini diikuti ratusan pelajar dari 18 negara. Di kompetisi kali ini, Abdul Ghani Afandy berhasil meraih medali emas untuk kategori grade 5 sementara A. Fayyaz Rizq meraih perunggu untuk kategori grade 4.

Hery Arianto, guru matematika SD Islam Athirah menyambut gembira prestasi yang diraih 2 murid ini. "Tentu ini sangat membanggakan bagi kita semua, karena kompetisi ini tingkat dunia," ujarnya.

Dirinya berharap agar kedua murid ini dapat terus mengasah diri untuk mengikuti kompetisi-kompetisi serupa di lain waktu. "Kita juga berharap ini menjadi motivasi bagi murid-murid yang lain untuk mengukirprestasi di tingkat internasional," tekannya.

on 10 Agustus 2018
  • Kegiatan

Murid SD Runy's School Ternate Study Tour di SD Islam Athirah

Sebanyak 37 murid SD Runy's School Ternate, berkunjung ke SD Islam Athirah unit Kajolalido, Rabu, 8 Agustus 2018.

on 10 Agustus 2018
  • Kegiatan

Perwakilan Kedutaan Inggris Bertandang ke Sekolah Islam Athirah

Trade and Investment Manager for Education Department Kedutaan Inggris untuk Indonesia,

on 10 Agustus 2018
  • Kegiatan

Bedah Buku SMA Athirah Bukit Baruga, Guru Diajak Miliki Keterampilan Berkomunikasi

MAKASSAR - Bangsa Indonesia membutuhkan guru yang mampu memberi inspirasi. Di sisi lain, guru hendaknya menjadi teladan karena memiliki peran penting dalam melahirkan siswa berkarakter mulia. Tak kalah penting, keterampilan berkomunikasi penting dimiliki oleh guru

on 10 Agustus 2018
  • Kegiatan

Seminar Kepenulisan, Athirah Bone Hadirkan Novelis Nasional

Panyula_Sekolah Islam Athirah Bone mengadakan acara seminar kepenulisan pada hari Senin,(6/8)  yang dilaksanakan di moshallah Fatimah Kalla. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa dan siswi Sekolah Islam Athirah Bone. Adalah seorang novelis produktif dari Surabaya, Sinta Yudisia yang menyempatkan diri untuk hadir di tengah-tengah siswa Sekolah Islam Athirah untuk berbagi ilmu kepenulisan. Penulis yang merupakan mantan ketua FLP Pusat yang kini menjabat sebagai dewan penasihat ini merupakan novelis yang telah menelurkan ratusan karya bermutu dan telah memenangi puluhan penghargaan atas tulisan-tulisannya, baik fiksi maupun non fiksi. Beberapa karyanya, antara lain Sebuah Janji (GIP), The Lost Prince (GIP), Kekuatan Ketujuh (Beranda), Kuntum-kuntum Bunga (FBA Press), Melintasi Batas (Mizan), Langit Lembayung (Mizan), Armanusa (Mizan), Lafadz Cinta (Mizan) – Best Seller.
Acara dibuka oleh MC dengan  pengenalan biografi sang pemateri yang lebih akrab disapa Bunda Sinta. Setelah pembukaan oleh MC, acara dilanjutkan dengan pemberian materin oleh Bunda Sinta. Materi yang dibawakan bukan hanya sekedar tentang kepenulisan akan tetapi diselingi dengan cerita dan motivasi motivasi  yang Ia dapatkan ketika berkesempatan diundanng ke Korea Selatan. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang diakhiri dengan pemberian hadiah bagi siswa yang mendapat kesempatan untuk bertanya, berupa buku dan gantungan kunci  dari Korea.
Sebelum melanjutkan perjalan ketempat lain untuk melakukan seminar lainnya, Sinta menyempatkan diri untuk memberikan tanda tangan kepada siswa yang menginginkannya setelah melaksanakan shalat duhur berjamaah bersama warga Athirah Bone di Mushallah Fatimah Kalla. (Iffah Al Khairiyah)

on 08 Agustus 2018
  • Kegiatan

SMP Islam Athirah Borong Piala di Lomba HANI 2018

Watampone – SMP Islam Athirah Bone baru saja memenangkan Lomba Pidato Hari Anti Narkoba yang diadakan oleh Kantor BNN kabupaten Bone pada hari Jumat (3/8) di aula Kantor BNN Kab. Bone. Juara I, Juara III, dan JuaraHarapan I diboyong oleh siswa-siswi SMP Islam Athirah Bone, plus juara harapan II untuk kategori tingkat SMA.
Juara I diraih oleh ananda Andi Syahratu, siswi kelas VIII, Juara III oleh ananda Widitra Darwis dari kelas IX, dan Juara harapan I diraih oleh Nasriyah Suparman dari Enrekang. Sisanya juara harapan II disabet oleh siswa SMA ananda Rifky Haekal dari kelas XI IPA.
Tema dari lomba pidato anti narkoba tahun 2018 kali ini adalah “Mewujudkan Generasi Emas, Generasi Sehat, Generasi Anti Narkoba”.
Andi Syahratu sebelumnya tidak menyangka akan keluar sebagai yang terbaik, melihat para pesaingnya adalah utusan terbaik dari masing-masing sekolah. Ia mengaku tampil semaksimal mungkin sebagaimana arahan pembimbing.
“Pasrah aja sih ya. Saya juga tidak berharap banyak kalau melihat para pesaing yang juga tampilbagus-bagus.tapi alhamdulillah bisamendapatkan yang terbaik,” Ujar siswa yang kelahiran kota Bulukumba ini.
Perayaan Hari Anti Narkoba Internasional 2018 diperingati oleh kantor BNN Kab. Bone dengan menggelar lomba pidato dan yel-yel yang diikuti sejumlah SMP/MTs, dan SMA/MA se-Kabupaten Bone. Selama tiga hari, mulai dari tanggal 1-3, siswa dari SMP?MTs dan SMA/MA berkompetisi untuk memperebutkan trophy dan hadiah menarik.


on 08 Agustus 2018
  • Kegiatan

KSM: ATHIRAH GOES TO NATIONAL COMPETITION

Bone, Panyula- Rahmadani atau yang akrab disapa Dona ini adalah siswi kelas 12 MIPA Al- Wajid kembali menuai prestasi pada ajang KSM (Kompetisi Sains Madrasah) tingkat provinsi dan meraih juara pertama pada bidang mapel Biologi Terintegrasi. Kemenangan ini sekaligus memberi kesempatan kedua bagi Dona karena dulunya tidak sempat memenangkan juara di ajang OSN tingkat Kabupaten.

“Pertama, saya bersyukur karena bisa dibilang target saya selama SMA itu, bisa sampai nasional. Dan saya berusaha untuk wujudkan lewat OSN tapi takdir berkata lain. Saya juga belum tahu tentang KSM ini… jadi saya sangat beryukur dengan jalan istimewa yang diberikan Allah..” ujar Dona.

“KSM tahun ini di Bengkulu. Saya sih.. berharap bisa dapat yang terbaik dan bisa banggakan Athirah di tahun terakhir saya.”

Di sisi lain, ada Wihdatul Aqidah yang meraih juara ketiga di bidang Ekonomi Terintegrasi. Wihda yang notabenenya teman sekelas Dona juga sempat sakit hati karena tidak memiliki kesempatan untuk sampai ke nasional setelah dulunya sempat stop di OSN tingkat provinsi.

“Saya juga sempat down saat itu. Saya kira saya nggak bakalan dapat juara. Ini sungguh di luar dugaan saya bisa dapat juara ketiga. Dan mungkin ini juga yang terbaik” ujar Wihda.

“Saya selalu memegang kata-kata Ibu Ayu, sering-seringlah meminta doa kepada setiap orang yang kamu temui karena kita tidak tahu doa siapa yang akan dikabulkan, apakah doa kamu atau orang lain.. tapi yang paling penting yaitu belajar giat dan restu orang tua” kata Dona menutup.

 

on 03 Agustus 2018
  • Kegiatan

Bedah Buku, Guru SMA Islam Athirah Bukit Baruga Bahas Manajemen Kelas

MAKASSAR - Sekolah adalah rumah kedua bagi siswa. Sekaitan dengan itu, guru sepatutnya menjadi orang tua kedua bagi siswa, sehingga siswa betah belajar di sekolah.

on 01 Agustus 2018
  • Kegiatan

Raih Medali Perak di Ajang OSN Nasional

Siswi Kelas IX SMP Islam Athirah 1 Makassar ini kembali mengharumkan nama Sulsel diajang kancah Nasional

Ananda Novelya Putri Ramadhani berhasil meraih medali perak pada ajang Olimpiade Sains nasional (OSN) 2018 di Padang dibidang matematika.

Putri dari pasangan Bapak Wijaya dan Irma T selalu membawa nama harum Sekolah Islam Athirah baik nasional maupun Internasional, di tahun sebelumnya juga telah berhasil mewakili Indonesia ke Vietnam dan meraih perunggu.

Siswi cantic dan pemalu ini bahkan telah mendapatkan beasisiwa sampai Strata tiga dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, atas pretasinya selama ini.

on 01 Agustus 2018
  • Kegiatan

Sambut Orangtua Siswa, SD Islam Athirah 1 Menggelar “Welcoming Day”

    Di penghujung bulan Juli (31/7//18) SD Islam Athirah 1 Makassar menggelar kegiatan “Welcoming Day” di Auditorium Lt 3

on 31 Juli 2018
  • Kegiatan

SMP Athirah Bone Sabet Juara II Lomba Pidato Perpustakaan Se-Sulsel Tahun 2018

Panyula - SMP  Islam Athirah Bone berhasil menyabet juara II pada lomba pidato perpustakaan

on 30 Juli 2018
  • Berita

Raih Medali Emas KSM 2018, Siswa SMP Islam Athirah Bone Siap ke Nasional

Watampone- Siswa SMP Islam Athirah Bone berhasil meraih medali emas dalam cabang IPA Terpadu atas nama Abdullah Abidin di Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2018. Kegiatan tersebut diselenggarakan di MTSn Model dan MAN Model pada tanggal 25 Juli 2018. Cowok yang akrab disapa Aan ini mengungkapkan rasa syukurnya setelah dapat meraih medali emas. Menurutnya, begitu ketatnya persaingan prestasi kawan kawannya dari sekolah-sekolah madrasah lain se Sulawesi Selatan membuatnya sangat termotivasi untuk memberikan yang terbaik buat sekolah pada seleksi tingkat nasional di Bengkulu. "Sangat bersyukur tentunya dengan prestasi ini. Apalagi akan terus ke Nasional di Bengkulu nantinya. Terima kasih saya ucapkan kepada semua pihak yang terlibat, khususnya para guru yang tak kenal lelah membimbing, Saya sudah siap untuk bertarung kembali ke nasional"ungkapnya. SMP Islam Athirah sendiri mengirim 2 wakilnya ke seleksi tingkat Provinsi. Abidzar alghifari yang mewakili Bone pada mapel IPS terpadu, sayangnya harus puas di posisi harapan kedua. IPS Terpadu sendiri akan diwakili oleh siswa dari MTsN Watampone ke seleksi tingkat nasional. Kompetisi Sains Madrasah tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2018 tersebut diikuti oleh pemenang KSM tingkat kabupaten dan kota se Sulawesi Selatan. Pesertanya adalah ratusan siswa, mulai dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah hingga Madrasah Aliyah serta sekolah-sekolah islam yang ada di bawah naungan dinas pendidikan. Diselenggarakan oleh Bidang Madrasah Kanwil Kementrian Agama Provinsi Sulawesi Selatan. Tujuan dari kegiatan adalah untuk menjaring siswa-siswi untuk mewakili Sulawesi Selatan ke tingkat nasional di Bengkulu pada bulan Oktober 2018.

on 30 Juli 2018
  • Berita

FLS2N: Athirah Bone Go to National

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US KO X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-fareast-language:KO;} </style> <![endif]--> Bone, Panyula- Rahardi, siswa kelas 12 SMA Islam Athirah Bone kembali menuai prestasi dalam ajang lomba FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional) (21-22/04/18) . Pelajar yang kerap disapa Rahe itu berhasil menjadi juara 1 dan lolos ke tingkat Nasional.

“Alhamdulillah, Bangga sekali. Bisa mengharumkan nama Athirah lagi,” aku Rahardi saat ditemui sepulangnya dari lomba.

on 30 Juli 2018
  • Berita

Sambut Hari Anak Nasional, Sekolah Islam Athirah Bone Bahasa Sisi Positif dan Negatif Anak Jaman Now

Dalam rangka memperingai hari anak nasional 23 Juli 2018, siwa SMP-SMA Islam Athirah Bone berkumpul dalam “Kajian Mingguan” di Musala Fatimah Kalla. Hadir sebagai pembicara, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Eva Rukmana Thandra, S.Pd. dan Guru Tahfidz SMA Islam Athirah, Ustd. Irwan Amin, Lc. Kegiatan yang berlangsung selama satu jam setengah tersebut merupakan berformat kajian mingguan yang merupakan program rutin mingguan yang bervariasi. Pada kesempatan tersebut pembicara mengangkat tema tantangan anak jaman now, sisi positif dan negatif gawai bagi anak, tidak lupa juga dibahas bagaimana eksploitasi anak saat ini sudah pada tahap yang sangat memprihatinkan. . Selain itu, peran orang tua menjadi lebih berat mengingat tantangan yang dihadapi anak juga semakin berat. Ustd. Irwan Amin, Lc mengingatkan bahwa bekal agama menjadi sangat penting untuk orang tua karena mereka adalah madrasah pertama. Orang tua harus menjadikan rumah sebagai tempat yang nyaman sehingga anak bisa menjadikan rumah sebagai sebaik-baiknya tempat kembali dari segala macam hiruk-pikuk yang ada di dunia luar. (Abidzar)

on 23 Juli 2018
  • Kegiatan

Memadukan 'Jalan Kalla' dengan Cara Berpikir Suprarasional

MAKASSAR -- Nuansa berbeda terlihat disela-sela program kegiatan awal tahun ajaran baru

on 20 Juli 2018
  • Kegiatan

Hari Pertama Sekolah, SMA Islam Athirah Kajolalido Gelar MPLS

Memasuki hari pertama sekolah pada tahun ajaran 2018/2019, Senin, 16 Juli 2018 SMA Islam Athirah Kajolalido

on 17 Juli 2018
  • Kegiatan

Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga Harap Siswa Baru Kenali Sekolah Lebih Dekat

MAKASSAR - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) sepatutnya dimanfaatkan untuk mengenalkan lingkungan sekolah kepada para siswa baru. Kegiatan MPLS seharusnya bebas dari perpeloncoan, kekerasan,

on 17 Juli 2018
  • Kegiatan

Kegiatan Welcoming Day 2018, Wabup Bone: Kita Harus Bangga, Ada Athirah di Bone

Bone – Hampir semua gerbang sekolah terbuka di hari pertama sekolah hari ini (16/7), namun SMP-SMA Islam Athirah Bone telah membukanya lebih awal pada hari Minggu (15/7) dalam kegiatan bertajuk Welcoming Day Sekolah Islam Athirah 2018. Di Kompleks Sekolah Islam Athirah di Jl. Sungai Musi, tanete Riattang Timur, tampak kendaraan roda dua maupun roda empat yang mengantar putra putrinya keluar masuk secara bergelombang. Tak sedikit PNS yang terlihat juga menurunkan buah hatinya di depan gerbang. Sebelum masuk, putra-putrinya yang baru masuk kelas 7 atau kelas 10 itu sangat antusias berjalan beriringan menuju meja registrasi. Para siswa baru yang masuk hari pertama akan mengikuti prosesi welcoming day dan welcoming asrama. Orang tua dalam momen tersebut akan mendapatkan pencerahan dari pihak sekolah terkait kegiatan-kegiatan yang akan dilalui anak-anak mereka di sekolah berasrama. Dalam kesempatan yang sama, mereka juga akan melepas putra-putri mereka untuk belajar mandiri dan hidup jauh dari orang tua. Wakil Bupati Bone, Drs. H.Ambo Dalle, pada kesempatan tersebut hadir sebagai orang tua siswa yang mengantarkan putri bungsunya untuk bersekolah di SMP Islam Athirah. Beliau juga memberikan sambutan di depan serta ratusan orang tua siswa yang hadir. “Kita sepatutnya bangga dengan adanya Sekolah Islam Athirah di Kabupaten Bone. sekolah ini adalah sekolah bagus yang prestasinya bukan hanya di level nasional, tetapi sudah mencapai internasional. Terima kasih buat bapak Jusuf Kalla yang telah menghadirkannya di Bone. Dalam kegiatan tersebut, Wabup yang kembali menjabat di periode keduanya ini, melakukan penandatanganan jaminan mutu disaksikan langsung oleh Direktur Sekolah Islam Athirah, Ir. Syamril. M.Pd. dan jajaran pimpinan SMP dan SMA. Pada tahun 2018, tercatat 130 siswa dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan menghadiri kegiatan Welcoming Day 2018. Masih ada empat siswa yang berhalangan hadir dengan beragam alasan. Siswa yang memeroleh beasiswa pada tahun ini mencapai 65?ri total jumlah siswa yang diterima, sisanya adalah siswa yang membayar secara mandiri. Sekolah Islam Athirah Bone adalah sekolah berasrama di bawah naungan Yayasan Kalla yang konsisten memberikan beasiswa kepada siswa berprestasi yang berstatus Dhuafa. (Abisar)

on 15 Juli 2018
  • Kegiatan

Rapat Kerja, SMA Islam Athirah Bukit Baruga Bersinergi Capai Jaminan Mutu dan KPI

MAKASSAR – Perencanaan (planning) program penting dilakukan sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan. Setelah perencanaan,

on 11 Juli 2018
  • Kegiatan

Eratkan Silaturrahim dengan Halalbihalal

Mengawali aktivitas guru & karyawan Sekolah Islam Athirah setelah menjalani libur lebaran

on 09 Juli 2018
  • Kegiatan

Kepala SMA Islam Athirah Silaturahim dan Rapat Perdana dengan Guru

MAKASSAR - Untuk mencapai visi misi sekolah, antara pimpinan dan guru didorong memperkokoh tali persaudaraan

on 06 Juli 2018
  • Kegiatan

Petakan Kemampuan, Insan Athirah Ikuti Tes Potensi Akademik

MAKASSAR – Sekolah Islam Athirah baru saja menggelar Tes Potensi Akademik (TPA) bagi segenap pimpinan

on 05 Juli 2018
  • Kegiatan

Didik Generasi Millenial Sesuai dengan Zamannya

Orang tua merupakan guru pertama dan utama bagi anak.

on 03 Juli 2018
  • Kegiatan

Buku Pertama Karya Siswa Dirilis dalam Penamatan SMP Islam Athirah Bone

Panyula. Sabtu (02/06) penamatan angkatan V SMP Islam Athirah Bone digelar di Aula Sekolah Islam Athirah Bone. salah satu hal yang unik dalam penyelenggaraannya kali ini adalah sajian bahasa pengantar pembawa acaranya yang menggunakan lima bahasa, yaitu Indonesia, Arab, Bugis, Makassar, dan Jawa. Pada kesempatan ini juga turut dirilis buku kompilasi karya artikel siswa bertajuk “Lets Go Boarding”, sekaligus dibedah oleh salah satu siswi SMP Islam Athirah Bone yaitu Sitti Sofiah Isra Amri. Buku pertama SMP Islam Athirah Bone ini merupakan sebuah kebanggaan buat sekolah karena merupakan murni karya siswa dan siswi yang memuat profil program-program unggulan di SMP-SMA Islam Athirah Bone Dua hari sebelumnya, siswa siswi kelas IX angkatan V telah mengikuti ujian tahfizd atau acara munaqasyah hifdzil quran. Tiga siswa dengan hafalan terbanyak baru melakukan ujian tahfidz pada acara penamatam. Ketiga siswa ini adalah Muh.Nurhidayat Riadi, yang memiliki hafalan 8 juz, Zaki Ahmad Naufal yang memiliki hafalan 7 juz, dan Nurhafidah yang memiliki hafalan 5 juz. Pada sesi kedua acara yang dilanjutkan setelah salat asar, dr. Usman (SP.AM Mkes) yang juga merupakan orang tua dari salah satu siswa angkatan V memberikan materi tentang kaitan kesehatan dengan Islam. Beliau juga menuturkan bahwa kesehatan sangat berkaitan dengan islam. Dalam penganugerahan Athirah Award, beberapa kategori yaitu Hafidz/hafidzah terbaik, kultum terbaik, the best leader dan iman terbaik diberikan sekolah untuk siswa. Siswa dengan lomba terbanyak, the best karakter dan orang tua paling peduli, siswa inspiratif, artikel terbaik, nilai UN terbaik, dan yang terakhir siswa terbaik. Selain untuk siswa ada juga kategori guru dan karyawan terbaik. Kegiatan penamatan kali ini ditutup dengan acara buka puasa bersama seluruh warga SMP-SMA Islam Athirah dengan orang tua siswa dan tamu undangan.

on 07 Juni 2018
  • Kegiatan

ATHIRAH CAMP : TAHAP TERAKHIR UNTUK MEMASUKI RUMAH KEDUA

Kesibukan terlihat di Area Sekolah Islam Athirah Bone pada (27-31/05). Pasalnya, itu adalah hari pertama tes terakhir yang akan dilewati calon peserta didik baru yaitu “ATHIRAH CAMP”.

