Kegiatan


  • Kegiatan
  • /
  • SMA Boarding School Bukit Baruga
on 17 Juni 2020
  • Kegiatan
  • SMA Boarding School Bukit Baruga

Selama masa pandemi ada banyak hal berbeda yang mulai dirasakan oleh semua orang dan dari semua kalangan, mulai dari pejabat, buruh, petani, pedagang, bahkan sampai siswa maupun guru merasakan dampak yang luar biasa sebagai efek dari musibah virus yang menimpa negeri ini.

Tuntutan baru yang dirasakan terutama untuk guru dan siswa adalah melakukan proses pembelajaran sekalipun via daring, yang mana hal ini menuntut komunikasi danĀ  kerjasama yang lebih intens antara guru orang tua dan juga siswa, antara pendidikan formal (sekolah) dan pendidikan informal (rumah).

Jika pada umumnya anak anak sekolah pada masa pandemi mereka harus mengikuti pembelajaran via daring, maka lain lagi hal yang dirasakan anak anak yang selama menempuh pendidikan mereka berkumpul dan tinggal di suatu tempat (asrama).

Kita telah mengetahui bahwa di dalam asrama ada banyak hal yang di ajarkan kepada peserta didik, mulai dari pendidikan umum, pendidikan agama dan paling utama pembinaan karakter anak yang berasrama. Melihat permasalahan ini Ahmad Nafi selaku kepala boarding school Athirah bukit Baruga, berinisiatif membuat link kontrol yang bertujuan mengontrol setiap hari kebiasaan kebiasaan positif yang selama ini di ajarkan di asrama, mulai dari kesadaran sholat berjamaah, shalat sunnah rawatib dan shalat malam, tahsin danĀ  tahfidz, bahkan juga mengecek hal apa saja yang dilakukan oleh anak dirumah terkait dengan pekerjaan membantu orang tua.

Menurut beliau link kontrol kegiatan harian ini di harapkan selain dapat mengajarkan peserta didik untuk tetap konsisten melaksanakan kebiasaan kebiasaan baik selama masa LFH ini, link kontrol yang di buat juga bisa membuat peserta didik merasa bahwa dirinya tetap di kontrol dan diperhatikan oleh musyrif/musyrifah nya sekalipun tidak berada bersama mereka di rumah.

Kemudian sebagai tindak lanjut dari link kontrol harian yang telah dibuat setiap musyrif/musyrifah dituntut untuk melaporkan setiap bulan bagaimana perkembangan anak selama bulan tersebut.

Jika ditemukan ada hal hal yang kurang, maka diadakanlah komunikasi dengan orang tua siswa yang bersangkutan untuk bekerjasama mengingatkan dan membimbing ananda dirumah, agar kiranya harapan dan cita cita orang tua yang ingin melihat anaknya tumbuh menjadi orang sukses namun tetap memilki karakter yang mulia sesuai tuntunan Islam akan tercapai. Amin ya rabbal a'lamin.


Penulis: Musyarifah