“ Hari ini lumayan capek yah..karena harus membantu keperluan adik-adik peserta athirah camp.” Urai Muh. Fiqri Abdi Rabbi selaku panitia pendamping kamar.

Pelaksanaan athirah camp tahun ini diikuti oleh 77 peserta dari tingkatan Sekolah Dasar (SD) dan 146 dari tingkatan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Athirah Camp merupakan rangkaian terakhir dari tes Penerimaan Siswa baru Sekolah Islam Athirah Bone. Semua peserta tes yang lolos seleksi akademik dan survei bagi calon siswa jalur Kalla Educare (program beasiswa Yayasan Kalla) diundang untuk mengikuti kegiatan ini. Mereka bermalam di sekolah selama beberap ahari.

on 05 Juni 2018
  • Kegiatan

GREBEK SEDEKAH

Para pengurus Osis SMP Islam Athirah 2 Makassar (Qonqueror's) terlibat langsung

on 04 Juni 2018
  • Kegiatan

Berbagi di AJR 2018

AJR SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga Athirah Jelajah Ramdhan (AJR) SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga

on 04 Juni 2018
  • Kegiatan

AJR SD Islam Athirah 1 Makassar


Athirah Jelajah Ramadhan di singkat AJR, SD Islam Athirah 1 Makassar dilaksanakan selama 2 hari

on 04 Juni 2018
  • Kegiatan

Penamatan TK Islam Athirah 1 tahun ajaran 2017-2018

Siswa siswi TK Islam Athirah 1 mengikuti prosesi Penamatan, penamatan hari ini berlangsung dengan khidmat

on 04 Juni 2018
  • Kegiatan

Fahmil Quran Metode Kaisa

Kegiatan Fahmil Quran dan imtihan metode Kaisa dihadiri dengan antusias oleh wali santri (30/5/2018).

on 04 Juni 2018
  • Kegiatan

TK Islam Athirah 2 Menggelar Fahmil Qur’an

Baru-baru ini Jumat (11/5/18) TK Islam Athirah 2 menggelar Fahmil Quran di Masjid Fatimah Bukit Baruga.

on 04 Juni 2018
  • Kegiatan

Guru SMA Islam Athirah Bukit Baruga Diajak Kaji Alquran

MAKASSAR – Para guru SMA Islam Athirah Bukit Baruga mengikuti kajian

on 04 Juni 2018
  • Kegiatan

Asaha Kemampuan Akting Anak Lewat Drama

“Saya tidak menyangka anak saya bisa tampil bagus dan percaya diri sesuai dengan peran yang diberikan kepadanya”, demikian salah satu kalimat testimony dari bapak orangtua siswa Dzaky Mubarak , yang sangat senang dan mendukung kegiatan Pentas Drama yang dilaksanakan pada hari Senin 14 Mei beberapa hari yang lalu.

Menurut ketua panitia Ilham Mais, Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas V SD Islam Athirah 2 makassar yang berjumlah 84 orang. Dan semua orang tua siswa hadir untuk menyaksikan penampilan pementasan drama anaknya. Dalam pementasan drama tersebut, siswa menggunakan bahasa inggris. Kegiatan ini setiap tahun dilaksanakan dan untuk meningkatkan rasa percaya diri anak serta menyalurkan bakat seni peran yang dimiliki oleh anak.

Adapun tema cerita pentas drama kali ini adalah “Detik-detik Proklamasi” perjuangan bangsa Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah, dan akhirnya Bapak  Soekarno dan Bung Hatta berhasil memproklamirkan kemerdekaan Bangsa Indonesia, Merdeka… Merdeka… merdeka...!

on 04 Juni 2018
  • Kegiatan

Siswa SMA Athirah Bukit Baruga Ikuti “Athirah Jelajah Ramadan”

MAKASSAR – Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga mengikuti Pesantren Ramadan

on 04 Juni 2018
  • Kegiatan

JUARA LOMBA DEBAT KPU 2018

LOMBA DEBAT KPU 2018 Lomba Debat KPU 2018 merupakan lomba yang pertama kali

on 04 Juni 2018
  • Kegiatan

Athirah Boarding Bone Gelar Camp 2018 di Bulan Ramadan

PANYULA- Ahad, 27 Mei 2018, Kegiatan Athirah Camp digelar di Sekolah Islam Athirah  Boarding Bone. Acara pembukaan yang dilaksanakan di Masjid Fatimah Kalla, tepat di bulan suci ramadan ini dihadiri oleh seluruh guru dan karyawan, serta orang tua peserta.
Acara diawali dengan pembacaan ayat suci alquran oleh Ashrijal Muammar dan Saritilawah oleh Nur Khazizah Annisa. Kemudian sambutan dari salah satu orang tua siswa, Ir. Harun M.Si. Ia menyatakan bahwa 90% pendidikan dipercayakan oleh sekolah sedangkan 10?alah pendidikan dari orang tua. Dalam kesempatan itu, kata sambutan dari pihak sekolah diwakili oleh kepala SMA Islam Athirah Bone, Syamsul Bahri S.Pd.I
“Sebidang tanah belum tentu cocok untuk semua bibit tumbuhan. Sebuah sekolah belum tentu cocok untuk semua siswa. Oleh karena Athirah Camp diadakan untuk menyeleksi siapa saja siswa yang benar-benar cocok dan mampu untuk bersekolah di sini.” Ujar Kepala Sekolah yang menjabat sejak tiga tahun terakhir ini.
Kegiatan pembukaan kemudian dilanjutkan dengan berbuka puasa bersama, shalat maghrib berjamaah, dan makan malam bersama.
“Athirah Camp diharapkan dapat menyaring calon siswa siswi generasi emas untuk menjadi penerus masa depan yang membawa nama Athirah di nasional maupun internasional.” Ujar Miftahul Haera salah satu panitia Athirah Camp 2018 saat diwawancarai.  
Athirah Camp 2018 adalah seleksi akhir dalam PSB bagi calon siswa Sekolah Islam Athirah Bone. Kegiatan ini bertujuan untuk menyaring calon siswa siswi yang benar-benar mampu untuk mengenyam pendidikan berasrama selama tiga tahun di Athirah Boarding School Bone.



on 27 Mei 2018
  • Kegiatan

Lulus Olimpiade Sains Provinsi sebagai Pasing Grade

Bone, Panyula- Tepat pada selasa malam (08/05/2018), pengumuman Olimpiade Sains Nasional tingkat provinsi mulai mendebarkan hati para peserta. Olimpiade yang bergensi di Indonesia ini menjadi ajang tuk mengaharumkan nama bagi sekolah termasuk Athirah Bone sendiri. Rizky Audina, sebagai peserta OSP bidang Ekonomi malam itu benar-benar tidak percaya dan membuatnya risih. Setelah menunggu beberapa jam, tepat pukul 08.00 p.m siswa kelas XI IIS tersebut dinyatakan berhak lanjut berjuang di tingkat nasional. Bersama Muh.Fiqri Abdi Rabbi dari bidang Geografi dan Gian Septiawan dari bidang Kebumian.

on 28 Mei 2018
  • Kegiatan

SMP Islam Athirah Bone Pastikan Dua tempat di KSM Tingk. Provinsi

 Panyula, Athirah Bone – SMP Islam Athirah Bone kembali menorehkan prestasi

on 26 Mei 2018
  • Kegiatan

Peringati Hari Pendidikan Nasional, Athirah Bone Manfaatkan Ilmu Teknologi

Bone, Panyula- Sudah menjadi wawasan umum hari pendidikan nasional adalah tanggal 2 Mei. Di mana, seluruh elemen pendidikan turut memperingati hari lahirnya Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hajar Dewantara.

Athirah Bone merupakan salah satu bagian dari lembaga pendidikan berupa sekolah swasta. OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) Athirah Bone tak mau kalah dalam hal memperingati hari-hari nasional, termasuk hari pendidikan. Hal tersebut menjadi salah satu proker dari divisi IV OSIS SMA Islam Athirah Bone. 


on 24 Mei 2018
  • Kegiatan

SMA Islam Athirah Bone Wakili Kabupaten Bone dalam KSM Tingkat Provinsi

Bone, Panyula- Hari Ahad (13/05/18), rupanya menjadi hari bahagia bagi Sekolah Islam Athirah Bone. Setelah mengukir nama harum dalam UN tertinggi, kali ini Athirah Bone mendapat kesempatan untuk dua orang siswanya mengikuti ajang KSM (Kompetesi Sains Madrasah) tingkat provinsi.

KSM merupakan progam dari Kementrian Agama (Kemenag) yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan sains di sekolah-sekolah madrasah serta menjunjung tinggi sportivitas dan nilai-nilai dalam mempelajari dan memahami sains. Pada awalnya, lomba ini hanya dikhusukan bagi sekolah-sekolah berbasis Islam. Namun, akhir-akhir ini sekolah umum pun sudah bisa ikut berpartisipasi meskipun masih ada beberapa kabupaten masih belum memberi jalan bagi sekolah umum. Di Kabupaten Bone sendiri, baru tahun ini ajang tersebut terbuka secara umum.

on 24 Mei 2018
  • Kegiatan

Hafal Al-Quran Sejak Dini

Alhamdulillah kegiatan Fahmil Quran kembali dilaksanakan kegiatan

on 22 Mei 2018
  • Kegiatan

Raih Juara di Acara Festival Seni Budaya

Siswa SD Islam Athirah 1 Makassar raih juara 2 tingkat Kota Makassar di acara Festival seni budaya

on 22 Mei 2018
  • Berita

SMA Islam Athirah Bone Kembali Raih Nilai UN Tertinggi, Ini Rahasianya

SMA Islam Athirah Bone kembali mengukir prestasi bidang akademik. Kali ini meraih rerata nilai Ujian Nasional (UN)

on 13 Mei 2018
  • Berita

Belajar Akting dari Pentas Drama

Siswa SMP Islam Athirah 2 Makassar menggelar acara pementasan drama yang

on 12 Mei 2018
  • Kegiatan

Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Angkatan VII Resmi Diwisuda

Siswa-siswi kelas XII SMA Islam Athirah Bukit Baruga mengikuti prosesi

on 09 Mei 2018
  • Kegiatan

Hubbul Quran TK Islam Athirah 2 Makassar

Alhamdulilah TK Islam Athirah 2 Bukit Baruga menggelar acara Hubbul Quran di aula LEC Sekolah Islam Athirah 07/05/2018.

on 08 Mei 2018
  • Kegiatan

SMA Islam Athirah 1 Makassar Tamatkan 128 Siswa

SMA Islam Athirah 1 Makassar menggelar acara penamatan siswa kelas XI 05/05/2018

on 07 Mei 2018
  • Kegiatan

Sekolah Islam Athirah Gelar Upacara HARDIKNAS

Dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional tahun 2018, Keluarga Besar

on 03 Mei 2018
  • Kegiatan

Asah Kemampuan Menulis, Siswa SMA Athirah Bukit Baruga Ikuti Pelatihan Penulisan KTI

Siswa-siswi SMA Islam Athirah Bukit Baruga mengikuti pelatihan penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI)

on 03 Mei 2018
  • Kegiatan

Polygon Goes To School

Dihadapan ratusan siswa/wi SD Islam Athirah polygon mengelar acara Polygon Goes to School 26/04/2018

on 02 Mei 2018
  • Kegiatan

Athirah Apresiasi Guru & Karyawan Dengan Berangkat Umroh

Sekolah Islam Athirah kembali menggelar acara puncak perayaan milad ke-34 tahun.

on 02 Mei 2018
  • Kegiatan

Zikir Menjelang Milad Sekolah Islam Athirah

Menjelang acara puncak milad Sekolah Islam Athirah, keluarga Besar Sekolah Islam Athirah


menggelar acara Zikir dan Sujud Syukur 27/04/2018

Kegiatan yang diikuti seluruh guru dan karyawan ini dilaksanakan di Masjid Fatimah Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga.

Mengawali kegiatan Zikir Ust. Muhammadong sebagai guru SD Islam Athirah Bukit Baruga tampil melantunkan ayat suci Al-Quran, kemudian dilanjut dengan sambutan bapak direktur Sekolah Islam Athirah. 

“Makna dan hakikat bersyukur sesungguhnya adalah, ketika kita bersyukur kepada Allah maka sebenarnya kita bersyukur kepada diri sendiri, bahwa kehadiran Sekolah Islam Athirah di usianya yang 34 tahun ini, hendaklah menjadi tanda syukur kita”, ujar Pak Syamril dalam sambutannya

Tampil sebagai pemandu zikir adalah guru-guru tahfidz SMP Islam Athirah 1 Makassar.


on 02 Mei 2018
  • Kegiatan

Semarak Athirah Islamic Fair 2018

Badan Musyawarah Jamiah Sekolah Islam Athirah 2 Bukit Baruga menggelar kegiatan Athirah Islamic Fair 2018 20/04/2018

on 02 Mei 2018
  • Kegiatan

Athirah Hadirkan Pemateri dari Malaysia

Menuju peningkatan mutu  pendidikan di sekolah Islam Athirah, pihak manajemen


menyelenggarakan seminar selama dua hari 9-10 april 2017, bertempat di auditorium Sekolah Islam Athirah 

Seminar yang menghadirkan Prof Hasni dari Malaysia, yang saat ini juga selaku pendiri metode Integrated Holistic Education system (IHES), dan telah menerapkan IHES di beberapa negara di Asia dan Eropa.

Seminar ini diikuti oleh seluruh guru dan karyawan Sekolah Islam Athirah dan diharapan setelah mengikuti seminar ini IHES dapat diimplemtasikan ke dalam kurikulum sekolah.

Metode IHES merupakan sebuah pendekatan holistik dalam merancang sebuah kurikulum sekolah, baik dari sistem pembelajaran, maupun dalam tahap evaluasi dan mutu pembelajaran itu sendiri.

Dalam pemaparannya Prof. Hasni banyak menyampaikan keberhasilan-keberhasilan IHES yang saat ini mampu meluluskan siswanya dalam waktu cepat, ini disebabkan salah satu dari kurikulum IHES adalah sistim percepatan dalam proses pembelajaran.

Seminar IHES selain disampaikan secara teori Prof. Hasni juga mengajak guru dan karyawan membuat rencana pembelajaran secara sederhana melalui langkah-langkah IHES.  

Diakhir kegiatan seminar Sekolah Islam Athirah yang diwakili oleh pihak Yayasan Kalla melakukan MoU dengan IHES.


on 02 Mei 2018
  • Kegiatan

Siswa SMA Athirah Observasi Desa di Tompobulu Bantaeng

BANTAENG - Sejumlah siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga

on 12 April 2018
  • Kegiatan

Athirah Berfaedah: Dari OSIS untuk Masyarakat

Bone-Panyula. “Apa program andalan OSIS ? ” itu pertanyaan pertama dari Syamril selaku direktur Sekolah Islam Athirah saat berhadapan dengan pengurus OSIS ketika melakukan kunjungan pertama di Sekolah Islam Athirah Bone.

            Berbagai program pun dilontarkan oleh pengurus Osis Tea Malala, nama untuk kepengurusan OSIS SMA Islam Athirah Bone periode 2017-2018. Namun, yang paling menarik perhatiannya adalah program “ATHIRAH BERFAEDAH”.

on 10 April 2018
  • Kegiatan

Ada keharuan di Khataman Al-Quran SMP Islam Athirah 1

Menyambut ujian Akhir semester SMP Islam Athirah 1 Kelas IX menggelar

on 04 April 2018
  • Kegiatan

Semarak Pembukaan Rangkaian Milad 34 Tahun Sekolah Islam Athirah

Dalam rangka menyambut Milad ke 34 tahun Sekolah Islam Athirah, 23/03/.2018

on 26 Maret 2018
  • Kegiatan

Fuji Film Berbagi Ilmu Fotografi

Dunia photografi terus mengalami perkembangan, baik dari segi ketersediaan kamera yang semakin canggih

on 26 Maret 2018
  • Kegiatan

SEJARAH MENCETAK SEJARAH

“ Sejarah mencetak sejarah,” Seru beberapa siswa sesaat setelah pengumuman hasil lomba.

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial (FIS)  Universitas Negeri Makassar mengadakan Olimpiade Sejarah yang diikuti oleh 32 sekolah dari tingkat SMA/SMK/MA se-SulSelBar.

Olimpiade yang berlangsung pada 12-16 Maret 2018 itu, terdiri dari beberapa cabang lomba seperti debat, cerdas cermat, history telling dan LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah).


on 19 Maret 2018
  • Kegiatan

TK Islam Athirah 1 Manfaatkan Alam Sebagai Ruang Belajar Yang Menyenangkan

Mendidik anak-anak tidak selalu ditempat formal, bisa juga dengan memanfaatkan alam sebagai ruang pembelajaran, hal ini dilakukan TK Islam Athirah 1 pada, Kamis (22/2/2018) di Rumah Hijau Denassa, Limbung, Bontonompo, Gowa.

Kegiatan pengenalan alam yang merupakan rangkain Puncak Tema Tanaman ini diharapkan agar anak-anak mengenal alam lebih dekat. “Sekitar 90 anak diajak untuk menanam langsung pohon sebagai bentuk pembelajaran penghijaun. Mereka aktif dan tidak takut kotor. Bahkan ada diantara mereka yang senang sekali bermain di sawah sambil bertanya kepada guru tentang tumbuhan dan hewan baru yang Ia temukan, jelas Nurul Khaimah, S.Pd.I. selaku kordinator kegiatan.

Selain itu,  anak-anak juga kami ajak untuk melihat langsung bagaimana kerja keras petani saat menanam padi hingga menjadi beras. “Dengan begitu, mereka bisa lebih menghargai dan menyayangi makanan sehingga tidak mubazzir”, pungkas Ummi Nurul sapaannya di sekolah. Ash

on 13 Maret 2018
  • Berita

Yayasan Kalla Gratiskan BIMBEL Dhuafa

Makassar – Menghadapi Ujian Nasional (UN) yang akan dilaksanakan Bulan April Mendatang,

on 13 Maret 2018
  • Kegiatan

Sekolah Islam Athirah Wajibkan Semua Karyawan Mengaji

Sekolah Islam Athirah menerapkan berbagai program, untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.

on 06 Maret 2018
  • Berita

Baby House Athirah, Bukan Sekedar Tempat Penitipan Anak

Sekolah Islam Athirah Makassar menilai pendidikan anak usia dini

on 06 Maret 2018
  • Berita

BELUM UN, SISWA SMA ATHIRAH BONE SUDAH BERSTATUS MAHASISWA NYU ABU DHABI

" Dear Yusril, congratulation ! you have been admitted to NYU Abu Dhabi 2022…"

" Haaaaa…." Jerit Yusril ketika pertama kali melihat pemberitahuan kelulusannya di gmail.

Setelah melalui berbagai macam proses seleksi mulai dari registrasi sampai candidat weekend selama dua hari, akhirnya Yusril Nurhidayat (18) berhasil mencatatkan namanya sebagai salah satu mahasiswa di New York University Abu Dhabi. Ia menjadi satu-satunya orang Indonesia dari 385 mahasiswa yang berhasil lulus dari seluruh dunia.

"Kaget dan tidak percaya pada saat pertama kali melihat pengumumannya, apalagi awalnya saya memang pesimis bakal lulus karena melihat saingan dari berbagai belahan dunia, dan Alhamdulillah bisa menjadi satu-satunya orang Indonesia dari 385 orang yang lulus tahun ini." Ujarnya.

on 27 Februari 2018
  • Kegiatan

Athirah Bone Gelar Tes Seleksi Akademik Gelombang 1 PSB 2018

Panyula, SMP-SMA Islam Athirah Bone pada Minggu (25/2) menggelar Tes Akademik Penerimaan Siswa Baru 2018. Kegiatan yang memasuki gelombang pertama ini digelar untuk menjaring siswa-siswi terbaik se-sulawei selatan. Peserta yang datang dari seantero pulau sulawesi ini memperebutkan tidak lebih dari 100 kursi yang disediakan oleh Yayasan Kalla tersebut.
Tes akademik gelombang pertama yang digelar di gedung SMP-SMA Islam Athirah Bone tersebut diikuti tidak kurang dari 400 orang peserta yang tidak hanya datang dari Kabupaten Bone,  tetapi juga berasal dari daerah-daerah lain di Sulawesi Selatan seperti Bulukumba, Sinjai, Soppeng, Sengkang, bahkan sampai Kabupaten Enrekang dan Toraja.
Sebagai salah satu sekolah boarding terbaik di Sulawesi Selatan, SMP-SMA Islam Athirah Bone menyiapkan beasiswa pendidikan selama tiga tahun untuk siswa dan siswi berprestasi. Dalam program tersebut, siswa yang termasuk dalam kategori cerdas dhuafa dan berprestasi dapat menikmati fasilitas pendidikan yang berkualitas lengkap dengan asramanya secara gratis selama tiga tahun.
Bagi calon siswa yang belum sempat mendaftar di gelombang pertama, pihak sekolah masih membuka kesempatan untuk mendaftar di gelombang kedua yang baru akan ditutup pada tanggal 23 maret 2018. Tes Akademik Gelombang kedua sendiri baru dibuka pada tanggal 25 Maret 2018. (Abisar)


on 25 Februari 2018
  • Kegiatan

SMP Islam Athirah Bone Dominasi Olimpiade Sains Al Junaidiyah Biru

Watampone, SMP Islam Athirah kembali menorehkan prestasi dengan memborong hampir seluruh juara pada Babak Final  Ajang Olimpiade Sains Al Junaidiyah Biru yang digelar di Pondok Pesantren Modern Al Junaidiyah Biru, Watampone pada hari Jumat (23/2).
Pada kesempatan tersebut,  Team SMP Islam Athirah Bone yang beranggotakan 11 siswa dari kelas VII sampai kelas IX berhasil mendapatkan juara I, II, dan III untuk cabang lomba Matematika, Juara I, II, dan III untuk cabang lomba Fisika, serta Juara I dan II untuk cabang lomba Biologi. Praktis hanya juara III lomba Biologi yang lepas dari Tim SMP Islam Athirah Bone.
Meski baru pertama kali mengikuti Olimpiade Sains Al Junaidiyah Biru, siswa dan siswi SMP Islam Athirah Bone sangat percaya diri dalam mengikuti setiap babak hingga akhirnya dapat memborong banyak gelar juara.
“Kami sangat bersyukur anak-anak sangat percaya diri sehingga bisa meraih hasil maksimal,” Ujar Rahayu Abbas Ambo, Guru Pembina Tim Olimpiade Sains Athirah.
Olimpiade Sains Al Junaidiyah Biru 2018 adalah kompetisi sains antar sekolah menengah pertama yang digelar Pondok Pesantren Al Junaidiyah Biru yang pada tahun 2018 ini mengambil tema “Membuka Cakrawala Sains guna Meningkatkan Intelektual dan Semangat Kompetitif Generasi Muda”. (Abisar)


on 23 Februari 2018
  • Berita

SMP Islam Athirah 1 gelar Festival Budaya dan Bahasa

Sebanyak 27 sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) se-kota Makassar meramaikan kegiatan festival Budaya

on 26 Februari 2018
  • Kegiatan

Sekolah Athirah Gelar Islamic Fair 2018

MAKASSAR - Sekolah Islam Athirah menyelenggarakan kegiatan Athirah Islamic Fair 2018,

di gedung Sekolah Islam Athirah, pada 23-24 Februari. Hadir dalam pembukaan kegiatan tersebut, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Makassar, Hasbi.

Dalam sambutannya ia mengapresiasi kegiatan yang menonjolkan penanaman nilai keagamaan tersebut. "Saya salut dengan penanaman nilai-nilai karakter yang menonjol, utamanya dalam bidang keagamaan. Saya pikir, terapan ini tidak dimiliki oleh sekolah lain, baik negeri atau swasta," kata Hasbi.

Menurutnya, pengembangan kurikulum yang bernuansa keagamaan dan budaya lokal harus dipertahankan, terlebih lagi, Kota Makassar melalui Dinas Pendidikan, memiliki program 18 revolusi pendidikan. Salah satunya yakni menguatkan pendidikan berkarakter. "Tidak ada kata untuk tidak meneruskan kegiatan ini, karena hsilnya sudah teruji di Sekolah Islam Athirah. Tentu ini bisa memajukan dunia pendidikan, khususnya di Kota Makassar," tukasnya.

Sementara itu, Direktur Sekolah Islam Athirah, Syamril mengungkapkan, salah satu metode yang digunakan di Sekolah Athira adalah teknik menghapal dengan menggunakan otak kiri dan kanan. "Kebanyakan orang cenderung menggunakan otak kiri jika melakukan penghapalan.

Padahal, memory dari otak kiri itu sifatnya pendek, makanya kita kombinasikan hapalan dengan menggunakan otak kanan, agar selain mereka mudah mengingat, juga bisa memahami artinya," papar dia. Terdapat 8 jenis lomba yang akan diperlombaan pada Islamic Fair ini. Diantaranya lomba Asmaul Husna, Fashion Show, Tahfidz Quran, DAI, adzan, lomba menggambar dan mewarnai. Perlombaan ini untuk memperebutkan piala Fatimah Kalla.

on 26 Februari 2018
  • Berita

Direktur Sekolah Islam Athirah Lantik Pengurus BMJ Baru

Melihat tantangan pendidikan di era milenial yang semakin beragam, membuat pihak Sekolah Islam Athirah terus berbenah untuk menunjang segala aspek yang ada.

Salah satunya yakni, dengan melantik pengurus Badan Musyawarah Jami'ah (BMJ) Sekolah Athirah 1,

on 26 Februari 2018
  • Berita

Siswa Athirah Uji Keterampilan Memasak Kuliner Tradisional

MAKASSAR – Harum bumbu masakan menyeruak saat sejumlah siswa kelas XII SMA Islam Athirah Bukit Baruga

on 26 Februari 2018
  • Kegiatan

Stadi Banding SDIT Wahdah Islamiyah-Makassar

Rombongan SDIT Wahdah Islamiyah Makassar, bertandang ke SD Islam Athirah 1 Makassar,

on 26 Februari 2018
  • Berita

SIT Ikhtiar Berkunjung Ke Athirah

Sekolah Athirah kedatangan tamu dari SIT Ikhtiar, bersama ketua Rombongan Ibu Masita Dasa

on 26 Februari 2018
  • Berita

PPKGM Gelar Penyuluhan Gigi & Mulut di SMP Islam Athirah Bone

Panyula, Bone – Guna meningkatkan kesehatan gigi dan mulut  siswa, pada hari Kamis (15/2)  SMP Islam Athirah Bone  mendapat penyuluhan kesehatan dari Pusat Pelayanan Ggi dan Mulut (PPKGM) Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Selatan.
Selain memberikan penyuluhan, pihak PPKGM yang berjumlah 6 orang tersebut  juga akan melakukan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut siswa secara  gratis di  ruang UKS. Dalam pemaparannya penyuluh yang telah bertugas selama lebih dari 20 tahun tersebut  menjelaskan cara menjaga kesehatan gigi dan mulut. Mulai dari cara menyikat gigi, mengatasi bau mulut, sampai dengan  penyakit yang bisa timbul manakala kita tidak menjaga gigi dan mulut dengan baik.
Usai kegiatan ini, penyuluh mengharapkan siswa yang ikut dalam penyuluhan menjadi kader yang mampu memberikan contoh kepada orang lain di sekitarnya.
"Regenerasi untuk kader yang di sekolah, mereka yang akan mengawasi kesehariannya di bawah bimbingan kami," sebutnya.
Terpisah, Koordinator OSIS, Sapriady, S.Sy. dalam sambutannya menyambut baik sosialisasi kesehatan gigi dan mulut yang dilakukan PPKGM.
"Kami sangat mengapresiasi sosialisasi yang dilaksanakan oleh dinas kesehatan Propinsi Sulsel. Ternyata gigi dan mulut itu meski kecil, tetapi dampaknya besar bagi kesehatan kita bila diabaikan perwatannya" ujarnya guru yang mengampu mata pelajaran bahasa Inggris ini. (Abisar)


on 15 Februari 2018
  • Kegiatan

Athirah Olympic VI: Kreativitas dan Inovasi tiada henti

Bone, Panyula. Kegiatan inovatif dan kreatif nyaris tidak pernah absen dalam kalender kegiatan SMP-SMA Islam Athirah Bone. Kali ini Athirah Bone kembali menggelar ajang “Athirah Olympic” yang ke VI Se-Sulawesi Selatan. Para peserta datang dari berbagai kota di antaranya ada Bulukumba dan Belopa. Acara yang dilaksanakan di Sekolah Islam Athirah Boarding School Bone. Panitia optimis Athirah Olympic 2018 dapat lebih sukses dan meriah dibandingkan pelaksanaan tahun sebelumnya. Ini terbukti dengan membludaknya para pendaftar yang mencapai ratusan orang. Beragam penampilan disajikan pada acara pembukaan, diantaranya Teatrikal, Pencak silat, tari, dan story telling. Semua persembahan yang ditampilkan dibawakan oleh siswa-siswa SMP dan SMA Islam Athirah yang telah tampil di ajang Propinsi dan Nasional. Pada pelaksanaan tahun ini cabang lomba futsal kembali hadir untuk semua tingkatan, SD dan SMP. Selain itu cabang lomba lainnya tetap sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Kali ini hanya cabang Voli yang tidak dipertandingkan kembali. Ajang ini hadir dengan tema “Athirah Olympic VI mewujudkan generasi intelektual islami yang anggun berkarakter, unggul dalam sportivitas, dan cerdas berkompetisi”. Sesuai dengan temanya ajang ini bertujuan menjadikan para siswa belajar menjadi generasi yang saintis, cerdas dan berkarakter islami, serta sportif dalam berkompetisi. “Satu hal yang berbeda dari kegiatan yang dilakukan Athirah Bone. Setiap rangakaian acara yang disajikan selalu berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Ini menunjukkan tingkat inovasi dan kreativitas yang tinggi dari pelaksananya.” Ujar Nursalam, Sekretaris Dinas Pendidikan yang pada kesempatan tersebut hadir membuka acara, mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bone.(Abisar)

on 08 Februari 2018
  • Kegiatan

Siswa Athirah Ditantang Jadi Pemuda Islam Masa Kini

MAKASSAR – Di era globalisasi saat ini, pemuda Islam diperhadapkan pada berbagai macam bentuk godaan dan kerusakan.

on 10 Februari 2018
  • Kegiatan

Ada surga di Athirah

Namanya juga Athirah, Athirah dalam bahasa Arab artinya "harum".

on 10 Februari 2018
  • Berita

Semarak Pembukaan Piala JK #4

Ada beragam cara untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinanan, salah satunya seperti event tahunan

on 07 Februari 2018
  • Kegiatan

Athirah Bone Gelar Salat Gerhana

Warga Sekolah Islam Athirah Boarding School Bone menggelar Salat Gerhana Bulan secara berjamaah di lapangan sekolah , Rabu (31/1/2018). Salat dipimpin oleh Hafidz yang masih duduk di kelas XII, Ade Saputra. Selanjutnya diisi dengan tausiah yang dibawakan oleh Ananda Farhan Fahryan, siswa kelas XII SMA, yang mengajak jamaah untuk mengingat serta bersyukur atas kekuasan Allah yang menciptakan alam beserta isinya.
Kegiatan ini dimulai pada pukul 20.30 WITA, mundur setengah jam dari yang telah dijadwalkan mengingat saat itu bulan tidak tampak di langit Panyula karena terhalang oleh cuaca buruk. Jemaah khusyuk melaksanakan shalat sunat gerhana bulan. Jamaah tidak hanya kaum siswa dan guru agama, tetapi juga diikutui oleh seluruh guru dan karyawan beserta keluarganya.
Fenomena super blood moon akhirnya bisa dinikmati para jamaah dengan mata telanjang setelah shalat usai dilaksanakan.  Hal ini merupakan peristiwa yang langka sehingga orang-orang yang mampu menyaksikannya dianggap istimewa karena blood moon terakhir, itu terjadi pada tahun 1866.
“Bapak, Ibu guru dan teman-teman yang hadir har ini, kita adalah orang-orang yang beruntung karena gerhana ini hanya terjadi sekali dalam ratusan tahun. Gerhana ini terakhir terjadi pada tahun 1866 sehingga setelah hari ini, akan terjadi kembali ratusan tahun ke depan” Ujar Fahim Azhari, Peserta OSN Astronomi Tingk. Nasional,  Salah satu siswa kelas XII yang menerangkan fenomena gerhana bulan sesaat sebelum salat gerhana dilaksanakan. (Abisar)


on 31 Januari 2018
  • Kegiatan

Siswa TK Islam Athirah 1 Antusias Mengenal Lebih Dekat Binatang Reptile

Walau masih anak-anak, siswa siswi TK Islam Athirah 1 tidak takut saat melihat secara langsung binatang reptile seperti ular, biawak, kadal, dan iguana yang di bawa oleh komunitas Family Animal’s Makassar (FAM), pada Kamis (25/12/2018) bertempat di plaza TK Islam Athirah 1.

Bukan hanya binatang reptile, komunitas FAM juga membawa serta jenis-jenis burung seperti dragon bird dan Kolibri. Antusiasme anak-anak semakin bertambah, ketika salah satu hewan reptile di keluarkan dan perlihatkan langsung kepada mereka. Bukannya merasa takut, malah beberapa diantara mereka justru semakin penasaran untuk mendekat dan menyentuhnya.

Mulai dari ular piton, biawak, hingga iguana berani mereka pegang. Namun ada juga yang sebagian yang merasa geli melihat jenis-jenis reptile yang telah jinak itu. “Respon anak-anak cukup antusias melihat langsung binatang tersebut. Karena merupakan hal baru bagi mereka. Anak-anak diajak menyentuh langsung binatang tersebut namun tetap didampingi gurunya. Dengan menyentuh binatang tersebut anak dapat mengeanl dan merasakan tekstur kasar halus secara langsung, tanggap Sri Rosa Handayani, S.Ag, M.Pd yang merupakan Wakil Kepala TK Islam Athirah 1.

Lebih lanjut, Ummi Ocha sering Ia disapa menambahkan, bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini, yaitu untuk mengenalkan hewan-hewan reptile dan burung yang jarang dilihat anak-anak. “meski pernah dilihat,  hanya sebatas di televise dan media lainnya.  Dan juga sebagai pelajaran bagi mereka untuk belajar mengenal dan menyayangi binatang.  Setelah kegiatan ini, kami berharap agar, mindset anak-anak yang awalnya takut dan geli terhadap hewan reptile berubah menjadi sayang terhadap reptile terutama ular”, jelasnya. Ash

 

 

on 05 Februari 2018
  • Berita

Raih Gelar Juara di Lomba Akuntansi

Siswa SMA Islam Athirah 1 Makassar kembali mengharumkan nama Athirah, ananda atas nama Siti Luthfiah Ramadhani

on 01 Februari 2018
  • Kegiatan

Guru Athirah Belajar Mendongeng

Asa beragam kegiatan dalam numbuhkan jiwa literasi, salah satu cara seperti yang di gelar bagian literasi

on 01 Februari 2018
  • Kegiatan

Guru Athirah Belajar Mendongeng

Asa beragam kegiatan dalam numbuhkan jiwa literasi, salah satu cara seperti yang di gelar bagian literasi Sekolah Islam Athirah 32/02/18

on 01 Februari 2018
  • Kegiatan

Rapat Kerja IKA SMA Islam Athirah

IKA SMA Islam Athirah menggelar acara rapat kerja IKA SMA Islam Athirah, kegiatan yang melibatkan Alumni SMA dari beragam angkatan 28/1/2018.


Kegiatan rapat kerja IKA ini langsung di ruang multimedia Sekolah Islam Athirah dan di buka oleh ketua IKA Bapak Mukhtar Tahir yang juga saat ini menjadabat Kadis Sosial Kota Makassar.

Dalam sambutannya mengaharapkan rapat kerja ini dapat merumuskan agenda kegiatan yang mampu menyatukan semua angkatan. Sebagai usulan kegiatan dalam waktu dekat ini IKA SMA Islam Athirah akan menggelar lomba futsal antar IKA SMA Se-Kota Makassar, dengan harapan bahwa kegiatan ini juga mampu menjadi sarana promosi Sekolah Islam Athirah.

Selain itu wadah IKA SMA Islam Athirah juga aktif mengadakan pengajian bulanan untuk mempererat jalilan silaturrahim antar alumni SMA Islam Athirah

on 29 Januari 2018
  • Berita

MEMBAGUN GENERASI JAMAN NOW

Sekarang ini kita berada di era modern. Anak mudah menyebutnya jaman now.

on 29 Januari 2018
  • Kegiatan

Seminar Anti Perundungan

MAKASSAR – Tindakan persekusi (bully) harus dicegah sebab bukan merupakan

on 26 Januari 2018
  • Kegiatan

Athirah Kaizen Competition 2018

Ada yang berbeda di Athirah pada hari selasa 23 Januari 2018 lalu. Di ruang meeting Andalas Bukit Baruga dan Multimedia ada presentasi proposal Kaizen dari 20 SGA (Small Group Activity) se Athirah.

on 26 Januari 2018
  • Kegiatan

Siswa SMA Islam Athirah Ikuti Pembinaan Karakter

MAKASSAR - Akhlakul karimah atau karakter harus ditanamkan sejak dini kepada anak. Pembentukan karakter sangat penting dilakukan sebagai bekal bagi peserta didik menghadapi tantangan zaman di masa depan.

on 18 Januari 2018
  • Kegiatan

SMP Islam Athirah Bone Sosialisasi PPK pada Sekolah Imbas

Panyula- SMP Islam Athirah Bone menggelar Sosialisasi PPK untuk sekolah imbas pada hari Rabu (12/12). Sebagai sekolah piloting PPK, SMP Athirah Bone wajib melaksanakan pengimbasan yang bertujuan untuk menyebarluaskan kegiatan penguatan pendidikan karakter disekolah-sekolah di sekitarnya. Pada pelaksanaannya, enam perwakilan SMP/Mts yang ditunjuk sebagai sekolah imbas menghadiri kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 12.00 tersebut. Acara ini juga dihadiri oleh perwaakilan orang tua siswa yang terhimpun dalam komite sekolah.
Sosialisasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) oleh SMP Islam Athirah Bone diawali dengan pembukaan yang  dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, menyanyikan lagu kebangsaan, menyanyikan mars PPK, tepuk dan salam PPK. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan kepala SMP Islam Athirah Bone yang disambung dengan  pemaparan program PPK SMP Islam Athirah Bone sekaligus open mind program PPK oleh Instruktur Nasional Wahidah Baide, S.Pd. Selain itu Wakasek Kesiswaan SMP Islam Athirah juga memaparkan program-program unggulan sekolah yang dapat diadopsi oleh sekolah imbas untuk membantu mewujudkan siswa-siswa berkarakter.
Kegiatan Sosialisasi PPK adalah kegiatan wajib yang harus dilaksanakamn oleh sekolah piloting yang menerima bantuan dana dari kementerian pendidikan dan kebudayaan RI. Oleh sebab itu prinsip maju bersama bangsa patut dikedepankan karena pentingnya PPK bukan hanya di sekolah tetapi harus juga diterapkan di dalam kehidupan bermasyarakat.
“Hal ini selain menjadi kewajiban kami, juga merupakan semangat kami dari Athirah Bone untuk maju bersama bangsa. Dalam hal ini sekolah-sekolah di sekitar kita. Oleh sebab itu prinsip maju bersama bangsa patut dikedepankan karena pentingnya PPK bukan hanya di sekolah tetapi harus juga diterapkan di dalam kehidupan bermasyarakat” Tutup Basri, S.Pd.,M.Pd., kepala SMP Islam Athirah Bone dalam sesi wawancara. (Zamil dan Fahmi)


on 14 Desember 2017
  • Kegiatan

Flash Mop Meriahkan Porseni Athirah Bone 2017

Panyula (11/12). SMP-SMA Islam Athirah Bone gelar Porseni Siswa 2017. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 11 sampai dengan 15 Desember ini dibuka dengan penampilan flash mop dari pantia OSIS SMP-SMA saat acara pembukaan. Para peserta kemudian melakukan pawai dari lapangan olahraga di sekolah sampai batas kelurahan panyula yang disaksikan oleh masyarakat sekitar. Event tahunan yang mengambil tema “Victory with Harmoni” dibuka secara resmi oleh kepala SMA Islam Athirah Bone, Syamsul Bahri, S.PdI. Setiap kelas menampilkan maskot dengan tema yang telah ditentukan oleh panitia yakni,tokoh film kartun. Beragam warna kostum setiap kelas mewarnai gegap gempita pelaksanaan porseni. Dalam Porseni 2017 SMP-SMA Islam Athirah Bone, siswa berkompetisi dalam berbagai cabang lomba seni dan olahraga. Cabang olahraga yang dilombakan antara lain futsal, volly, takraw, tenis meja, uno, catur, bola basket, dodge ball, panco, tarik tambang, dan athirah warrior. Selain itu, cabang seni yang dilombakan antara lain desain poster, gravity, baca puisi, cipta dan baca puisi, story telling, monolog, parodi, display kelas, mabbaca berita, endorsment, desain brosur, mannasu-nasu. Kepala SMA Islam Athirah Bone dalam sambutannya menyampaikan bahwa Porseni 2017 dilaksanakan bukan hanya sebagai hiburan bagi seluruh siswa,namun harus menjadi proses pembelajaran tentang kebersamaan dan sportivitas. “Setiap kelas perlu untuk membangun sprtivitas dan kebersamaan untuk meraih kemenangan.Kemenangan yang kita raih bukan berarti membuat kita meremehkan kelas lain sehingga dapat mengakibatkan renggangnya solidaritas antar kelas, tetapi malah dapat merekatkan kebersamaan dan menjunjung tinggi spotivitas.” Tutur Syamsul Bahri dalam sambutannya. (Diyana dan Ratu)

on 12 Desember 2017
  • Kegiatan

Lesson study from Yasushi Maruyama Ph.D

A hundred years ago, Japanese teachers started a program of internal teacher professional development  where teachers should observe other teachers conducting their classes. The observation was aimed to search two improvement aspects; teachers' teaching skills and students'learning skills. After the observation, there would be a condusive discussions among teachers, might or might not need the presence of an expert. The underlying spirit of the discussion was the willingness to improve and develop together among teachers. This was the main idea of having a lesson study program because no matter how well a teacher conducted a teaching learning process, there would be always an angle of improvement.

on 06 Desember 2017
  • Kegiatan

PENGUMUMAN TES

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

PENGUMUMAN

Kami mengundang nama-nama calon guru yang tercantum dalam daftar berikut ini untuk mengikuti tes tahap selanjutnya :

<!--[if !supportLists]-->1.    <!--[endif]-->Kemampuan Baca Al-Quran

<!--[if !supportLists]-->2.    <!--[endif]-->Computer Literacy

<!--[if !supportLists]-->3.    <!--[endif]-->English Literacy

 

--------------

Hari : Rabu, 06 Desember 2017

Pukul : 09.00 - Selesai

Tempat: Multimedia Lt. 2 SIA, Jl. Kajaolaliddo No. 22 Makassar                     

-------------

Catatan :

<!--[if !supportLists]-->·  <!--[endif]-->Membawa Laptop

<!--[if !supportLists]-->·  <!--[endif]-->Berpakaian sopan dan rapi (memakai jilbab bagi perempuan)

<!--[if !supportLists]-->·  <!--[endif]-->Memakai sepatu

<!--[if !supportLists]-->·  <!--[endif]-->Hadir 15 menit sebelum tes berlangsung

-------------

Mohon konfirmasi kehadiran dengan Format SMS: NAMA_BIDANG STUDI_YA

dikirim ke No. 0821-8770-8080

paling lambat hari Selasa, 05 Desember 2017, Pkl. 14.00 WITa

Bagi yang tidak mengonfirmasi maka tidak kami cantumkan sebagai peserta tes.

 

Terima kasih.

Human Capital Services Department of SIA

on 04 Desember 2017
  • Kegiatan

Berkemah di Kecamatan Manuju, Siswa SMA Athirah Dibina Karakter dan Kemandirian

GOWA – Kegiatan pramuka diyakini dapat meningkatkan disiplin, akhlak mulia, dan kecakapan hidup siswa. Selain itu, pramuka juga sebagai wadah untuk menumbuhkan kesetiaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan mendidik siswa agar menjadi anggota masyarakat yang berguna.

on 27 November 2017
  • Berita

PENGUMUMAN Hasil Tes Bidang Studi yang dinyatakan lolos untuk tahap selanjutnya

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
? PENGUMUMAN Hasil Tes Bidang Studi yang dinyatakan lolos untuk tahap selanjutnya, yang Insya Allah akan dilaksanakan pada:
--------------
Hari : Kamis, 30 Nopember 2017
Pukul : 08.30 - Selesai
Tempat: Multimedia Lt. 2 SIA, Jl. Kajaolaliddo No. 22 Makassar
Jenis Tes : Micro Teaching
-------------
Catatan :
? Membuat RPP kurikulum 2013 dan difotokopi 5 rangkap
? Menyediakan media pembelajaran (jika perlu)
? Bidang Studi Matematika, Ekonomi, dan Bahasa Inggris membuat RPP tingkat SMA (materi sesuai kehendak peserta tes)
? PAUD dan Baby house membuat RPPH (materi sesuai kehendak peserta tes).
? Bidang Studi BK membuat Satuan Layanan yang dilengkapi dengan materi (Bimbingan Klasikal).
? Bidang Studi PGSD membuat materi tematik tingkat SD (kelas 4, 5, atau 6 dengan materi sesuai kehendak peserta tes).
? Bidang Studi PJOK membuat RPP tingkat SD (kelas 1, 2, atau 3 dengan materi sesuai kehendak peserta tes).
? Pembina asrama membuat RPP PAI tingkat SMP atau SMA (materi sesuai kehendak peserta tes).
? Berpakaian sopan dan rapi (memakai jilbab bagi perempuan)
? Memakai sepatu
? Hadir 30 menit sebelum tes berlangsung
-------------
Mohon konfirmasi kehadiran dengan Format SMS: NAMA_BIDANG STUDI_YA
dikirim ke No 0821-8770-8080 
paling lambat hari Rabu, 29 Nopember 2017, Pkl. 14.00 WITa
Bagi yang tidak mengonfirmasi maka tidak kami cantumkan sebagai peserta tes.

Terima kasih.
Human Capital Department SIA

on 27 November 2017
  • Berita

PENGUMUMAN Hasil Tes TPA Gelombang I

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

PENGUMUMAN Hasil Tes TPA Gelombang 1 yang dinyatakan lolos untuk tes bidang studi, yang Insya Allah akan dilaksanakan pada:

--------------

Hari       : Kamis,  23 Nopember 2017

Pukul    : 09.00 - 12.00 Wita

Tempat: Multimedia Lt. 2 SIA, jl. Kajaolaliddo No. 22 Mks

Jenis Tes : Bidang Studi (sesuai jurusan)

-------------

catatan :

- Berpakaian sopan dan rapi (memakai jilbab bagi perempuan)

- Memakai sepatu

- Hadir 30 menit sebelum tes berlangsung

-------------

Mohon konfirmasi kehadiran dengan Format SMS: NAMA_BIDANG STUDI_YA

dikirim ke No 0821-8770-8080 

paling lambat hari Rabu, 22 Nopember 2017, pk. 14.00 

Bagi yg tdk mengonfirmasi maka tidak kami cantumkan sbg peserta tes. 


Terimakasih.

Human Capital Department SIA

on 20 November 2017
  • Berita

Dalami Literasi dan Inklusi Keuangan, Siswa Athirah Belajar di Kantor OJK

MAKASSAR – Gerakan edukasi keuangan kepada pelajar akan memberikan bekal pengetahuan terkait produk dan jasa keuangan. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar survei pada 2013 dan mencatat pengetahuan masyarakat Indonesia tentang produk dan jasa lembaga keuangan atau literasi keuangan masih terbilang rendah yaitu 21,84 persen.

on 18 November 2017
  • Kegiatan

MENGHARUMKAN SEKOLAH MELALUI AJANG SPEECH & DEBATE

UMI kembali menggelar ajang bergengsi tingkat SMA. Ajang itu merupakan Kompetisi speach & debate yang telah diselenggarakan dalam dua hari, yakni Jumat (10/11) dan Ahad (12/11). Kompetisi itu berlangsung lancar dan mendebarkan untuk para peserta didik se-Sulselbar, khususnya bagi Nura Shafiyah Salshabila peserta didik SMA Islam Athira kelas X MIPA 4 yang menjadi perwakilan dalam kompetisi tersebut. Kompetisi speach dimulai Jumat (7/11) dengan diikuti 15 sekolah se-Sulselbar, di antaranya dari Toraja, Enrekang, Palopo dan sekolah-sekolah yang berkualitas di Makassar seperti Rajawali, Tinggi Moncong, SMA Neg.17, SMA Neg.2, serta Sekolah Islam Athirah. Lima peserta melangkah ke babak selanjutnya, yakni SMA Islam Athirah 1 Makassar, SMAN 1 Makassar, SMAN 2 Makassar, dan SMA Tinggimoncong. Kelima peserta bersiap untuk kompetisi debate yang akan dilaksanakan pukul 13.00 WITA di hari yang sama. “Dari waktu pengumuman itu sampai dengan memasuki waktu zuhur, Nura melakukan latihan persiapan debate sebanyak dua kali dihadapan saya. Dengan dukungan, doa dan semangat dari saya selaku pembimbingnya ditambah lagi kehadiran orangtua dari ananda Nura, itu membuat Nura menjadi lebih percaya diri dan semakin membuat penampilannya bagus saat kompetisi dimulai”,ungkap Haerul Tamimin yang akrab disapa Sir Mimin selaku pembina ananda Nura dalam menjalani persiapan kompetisi ini. Dengan bekal yang dimiliki Nura dari ekskul yang ia ikuti di sekolah Islam Athirah, Sir Mimin yakin Nura memiliki bakat yang lebih dari peserta ekskul, sehingga ia bisa terpilih menjadi kandidat yang mewakili SMA Athirah untuk kompetisi ini. Walaupun gadis berparas manis ini termasuk orang yang pemalu dan pesimis, tetapi semangatnya untuk belajar sangat tinggi sehingga Sir Mimin tidak pernah menyerah untuk memberikan dukungan dan bimbingan penuh untuk mempersiapkan Nura menjadi juara. Persiapan dilakukan selama dua pekan untuk kompetisi ini. “Saya melatih Nura dengan sangat intensif, menunjukkan bagaimana membuka pidato yang baik, kemudian menceritakan bagaimana pengalaman kakak kelasnya yang sudah menjadi juara dulu. Dan alhamdulillah Nura bisa lebih baik dari Afifah pemenang speach tahun lalu.” aku Sir Mimin saat ditanya tentang latihan persiapan Nura saat itu. Rasa syukur diungkapkan guru pembimbing kandidat SMA Athirah ini karena ananda Nura akhirnya meraih juara satu pada kompetisi speach & debate dan diberi penghargaan medali serta uang tunai sejumlah 1 juta rupiah. “Saya juga tidak menyangka akan menjadi juara satu pada kompetisi ini, yang sebenarnya ekspektasi saya adalah bisa meraih juara 3. Setelah diumumkan juara 3 dan 2 yang diraih oleh sekolah lain, saya sempat tidak percaya diri dan sudah berbalik badan, tetapi ternyata pengumuman juara 1 itu menyebutkan nama saya sebagai pemenangnya. Alhamdulillah saya sangat senang dan sampai sekarang masih tidak percaya. Saya juga sangat berterimakasih kepada Sir Mimin karena beliau menemani saya terus dari awal sampai akhir dan sangat memberikan saya support. Karena beliaulah yang membuat saya menjadi percaya diri.” haru Nura saat diwawancarai tentang perasaanya menjadi salah satu peserta didik yang mengharumkan nama sekolah. (w.a).

on 16 November 2017
  • Berita

Prof. Nurdin Abdullah Sambut Peserta Fieldtrip SMP Islam Athirah Bone

Panyula (6/11). Bupati Bantaeng, Prof.Dr. Nurdin Abdullah menyambut kedatangan peserta Field Trip SMP Islam Athirah Bone di Rujab Kota Bantaeng. Rombongan Fieldtrip yang terdiri atas siswa-siswi Kelas VII, guru, dan staff karyawan dijamu di rumah jabatan bupati sekaligus mendapatkan motivasi dan inspirasi dari sosok yang sedang mencalonkan diri menjadi Gubernur Sulsel 2018-2022 ini. Kegiatan di hari ketiga yang merupakan rangkaian fieldtrip Angkatan VII Siswa dan siswi SMP Islam Athirah bone ini, menjadi pengalaman yang sangat berkesan bagi siswa-siswi SMP Islam Athirah Bone karena bisa mendapatkan inspirasi langsung dari tokoh yang selama ini terkenal akan tangan dinginnya dalam memajukan Kabupaten Bantaeng.

“Generasi Muda saat ini harus percaya diri. Harus berani tampil di muka umum. Kalian semua adalah harapan bangsa menuju Indonesia Emas 2050. Jadilah siswa yang dapat mengharumkan nama daerahnya. Jadi, rajin belajar, berkarakter, dan harus punya integritas” Papar Prof. Nurdin Abdullah dalam sesi kelas motivasi di depan peserta fieldtrip.

Kegiatan Fieldtrip tahun 2017 dilaksanakan dengan mengunjungi tiga lokasi di tiga kabupaten, diantaranya yaitu Islamic Center Dato Tiro di Kabupaten Bulukumba, PPLH Puntondo di Kabupaten Takalar , Pantai Seruni dan Pantai Marina di Kabupaten Bantaeng. Kegiatan ini merupakan acara tahunan yang khusus dilaksanakan untuk kelas VII. Hal ini bertujuan untuk memberi suasana baru dalam belajar kepada siswa dan siswi SMP Islam Athirah Bone. (Zamil)


on 09 November 2017
  • Kegiatan

Fieldtrip SMP Islam Athirah Bone Jelajahi Tiga Kota

Panyula- SMP Islam Athirah Bone mengunjungi tiga kabupaten dalam fieldtrip yang dilaksanakan selama tiga hari (3-5/11). Pada kegiatan tersebut siswa-siswi kelas VII yang didampingi guru dan staff karyawan berkunjung ke Masjid Islamic Centre Dato Tiro di Bulukumba dan PPLH Puntondo di Takalar, kegiatan kemudian dilanjutkan menuju kota Bantaeng pada hari kedua yang diakhiri di kawasan pantai Marina yang masih dalam lingkup Kabupaten Bantaeng.

Siswa-siswi diberi kesempatan untuk mengobservasi dan mengeksplorasi kawasan yang dikunjungi. PPLH Puntondo Takalar menyediakan keanekaragaman hayati, Kota Bantaeng menampilkan sisi sosial masyarakat kota yang dinamis, dan Bulukumba menyajikan religiusitas yang dibalut keindahan dan kemajuan arsiteksturnya.

Di Kota Bantaeng, rombongan disambut oleh pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Banteng, Prof. Dr. Ir. Nurdin Abdullah, M.Agr. Dalam kesempatan tersebut, sosok yang juga mencalonkan diri sebagai gubernur sulsel periode 2018-2022 ini memberikan motivasi dan inspirasi kepada peserta fieldtrip.

“Sukses yang diperoleh itu bukan karena harta dan kekayaan, tetapi kerja keras, moral dan integritas. Generasi muda saat ini diharapkan dapat mengantarkan Negara ini menuju Indonesia Emas 2050. Membawa negara kita berdiri sejajar dengan negara-negara maju yang ada di dunia.” Ujarnya dalam sesi kelas motivasi dan inspirasi di ruangan utama rumah jabatan bupati Banteng. (Daffa Intanio)


on 08 November 2017
  • Kegiatan

Penentu Kelulusan, Siswa Athirah Dilatih Menulis Karya Tulis Ilmiah

MAKASSAR – Menulis karya tulis ilmiah dapat melatih kecakapan berpikir sistematis dan metodologis. Kaitannya, pada abad 21, kemampuan berpikir kritis sangat dibutuhkan. Sehubungan dengan itu, pelatihan penulisan karya tulis ilmiah dikalangan pelajar perlu terus digalakkan.

on 07 November 2017
  • Kegiatan

MENGENAL BUDAYA KAJANG MELALUI KEGIATAN FIELDTRIP

Pada Oktober ini, SMA Islam Athirah 1 Makassar memiliki agenda khusus untuk kelas XI. Agenda tersebut berupa fieldtrip yang telah dilaksanakan pada tanggal 27 – 29 di bulan yang sama. Kegiatan ini dilakukan dengan penuh semangat oleh peserta didik dan beberapa guru pendamping. Mereka melakukan fieldtrip di daerah Bulukumba, tepatnya daerah Kajang dan berbagai tempat wisata, seperti Pantai Bira dan tempat pembuatan perahu bersejarah Phinisi dari Bumi Panrita Lopi.

on 03 November 2017
  • Kegiatan

Siswa Sekolah Islam Athirah Tolak Gunakan Narkoba

MAKASSAR – Dari tahun ke tahun kasus penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif atau yang disingkat narkoba, semakin mengkhawatirkan. Presiden Joko Widodo bahkan telah menegaskan kondisi Indonesia yang darurat narkoba. Karenanya, seluruh elemen harus bahu membantu mencegah penyalahgunaan narkoba. Sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba bagi pelajar dipandang penting dilakukan.

on 01 November 2017
  • Kegiatan

Peringati Sumpah Pemuda, Siswa SMA Athirah Didorong Semangat Belajar

MAKASSAR – Momentum sumpah pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober seyogyanya jangan hanya sebagai seremonial belaka. Sepatutnya, nilai-nilai semangat juang pemuda dalam merebut kemerdekaan di zaman dulu, dapat diinternalisasikan oleh generasi millenial di masa kini. Terkhusus bagi pelajar, semangat sumpah pemuda diaktualisasikan dalam bentuk kesemangatan menimba ilmu.

on 30 Oktober 2017
  • Kegiatan

Semarak Sumpah Pemuda SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga Makassar

Sumpah Pemuda
Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

on 27 Oktober 2017
  • Kegiatan

Pelantikan OPDIS dan MPK Sd Islam Athirah 2 Bukit Baruga Makassar

Apa sih OPDIS itu?
OPDIS (Organisasi Peserta Didik Intra Sekolah) merupakan satu-satunya organisasi kesiswaan yang berada di lingkungan sekolah. Tujuan didirikannya OPDS adalah untuk melatih siswa dalam berorganisasi dengan baik dan menjalankan kegiatan sekolah yang berhubungan dengan siswa.
Sebagai satu-satunya wadah organisasi siswa di sekolah untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan kesiswaan yang selaras dengan visi misi sekolah maka organisasi ini bersifat intra sekolah. Oleh karena itu setiap siswa secara otomatis menjadi anggota OPDIS. Keanggotaan itu secara otomatis berakhir dengan keluarnya siswa dari sekolah yang bersangkutan.
Kegiatan yang dilaksanakan oleh OPDIS dapat dibagi atas 2 macam kegiatan, yaitu kegiatan rutin dan kegiatan insidentil. Contoh kegiatan rutin adalah melaksanakan peringatan Hari Besar Agama Islam, peringatan Hari Besar Nasional, Latihan Kepemimpinan, Peringatan Hari Jadi Sekolah, Masa Orientasi Siswa baru, latihan pidato, senam bersama, penerbitan mading dan lain-lain. Dalam pengertian bahwa kegiatan tersebut sudah dijadwalkan terlebih dahulu dan bersifat rutin diadakan, entah tiap tahun, tiap bulan atau tiap minggu.


on 25 Oktober 2017
  • Kegiatan

Ekspresi Demokrasi di SMP Islam Athirah Bone

Panyula (24/10/2017), Siswa-siswi sekolah Islam Athirah Bone menyambut PEMILOS 2017 pada Selasa, 24 Oktober 2017 pada pukul 13.00. Kegatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun untuk memilih Ketua dan wakil ketua OSIS baru.  Siswa-siswi mengambil tempat  duduk yang telah disediakan dan menunggu-nunggu dimulainya acara. Tidak hanya guru dan siswa yang ikut menghadiri PEMILOS  tahun ini, bahkan cleaning servis pun ikut menyaksikan dan memeriahkan acara tersebut dengan  antusiasnya. Acara belum dimulai namun kebisingan  terjadi dimana-mana. Ketiga pasangan calon ketua dan wakil ketua kemudian dipanggil dengan pasangannya masing-masing  dan duduk ditempat yang telah disediakan dengan ekspresi khasnya masing-masing.

Sorakan tim sukses calon tidak mau kalah bisingnya. Acara dimulai dan dibuka oleh Muh.Irzan selaku ketua KPPS tahun ini. Dalam pelaksanaannya siswa-siswi dipanggil secara berpasangan dan bergantian, dan dipanggil oleh beberapa anggota KPUS dan KPUS yang bertugas dalam acara tersebut.  Pasangan yang dipanggil  diarahkan ketempat pengambilan surat suara dan memberikan paraf  sebelum menuju ke bilik suara. Semua siswa telah memilih pilihannya masing masing. Perhitungan suara pun dimulai dengan gesitnya pempaca suara. Setelah semua suara telah dibacakan, pasangan yang terpilih adalah pasangan nomor urut 3 yakni dari pasangan Muh. Imran Asnawi dan Viola finanda yang berasal dari daerah yang sama yakni Enrekang. Acara ditutup dengan tepukan meriah dari tim sukses dan para siswa lainnya yang ikut bangga melihat pasangan no. urut 3 yang terpilih menjadi ketua dan wakil ketua OSIS tahun ini. (Riska Respati)

on 25 Oktober 2017
  • Kegiatan

SMP Islam Athirah Bone Kembali Rebut Juara Umum ISC 2017

Panyula (25/10), SMP Islam Athirah Bone boyong juara umum ajang kompetisi sains Integrated Science Competition (ISC) 2017.  SMP Islam Athirah Bone berhasil meraih juara II speech contest oleh Muh. Adnan Prasetyo, juara III olimpiade IPA oleh  Zaki Ahmad Naufal, dan  juara I cerdas cermat oleh Zaki Ahmad Naufal, Erwin Arsyad, dan Muh. Maulana Yusuf. Dengan hasil tersebut membuat SMP Islam Athirah Bone mengukuhkan kembali sebagai juara Umum ISC 2017. Kegiatan yang  berlangsung pada tanggal 18 - 21 Oktober 2017 di Makassar ini agenda tahunan yang di selenggarakan oleh HMPS pendidikan IPA UNM.

Keberhasilan meraih Piala Bergilir HMPS pendidikan UNM ini tidak lepas dari kemurahan Allah SWT dan kerja sama dari keluarga besar SMP Islam Athirah Bone serta dukungan dan doa Bapak/Ibu Wali Murid, sehingga kaderisasi di dalam setiap menghadapi perlombaan memiliki keunggulan intelektual dan kesiapan yang matang. “Dengan persiapan pelatihan yang matang, akhirnya siswa mampu bersaing dan memberikan prestasi yang membanggakan. Semoga kemenangan ini diharapkan bisa memotivasi belajar semua siswa SMP Islam Athirah Bone” Ujar Basri, S.Pd.,M.Pd. selaku Kepala SMP Islam Athirah Bone. (Fahmi, Indri)


on 25 Oktober 2017
  • Berita

Athirah Swimming Club Makassar

Alhamdulillah..... SD Islam Athirah 2 Makassar mendominasi juara pada kejuaran renang antar sekolah se kota makassar yang diadakan oleh sekolah dian harapan.

on 24 Oktober 2017
  • Kegiatan

Bekali Siswa Tips Memilih Kampus, Sekolah Islam Athirah Gelar Edu Fair

MAKASSAR – Sebelum menempuh pendidikan di bangku kuliah, para siswa dipandang perlu mendapat informasi terkait dunia universitas itu sendiri. Hal ini dimaksudkan agar siswa bisa memilih jurusan di perguruan tinggi berdasarkan ketertarikan, prospek masa depan, dan biaya yang dimiliki.

on 24 Oktober 2017
  • Kegiatan

Tingkatkan Kompetensi, Guru dan Karyawan Athirah Ikuti “Jalan Kalla”

MAKASSAR – Dibalik eksistensi dan perkembangannya hingga saat ini, Kalla Group memiliki 5 kunci kesuksesan. Kelima kunci tersebut digali dari sejarah pendirinya, Hadji Kalla dalam merintis bisnisnya. Kalla Group menjalankan nilai-nilai Kalla atau yang disebut Kalla Way yakni kerja ibadah, apresiasi pelanggan, lebih cepat, lebih baik, dan aktif bersama. Sekaitan dengan itu, pegawai dan guru Sekolah Islam Athirah wajib mengikuti sosialisasi Jalan Kalla ini.

on 24 Oktober 2017
  • Kegiatan

KPUS 2017/2018 Siap Kawal Pemilos SMP Islam Athirah Bone

Panyula – Andi Eva Rukmana Thandra selaku Wakasek bidang Kesiswaan melantik dan mengambil sumpah jabatan lima pengurus KPUS SMP Islam Athirah Boarding School Bone periode 2017-2018. Pemilihan pengurus penyelenggara Pemilu Sekolah ini sebelumnya telah melalui tahapan seleksi dan uji kelayakan oleh MPO SMP Islam Athirah Bone. Lima anggota KPUS terpilih adalah Ahmad Mudoffar, Muhammad Akbar, Widitra Darwis, Wildatul Rahmah, dan Iffah Al-Khayriyah.
Pelantikan dilakukan pada momen upacara bendera di SMP Islam Athirah Boarding School Bone pada Senin (9/10/17). Andi Eva Rukmana Thandra mengambil sumpah jabatan mereka sekaligus mengukuhkan kelimanya sebagai Pengurus KPUS yang akan mengawal Pemilos OSIS 2017/2018. Diharapkan dengan adanya pengurus KPUS yang berkompeten, akan terpilih kader-kader pengurus OSIS yang bermutu dan berkualitas.
“Saya yakin Pengurus yang dilantik saat ini adalah putra-putri terbaik SMP Islam Athirah Boarding School Bone. melalui mereka kita yakin bahwa akan terpilih kader-kader pengurus OSIS yang bermutu dan berkualitas” Ujar Eva Rukmana Thandra selaku pembina upacara saat menyampaikan sambutannya sesaat setelah pengukuhan dilangsukan. (Viola/Sofia)

on 13 Oktober 2017
  • Kegiatan

Siswa SMP Athirah Bone Juara III Biologi Open Day Nasional 2017

Panyula – Siswa SMP Islam Athirah Bone kembali meraih prestasi pada ajang tahunan bergengsi Biologi Open Day (BODY) Tingkat Nasional 2017 yang diadakan oleh Himpunan maha siswa biologi (HIMABIO) FMIPA UNM. Kali ini, siswa dari kelas IX Ar-Raqib ini. Zaki Ahmad Nauval berhasil merebut juara III pada tingkat SMP di ajang tersebut. Kegiatan BODY 2017 digelar di kampus FMIPA Universitas Negeri Makassar pada (3-8/10/17) yang diikuti oleh ratusan siswa di jenjang SMP dari berbagai daerah se-Sulawesi.
Perjalanan Zaki hingga mencapai prestasi tersebut tidaklah mudah. Sebelumnya, ia harus mengikuti serangkaian tahap. Setelah terpilih di tingkat sebelumnya, ia mengikuti ajang BODY nasional mewakili SMP Islam Athirah Bone.
 Zaki mengaku sempat ragu dapat menyingkirkan ratusan siswa terpilih dari masing masing daerah tersebut. Dengan perjuangan yang begitu berat menghantarkannya meraih juara III pada ajang tersebut.
“Ragu juga sih awalnya. Tapi tetap yakin. Harapan saya kedepannya adalah mampu mempertahankan piala ISC, lulus OSN SMA 2018 bersama kedua rekan saya, Aldi dan Jabbar. Tidak hanya itu, saya juga berharap  dapat mengikuti ajang GRAVITASI” ujar Zaki.


on 13 Oktober 2017
  • Berita

Guru Sekolah Islam Athirah Diajak Cakap Literasi

Tak ada transformasi yang dapat dicapai tanpa pendekatan pendidikan. Adapun pendidikan erat kaitannya dengan kecakapan membaca dan menulis. Sepatutnya tidak hanya siswa yang diajak memiliki kemampun literasi. Guru pun didorong memiliki kecakapan literasi.

on 10 Oktober 2017
  • Kegiatan

Ketua OSIS dan MPK SMA Islam Athirah Bukit Baruga Dilantik

Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga Ibnu Hajar melantik ketua OSIS dan ketua Majelis Perwakilan Kelas (MPK) masa bakti 2017-2018 di Lapangan SMA Islam Athirah Bukit Baruga, Jalan Raya Baruga, Makassar, Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya, Ibnu Hajar SPd mengatakan, pengurus OSIS yang akan dilantik supaya melaksanakan perintah ketua OSIS selama tidak bertentangan dengan ajaran agama Islam. “Ananda sekalian, wajib hukumnya untuk mengikuti perintah dari seorang pemimpin, kecuali yang diperintahkan itu merupakan kemaksiatan kepada Allah SWT. Kalian boleh tidak mengikuti perintah itu jika bertentangan dengan perintah agama kita,” ujarnya dihadapan ratusan siswa SMA Islam Athirah yang mengikuti apel pelantikan.

Menurutnya, amanah sebagai ketua OSIS dan MPK akan dipertanggungjawabkan dihadapan manusia dan Allah SWT. “Kita berharap, laporan pertanggungjawaban pengurus bisa diterima di hadapan manusia dan dihadapan Allah SWT. Bisa saja laporan pertanggungjawabannya diterima dihadapan manusia, namun belum tentu diterima dihadapan Allah SWT. Sebaliknya, bisa saja tidak diterima dihadapan manusia, namun tidak diterima disisi Allah SWT,” ungkap Ibnu.

Ketua OSIS yang baru dilantik, Imam Akbar Mujahidin mengatakan, pihaknya akan berupaya membawa OSIS lebih baik di satu tahun periode kepengurusannya. “Saya mengucapkan syukur kepada Allah SWT setelah saya diberi amanah menjadi Ketua OSIS periode 2017-2018. Terima kasih kepada pengurus OSIS masa bakti 2016-2017. Semoga di periode ini, OSIS lebih baik lagi,” ucapnya.

Ketua MPK SMA Islam Athirah Bukit Baruga Ahmad Rafi’addarajat berharap, kinerja MPK bisa lebih baik lagi. “Fungsi MPK adalah mengawasi dan membantu OSIS agar bekerja dengan baik. Semoga pengurus MPK bisa bertanggungjawab pada tugas yang dilakukan,” ucap siswa kelas XI IPA 2 ini.

Adapun komposisi pengurus OSIS SMA Islam Athirah Bukit Baruga diantaranya, Ketua OSIS Imam Akbar Mujahidin, Wakil Ketua Nishfi Ismi Khusnah, Sekretaris Umum Magfirah Awalia, Bendahara Indy Ardhia Cahyani, Koordinator Bidang Imtak dan Pendidikan AM Fadel Alifqa, Koordinator Bidang Kaderisasi Adhitya Dutameru, Koordinator Bidang Minat dan Bakat Sri Astuti, Koordinator Bidang Kehumasan Daffa Alief Rismawan, dan Koordinator Bidang Kesekretariatan dan Administrasi Fitria M Akib.

Sedangkan susunan pengurus MPK SMA Islam Athirah periode 2017-2018 antara lain, Ketua MPK Ahmad Rafi’addarajat, Wakil Ketua Sarmila Rahman, Sekretaris Dwyna Jovanka Arildya, dan Bendahara Aulia Fatimah K, Koordinator Komisi Pengawasan Bidang Iimtak dan Pendidikan Tendri Nasyrah A, Koordinator Komisi Pengawasan Bidang Kaderisasi Sahid Munawir, Koordinator Komisi Pengawasan Bidang Minat dan Bakat Tiara Kusuma Wardani, Koordinator Komisi Pengawasan Bidang Kehumasan Annisa Fatimah Azzahra, dan Koordinator Komisi Pengawasan Bidang Kesekretariatan dan Administrasi Sabrina Vastinia.

Bersamaan dengan pelantikan ketua OSIS dan MPK, Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga Ibnu Hajar SPd memberikan pin penghargaan kepada dua orang siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga yang menjadi paskibraka pada 17 Agustus 2017 lalu. (ilmadin)


on 09 Oktober 2017
  • Berita

SOSIALISASI SOP SEBAGAI GERAKAN AWAL SUKSESNYA JAMINAN MUTU SEKOLAH

Sekolah merupakan tempat penanaman karakter dan pengembangan diri. Sekolah bertaraf internasional pada dasarnya wajib menerapkan jaminan mutu.  Tak terkecuali di SMA Athirah Kajaolalido. Jaminan mutu yang dimaksud adalah terjaminnya kualitas dalam pembentukan karakter, proses pembelajaran, dan bidang keagamaan, khususnya dalam hal beribadah.

on 03 Oktober 2017
  • Kegiatan

BTA Competition: Athirah Bone Sabet Juara Umum

Panyula- Delapan siswa/i Sekolah Islam Athirah Boarding School Bone kembali mencetak prestasi di bidang akademik antara lain : Biologi, ekonomi, fisika, matematika, kimia, dan geografi, dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh Tim BTA 8 Competition pada16-17 September 2017 yang bertempat di Phinisi Point (Pipo) Makassar.

 

Kegiatan yang berlangsung di Phinisi Point (Pipo) Makassar ini diawali dengan registrasi serta pengambilan ID Card+Voucher BTA 8 sebesar Rp.1.500.000,-/peserta yang dimulai dari pukul 07.00 WITA.  Setelah registrasi, peserta dipersilakan untuk memasuki ruangan yang dihadiri ratusan peserta dari berbagai sekolah di Sulawesi Selatan.

on 02 Oktober 2017
  • Kegiatan

Nobar Film G30SPKI: Pupuk Semangat Juang siswa Athirah Bone

Bone, Panyula- Suara riuh terdengar begitu bising di asrama malam itu, tepatnya malam ahad (30/09/2017). Asrama yang terdiri dari 2 lantai itu dipenuhi siswa Sekolah Islam Athirah Boarding School Bone. Mereka sangat antusias untuk menonton film G30SPKI. Nonton bareng yang dimulai dari 09.00-11.30 p.m. itu begitu menarik semangat para siswa. Terlihat jelas ketegangan dan rasa kasihan dari raut wajah para siswa, bahkan di kalangan siswa perempuan mereka tak jarang berteriak takkala adegan-adegan kekerasan terlihat di layar.

Film yang berdurasi 220 menit ini cukup membuat para siswa paham akan beratnya perjuangan para pahlawan dulu demi negara Indonesia. Film yang mengisahkan dibunuhnya 7 Jendral oleh PKI tersebut menguras emosi beberapa kalangan siswa.

on 02 Oktober 2017
  • Kegiatan

Lebih Luas Menatap Dunia dengan Reading Day

“Meski hanya 20 menit, tetapi beberapa lembar yang kubaca membuat keinginanku untuk menulis membuncah-buncah”

Selasar gedung SMP Islam Athirah Bone diramaikan oleh siswa dan siswa yang sedang asyik membaca buku. Menjadi menarik karena tidak hanya siswa dan guru, tetapi sampai petugas cleaning service pun menjadi ikut tertarik untuk membaca buku. Virus membaca seakan ditularkan oleh sebuah gerakan massal. Orang yang sebelumnya enggan membaca menjadi penasaran dan akhirnya ikut meramaikan aktivitas tersebut. Alam bawah sadarnya ikut tergerak mengikuti alur yang mengalir di lingkungannya. Pentingnya membudayakan karakter positif seperti “gemar membaca” menjadi sebuah keniscayaan untuk warga SMP Islam Athirah Bone.

on 02 Oktober 2017
  • Kegiatan

Jurnal Pagi TK Islam Athirah 2

Setiap Selasa dan Kamis pagi anak-anak TK Islam Athirah 2 terlihat duduk berkumpul di indoor sekolah. Rupanya mereka sedang melaksanakan aktifitas jurnal pagi. Jurnal pagi diberikan sebagai proses transisi bagi anak dari atmosfer rumah ke atmosfer sekolah. Ini lebih kepada pengkondisian anak-anak untuk lebih siap memasuki kegiatan di sentra.

on 01 Oktober 2017
  • Kegiatan

Semarak Muharram, TK Islam Athirah 2 Gelar Pawai

Beragam perayaan dilakukan dalam rangka menyambut tahun baru islam. Salah satunya seperti yang dilakukan puluhan anak TK Islam Athirah 2.  Anak-anak dari Kelompok Bermain, Kelompok A dan B melakukan pawai menyambut 1 Muharram 1439 Hijriyah.

on 01 Oktober 2017
  • Kegiatan

Penyuluhan NAPZA oleh Kader Pemuda Anti Narkoba

SMA Islam Athirah 1 Makassar menyelenggarakan penyuluhan kader Pemuda Anti Narkoba pada tanggal 19 september 2017. Penyuluhan ini terselenggara atas program dari Kementrian Pemuda dan Olahraga, bertujuan untuk pencegahan destruktif narkoba yang akan melahirkan 1.200 kader inti dan 28.000 dikalangan pemuda khususnya pelajar SMA.

on 29 September 2017
  • Kegiatan

SMP Islam Athirah 2 Makassar Gelar Peringatan Tahun Baru Islam 1439 H.

Tak ada kebisingan suara kendaraan, tak ada suara petasan. Hanya tedengar lantunan ayat suci Alquran. Tadarus kolosal bersama siswa, guru, dan karyawan SMP Islam Athirah 2 Makassar menggema di Aula Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga sebagai rasa syukur akan datangnya tahun baru 1439 H, Jumat 22 september 2017.

Kemeriahan memeringati tahun baru islam berlanjut dengan melakukan pawai yang dimulai di lapangan upacara Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga kemudian melewati rute Masjid Fatimah dan berakhir di tempat parkir Andalas.

Para siswa, guru, dan karyawan SMP Islam Athirah 2 Makassar kompak memakai seragam Islami. Setiap Kelas membawa spanduk dengan nama bulan Islami diawali dengan Muharram sampai Zulhijah.

Muhammad Amir, S.H.I selaku ketua panitia menegaskan bahwa kegiatan ini bukan hanya tadarus kolosal, dan pawai melainkan ada banyak lomba yang digelar diantaranya nasyid, hafalan Alquran, dan masih banyak lagi. (AKa)

on 29 September 2017
  • Kegiatan

Debat Kandidat Pemilihan Ketua dan Wakil OPDIS SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga

Suasana debat kandidat dalam acara pemilihan calon ketua dan wakil ketua OPDIS SD Islam Athirah 2 Makassar berlangsung seru dan panas. Para pasangan calon menyampaikan visi dan misi mereka dengan percaya diri di hadapan para simpatisan atau pendukungnya. Kegiatan ini berlangsung pada hari Rabu, 27 September 2017.

on 29 September 2017
  • Kegiatan

Field Trip ke Bugis Water Park

SD slam Athirah 2 Bukit Baruga Makassar  Field Trip ke Bugis Water Park

Tujuan utama field trip adalah memberikan pengalaman belajar nyata kepada anak-anak. Karena itulah, biasanya field trip dirancang agar berkaitan dengan kurikulum atau kegiatan belajar anak di kelas. Sekolah biasanya sudah menetapkan tujuan field trip, baik lokasi maupun hasil yang diharapkan dari kegiatan tersebut.

on 29 September 2017
  • Kegiatan

AFC 8 Pelopor Lomba FIFA di Makassar

Penanggung jawab lomba FIFA  AFC Part 8 patut berbangga karena berhasil melaksanakan lomba FIFA yang merupakan event sekolah pertama yang ada di kota Makassar. Lomba tersebut diikuti oleh peserta dari berbagai kategori yang berjumlah 60 orang dari 2 slot yang tersedia. Tujuan utama panitia menyelenggarakan lomba tersebut adalah untuk mendukung perkembangan E-Sport khususnya konsul Play Statiton (PS).

on 28 September 2017
  • Kegiatan

Suka Cita Pramuka di Cadika

Pramuka kali ini (22-23 Sept 2017) mengusung tema “Satu Jiwa, Satu Bangsa, Satu Bahasa Melalui Nasionalisme Pramuka Tetap Jaya” yang melibatkan khusus seluruh siswa kelas X SMA Islam Athirah 1 Makassar, pimpinan sekolah, guru, dan beberapa kakak kelas mereka yang berperan sebagai pembina, pendamping, dan panitia pramuka. Keberangkatan jumat pagi pukul 09.00 WITA (22 Sept ’17) menggunakan bus sekolah menuju “Bumi Perkemahan Cadika” yang terletak di desa Pa’bentengang kec. Bajeng kab. Gowa. Perjalanan yang relatif singkat, tidak sampai 2 jam, bus sekolah Athirah mantap terparkir di halaman luas tempat siswa dan guru-guru berkemah. Setelah pasang tenda dan menyiapkan perlengkapan pramuka, upacara pembukaan pramuka dilakukan dengan bangga, mengibarkan bendera Merah-Putih dan bendera SIA.

on 26 September 2017
  • Kegiatan

Telapak Tangan Cinta untuk Rohingya

Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) bekerjasama dengan Dongeng Ceria gelar aksi pengumpulan telapak tangan cinta untuk Rohingya di SMP Islam Athirah 2 Makassar. Kegiatan ini berlangsung di lapangan upacara Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga, Jumat (15/9/2017).

(Baca juga) Aksi Cap Tangan oleh Anak-Anak TK Islam Athirah 2 untuk Rohingya

Telapak tangan cinta untuk Rohingya merupakan sebagai aksi menolak kekerasan terhadap anak-anak Rohingya di Rakhine, Myanmar. Spanduk yang berisikan cap tangan siswa telah dikirim ke PBB pada tanggal 20 September 2017.

(Baca juga) Donasi Peduli Muslim Rohingya

Seto Mulyadi, Selaku Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) sekaligus penerima Peace Award dari Sekjen PBB, direncanakan akan menyerahkan langsung kain yang sudah dibubuhi tanda tangan para siswa seluruh Indonesia. (AKa)

on 24 September 2017
  • Kegiatan

Sekolah Islam Athirah Mendominasi BTA 8 Competition

Baru-baru ini BTA 8 Jakarta cabang Makassar menggelar BTA 8 Competition Se-Sulawesi Selatan. Event ini berlangsung di Mall Phinisi Point Makassar, 16-17 September 2017.

Sebanyak 346 pelajar hadir untuk menguji kemampuannya dibidang matematika dan IPA. Tak ketinggalan tiga unit Sekolah Islam Athirah turut hadir mengikuti kompetisi ini diantaranya, SMP Islam Athirah 1 Makassar, SMP Islam Athirah 2 Makassar, dan SMP Islam Athirah Bone.

(Baca Juga) Tim Olimpiade Sains SMP Islam Athirah Bone boyong Piala Wagub SulSel 2017

Pertarungan sengit untuk memperebutkan piala bergilir Wakil Gubernur Sul-Sel Agus Arifin Numang tersaji dari unit SMP Islam Athirah 2 Makassar dan SMP Islam Athirah Bone. masing-masing utusan siswanya meraih medali emas dari cabang yang berbeda. Muh. Nurhidayat Riadi dari SMP Islam Athirah Bone meraih emas pada cabang matematika sedangkan Jabbar Alam dari SMP Islam Athirah 2 Makassar meraih emas pada cabang IPA. Sistem penilain juara umum dilihat dari jumlah peraihan medali. Akhirnya SMP Islam Athirah Bone berhasil menjadi juara umum pertama karena selain meraih emas cabang matematika juga meraih medali perak dicabang IPA sedangkan SMP Islam Athirah 2 Makassar selain meraih medali emas dicabang IPA juga meraih medali perunggu dicabang matematika.

Hasil BTA 8 Competition
* Matematika
1. Emas: Muh. Nurhidayat Riadi (Athirah Bone)
2. Perak: Fairuz Salsabila (SMP 1 Pangkep)
3. Perak: Novelya Putri (Athirah 1)
4. Perunggu: Pangeran Maulana (Athirah 1)
5. Perunggu: Kanaya Shafi Azzahrah (Athirah 2)
6. Perunggu: Kandida (Katolik Rajawali)

*IPA:
1. Emas: Jabbar Alam (Athirah 2)
2. Perak: Zaky Maulana (Athirah Bone)
3. Perak: Steven Gerard (Katolik Rajawali)
4. Perunggu: Rachel (Katolik Rajawali)
5. Perunggu:  Ivan Kusno (Katolik Rajawali)
6. Perunggu: Jessica P (Katolik Rajawali)

Pembimbing tim Olimpiade Sains SMP Islam Athirah 2 Makassar sangat bersyukur atas raihan anak didiknya. (AKa)

on 24 September 2017
  • Kegiatan

Puncak Tema “Manusia”, Murid TK Islam Athirah 2 Memakai Seragam Profesi

Jumat (15/9/17) suasana di TK Islam Athirah 2 tampak berbeda dari hari biasanya. Anak-anak biasanya datang memakai seragam sekolah namun hari ini mereka datang dengan memakai berbagai macam seragam profesi.

on 24 September 2017
  • Kegiatan

Aksi Cap Tangan oleh Anak-Anak TK Islam Athirah 2 untuk Rohingya

Baru-baru ini Senin (18/9/17) Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) gelar aksi pengumpulan cap tangan untuk Rohingya di TK Islam Athirah 2.

on 24 September 2017
  • Kegiatan

TAX GOES TO SCHOOL Sambagi SMP Islam Athirah Bone

Panyula. Kanwil Direktorat Jenderal Pajak SulSelBarTra menggelar kegiatan bertajuk Tax Goes To School  di SMP Islam Athirah Bone pada Sabtu (23/09/2017). Event yang menyasar calon wajib pajak ini diadakan dalam rangka mengenalkan pajak sejak dini kepada masyarakat.  Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak SulSelBarTra, Aris Bamba.

on 24 September 2017
  • Kegiatan

Tim Olimpiade Sains SMP Islam Athirah Bone boyong Piala Wagub SulSel 2017

Tim Olimpiade SMP Islam Athirah Bone  berhasil menggondol piala bergilir dari Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Numang. Tim Athirah menjadi juara umum dengan meraih 1 medali emas dan 1 medali perak dalam ajang kompetisi bergengsi BTA 8 competition. Event ini berlangsung pada 16-17 September 2017. Total peserta 346 siswa dari seluruh kabupaten se-sulsel berpartisipasi dalam lomba tersebut, tiga diantaranya merupakan perwakilan dari SMP Islam Athirah Bone

on 24 September 2017
  • Kegiatan

PRESENTASI PUNCAK TEMA "KELUARGAKU" TK ISLAM ATHIRAH 01

Setiap akhir pembelajaran tema, diadakan kegiatan puncak tema. Tema kebutuhanku berjalan selama 2 minggu, bentuk kegiatan puncak tema kali ini hampir sama dengan puncak tema "manusia", hanya berbeda teknis pelaksanaan. kegiatannya semua anak membuat pohon keluarga yang dibuat bersama Ayah/Bunda di rumah,yang isinya berupa foto keluarga inti dan non inti. lalu di presentasikan di kelas yang telah di sepakati, kegiatan ini berlangsung di TK ISLAM ATHIRAH 01, hari jumat, tanggal 22 september 2017, dan diikuti oleh seluruh anak didik

on 22 September 2017
  • Kegiatan

Athirah Bone dikunjungi MAN 2 Watampone

Bone, Panyula- Athirah Bone mendapat kunjungan khusus dari MAN 2 Watampone. Kunjungan  yang dilaksanakan  pada Jumat (16/09/2017) bertujuan untuk melihat aktivitas/kegiatan yang ada di Sekolah Islam Athirah Boarding School Bone. Kegiatan ini berlangsung setelah shalat Ashar hingga menjelang magrib.

Awalnya, tamu dari MAN 2 disambut dengan kegiatan ramah-tamah di mushallah. Kepala sekolah memberi sambutan Lalu memperkenalkan warga ke Athirah kepada sekolah yang juga menerapkan sistem boarding  itu. Begitupun sebalikanya. Dalam acara sambutan tersebut, kedua belah pihak berharap kegitan tersebut bisa menjadi kegiatan rutuin, bahkan Athirah Bone juga berniat melakukan kunjungan balik. Tidak hanya itu, pada sesi sambutan, Kepala SMA Athirah mencangangkan sebuah program.

on 22 September 2017
  • Kegiatan

SMA Islam Athirah menangkan Runner Up II TOSCA 2017

WATAMPONE- Untuk pertama kalinya Tim Olimpiade Sulawesi Selatan (TOSCA) mengadakan Lomba Olimpiade Sains se-Sulawesi Selatan yang diperuntukkan kepada 3 perwakilan orang untuk setiap jurusan Olimpiade Sains, antara lain Ekonomi, Geografi, Kebumian, Matematika, Biologi, Fisika, Astronomi, Kimia dan Ilmu Komputer. Kegiatan ini memiliki 3 tahap, yakni tahap Penyisihan berupa tes online yang dilaksanakan di setiap sekolah, sedangkan tahap final dan grandfinal berupa tes tertulis yang dilaksanakan di Menara Pinisi UNM (Universitas Negeri Makassar) pada tanggal (10/9/17)

on 22 September 2017
  • Kegiatan

Open House Kelas XI di SMA Islam Athirah, Sukses.

Kegiatan Open House yang diadakan di SMA Islam Athirah khusus kelas XI mengusung tema “Sukses Menentukan Pilihan Jurusan dan Universitas Terbaik” ini berjalan dengan kondusif pada tanggal 14 September 2017 pukul 09.00 WITA tanpa mengganggu proses belajar mengajar khususnya untuk kelas XI. Meskipun tidak semua orangtua siswa yang telah diundang hadir dalam kegiatan ini, open house berjalan dengan lancar dan tetap mencapai tujuan dari kegiatan tersebut, yakni untuk mensosialisasikan tata tertib dan program sekolah pada tahun ajaran yang sedang berjalan kepada orangtua siswa, serta pembentukan BMJ (Badan Musyawarah Jami’ah) di kelas XI. 

on 19 September 2017
  • Kegiatan

Kemeriahan Pembukaan Athirah Funtastic Competition (AFC) Part 8

Kompetisi antar sekolah yang hampir setiap tahun diselenggarakan oleh Sekolah Islam Athirah ini, resmi dibuka sore tadi (tanggal 18 September 2017 pukul 16.30 WITA) oleh tamu terhormat yaitu Bapak Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Agus Arifin Nu’mang. Pembukaan AFC ke-8 yang spektakuler ini ditandai dengan pelepasan puluhan balon gas yang mengudara. “AFC kali ini kami hadirkan kembali dengan nuansa yang berbeda dari AFC sebelumnya.” aku Buya Adzan ketua panitia AFC.  

on 19 September 2017
  • Kegiatan

Hari Pencoblosan Pemilihan OPDIS SD Athirah 1

Dari bilik suara di ruang kaca sd islam athirah lt. 1 pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OPDIS SD Islam Athirah 1 Makassar (18/9) terlihat sangat semangat dan antusias para pemilih yang terdiri dari siswa dan para guru bersiap untuk menentukan pilihannya dalam pemilih Ketua dan Wakil OPDIS SD Islam Athirah 1

Ketiga pasangan calon akan segera mengetahui siapakah ketua OPDIS dan Wakil Ketua OPDIS  SD Islam Athirah 1 Makassar Periode 2017/2018, setelah perhitungan suara yang akan dilaksanakan pada pukul 13:30 Wita. (Msn)

on 18 September 2017
  • Kegiatan

Donasi Peduli Muslim Rohingya

"Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa: barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka rasul-rasul Kami dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas, kemudian banyak diantara mereka sesudah itu sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan dimuka bumi." (Q.S. Al-Maidah : 23).

(Baca juga) : Bangun Empati Atas Krisis Kemanusiaan

Para Siswa, Guru, dan Orang Tua Siswa dengan ikhlas berinfaq untuk meringankan beban saudara seiman di Rakhine, Myanmar. Donasi yang terkumpul kemudian diserahkan langsung kepada 2 lembaga Dompet Dhuafa dan ACT, kemudian pihaknya akan mengantarkan langsung donasi itu ke Rakhine.

(Baca juga) Doa untuk Rohingya yang Terzalimi

Jumlah Donasi yang terkumpul dari wilayah Bukit Baruga dan Bone Rp.90.520.200 dan diserahkan langsung oleh Direktur Sekolah Islam Athirah kepada pihak Dompet Dhuafa. Untuk pihak Kajaolalido donasi yang terkumpul Rp.120.050.000 dan diserahkan langsung oleh Direktur Sekolah Islam Athirah kepada pihak ACT.

Jurnalis                  : Selomita, Alya
Fotografer              : Ipul
Penulis Berita        : Akbar


on 16 September 2017
  • Kegiatan

Doa untuk Muslim Rohingya yang Terzalimi

Senin pagi (11/9/2017), bukan hari yang biasa. Ada yang bersedih, ada pula tersenyum. Sedih melihat kezaliman yang terjadi di Rakhine, Myanmar. tersenyum karena masih bisa berinfaq untuk membantu saudara seiman muslim Rohingya.

Lantunan doa terpanjatkan, menggema Se-Athirah. Mulai dari Athirah Kajaolalido, Athirah Bukit Baruga, dan Athirah Bone.

(Baca juga) : Athirah Bone Peduli Rohingya

Tenda yang terpasang di lapangan sepak bola Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga tak mampu menampung ribuan Siswa, Guru, Karyawan, dan Orang Tua Siswa. Beberapa diantara mereka ikhlas duduk dipinggiran pohon meskipun panas matahari menyengat.

(Baca juga) : Peduli Rohingya, TK Islam Athirah 2 Tampil Membuka Acara Dzikir dan Doa

Direktur Sekolah Islam Athirah H. Syamril, S.T., M.Pd. dalam sambutannya menekankan bahwa hari ini kita akan menyelamatkan saudara kita muslim Rohingya dengan doa dan dana kita. Semoga dengan itu, jika kita mampu menyelamatkan satu jiwa maka Allah mengatakan sama dengan menyelamatkan seluruh umat manusia. Sungguh ajaran islam sangat luar biasa dalam kemanusiaan.

Jurnalis              : Selomitha, Alya
Fotografer          : Ipul
Penulis Berita    : Akbar











on 16 September 2017
  • Kegiatan

LDKS SD ISLAM ATHIRAH 2 MAKASSAR

Siswa merupakan bagian dari pemuda penerus cita-cita bangsa, karenanya kita harus mendidiknya dengan baik. Memberikan pendidikan terbaik dalam rangka menyiapkan mereka menuju masa depan yang gemilang sehingga mampu menjadi tonggak kemajuan bangsa.

LDKS mencetak generasi muda yang berkarakter merupakan sebuah bentuk kegiatan yang bertolak ukur kepada peningkatan sumber daya peserta untuk mendalami dan memahami tentang konsep-konsep atau dasar-dasar sebuah organisasi di sekolah, seperti Organisasi Peserta Didik Intra Sekolah (OPDIS) di SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga Makassar atau kepramukaan. LDKS ini bertujuan untuk Menanamkan jiwa kepemimpinan, kemandirian, dan keteladanan kepada siswa.



on 16 September 2017
  • Kegiatan

PHBS : Pola Hidup Bersih dan Sehat

PHBS di Sekolah adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat.

Kegiatan PHBS ini terlaksana atas kerjasama antara SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga Makassar dengan Tim Dokter dari rumah sakit Hermina Makassar. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud dukungan sekolah terhadap jaminan mutu yang telah dicanangkan dalam tahun ajaran ini yaitu PHBS

Ada beberapa indikator yang dipakai sebagai ukuran untuk menilai PHBS di sekolah yaitu :
1. Mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun
2. Mengkonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah
3. Menggunakan jamban yang bersih dan sehat
4. Olahraga yang teratur dan terukur
5. Memberantas jentik nyamuk
6. Tidak merokok di sekolah
7. Menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap 6 bulan
8. Membuang sampah pada tempatnya



on 16 September 2017
  • Kegiatan

Ummi Foundation Surabaya Kunjungi TK Islam Athirah 2

Hari Selasa (12/9/17), Ustadz Muh. Roghibi salah satu tim dari Ummi Foundation Surabaya mengadakan kunjungan ke TK Islam Athirah 2.

on 15 September 2017
  • Kegiatan

Peduli Rohingya, TK Islam Athirah 2 Tampil Membuka Acara Dzikir dan Doa

Derita muslim Rohingya yang mengalami diskriminasi oleh penguasa Myanmar mendapat perhatian oleh banyak pihak terutama di Makassar.

on 15 September 2017
  • Kegiatan

SUPERVISI UMMI FOUNDATION TK ISLAM ATHIRAN 01

Kunjungan Ummi Foundation
Kunjungan Team ummi foundation Surabaya ke TK islam Athirah dalam rangka supervisi kegiatan pembelajaran Al-Qur’an metode ummi. Metode Ummi hadir untuk memenuhi kebutuhan pengajaran Al qur'an. kunjungan ini rutin dilakukan pertiga bulan dengan tujuan melihat perkembangan anak mulai dari pengenalan huruf hijaiyyah, serta kemampuan anak membaca Al qur'an dengan tartil. supervisi bukan hanya untuk anak, namun guru juga ikut di supervisi,
untuk melihat progres saat mengajar anak. supervisi dilakukan disemua kelas mulai dari kelompok KB, A dan B. Setelah supervisi diadakan pembinaan untuk seluruh guru yang mengajar UMMI.


on 15 September 2017
  • Kegiatan

Kampanye Calon OPDIS SD Islam Athirah 1

Kampanye calon ketua dan wakil ketua OPDIS SD Islam Athirah periode 2017-2018 telah berlangsung selama dua hari yang diikuti 3 pasangan calon, yaitu selasa dan rabu tanggal 12 dan 13 september 2017, tanggal 14/09/17/ akan diadakan DEBAT Kandidat (hari ini).

Semua calon ketua dan wakil ketua OPDIS SD Islam Athirah 1 telah memaparkan visi dan misi mereka, demi menarik banyak suara. aneka atribut calon pun beredar seperti poster, pin, kipas, balon dan sebagainya.

Dukungan dan yel-yel disorakkan oleh para tim sukses dari masing-masing pasangan calon. pemaparan visi dan misi serta motto yang dimilkinya. Ada 27 kelas telah dimasuki semua pasangan calon demi terlaksananya kampanye yang merata dan untuk meraih dukungan suara(msn)

on 14 September 2017
  • Kegiatan

ATHIRAH PEDULI ROHINGYA

Sebagai wujud kepedulian terhadap saudara muslim rohingya di Rakhine maka Athirah mengadakan kegiatan ” Athirah peduli Rohingya” yang diadakan serentak di tiga unit Sekolah Islam Athirah. Salah satunya sekolah Islam Athirah Bone.

Tangis sedih mewarnai pembukaan acara yang dilaksanakan di Mushallah Fatimah Kalla itu karena diawali dengan pemutaran video aksi kekejaman polisi Myanmar terhadap muslim rohingya di Rakhine.

on 13 September 2017
  • Kegiatan

MASUK SURGA SE-ATHIRAH

“ kita harus masuk surga se-Athirah.” Itulah kata direktur Sekolah Islam Athirah yang menjadi dasar adanya program tahfidz dan tahsin bagi para guru dan karyawan Sekolah Islam Athirah Boarding School Bone.

“ kata-kata direkturlah yang menjadi dasar adanya program ini, karena salah satu jalan masuk surga adalah dengan memperbaiki bacaan al-quran.”  Ujar H. Haeruddin Lc. selaku wakil kepala sekolah bagian keasramaan dan tahfidz.

on 13 September 2017
  • Kegiatan

SMP Islam Athirah Bone Gelar Zikir untuk Rohingya


Panyula - Aksi peduli tragedi kemanusian warga ROHINGYA tak hanya dilakukan ormas Islam, tapi juga dari kalangan pelajar di tanah air. Seperti yang dilakukan oleh pelajar dari SMP Islam Athirah Bone, Mereka juga prihatin dan turut berduka atas tragedi di Rakhine, Myanmar itu.


Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WITA sampai dengan 10.00 WITA tersebut  bertujuan untuk mengirim doa keselamatan dan kekuatan pada muslim Rohingya dihadiri seluruh siswa, guru, karyawan, sampai dengan orang tua siswa. Turut memberikan tausiyahnya adalah Ust. Ervan Arsyad selaku Ketua DPD Wahdah Islamiyah Bone.


Tak berhenti sampai disitu saja, para jamaah juga menggalang dana  muslim Rohingnya. Kegiatan sosial dan doa ini dilakukan secara serentak di semua unit Sekolah Islam Athirah, baik di Bone maupun di Makassar.


"Dengan diadakanya acara ini kita bisa termotivasi untuk selalu bersyukur kepada Allah, dan lebih peduli ke sesama umat muslim ," kata Nurholis, S.Pd, guru mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah itu dalam keterangan tertulis pada, Senin (11/9/2017).


Kepala Sekolah SMP Islam Athirah Bone, Basri S.Si, S.Pd, M.Pd.  mengatakan, acara ini di gelar sebagai bentuk dukungan moril kepada korban kemanusiaan di Rohingya serta mengajarkan rasa empati kepada seluruh siswa. Pembelajaran, tidak hanya dalam kelas dan materi tertulis saja, tapi sikap dan kepedulian sesama harus ditumbuhkan siswa didik.


"Semoga apa yang kita lakukan ini bisa sedikit meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Rohingya. Yang tak kalah penting juga, bisa mengajarkan siswa untuk belajar berempati kepada sesama," tandasnya.


Salah satu siswa Muh.Afdal Nur Wahyu mengatakan dari jumlah dana yang terkumpul bisa membuktikan bahwa pelajar di Indonesia peduli terhadap Warga Rohingya. Uang yang terkumpul itu nanti akan disalurkan melalui lembaga yang berkompeten untuk warga muslim Rohingya. Zahran Ahnaf



on 11 September 2017
  • Kegiatan

Program SIA, Athirah Digital School Resmikan Kerjasama dengan Quipper

Kali ini mimin Jurnalistik SMP Islam Athirah 2 Makassar akan membahas tentang kerjasama Athirah Digital School dengan Quipper. Apa sih Athirah Digital School dan Quipper itu?

Athirah Digital School merupakan program yang diusung oleh Sekolah Islam Athirah dalam menerapkan sistem belajar terkini melalui pemanfaatan teknologi. Teknologi dalam pendidikan sangat penting diterapkan agar kedepan para guru dan siswa tidak ketinggalan zaman dalam pemanfaatan teknologi. Berawal dari perkembangan teknologi di indonesia yang semakin pesat berkembang, maka Sekolah Islam Athirah mencoba mengusung program tersebut. Langkah awal yang dilakukan adalah melakukan kerjasama dengan Quipper.

Quipper merupakan website yang bergerak dibidang pendidikan. website ini didirikan oleh Masayuki Watanabe, pada tahun 2010 di london. Ada 3 kekuatan pendorong yang membuat Quipper tercipta. Pertama, Ia ingin berbuat sesuatu tentang 'kemiskinan ilmu'. Kedua, Ia merasa internet dan pendidikan adalah pasangan sangat cocok. Dengan menggunakan internet, kecerdasan seorang dapat menyentuk jutaan pelajar, dan biaya marjinalnya mendekati angka nol. Performa dan hasil belajar dapat diukur secara cepat, dan proses belajar mengajar dapat menjadi lebih kolaboratif, inklusif dan menyenangkan daripada sebelumnya. Yang terakhir, Ia rasa ini waktu yang tepat bagi Quipper. Dengan menurunnya biaya perangkat teknologi dan semakin menyebarnya perangkat berbasis internet — serta bervariasinya pengalaman mengerjakan proyek online — membuat saya merasa bahwa waktu yang sempurna akhirnya tiba.

Sekolah Islam Athirah berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan mendistribusikan konten pendidikan berkualitas yang dimiliki oleh Quipper. Sementara itu, ditemui pada saat peluncurun Athirah Digital School, Direktur Sekolah Islam Athirah, H. Syamril, S.T., M.Pd. mengatakan program Athirah Digital School ini akan berlangsung selama tahun ajaran 2017 - 2018 yang akan dilakukan di 3 unit sekolah, yaitu Athirah Kajaolalido, Athirah Bukit Baruga dan Athirah Bone.

Oleh karena itu, Quipper menjadi partner tepat yang dipilih untuk mengusung program Athirah Digital School. Takuya Homma selaku Country Manager Quipper Indonesia mengatakan setiap siswa memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan berkualitas dengan pemanfaatan teknologi.

"Kerja sama ini merupakan bagian dari komitmen kami dalam mendukung program pemerintah untuk memastikan siswa-siswi Indonesia dapat bersaing di tingkat global," kata Takuya, di Jakarta, Senin (4/9/2017).

"Kami berharap kerja sama dengan Quipper dapat membantu kami dalam menerapkan sistem belajar terkini melalui penggunaan teknologi," ujar H. Syamril, S.T., M.Pd.

Pelatihan Quipper untuk aktifasi akun quipper dilaksanakan di SMP Islam Athirah 2 Makassar, Rabu (6/9/2017). pelatihan ini dipusatkan di Aula Sekolah. Seluruh kelas IX turut hadir dalam pelatihan yang dilaksanakan Quipper ini.


Sumber Berita    :    www.wartaekonomi.co.id
                                  video.quipper.com
                                  www.wirahadie.com

on 11 September 2017
  • Kegiatan

Pembelajaran Ibadah Kurban Untuk Siswa

1.Pengertian Kurban

  Kurban adalah menyembelih hewan dengan niat beribadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan syarat dan waktu tertentu.

2.Hukum Kurban

  Seabgian ulama berpendapat bahwa berkurban itu hukumnya wajib,sedangkan Jumhur Ulama (sebagian ulama besar) berpendapat bahwa berkurban adalahn sunnah muakkad.

3.Waktu dan Tempat Menyembelih Kurban

  Waktu yang ditetapkan untukmenyembelih kurban yaitu sejak selesai sholat Idul Adha (10 Dzulhijjah) sampai terbenam matahari 13 Dzulhijjah.

4.Ketentuan Hewan kurban

  Hewan yang dapat dipergunakan adalah unta, sapi, kerbau dan kambing atau domba. Adapun hewan-hewan tersebut dapat dijadikan hewan kurban dengan syarat telah cukup umur dan tidak cacat, misalnya pincang, sangat kurus atau sakit. Seekor kambing atau domba hanya untuk kurban satu orang, sedangkan seekor unta,sapi atau kerbau masing-masing untuk tujuh orang.

5.Pemanfaatan Daging Kurban

  Daging kurban sebaiknya dibagikan kepada fakir miskin berupadaging mentah segar, sedang ketentuan sebagai berikut:

  1) 1/3 untuk yang berkurban dan keluarganya

  2) 1/3 untuk fakir miskin

  3) 1/3 untuk hadiah kepada masyarakat sekitar atau disimpan agar sewaktu-waktu bisa dimanfaatkan

6.Sunah dalam Menyembelih

  Pada waktu menyembelih hewan kurban, disunatkan:

  a.Melaksanakan sunah-sunah yang berlaku pada penyembelihan biasa, seperti: membaca basmalah, membaca sholawat, menghadapkan hewan ke arah kiblat, menggulingkan hewan ke arah rusuk kirinya, memotong pada pangkal leher, serta memotong urat kiri dan kanan leher hewan.

  b.Membaca takbir (???? ????)

  c.Membaca do’a sebagaimana do’a yang diajarkan oleh Rasulullah SAW

  d.Orang yang berkurban menyembelih sendiri hewan kurbannya. Jika ia mewakilkan kepada orang lain,ia disunatkan hadir ketika penyembelihan berlangsung.

on 04 September 2017
  • Kegiatan

MGMP Matematika SMPS di SMP Islam Athirah 1 Makassar

Kegiatan MGMP Matematika SMPS Sekota Makassar adalah kegiatan silaturrahmi guru mata pelajaran untuk pembinaan dalam meningkatkan dan mengembangkan profesionalisme guru Matematika SMP swasta di kota Makassar demi mencerdaskan anak bangsa terutama pengembangan pengajaran matematika yang menyenangkan.

by Mubasriani, S.Pd (Guru Matematika Unit SMP Athirah 1 Makassar)

on 09 September 2017
  • Kegiatan

Berkurban Bukanlah Sedekah Biasa

"Berkurban hewan dengan senilai dua juta rupiah masih jauh lebih mulia ketimbang berinfak dengan nilai yang sama. Berkurban merupakan ibadah yang sangat agung dan mulia. Janganlah berkurban hanya untuk berbangga dengan harta yang dimiliki, melainkan berkurbanlah karena keikhlasan dengan niat yang saleh. Ikhlas bukanlah saat kita mengatakan, “aku sudah ikhlas”. Pada dasarnya keikhlasan bukan sesuatu yang diucapkan oleh mulut, melainkan dari hati. Saat kita ikhlas, itu berarti kita tidak akan mengungkitnya lagi ke belakang." Tutur pak Umar Thamrin.

Arel siswa kelas 8.1 duduk tepat di bagian sudut depan aula Sekolah mendengarkan dengan serius sambutan Wakasek Kesiswaan dan Keagamaan sambil menganggukkan kepala kebawah dan keatas. Ia salah satu siswa yang juga pada hari itu berkurban di sekolah. Sebelum pak Umar memberikan sambutannya ia sudah membisikkan kepada Filsah ketua OSIS SMP Islam athirah 2 Makassar untuk menyerahkan langsung daging kurbannya ke panti asuhan yang disepakati tanpa harus ikut kesana, karena takut dianggap riya. Jatah sepertiga kurban untuk dirinya pun diberikan kepada Wali Kelasnya. Filsah sangat mengapresiasi niat baik arel.

Filsah selaku ketua OSIS bersama pengurus di bidang Rohani Islam berangkat menuju panti asuhan Ashalihin didampingi langsung oleh pak Umar Thamrin.

Pengurus panti asuhan Ashalihin mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungan guru dan siswa SMP Islam Athirah 2 Makassar. Tak lupa pula ia bersyukur kepada Allah Swt. atas nikmat hayat (kehidupan) yang diberikan kepada keluarga besarnya di panti asuhan Ashalihin. (AKa)



on 07 September 2017
  • Kegiatan

Menambah Takwa dan Rasa Syukur Melalui Ibadah Kurban

“Dirikanlah shalat dan berkurbanlah (an nahr), (QS. Al Kautsar: 2)"

Keistimewaan Idulkurban tidak disia-siakan para siswa SMP Islam Athirah 2 Makassar yang menitipkan hewannya untuk disembelih di sekolah. Niat mereka berkurban untuk menjadi lebih dekat dengan kasih sayang Allah Swt. Setidaknya keistimewaan Idulkurban jangan engkau sia-siakan sebab umur kadang sulit menemui perulangannya jika ajal telah menjemput.

Senin (4/9/2017) yang cerah, matahari perlahan meninggi di ufuk timur membuat semangat para siswa tak kendur untuk tetap setia menantikan saat-saat menegangkan penyembelihan hewan kurban. Tepat  di sebelah masjid Fatimah seorang lelaki yang tak muda lagi membawa sebuah parang tajam mendekati kerumunan siswa. Bukan untuk mengajak berkelahi, melainkan ia yang akan menyembeli hewan kurban. Haji Nasir mulai memberikan nasihatnya kepada siswa sebelum parangnya diayunkan ke leher seekor kambing. Ia berkata "Kurban merupakan ibadah tua, setua Nabi Ibrahim. Pada saat itu ia bermimpi menyembelih anaknya sendiri yaitu Nabi Ismail".

Dari arah depan terdengar suara yang kompak bertanya. "Mengapa leher hewan tidak boleh putus saat disembelih ustaz?" celoteh tiga siswi dari kelas 7.3 utusan media jurnalistik SMP Islam Athirah 2 Makassar. Haji Nasir tersenyum mendengar antusias rasa ingin tahunya. Ia kemudian perlahan menjelaskan "Nak, kalau lehernya terputus maka itu makruh. Makanya saat berkurban, cukup dua uratnya terputus yaitu urat pernapasan dan urat makanan."

Haji Nasir kembali menegaskan disunnahkan untuk puasa tiga hari, yaitu puasa Tarwiyah 8 Zulhijah, puasa Arafah 9 Zulhijah, dan dilanjutkan 10 Zulhijah sebelum salat Idulkurban. Berkurban mesti dilakukan saat terbit matahari 10 Zulhijah setelah salat idulkurban, dan di hari tasyrik 11-13 Zulhijah.

"kenapa disebut hari tasyrik ustaz?" Tutur arel siswa yang ikut berkurban di sekolah.
"Tasyrik adalah hari disaat jemaah yang menunaikan ibadah haji sedang berada di mina. Pada tanggal tersebut, para jemaah haji melempar jumrah." Haji Nasir menjawab.

Maka berkurbanlah untuk melengkapi ibadahmu, berkurbanlah untuk membantu orang yang tidak bercukupan, Berkurbanlah untuk menambah takwa dan rasa syukur kita kepada Allah Swt.  (AKa)


on 07 September 2017
  • Kegiatan

PRESENTASI "AKU UNIK CIPTAAN ALLAH

kegiatan ini merupakan program penunjang, pelaksanaannya setiap akhir pembelajaran/tema, kegiatan ini bertujuan menggali informasi dari anak tentang kegiatan yang telah dilaksanakan selama 4 pekan. menumbuhkan rasa percaya diri, empati, dan melatih anak menjadi pendengar yang baik.


on 07 September 2017
  • Kegiatan

Kebahagiaan Kurban di Athirah Bone

Di atas segalanya adalah Allah swt. Dan apabila pemotongan dan pembagian hewan kurban ini lancar itu lantaran kehendak-Nya.Siswa-siswi Sekolah Islam Athirah Bone  tak mau ketinggalan berbagi di Hari Raya Idul Adha. Kemarin (4/9) mereka membagi-bagikan daging kurban kepada 100 tetangga di kiri dan kanan sekolah. Mereka berbagi daging kurban setelah menyembelih 7 ekor sapi dan 1 kambing di halaman sekolah. Hewan kurban itu dibeli dengan dana dari guru, orang tua, dan siswa.

on 07 September 2017
  • Kegiatan

Menyambut Idul Qurban, Pengurus Komite SMP Islam Athirah Bone Silaturrahim Perdana ke Sekolah

Panyula, Segenap pengurus inti Komite SMP Islam Athirah Bone pada Senin (4/9) bersilaturrahim untuk yang pertama kali bersama jajaran guru dan karyawan SMP Islam Athirah Bone setelah dilantik di Panyula.  Komite yang dalam lingkungan Sekolah Islam Athirah disebut dengan BMJ atau Badan Musyawarah Jamiah ini pada tahun ajaran 2017/2018 diketuai oleh Aryani, S.Pd. turut hadir juga dalam kesempatan tersebut,  Sekretaris BMJ Hj. Nuraeni, S.Pd. dan Hj. Darmawati serta Darwis, keduanya menjabat sebagai anggota.


Kegiatan yang berlangsung dalam suasana Iduladha tersebut membahas beberapa agenda. Salah satu yang sempat dibahas dalam pertemuan yang penuh dengan nuansa keakraban tersebut  adalah peran serta orang tua dalam mendukung keberhasilan sekolah untuk mewujudkan generasi muda yang berkarakter dan berprestasi.  Hal ini sejalan dengan semangat dan visi misi SMP Islam Athirah Bone yang bertekad mewujudkan generasi yang berkarakter, berciri islami, berjiwa nasional, dan berwawasan global.


Basri, S.Pd.,M.Pd. dalam kesempatan yang sama mengaku sangat bersyukur dengan kedatangan pengurus inti BMJ SMP ke SMP Islam Athirah Bone. hal ini menurutnya merupakan sinergi yang positif antara orang tua siswa dan pihak sekolah.


“Saya sangat bersyukur. Momen-momen seperti ini harus ditingkatkan agar sinergi yang positif antara orang tua siswa dan sekolah dapat diwujudkan” Ujarnya sesaat setelah pertemuan berlangsung.
Setelah pertemuan, rombongan pengurus inti BMJ kemudian dijamu dengan menu konro bersama segenap siswa-siswi di sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Kalla tersebut.

on 07 September 2017
  • Kegiatan

Wujudkan Kesalehan Sosial dengan Berkurban

Hari Raya Idul Adha merupakan hari yang memiliki makna bagi seluruh umat islam di dunia, selain menjalankan Ibadah Haji ke Tanah Suci Makkah, bagi umat islam yang telah mampu diwajibkan pula untuk melaksanakan pemotongan hewan kurban.


di SMP Islam Athirah Bone, pada Senin (4/9) melaksanakan kegiatan pemotongan hewan kurban sebanyak 6 ekor sapi dan seekor kambing. Hewan kurban tersebut berasal dari pengumpulan dana dari seluruh warga sekolah, baik siswa, guru, karyawan dan orang tua siswa.


Kepala SMP Islam Athirah Bone, Basri, S.Si., S.Pd., M.Pd., mengatakan pengorbanan atau jiwa berkurban, adalah sesuatu yang tidak sia-sia, karena akan sangat bermanfaat untuk menyegarkan semangat kehidupan saling tolong-menolong dan saling peduli.


"Pelaksanaan Idul Adha ini terasa istimewa karena semua pihak turut berpartisipasi. Kita berharap semua ini mendatangkan manfaat dan berkat untuk semua", ujar kepala sekolah sebagai guru mapel geografi ini.
Ketua Panitia Pemotongan Kurban, H. Haeruddin Lc., menambahkan Ibadah kurban mendatangkan dua taqarrub (pendekatan) sekaligus, yakni taqarrub kepada Allah SWT dan kepada manusia. Taqarrub kepada sesama, menghadirkan dorongan keberagamaan yang bukan hanya menjadi kesalehan individual, tapi juga kesalehan sosial.


"Ini dua dimensi, yaitu hablum minallah dan hablum minannas yang menjadi ciri utama dari ajaran Islam. Rencananya, kegiatan pemotongan hewan kurban, menjadi agenda rutin SMP Islam Athirah Bone saat Hari Raya Idul Adha." (peb)



on 07 September 2017
  • Kegiatan

Semarak Peringatan Hari Raya Qurban 1438 H

Hari Raya Idul Adha merupakan salah satu dari 2 hari besar yang senantiasa disambut dengan penuh suka cita oleh umat islam. Dalam Hari Raya Idul Adha ini identik dengan menyembelih hewan kurban bagi mereka yang bercukupan. Senin, tanggal 4/09/2017 SMA Islam Athirah 1 Makassar turut serta melaksanakan pemotongan hewan kurban sebanyak 3 ekor sapi dan 1 ekor kambing yang merupakan donasi dari beberapa pendidik dan peserta didik.

Pelaksanaan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, yang mana perayaan sebelumnya yang berkurban adalah keseluruhan jumlah peserta didik di setiap kelas, namun tahun ini pelaksanaan kurban sesuai dengan syariat, 7 orang untuk 1 ekor sapi. Daging kurban ini selanjutnya didistribusikan kepada beberapa panti asuhan yang langsung dikordinir oleh peserta didik. Semoga makna berkurban tahun ini lebih meningkatkan kepedulian pendidik dan peserta didik SMA Islam Athirah untuk saling berbagi serta kepedulian untuk sesama.




on 06 September 2017
  • Kegiatan

Santap Daging Qurban Bersama-sama di TK Islam Athirah 2

Ada pemandangan berbeda pagi ini, Selasa (5/9/2017) siswa TK Islam Athirah 2 duduk melingkar di indoor sekolah.

on 05 September 2017
  • Kegiatan

Aksi Pengajar Muda Athirah

Kegiatan “Pengajar Muda Athirah” baru saja dilaksanakan oleh SMA Islam Athirah Boarding School Bone di Dusun Ulo.

Bakti sosial digelar pada tanggal 24 Agustus 2017. Target kegiatan adalah mengajar murid-murid MTs Al-Mushawwir dan SD 59 Ulo di Kbupaten Bone, Dusun Ulo-Ulo, Desa Ulo, Kecamatan Tellu Siattinge. Kegiatan ini dikoordinir langsung oleh Ibu A.Eva Rukmana Thandra S.Pd, selaku wakasek bidang kesiswaan SMP-SMA Islam Athirah Bone.

Para siswa-siswi yang berhasil lolos seleksi sebagai Pengajar Muda Athirah memberikan sumbangsi berupa jasa dengan berbagi ilmu dan memperindah perpustakaan MTs dan SD.

on 05 September 2017
  • Kegiatan

SMA ATHIRAH BONE ADAKAN TEMU TOKOH OSIS SE-KAB. BONE

Sekolah Islam Athirah Boarding School Bone mengadakan kegiatan temu tokoh osis se-kab. Bone. Kegiatan yang dilakukan pada ahad, 27 agustus 2017 itu dihadiri oleh 26 peserta dari sembilan SMA, SMK dan MA sederajat yang ada di kab. Bone. Syamsu Alam selaku kepala UPT Dinas Pendidikan kab. Bone yang membuka acara secara resmi mengatakan Ia sangat terharu ketika mengetahui bahwa sekolah yang berada di Panyula itu mengadakan pertemuan khusus para tokoh osis karena ini merupakan jenis kegiatan yang pertama kali diadakan di kab. Bone. “ Saya sangat terharu ketika mengetahui bahwa Athirah Bone mengadakan kegiatan seperti ini karena ini merupakan jenis kegiatan yang baru pertama kali diadakan di kab. Bone.” Ujarnya.

on 05 September 2017
  • Kegiatan

FLS2N 2017: SMA Athirah Bone Go Kupang

Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat SMA se-Sulawesi Selatan kembali di gelar oleh Dinas Pendidikan Provinsi SULSEL, teptanya pada 22 sampai 24 Agustus 2017 di Hotel Grand Imawan, Makassar. Dalam kompetisi tersebut, ada enam cabang yang diperlombakan, diantaranya lomba baca puisi, seni kriya, tari berpasangan, vokal solo, desain poster, dan teater monolog. Setiap kabupaten/kota mengutus satu siswa di tiap cabang lomba yang lolos seleksi sebagai perwakilan di tingkat provinsi.

SMA Islam Athirah Bone pun kembali mengambil peran. Melalui kecakapan Rahardi, siswa Kelas XI IPS AL-Hafidz, berhasil mewakili Kabupaten Bone di tingkat provinsi pada cabang lomba baca puisi.

on 05 September 2017
  • Kegiatan

Tradisi qurban di TK Islam Athirah 2 ajarkan siswa berbagi ke sesama

TK Islam Athirah 2 ikut berpartisipasi pada qurban kali ini yang serentak diadakan di seluruh wilayah Athirah baik Baruga, Kajaolaliddo maupun Bone pada hari Senin, 4 September 2017.

on 05 September 2017
  • Kegiatan

Sebelum Berkurban, Murid TK Athirah 2 Ikut Manasik Haji

TK Athirah 2 menggelar praktik pelaksanaan ibadah haji di Asrama Haji Sudiang Makassar, Rabu (29/8/2017).

Kegiatan ini bertujuan mengenalkan ibadah haji secara dini. Kegiatan ini sekaligus pengenalan rukun Islam yang kelima.

Ketua BMJ TK Islam Athirah 2, Sunarti mengatakan, manasik haji cilik mengedukasi anak sejak usia dini. Kegiatan ini melengkapi tradisi berkurban dengan memotong kambing dan sapi di sekolah itu.

"Saya berharap ini dapat memotivasi anak-anak agar dapat melaksanakan rukun Islam kelima tersebut," katanya.

on 04 September 2017
  • Berita

Pentas SMA Athirah Bone pada Pentas PAI

SMA Islam Athirah Barding School Bone kembali menjadi perbincangan pada kegiatan Pentas PAI Se-Sulawesi Selatan. Pasalnya, pada kegiatan yang digelar oleh Kementrian Agama Sulawesi Selatan tersebut, SMA Athirah Bone berhasil meraih tiket  menuju nasional.

Kegiatan tersebut merupakan sebuah lomba yang mengikutsertakan seluruh kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan. Peserta harus melaui tahapan seleksi dari berbagai cabang lomba yang untuk jenjang SD – SMA.

Tepat 7 Juli 2017, Departemen Agama Kabupaten Bone melakukan seleksi guna menjaring siswa-siswa terbaik yang akan diikutsertakan dalam Kegiatan Pentas PAI di tingkat Provinsi Sul-Sel. Salah satu cabang lomba yang diperlombakan adalah Debat Agama antarpelajar SMA. Cabang lomba yang mengharuskan setiap sekolah pada jenjang SMA di Kabupaten Bone untuk mengutus tiga siswa terbaik sebagai pembicara Ela Sulkifli, Andi Tiara Amalia Putri, dan Nur Fatihah menjadi amunisi SMA Islam Athirah Bone untuk mengikuti kegiatan tersebut. Pada level kabupaten. Alhasil, mereka bertiga berhasil mewakili Kabupaten Bone di tingkat provinsi.

Ahad, 13 Agustus 2017 seluruh kontingen lomba yang berasal dari seluruh kabupaten di Sulawesi Selatan berkumpul di Hotel Remcy, Makassar. Setelah melewati rangkaian pembukaan, lomba akhirnya dimulai pada pukul 11.00 Wita. Para peserta dari berbagai cabang lomba, dari level SD – SMA, sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

on 29 Agustus 2017
  • Kegiatan

Seminar “Menggali Potensi Anak”

Seminar parenting ini merupakan seminar yang khusus diberikan kepada orangtua peserta didik untuk memahami dan menggali potensi yang dimiliki oleh setiap peesrta didik yang ada di SD Islam Athirah 1 terutama peserta didik baru. Sehingg ada kerja sama antara orantua dan guru yang ada disekolah dalam mendidik Anak.

on 28 Agustus 2017
  • Berita

Semarak Merah Putih

Peringatan HUT RI ke 72 disambut dengan antusias dan meriah oleh segenap siswa, orang tua siswa, guru dan karyawan di SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga Makassar Acara ini dimeriahkan dengan berbagai lomba seperti balap karung, balap kelereng, tarik tambang dan makan kerupuk.

on 23 Agustus 2017
  • Kegiatan

Tahsin dan Tahfidz Guru - Karyawan

Pelaksanaan Tahsin dan Tahfidz guru karyawan dalam rangka meningkatkan kapasitas guru dalam hal standar tartil baca quran di SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga Makassar. Program ini adalah salah satu program jaminan mutu di SD Islam Athirah 2 Makassar yaitu seluruh siswa tartil baca alquran dengan metode Ummi dan hafal Alquran 1 - 3 juz. Program pembinaan guru dan karyawan ini berlangsung setiap hari selasa dan kamis yang dibimbing langsung oleh para gurur tahfidz metode ummi. Mereka berkelompok sesuai dengan tingkat jilid masing-masing.

on 23 Agustus 2017
  • Kegiatan

Perkemahan jumat - sabtu (PERJUSA)

Perkemahan Jumat - Sabtu atau di singkat PERJUSA adalah salah satu program bidang kesiswaan dan keagamaan  SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga, kegiatan ini dilaksanakan pada hari jumat,18 - sabtu, 19 Agustus 2017 diikuti oleh siswa kelas IV dan V. 

on 23 Agustus 2017
  • Kegiatan

DOUBLE WINNER Lomba Cerdas Cermat Se Kota Makassar 2017

 Kemenangan ini tentunya bukan yang pertama kali. Meski begitu, perbaikan akhlaq juga menjadi perhatian penting sekolah ini. Setiap harinya, sekolah juga memprioritaskan kompetensi spiritual siswa. Tujuannya bukan hanya agar mampu bersaing namun lebih kepada perkembangan siswa itu sendiri.  Sehingga, selain cerdas dan intelektual, mereka juga memiliki karakter dan akhlaq yang baik.

Di tempat lain, saat diwawancarai siswa siswi peserta lomba juga turut merasa bangga dan bahagia bisa membawa nama baik SMA Islam Athirah Kajaolalido. “Kita terbagi atas dua tim, dan semuanya bertemu di final. kami  merasa senang karena juara satu dan dua ini berasal dari sekolah kami” sahut  salah satu siswa yang menjuarai perlombaan ini. “ sebagai seorang siswa kami selalu berharap untuk bisa terus mengharumkan nama baik sekolah dan ini bisa menjadi contoh yang baik untuk adik-adik kami nantinya” tambahnya.

“Perasaan bangga dan puas melihat di setiap babak perlombaan tim kita menang dan bisa bertemu di final” tutur ibu Isnada yang merupakan salah satu pendidik sekaligus pembina lomba SMA Islam Athirah Kajaolalido. Sebagai seorang pembina, beliau merasa sangat bangga atas semangat, antusiasme dan kekompakan para siswa binaannya tersebut. “Mereka sangat kompak dan semangat, juga sangat antusias. Meskipun saya baru mengabari 3 hari sebelum lomba, akhirnya hanya sempat belajar sehari sebelum perlombaan, karena mereka juga sibuk ekstrakurikuler” lanjutnya.  Sebagai salah satu pendidik dan pembina, beliau berharap SMA Islam Atirah Kajaolalido kedepannya bisa mencetak generasi-generasi cerdas, kreatif dan inovatif seperti sekarang bahkan lebih sehingga mampu mejadi bagian dari perkembangan masa yang semakin mengagumkan ini.

Baru-baru ini SMA Islam Athirah 1 bersaing dengan berbagai sekolah dalam Lomba  Cerdas Cermat  Dinas Perpustakaan Se-Kota Makassar dan berhasil merebut juara pertama dan dua. Lomba ini berlangsung selama dua hari mulai pada tanggal 15 sd. 16 Agustus 2017 di Mall Phinisi Point Makassar. Kemenangan ini menambah panjang catatan prestasi sekolah dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi sekolah, karena dua tim yang diutus berhasil maju ke babak final.


on 22 Agustus 2017
  • Berita

KONSER AMAL PEDULI PALESTINA

Konon saat Nabi Ibrahim dibakar oleh Raja Namruz seekor burung dengan paruhnya membawa air untuk menyiramkannya ke api. Burung lain pun menegurnya. "Untuk apa? Tidak akan bisa memadamkan api". Katanya. "Memang air ini tidak akan memadamkan api tapi saya ingin menunjukkan bahwa saya ada di pihak Ibrahim. Saya telah berbuat semampu saya dan itulah jawaban saya kelak kepada Allah". 

on 21 Agustus 2017
  • Kegiatan

Memeringati HUT ke-72 RI, Senam Maumere Bersama Direktur SIA

Senam Maumere merupakan salah satu diantara beberapa kegiatan semarak kemerdekaan yang banyak menarik simpatik siswa untuk menontonnya. Daya tarik kegiatan ini adalah ikut sertanya wali kelas senam bersama anak walinya. Setiap kelas dituntun untuk menampilkan koreografer yang berbeda dari kelas yang lain. Kegiatan ini berlangsung pada hari kamis (17/8).

on 19 Agustus 2017
  • Kegiatan

Pengenalan Lingkungan Sekolah di SMP Islam Athirah 2 Makassar

SMP Islam Athirah 2 Makassar baru saja mengadakan Pengenalan Lingkungan Sekolah. Acara tersebut disambut antusias oleh siswa baru tahun ajaran 2017-2018. Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari (17-19/7).

on 14 Agustus 2017
  • Kegiatan

Welcome Day SMP Islam Athirah 1

Welcome Day pada awal tahun ajaran 2017-2018 di SMP islam Athirah 1 Makassar merupakan pertemuan antara pihak sekolah dengan orang tua siswa. Pertemuan yang berlangsung selama 3 hari ini (28 Juli 2017, 3-4 Agustus 2017) memberikan informasi dan menjalin komunikasi kepada orang tua siswa tentang program kegiatan di kelas VII, VIII, dan IX selama setahun, rincian anggaran, tata tertib, dan persiapan ujian nasonal. Sementara kelas VII, disertai dengan penandatangan jaminan mutu yang merupakan terobosan baru di sekolah islam athirah.

on 19 Agustus 2017
  • Kegiatan

SMP Islam Athirah 1 Rayakan HUT RI ke 72

Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang jatuh pada 17 Agustus 2017,
disambut meriah oleh Siswa SMP islam Athirah 1 Makassar. Kemeriahan hari spesial itu diisi dengan kegiatan lomba
antara lain Futsal, Baper, Tarik Tambang, Makan Kerupuk, Tahfidz, Menghias Pot, Pidato Bahasa Inggris, dan Mading.

on 19 Agustus 2017
  • Kegiatan

PEKAN MERAH PUTIH

Kegiatan ini di mulai dari hari Senin tgl 14 Agustus 2017, anak-anak, guru dan Bunda-bunda TBA mengenakan kostum merah putih, adapun kegiatannya

on 19 Agustus 2017
  • Kegiatan

Peringati HUT RI ke-72, Sekolah Athirah Siapkan SDM Hadapi Indonesia Emas

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-72 di Lapangan Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga, Jalan Raya Baruga, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (17/8/2017).

on 18 Agustus 2017
  • Berita

Meriahnya Perayaan HUT RI ke-72 di TK Islam Athirah 2

Menyemarakkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 TK Islam Athirah 2 menggelar berbagai jenis lomba. Lomba dilaksanakan pada Rabu, 16 Agustus 2017. Kegiatan ini juga menjadi salah satu cara mewujudkan visi Sekolah Islam Athirah yakni menumbuhkan jiwa nasional  pada anak-anak didik dengan mengenalkan hari besar nasional. Ada banyak lomba yang disiapkan untuk memeriahkan HUT RI kali ini diantaranya lomba estafet bendera, lomba memasukkan kelereng ke dalam botol, lomba makan kerupuk, lomba tarik tambang, dan lomba memanjat pinang berhadiah. 

on 18 Agustus 2017
  • Kegiatan

Jaminan Mutu, Janjikan Kualitas Terbaik di TK Islam Athirah 2

TK Islam Athirah 2 Makassar mengadakan Musyawarah Kegiatan Sekolah yang menghadirkan seluruh orangtua anak didik TK Islam Athirah 2 pada hari Sabtu, 29 Juli 2017 bertempat di LEC Athirah. Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dirancang untuk para orangtua anak didik kelompok A dan sesi selanjutnya untuk orangtua anak didik kelompok B. Sesi pertama berlangsung pada pukul 08.00 hingga 10.00 dilanjutkan sesi berikutnya pada pukul 10.00 hingga 12.00. Kegiatan ini merupakan kegiatan serentak yang dilakukan oleh seluruh unit di Sekolah Islam Athirah. Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin komunikasi antara pihak sekolah yakni guru dan orangtua mengenai jaminan mutu yang sekolah janjikan kepada anak-anak selama menempuh pendidikan di tingkat taman kanak-kanak. 

on 18 Agustus 2017
  • Kegiatan

PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah) ajak Siswa Baru Kenali Lingkungan

Senin, 17 Juli 2017 merupakan hari pertama siswa TK, SD, SMP, dan SMA Islam Athirah Kajaolaliddo, Bukit Baruga maupun Bone masuk sekolah. Seperti biasa, setiap tahun ajaran baru anak-anak langsung mengikuti kegiatan MOS (Masa Orientasi Siswa) yang sekarang diganti menjadi masa PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah) sesuai dengan Permendikbud No 18 Tahun 2016.

on 18 Agustus 2017
  • Kegiatan

Kejurda antarpelajar Se-Sulsel: Athirah Bone Raih Medali Emas

 Setelah berhasil mengharumkan nama Sulsel di kompetisi akademik paling bergengsi, OSN, di Riau, kini Athirah Bone kembali didaulat untuk mewakili Sulsel  di ajang kejuaraan tinju nasional.

Akhir pekan kemarin, tepatnya tanggal 19-20 Juli 2017, di sekolah PPLP, Sudiang, SMA Athirah kembali mengukir prestasi. Pada kejuaraan daerah antarpelajar Se-Sulsel Cabang olahraga tinju, melalui pukulan maut Riswal Andika Putra, Athirah Bone menyabet medali emas. Riswal Andika Putra yang akrab disapa Riswal, mengaku cukup surprise saat pengumuman berlangsung. Pasalnya, sebelum bertanding siswa kelas XI IPS Al-Hafidz ini, merasa deg-degan. Ia merasa cukup pesimis karena lomba tersebut pertama kali baginya, terlebih lagi setelah melihat kondisi fisik lawan, ia mearasa tak mudah untuk menaklukkannya. Namun, kenyataan berkata lain. Saat bertanding melawan pelajar dari Kabupaten Bantaeng pada kelas 52 kg, siswa yang hobi olahraga ini terus memupuk kepercayaan dirinya. Ia terus menyerang lawannya dengan pukulan bertubi-tubi. Ia tak membiarkan pukulan lawan mengenai badannya. Alhasil, tak sampai ronde pertama berakhir, Riswal  telah meng-KO telak lawannya. KO tersebut mengantarkan Riswal pada babak Final.

on 18 Agustus 2017
  • Kegiatan

Tadarrus Bersama Awali Peringatan HUT RI ke 72 di Athirah Bone

Panyula. Gegap gempita peringatan HUT RI ke 72 serentak digelar pada 17 Agustus 2017 di seantero negeri, hingga di luar negeri. Tetapi ada yang berbeda di Panyula, tepatnya di SMP-SMA Islam Athirah Bone. Siswa, guru, dan karyawan yang berjumlah total 350 orang  tadarrus bersama membaca alquran di Musholla Fatimah Kalla. Kegiatan ini sedianya menjadi pembuka rangkaian acara peringatan hari kemerdekaan RI ke 72 di sekolah yang dinaungi oleh yayasan Pendidikan Kalla tersebut.

on 17 Agustus 2017
  • Kegiatan

SMP Islam Athirah Bone Utus Dua Wakilnya Ke Aceh

Makassar.(15/8) SMP Islam Athirah BoardingSchool Bone kembali menorehkan prestasi membanggakan dengan mengirimkan duawakilnya ke tingkat nasional pada seleksi Pentas PAI Tingk. Provinsi. Keduanyaberasal dari cabang Lomba Pidato Putra dan Lomba hafalan  Juz 30 Putra.

on 16 Agustus 2017
  • Berita

Harumkan Indonesia di kancah Internasional

Mengukuhkan diri sebagai sekolah para juara, SD Islam Athirah kembali mempersembahkan 2 medali di ajang olimpiade matematika internasional di singapura.

on 24 Juli 2017
  • Berita

Find us

Untuk Informasi lebih lanjut silahkan hubungi kontak kami

    SEKOLAH ATHIRAH I

  • Jalan Kajaolalido No. 22 Makassar
  • (0411) 32 66 848 / Fax : (0411) 36 33 245

    SEKOLAH ATHIRAH II

  • Jalan Raya Baruga
    Sektor Mahameru No. 26 Makassar
  • (0411) 32 66 848

    SEKOLAH ATHIRAH III

  • Jalan Sungai Musi, Kelurahan Panyula
    Kec. Tanete Riattang Timur, Bone
  • (0481) 22116